Cari Blog Ini

24 Juli, 2012

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Juni 2012







Salam jumpa teman-teman yang baik,


Sepanjang Juni ini, kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar dapat berjalan dengan baik.

Pada awal Juni, kami kedatangan tamu, Kak Angguni dan Kak Monica dari Komunitas maGis yang sejak beberapa tahun lalu rutin mengadakan live-in di Cakung. Kak Angguni dan Kak Monica datang untuk survey dan rencananya beberapa teman akan live-in kembali di Cakung pada akhir Juni.

Pada hari Sabtu, 23 Juni 2012, kami kedatangan Kakak fasilitator, yang pernah mendampingi anak-anak kategori 3 dan 4. Sejak memasuki kehamilan 7 bulan, Kak Rikah menyelesaikan masa pendampingannya di Cakung. Pada hari itu, Kak Rikah bersama Kak Aung datang untuk merayakan syukuran anaknya Arka, yang sudah memasuki usia 6 bulan.

Terimakasih banyak atas kehadiran kembali Kak Rikah dan Kak Aung, serta Arka. Kami berdoa agar keluarga Kak Rikah rukun dan bahagia selalu, Arka tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, dan patuh pada orang tua.

Pada hari Kamis, 28 Juni 2012, kami kedatangan 6 orang Kakak volunteer dari Komunitas maGis. Sejak Kamis pagi, Kakak-kakak sudah tiba. Kami berkumpul sebentar, untuk membagi tugas, setelah itu Kakak-kakak makan siang di rumah kegiatan Komunitas Anak Belajar.

Selama berkegiatan dari 28 – 30 Juni 2012, keenam Kakak menginap di rumah kegiatan Komunitas Anak Belajar. Masing-masing mendapat tugas bekerja di kebun, di rumah warga, dan pendampingan pendidikan alternative di tenda belajar.

Kak Ardian dan Kak Martha membantu di kebun orang tua Soni dan Nia, Kak Silvie dan Kak Andra membantu di kebun orang tua Intan dan Fajar, sedangkan Kak Bella dan Kak Meltari membantu di rumah keluarga Firman dan pendampingan pendidikan alternative di tenda belajar. Kak Bella membantu anak-anak kategori 0 belajar, sedangkan Kak Meltari membantu anak-anak kategori 3 belajar Bahasa Inggris.

Saat berpisah, Kakak-kakak Komunitas maGis menyanyikan sebuah lagu dan gerak yang diajarkan oleh anak-anak Cakung. Sebuah lagu perpisahan “Aku adalah Anak Gembala” dari Kakak-kakak Komunitas maGis dinyanyikan dengan gerak yang lucu dan kompak.

Anak-anak senang menerima kedatangan Kakak-kakak komunitas maGis, yang mau mendampingi anak-anak belajar, demikian juga warga Cakung yang berterimakasih karena sudah dibantu dalam berkebun.

Terimakasih banyak pada Kak Meltari, Kak Bella, Kak Silvie, Kak Martha, Kak Andra, dan Kak Ardian. Terimakasih pada Kak Angguni dan Kak Monica yang sudah membantu memperkenalkan kami pada Kakak-kakak Komunitas maGis. Semoga Kakak-kakak sukses dalam karya dan tetap setia dalam pelayanan.


Kegiatan Belajar Alternatif

Sepanjang Juni ini, kegiatan pendidikan alternative dapat berjalan dengan baik.


Perbaikan meja belajar sudah dilaksanakan, namun mengingat mutu kayu yang buruk dan sudah cukup lama, maka kami masih mengusahakan untuk mencari tukang kayu untuk membuat meja belajar tambahan yang baru.

Persiapan dan evaluasi materi belajar anak-anak biasanya kami lakukan dalam pertemuan akhir bulan, dimana para fasilitator dan pengurus program berkumpul untuk evaluasi tugas masing-masing dan membuat rencana untuk sebulan ke depan, dipandu dari kurikulum yang kami buat bersama pada awal tahun. Persiapan bahan dan perlengkapan belajar biasa kami lakukan setiap Rabu, dimana kami berkumpul di rumah kegiatan. Kegiatan setiap Rabu juga biasa kami isi dengan tugas perpustakaan dan kegiatan ketrampilan.

Kegiatan peningkatan usaha ekonomi remaja dan warga Cakung untuk bulan ini diisi dengan kegiatan membuat capung dan serangga dari manik-manik. Rencana untuk kegiatan bulan Juli akan diisi dengan pembuatan kartu lebaran dan tasbih.

