Cari Blog Ini

21 Januari, 2013

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada November 2012






Salam jumpa teman-teman yang baik,

Sepanjang November ini, kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar dapat berjalan dengan baik.

Pada pertengahan November, tepatnya Kamis, 15 November 2012, kami kedatangan tamu, Kak Inonk, yang selama beberapa hari ini menghabiskan waktu liburnya di Indonesia. Ditemani Kak Debby, ia mengunjungi tempat belajar dan berkenalan dengan anak-anak di Muara Baru dan di Cakung.

Tiba di Cakung, anak-anak menyambut dengan beberapa lagu yang dimainkan dengan suling dan tarian Rampak Gendang dari Aceh, tanah kelahiran Kak Inonk. Kami berkenalan dan setelah itu, hidangan istimewa khas Cakung menjadi santapan siang Kak Inonk bersama kami semua. Para ibu memasak urap ditemani telur asin dan beberapa ekor ikan mas. Kami menikmati bersama-sama. Selesai santap siang, kami berbincang-bincang sambil melihat-lihat rumah dan kebun warga.

Terimakasih banyak pada Kak Inonk dan Bu Ison yang berkenan datang berkunjung untuk berkenalan dengan anak-anak Cakung. Kami berharap, kerjasama yang telah dijalin dapat terus berlanjut dengan baik.

Pada akhir November 2012, kami memperoleh ijin untuk memperpanjang rumah kontrakan dari pemilik rumah. Kini rumah kami kosongkan sementara, agar bisa dicat dan direnovasi. Kami sangat berterimakasih masih diberi kesempatan untuk tinggal di rumah itu, sekali pun suatu saat kami harus keluar bila rumah yang akan dijual oleh pemiliknya itu laku.

Rumah kontrakan yang merupakan rumah belajar kami ini hendak dijual oleh pemiliknya seharga 300 juta rupiah. Walau harga jual masih bisa dinegosiasi dan boleh mencicil dua kali, namun kami tetap tidak sanggup untuk membelinya karena kami tidak memiliki banyak dana.

Kami berharap teman-teman bersedia membantu demi terwujudnya tempat belajar permanen bagi anak-anak Cakung.

Kiranya teman-teman memahami keadaan ini dan berkenan membantu.


Kegiatan Belajar Alternatif

Kegiatan belajar di Cakung kini berlangsung selama empat hari dalam seminggu. Setiap hari Selasa dan Kamis kegiatan belajar berlangsung di Cakung sawah, sedangkan setiap Jumat dan Sabtu, kegiatan belajar berlangsung di rumah kegiatan Komunitas Anak Belajar.

Sementara di Muara Baru, kegiatan belajar berlangsung setiap hari Minggu.


a. Komunitas Anak Cakung

Sepanjang November ini, kegiatan belajar dapat dilakukan dengan baik, baik di rumah belajar maupun di Cakung sawah.

Pada pertengahan November, kami meliburkan kegiatan belajar anak-anak Cakung sehubungan dengan libur hari besar umat Islam.

Pada Kamis, 15 November 2012, sekali pun hari libur, anak-anak berkumpul di rumah belajar untuk menyambut Kak Inonk dan Bu Ison yang berkunjung ke rumah belajar.

Karena hari itu anak-anak berkumpul di rumah belajar, sekalipun hari libur, maka pada hari Jumat keesokan harinya, kegiatan belajar diliburkan, sebagai pengganti waktu libur di hari Kamis.

Pada awal Desember 2012, tepatnya pada Sabtu, 1 Desember 2012, kami menyelenggarakan evaluasi belajar bagi seluruh kategori.

Kegiatan dilakukan di rumah keluarga Bu Mar’ah karena kondisi rumah belajar yang tidak memungkinkan untuk digunakan. Dibantu oleh para fasilitator, Kak Qori’ah, kak Uju, Bu Mar’ah, dan kak Indri, anak-anak sibuk mengerjakan tugas evaluasi belajar.

Dengan selesainya evaluasi belajar caturwulan III Komunitas Anak Belajar di Cakung, maka berakhir pula lah kegiatan belajar disana.

Sepanjang Desember 2012 nanti, kegiatan akan diisi dengan berbagai evaluasi, baik evaluasi program maupun kurikulum yang melibatkan tim pengurus program dan fasilitator.

Kegiatan ketrampilan rutin dilakukan setiap Selasa disamping kegiatan perpustakaan. Menyambut hari raya Natal dan Tahun Baru, kegiatan ketrampilan mengambil focus pembuatan kartu ucapan. Hasil karya anak-anak Cakung dapat dilihat dalam blog kami, http://cakungchildrencreation.blogspot.com.


b. Komunitas Muara Baru

Kegiatan belajar berlangsung dengan baik selama bulan November 2012, didampingi oleh dua fasilitator.

