Cari Blog Ini

21 Januari, 2013

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Desember 2012






Salam jumpa teman-teman yang baik,

Selamat Natal dan Tahun Baru 2013.
Kiranya Sang Raja Damai senantiasa bertakhta di dalam hati kita dan menggerakkan setiap kita untuk berbagi cinta agar tercipta dunia yang lebih baik lagi pada tahun 2013 ini.


Sepanjang Desember ini, kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar diliburkan mengingat kegiatan belajar Catur Wulan III telah selesai dan selama libur kegiatan belajar, kami isi dengan berbagai evaluasi, baik evaluasi program, kurikulum, pribadi maupun penyusunan program kegiatan dan kurikulum 2013.

Atas inisiatif teman-teman dari kelompok MaGis, pada Selasa, 4 Desember 2012, kami mendapat kehormatan dengan diadakannya panggung boneka dari duta seni teater boneka dari Inggris, The Marionette Insect Circus. Anak-anak dari wilayah sekitar Cakung berkumpul untuk menghadiri acara ini.

Acara dimulai sekitar pukul 14.00 dan berlangsung sekitar 30 menit. Selesai acara, anak-anak ditemani orang tua pulang sambil kami bagikan biscuit. Sementara beberapa anak besar, usia 10 tahun ke atas, diajak untuk belajar memegang dan memainkan boneka. Anak-anak ragu-ragu untuk memegang boneka kayu, yang menyerupai makhluk hidup karena dimainkan dengan trampil oleh Kakak-kakak tamu hingga akhirnya anak-anak yakin dan berani untuk berdiri memainkan boneka kayu.

Ada beragam boneka kayu yang dimainkan, boneka semut yang pandai bermain biola, boneka kupu-kupu yang pandai menari balet, boneka ulat yang merayap masuk ke dalam sarangnya hingga keluar menjadi kupu-kupu, dan beberapa boneka kayu lainnya.

Sore hari para tamu dan kakak-kakak kelompok MaGis pulang. Kami berfoto bersama sebelum pulang.
Terimakasih banyak atas kesempatan langka yang didapat dari kehadiran para tamu. Terimakasih banyak pada kakak-kakak kelompok MaGis, terutama pada Kak Angguni, Kak Meilita, juga Kak Meltari. Semoga kerjasama yang telah dijalin ini, dapat terus berlanjut dengan baik.

Pada Rabu, 12 Desember 2012, kami kedatangan tamu, yang datang diantar oleh Kak Debby. Ibu Ann Djuzman bersama Bapak menyisihkan waktu liburnya di Indonesia untuk berkunjung ke rumah belajar Cakung. Anak-anak berkumpul sejak siang hari. Kami berkenalan dan anak-anak menyanyikan lagu anak-anak serta menari Rampak Gendang menyambut Ibu Ann Djuzman dan Bapak. Ibu Ann tampak menikmati suasana gembira anak-anak yang dengan riang menyanyikan beberapa lagu, ‘Menanam Jagung’, ‘Balonku’, ‘Naik Becak’. Nampaknya Ibu Ann benar-benar bernostalgia dengan lagu anak-anak Indonesia, yang sudah langka dinyanyikan oleh anak-anak masa kini.

Pada saat itu juga, Ibu Ann menyampaikan sumbangan dana yang dititipkan padanya dari Kakak-kakak; Angga, Rixie, dan John.

Setelah itu, anak-anak menemani Bapak dan Ibu ke kebun untuk berfoto-foto dan berbincang-bincang dengan warga. Kami berfoto bersama. Ibu Ann juga tidak ingin kehilangan kesempatan untuk berfoto dengan para Ibu Cakung yang hadir menemani anak-anaknya.

Menjelang sore hari, Ibu Ann dan Bapak pamit pulang. Kami senang dan berterimakasih atas kunjungan ini. Akhirnya Ibu Ann mendapatkan kesempatan langsung untuk bertemu anak-anak dan para orang tua setelah sekian lama hanya bisa membaca laporan bulanan yang rutin kami kirim setiap bulan.

Pada hari Minggu, 16 Desember 2012, kami mengadakan kegiatan refleksi organisasi akhir tahun. Tema refleksi akhir tahun ini adalah Belajar dari Alam. Kegiatan dibawakan oleh Kak Alvieni dan melibatkan seluruh anak pengurus program dan fasilitator sebagai peserta.