Pertemuan persiapan latihan kepemimpinan dilakukan pada hari Rabu akhir bulan Juni. Pelatihan kepemimpinan yang akan diadakan pada Sabtu, 14 Juli 2012 ini bertujuan untuk memahami makna menjadi seorang pemimpin. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang melayani, maka anak-anak belajar melayani untuk memimpin. Rencana kegiatan sex education yang akan dilakukan sehari sebelum latihan kepemimpinan ditunda hingga tahun depan, mengingat usia peserta yang masih terlalu dini untuk belajar masalah kesehatan reproduksi.

Kepanitiaan kegiatan pelatihan sudah dibentuk, melibatkan beberapa Ibu warga Cakung. Rencananya pelatihan akan diadakan di rumah kegiatan Komunitas Anak Belajar dari pagi hingga sore hari.

Liburan kenaikan kelas sudah dimulai sejak minggu terakhir Juni. Sebagian besar anak Komunitas Anak Belajar yang bersekolah formal naik kelas. Beberapa diantaranya masuk peringkat 1, 2, 3, dan 5 di sekolahnya. Kami bangga atas hasil belajar yang diperoleh anak-anak.

Dua anak Komunitas Anak Belajar, Lina dan Lini yang sudah jarang mengikuti kegiatan pendidikan alternatif di Cakung, karena masuk sekolah siang, akhirnya tidak naik kelas II. Kesulitan adaptasi waktu membuat kedua anak ini tidak bisa menerima pelajaran karena seringkali tidur di dalam kelas hingga pelajaran berakhir.

Kami menyarankan orang tua Lina dan Lini untuk memindahkan waktu sekolah anaknya menjadi pagi hari, dari SDN 08 siang menjadi SDN 09 pagi, namun pihak sekolah tidak bersedia dengan alasan administrasi yang sulit dan sekolah yang dituju masih berada di wilayah dan gedung yang sama.


a. Komunitas Anak Cakung


Pada caturwulan II ini, anak-anak kategori 0 sudah mulai belajar mengeja, yang biasanya didahului dengan membaca abjad dan angka 0 – 10. Kegiatan mengeja dilakukan dengan membagikan kartu bertuliskan kata sederhana dengan gambarnya. Masing-masing anak menunjukkan kartunya dan membaca setiap huruf di hadapan teman-temannya, kemudian bersama-sama mengeja. Kegiatan berhitung sudah sampai pada penjumlahan dan pengurangan dari benda-benda yang ada di sekitar mereka.

Pada anak-anak kategori 1, anak-anak sudah mulai membaca buku cerita sederhana dengan tulisan yang besar. Setelah membaca, biasanya anak bercerita hasil bacaannya. Kegiatan berhitung dilakukan dengan bermain ular tangga. Melalui permainan ular tangga, anak-anak belajar penjumlahan dan pengurangan. Selesai giliran anak bermain, ia wajib menulis angka yang tertera dan hasilnya, baik penjumlahan dan pengurangan. Permainan ini didampingi oleh fasilitator anak kategori 1.

Pada anak-anak kategori 2, selain kegiatan wajib baca buku dan bercerita serta dikte hasil bacaan, anak-anak belajar berhitung metode jarimatika. Sejak awal bulan, anak-anak belajar memahami perkalian dasar, kemudian mulai belajar teknis perkalian menggunakan metode jarimatika. Hingga kini, anak-anak sudah belajar perkalian hingga angka 15. Rencana bulan depan, anak-anak mulai masuk dalam soal cerita, yang menggabungkan unsur penjumlahan, pengurangan, dan perkalian, seperti berhitung belanja menu sehari-hari.

Pada anak-anak kategori 3, selain kegiatan wajib baca buku dan bercerita serta meringkas bacaan mereka, anak-anak belajar memahami tulisan deskriptif. Pada beberapa bulan sebelumnya, mereka menulis deskripsi teman mereka, kini mereka menulis deskripsi rumah mereka.

Pelajaran Bahasa Inggris diisi dengan bernyanyi dan menambah perbendaharaan kata Bahasa Inggris anak-anak, lewat bermain scrabble. Pada akhir Juni, mereka belajar Bahasa Inggris ditemani Kak Meltari. Mereka belajar perbendaharaan kata tentang buah, kemudian bermain ular tangga, sambil menyebutkan rumusan matematikanya dalam bahasa Inggris, setiap kali selesai giliran jalan.

Kegiatan pendidikan nilai (Living Values Activities) pada bulan ini bertema kerjasama. Kegiatan dilakukan dengan sharing tema, bernyanyi, bermain bersama (seperti bermain peran & bertukar peran, bercerita), dan ditutup dengan meditasi.

Dalam kegiatan kerjasama, anak-anak dibagi dalam beberapa kelompok. Ada kerjasama kelompok ketika makan roti, namun lengan tangan harus kaku, bisik kata hingga teman terakhir hanya menyebutkan satu huruf terakhir, kerjasama kelompok dengan peran orang buta, orang tuli, orang bisu, dan orang pincang, juga kerjasama berdua memakaikan sandal temannya tanpa boleh melepaskan genggaman tangan berdua.