Sebelum mulai belajar, tempat belajar dan perlengkapan belajar disiapkan dengan baik oleh anak-anak peserta belajar.

Pada pertengahan November 2012, kami kedatangan tamu, Kak Inonk yang berkunjung ke rumah warga, dekat dengan tempat belajar Muara Baru. Kak Inonk berbincang-bincang dengan warga dan berkenalan dengan beberapa anak yang ada disana.

Kami ucapkan terimakasih banyak atas kerjasama para fasilitator, volunteer, anak-anak dan warga Cakung dan Muara Baru, terutama pada Mala, Indri, Riska, Kak Uju, Bu Mar’ah, kak Qori’ah, dan anak-anak pengurus program, serta Bu Herda di Muara Baru dan para Ibu warga Cakung.


Perpustakaan

Kegiatan perpustakaan selama bulan November dilakukan dengan penyampulan buku pada minggu I November 2012.

Hingga akhir November 2012, jumlah buku perpustakaan yang diregistrasi pada tahun ini ada 678 buah.

Pada akhir November, tim program perpustakaan sibuk mengepak buku-buku bacaan ke dalam dus untuk dipindahkan. Karena selama beberapa hari ke depan, rumah belajar akan direnovasi, maka seluruh buku perpustakaan kami keluarkan.

Akhirnya kami ucapkan terimakasih banyak atas perhatian dan ketekunan koordinator dan tim program perpustakaan.


Kegiatan Peningkatan Gizi Anak

Selama November 2012 ini, kegiatan peningkatan gizi anak berlangsung dengan baik.

Selain minum susu rutin, menu sehat bulan ini adalah telur rebus, mangga, telur asin dan sayur kangkung serta singkong rebus ditaburi parutan kelapa dan gula pasir.

Menu yang disiapkan tim pengurus program menyesuaikan dengan kedatangan musim hujan yang disambut oleh musim buah-buahan.
Berlimpahnya mangga di wilayah Cakung, membuat tim pengurus memilih menu sehat pada Sabtu II November 2012 makan mangga
bersama-sama.

Akhirnya, kami berterimakasih pada koordinator dan tim pengurus program serta para Ibu, yang telah membantu mempersiapkan menu
sehat selama bulan November 2012.


Beasiswa

Pada bulan ini, kegiatan beasiswa dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan pendidikan anak dari perlengkapan belajar dan pembelian
buku pelajaran serta fotokopi bagi anak-anak penerima beasiswa untuk sekolah dasar dan universitas. Selain itu juga, kegiatan
beasiswa kami lakukan dengan pemenuhan transport dan konsumsi untuk kuliah anak yang memakan waktu untuk bersiap-siap
berangkat pagi hari sebelum mulai padat kendaraan hingga siang atau sore hari pulang kuliah dan tiba di rumah.

Terimakasih kami pada teman-teman yang berkenan rutin membantu penyelenggaraan program beasiswa ini. Kami berharap kerjasama
ini dapat terus berlanjut dan menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.


Rencana kegiatan di bulan Desember 2012 ini adalah :

1. Berakhirnya kegiatan belajar caturwulan III 2012, dengan diadakannya evaluasi belajar caturwulan III pada Sabtu, 1 Desember 2012.

2. Panggung boneka dan workshop oleh duta seni dari Inggris pada Selasa, 4 Desember 2012, pk.14.00 – selesai, bertempat di rumah belajar Komunitas Anak Belajar.

3. Evaluasi program kegiatan dan kurikulum 2012 oleh tim fasilitator Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan Desember 2012 ini.

4. Refleksi Akhir tahun 2012 bagi seluruh tim pengurus dan fasilitator pada Minggu, 16 Desember 2012, pk.09.00 – selesai.

5. Libur hari raya Natal dan Tahun Baru. Kegiatan belajar dimulai kembali pada hari Jumat, 4 Januari 2013.


Akhirnya, kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun
material untuk terwujudnya program pendidikan alternatif Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan ini.

Terimakasih kami pada Sr. Agustina, BKK atas sumbangan sabun cair dan pakaian layak pakai serta Keluarga Pak Mehdi dan Bu
Margareth Laftavi atas bantuan dana untuk pembelian perlengkapan belajar berupa CD program belajar bahasa Inggris. Terimakasih
banyak atas bantuan material yang telah diberikan.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar.
Terimakasih kami untuk Kak Elissa Wiguna dan Bu Vina – Pak Arend – Michelle Maramis.

Laporan kegiatan setiap bulan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com

Terimakasih banyak atas semua kebaikan teman-teman. Kiranya Tuhan berkenan memberi berkat limpah dan semoga kerjasama kita
yang telah terjalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Tuhan memberkati kita semua.


Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby


P.S.
You could give donation via bank:
Acc.holder Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Acc.no.342-2792161
Swift code : cenaidja
or contact me for material support on +628129685594



Tidak ada komentar:

Posting Komentar