Acara dimulai sekitar pukul 11.00 WIB. Kami belajar masalah kepemimpinan dan kerjasama dari alam. Pemimpin mesti menjadi teladan bagi anggotanya, setia melayani. Kami belajar dari air yang ada di muka bumi, tidak pernah habis walau mengaliri daratan, selalu memberi kehidupan bagi seluruh makhluk hidup.

Pemimpin yang baik mesti menjadi teladan bagi anggotanya. Dari bintang-bintang, kami belajar menjadi pemimpin yang baik. Bintang selalu bersinar menjadi penunjuk arah bagi seluruh makhluk hidup, tanpa pandang bulu. Ia tanpa kenal lelah bercahaya dan terus berkelap-kelip.

Dalam hal kerjasama, Kak Alvie mengajak anak-anak untuk menyusun puzzle dalam kelompok. Seluruh anak saling membantu untuk menyelesaikan susunan gambar. Beberapa persyaratan yang mesti dipatuhi, tidak boleh meminta, tidak boleh ada komunikasi, dan tidak boleh minta ijin. Dalam susunan gambar, ternyata sepotong gambar tidak cocok dengan potongan lainnya. Karena tidak boleh komunikasi dan meminta, kami hanya bisa melihat-lihat potongan gambar kami yang kurang pada kelompok-kelompok lain dan mencari tahu potongan gambar yang tidak sesuai milik kelompok mana. Akhirnya muncul pemikiran, bila tidak boleh meminta, maka kelompok pertama yang harus memulai lebih dulu untuk memberi potongan gambar yang tidak cocok pada kelompok yang membutuhkannya. Begitu potongan gambar diberi, bergeraklah kelompok lain untuk mulai memberi potongan gambar yang bukan milik mereka, hingga seluruh kelompok bisa melengkapinya tanpa perlu komunikasi dan meminta.

Pelajaran yang bisa ditarik dari sini adalah mulailah memberi, bukan mengharap diberi. Karena apa yang menjadi hak kita akan kembali pada kita, tanpa harus meminta, tinggal menunggu saatnya.

Kemudian Kak Alvie mengajak anak-anak untuk mengenal makna kerjasama, tugas dan tanggung jawab melalui film yang diputar. Belajar dari angsa, bagaimana secara instink menjaga formasi V saat terbang bersama dan memberi kesempatan pada angsa lain yang lelah dan pindah dari formasi untuk diisi oleh angsa lain yang bertukar posisi. Belajar dari bebek, yang gagah berani melindungi kelompoknya dengan bersuara keras saat terancam bahaya, tidak meninggalkan satu pun anggota kelompoknya sendirian.

Belajar dari elang, yang memiliki banyak akal untuk menghidupi anaknya, dengan makanan sesulit apa pun yang ia peroleh, seperti kura-kura dengan tempurung keras, bisa terbelah ketika si elang membawa mangsanya terbang tinggi dan menghempaskannya ke bawah agar bisa pecah dan diambil dagingnya untuk makanan bagi anak-anaknya.

Kami belajar masalah kepercayaan dan tanggung jawab sebagai pemimpin dalam permainan kelompok, dimana salah satu anak dengan mata ditutup, dituntun oleh pemimpin melalui perintah yang diberikan. Jalan yang akan dilalui, penuh dengan ranjau kertas. Untuk menghindari kena ranjau kertas, pemimpin mesti jelas memberikan perintah. Demikian pula, anggota mesti menaruh kepercayaan penuh atas perintah sang pemimpin.

Kami belajar untuk pantang menyerah dan selalu memiliki motivasi tinggi, belajar dari film yang berkisah pengalaman seorang motivator Australia, Nick Vujicic yang tidak memiliki kaki dan tangan yang sempurna, namun bisa menjadi orang sukses yang setia memotivasi remaja dan anak muda untuk tetap memiliki harapan dan cita-cita.

Melalui permainan dan tontonan, anak-anak diajak untuk berdialog dan memahami pelajaran yang bisa diambil dari alam.
Selesai berdialog, kami makan siang bersama dari bantuan Kak Arry Fitriana, KFC.