Anak-anak belajar menyanyi lagu yang intinya selalu saling menolong, tidak membedakan miskin-kaya, suku bangsa, agama, dan apa pun. Saat ada orang lapar, ada aku yang memberi makan, saat ada orang menangis, ada aku yang membelai kepalanya, saat ada orang sakit, ada aku yang memberi atau meramukan obat, saat ada orang takut, ada aku yang menenangkannya.

Ketika kerjasama terjadi, ada rasa bahagia, damai, karena masing-masing menghargai dan dengan rendah hati menyadari tugas dan tanggung jawabnya.

Kegiatan ketrampilan untuk seluruh kategori dilakukan dengan belajar membuat telur asin bersama-sama. Masing-masing anak mendapatkan 4 butir telur dengan kontribusi iuran dari mereka. Sedangkan kegiatan ketrampilan untuk masing-masing kategori, ada origami, menggunting dan menempel, senam bersama, menggambar, dan bermain rekorder lagu-lagu nasional.

Pada akhir Juni 2012, saat Kakak-kakak Komunitas maGis datang menemani anak-anak belajar, mereka mengajarkan tari Rampak Gendang dari Aceh. Selama dua hari berturut-turut anak-anak belajar didampingi Kak Angguni dan Kak Meltari. Walau sulit namun anak-anak senang berlatih.

Selesai kegiatan belajar, biasanya kami membereskan bersama tenda belajar, anak-anak kecil mengumpulkan sampah di sekitar tenda yang masih tercecer. Anak-anak yang lebih besar, melipat terpal, merapikan perlengkapan belajar dalam container plastic dan bersama para fasilitator membawa bersama-sama ke rumah warga terdekat untuk dititipkan.


b. Komunitas Muara Baru

Kegiatan belajar dilakukan setiap hari Minggu. Kegiatan selain diisi dengan kegiatan belajar juga kegiatan membaca buku perpustakaan.

Kegiatan belajar di RT 14 semakin berkembang. Walau jumlah anak tetap pada beberapa pertemuan, namun selalu ada wajah baru yang datang belajar. Mereka yang datang belajar berusia 6 hingga 11 tahun. Sementara kegiatan belajar anak-anak di RT 01 biasa dilakukan dengan membaca buku perpustakaan dan bermain scrabble.

Kegiatan belajar dilakukan di ruang kelas yang biasa digunakan untuk tempat belajar bagi anak-anak pendidikan usia dini (PAUD).

Kegiatan belajar baca, tulis, berhitung, bicara dibagi dalam 2 kelompok dengan metode yang hampir sama diterapkan pada anak-anak Cakung. Anak-anak belajar perbendaharaan kata melalui permainan scrabble dalam bahasa Indonesia dan Inggris, juga belajar berhitung melalui permainan ular tangga.

Akhirnya kami ucapkan terimakasih banyak atas kerjasama para fasilitator, volunteer, anak-anak dan warga Cakung, terutama pada Kak Qori’ah, Kak Bella, Kak Meltari, Kak Angguni, Kakak-kakak Komunitas maGis, Yana, Riska, Lisna, Indri, dan anak-anak pengurus program, serta para Ibu warga Cakung.

Terimakasih atas pengetahuan dan ketrampilan baru yang boleh dipelajari anak-anak.


Perpustakaan

Kegiatan diadakan setiap hari Rabu. Biasanya kegiatan diisi dengan registrasi buku, penomeran, dan penyampulan buku.

Pada bulan ini, kegiatan perpustakaan dilakukan dengan penomeran dan penyampulan buku. Banyaknya buku-buku sumbangan yang belum disampul, membuat sibuk tim pengurus perpustakaan hingga sebulan ke depan.

Pada bulan Juni ini, kami membeli beberapa buku referensi untuk kegiatan belajar dan mendapat beberapa sumbangan buku dan CD.


Kegiatan Peningkatan Gizi Anak

Selama Juni 2012 ini, kegiatan peningkatan gizi anak berlangsung dengan baik.

Selain minum susu rutin, menu sehat bulan ini adalah telur rebus, semangka, jagung rebus, jeruk, dan rujak kangkung. Bulan ini memiliki waktu yang panjang, hingga Sabtu V.

Perubahan menu terjadi pada Sabtu IV, jeruk diganti dengan menu istimewa sehubungan dengan syukuran Arka, anak Kak Rikah dan Kak Aung. Kak Rikah dan keluarga datang pada sore hari setelah anak-anak istirahat belajar. Para Ibu membantu menyiapkan menu syukuran nasi kuning dengan lauk pauknya.

Anak-anak senang bertemu kembali dengan Kak Rikah yang mengajak Kak Aung dan anaknya, Arka. Mereka gembira menikmati menu istimewa pada hari itu.