Kemudian dilanjutkan dengan relaksasi, anak-anak menjalankan hipnoterapi bersama-sama, dipimpin oleh Kak Alvie.

Sore hari kegiatan refleksi akhir tahun Komunitas Anak Belajar selesai. Kami berharap melalui kegiatan ini, anak-anak bisa memulai tahun yang baru ini dengan lebih arif, langkah penuh percaya diri dan tetap semangat.

Terimakasih banyak kami ucapkan pada Kak Alvieni yang setia dari tahun ke tahun menemani anak-anak Cakung dan mendukung perkembangan mental spiritual anak menjadi lebih baik.

Terimakasih banyak kami ucapkan pada Kak Arry Fitriana yang tetap setia mendukung kegiatan-kegiatan yang kami adakan melalui bantuan konsumsi dari KFC.

Pada Sabtu, 29 Desember 2012, anak-anak berkumpul di rumah belajar untuk menerima bingkisan Natal yang disediakan oleh Keluarga Laftavi melalui Keluarga Tontey.

Walau tidak semua anak bisa berkumpul pada siang itu karena masih masa liburan dan musim hujan yang menyebabkan beberapa rumah warga kebanjiran, anak-anak tetap tidak kehilangan keceriaannya.

Mereka antusias menerima bingkisan Natal yang dibagikan. Mereka senang dan berterimakasih atas bingkisan yang mereka terima dari Pak Mehdi dan Bu Margareth.

Saat berkumpul, anak-anak belajar toleransi dengan berbaris memberi ucapan salam Natal dan Tahun Baru pada teman-teman yang beragama Kristen. Seorang anak muslim, Natalia yang berulang tahun saat Natal, kami rayakan bersama-sama dan sambil bersalaman, anak-anak menyanyikan lagu ‘Happy Birthday To You’ dan ‘We Wish You A Merry Christmas’ bergantian.

Selesai dibagikan bingkisan, anak-anak pamit pulang. Para fasilitator mengantarkan bingkisan bagi anak-anak yang tidak bisa hadir karena banjir.

Terimakasih banyak atas kebahagiaan dan semangat berbagi yang diberikan Keluarga Laftavi melalui Keluarga Tontey.

Semoga persahabatan dan kerjasama yang telah dijalin ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Kegiatan Belajar Alternatif

Kegiatan belajar selama bulan Desember ini diliburkan. Sepanjang Desember kegiatan diisi dengan evaluasi dan penyusunan rencana program dan kurikulum.

a. Komunitas Anak Cakung

Sepanjang Desember ini, kegiatan belajar diliburkan setelah anak-anak dari seluruh kategori menyelesaikan evaluasi belajar catur wulan III pada Sabtu, 1 Desember 2012.

Rangkaian kegiatan evaluasi mulai berlangsung pada awal Desember. Selesai evaluasi belajar anak-anak, para fasilitator & anak pengurus program berkumpul untuk membuat jadwal dan rencana kegiatan.

Evaluasi dan penyusunan program dan kurikulum dilaksanakan setiap hari Selasa, Jumat, dan Sabtu.

b. Komunitas Muara Baru

Kegiatan belajar berlangsung satu kali dalam bulan Desember 2012, didampingi oleh dua fasilitator.

Minggu II Desember 2012 hingga Minggu I Januari 2013, kegiatan belajar diliburkan mengingat anak-anak pengurus program dan para fasilitator mesti evaluasi dan menyusun program dan kurikulum 2013.

Kami ucapkan terimakasih banyak atas kerjasama para fasilitator, volunteer, anak-anak dan warga Cakung dan Muara Baru, terutama pada Mala, Indri, Yana, Riska, Kak Uju, Bu Mar’ah, Kak Qori’ah, dan anak-anak pengurus program, serta Bu Herda di Muara Baru dan para Ibu warga Cakung.

Perpustakaan

Kegiatan perpustakaan selama bulan Desember diliburkan sehubungan dengan liburnya kegiatan pendidikan alternatif Komunitas Anak Belajar.