Akhirnya, kami berterimakasih banyak pada Kak Rikah dan keluarga atas menu sehat istimewa yang sudah disediakan. Terimakasih pada koordinator dan tim pengurus program serta Mama Soni, yang telah membantu mempersiapkan menu sehat selama bulan Juni.


Beasiswa

Anak-anak penerima beasiswa bertambah 1 orang, yaitu Firman yang akan masuk SD. Pendaftaran masuk sekolah dilakukan secara online, dengan persyaratan memiliki akte kelahiran dan Kartu Keluarga.

Akte kelahiran yang sudah ia miliki sejak tahun lalu mengikuti program pengurusan akte kelahiran ternyata masih kurang, karena diwajibkan memiliki Kartu Keluarga dengan nomor identitas masing-masing anggota keluarga sebagai persyaratan pendaftaran online.

Bapak Firman dibantu kakak pendamping akhirnya mengurus Kartu Keluarga baru karena Kartu Keluarga lama sudah tidak berlaku lagi. Selama seminggu lebih, mereka bolak-balik mengurus dari RT hingga kelurahan. Akhirnya pada hari terakhir sebelum ditutupnya pendaftaran masuk SD, Firman bisa mendaftar dengan nomor identitas yang diberikan pihak kelurahan.

Firman diterima di SDN 09 Cakung Timur.

Indri yang pada akhir Juni mengikuti tes kesehatan dan wawancara, akhirnya diterima masuk universitas pilihannya. Beberapa hari setelah tes dan wawancara, Indri datang melihat pengumuman.

Administrasi pembayaran biaya kuliah akan dilakukan pada awal Juli.

Anak-anak peserta beasiswa Komunitas Anak Belajar mendapat peringkat baik di sekolahnya. Cynthia mendapat peringkat 2, Umi mendapat peringkat 3, sedangkan Nia mendapat nilai tinggi di atas rata-rata nilai kelasnya, namun tidak ditulis peringkatnya.

Pada bulan ini, pengeluaran lebih pada perlengkapan sekolah bagi murid SD dan perguruan tinggi. Biaya lainnya, terutama pada rental internet dan print untuk pendaftaran sekolah dan laporan beasiswa juga transport pendaftaran SD, transport belanja kebutuhan sekolah, dan tes serta pengumuman penerimaan mahasiwa baru.

Terimakasih banyak pada Keluarga Laftavi melalui Bu Esti dan Pak Robert Tontey yang berkenan membantu membiayai sekolah formal beberapa anak Komunitas Anak Belajar. Semoga melalui bantuan dan dukungan moral yang diberikan, anak-anak semakin cerdas, kreatif, dan berprestasi, membangun lingkungannya.


Rencana kegiatan di bulan Juli 2012 ini adalah :

1. Pembuatan meja belajar tambahan baru.
2. Pembelian susu bubuk untuk program rutin peningkatan gizi anak.
3. Pembelian kebutuhan perpustakaan.
4. Pembelian kebutuhan sekolah bagi anak-anak penerima beasiswa.
5. Pelatihan Kepemimpinan yang akan diadakan pada Sabtu, 14 Juli 2012 pada pk.09.00 – selesai di rumah kegiatan Komunitas Anak Belajar.

Akhirnya, kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program pendidikan alternatif Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan ini.

Terimakasih banyak pada sanggar akar, Sr.Agustina, BKK, keluarga Kak Rikah atas bantuan material yang telah diberikan.

Kami masih menerima dengan senang hati, sumbangan buku-buku pelajaran yang sudah tidak dibutuhkan lagi, untuk digunakan bagi anak-anak sekolah dan untuk kegiatan pendidikan Komunitas Anak Belajar. Demikian juga dengan sumbangan barang-barang dan pakaian layak pakai yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami untuk Kak Elissa, Kak Jenny, Bu Vina – Pak Arend – Michelle Maramis, Keluarga Laftavi, Bu Rina Anwar, Bu Nita Arifin, dan Kak Arry Fitriana.

Terimakasih kami untuk donasi dari kelompok PPI Gent dan Children First yang berkenan mengadakan kegiatan pengumpulan dana dalam kegiatan bazaar dalam acara Sense of Heritage pada 12 Mei 2012 Di Belgia. Bantuan dana ini akan kami kumpulkan untuk mewujudkan cita-cita kami untuk membeli rumah kegiatan Komunitas Anak Belajar.

Terimakasih banyak. Kiranya Tuhan berkenan memberi berkat limpah bagi teman-teman dan semoga kerjasama kita yang telah terjalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Tuhan memberkati kita semua.


Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby


P.S.
You could give donation via bank:
Acc.holder Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Acc.no.342-2792161
Swift code : cenaidja
or contact me for material support on +628129685594

Tidak ada komentar:

Posting Komentar