Pada awal Desember, tim program perpustakaan sibuk menata buku-buku bacaan ke dalam lemari dan rak buku setelah rumah belajar selesai direnovasi. Kegiatan diselesaikan selama beberapa hari mengingat selama Desember, kegiatan dipenuhi dengan jadwal evaluasi program dan kurikulum serta penyusunan program dan kurikulum untuk tahun 2013.

Akhirnya kami ucapkan terimakasih banyak atas perhatian dan ketekunan koordinator dan tim program perpustakaan.

Kegiatan Peningkatan Gizi Anak

Selama Desember 2012 ini, kegiatan peningkatan gizi anak diliburkan sehubungan dengan liburnya kegiatan pendidikan alternatif Komunitas Anak Belajar.

Beasiswa

Pada bulan ini, kegiatan beasiswa dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan pendidikan anak dari perlengkapan belajar dan pembelian buku tulis serta fotokopi dan rental internet bagi anak-anak penerima beasiswa untuk sekolah dasar dan universitas. Selain itu juga, ada tambahan biaya kuliah untuk 3 SKS pada semester I ini untuk seorang penerima beasiswa di universitas.

Pada awal Januari 2013, setelah libur Tahun Baru, seorang penerima beasiswa tingkat universitas akan menjalankan ujian akhir semester I. Sementara bagi beberapa penerima beasiswa tingkat sekolah dasar sudah menerima raport setelah ujian semester ganjil, sebelum libur Natal. Nilai rapor anak-anak cukup memuaskan, tidak ditentukan oleh pihak sekolah, peringkat berapa di kelas.

Terimakasih kami pada teman-teman yang berkenan rutin membantu penyelenggaraan program beasiswa ini. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Rencana kegiatan di bulan Januari 2013 ini adalah :

1. Pelantikan pengurus program Komunitas Anak Belajar 2013 pada Rabu, 2 Januari 2013.
2. Dimulainya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar caturwulan I 2013 pada Jumat, 4 Januari 2013.
3. Kegiatan Live-in siswa SMA De Britto Yogyakarta pada Senin, 28 Januari – 1 Februari 2013 di wilayah rumah belajar, Cakung.

Akhirnya, kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program pendidikan alternatif Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan ini.

Terimakasih kami pada Bu Risa Anwar, Bu Rina Anwar, & Meilita atas sumbangan pakaian layak pakai, alat tulis, perlengkapan mandi, dan snack kegiatan panggung boneka pada Selasa, 4 Desember 2012.

Terimakasih kami pada Keluarga Pak Mehdi dan Bu Margareth Laftavi atas bantuan dana untuk pembelian 2 set komputer, 2 stabilizer, 1 printer, 1 rak tape recorder, 1 kompor gas, 1 tabung gas dan regulator serta bingkisan Natal untuk anak-anak Komunitas Anak Belajar melalui Keluarga Tontey.

Terimakasih pada Kak Meilan dan biara St. Maria, Juanda atas bantuan pakaian layak pakai, juga Kak Arry Fitriana atas bantuan konsumsi siang kegiatan refleksi akhir tahun Komunitas Anak Cakung pada Minggu, 16 Desember 2012.

Terimakasih kami atas bantuan 1 set computer dan 2 rak buku dari Kak Sari Pelengkahu. Kami berterimakasih juga pada Ms.Havas atas bantuan boneka, mainan anak-anak, buku bacaan anak, dan biaya transport pengambilan sumbangan. Doa kami menyertaimu dan keluarga agar mendapatkan kesuksesan di tahun yang baru ini.

Terimakasih banyak pada semua teman yang telah banyak memberikan bantuan material.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami untuk Kak Elissa Wiguna, Bu Vina – Pak Arend – Michelle Maramis, Kak Arry Fitriana, Angga-Rixie-John melalui Bu Ann Djuzman, Bu Rina Anwar, Kak Jenny, Kak Toetoet, Sr.Annunciata, OSU, Kak Uwie, dan pendukung kami yang tidak ingin ditulis namanya.

Laporan kegiatan setiap bulan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com

Terimakasih banyak atas semua kebaikan teman-teman. Kiranya Tuhan berkenan memberi berkat limpah dan semoga kerjasama kita yang telah terjalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Tuhan memberkati kita semua.


Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby


P.S.
You could give donation via bank:
Acc.holder Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Acc.no.342-2792161
Swift code : cenaidja
or contact me for material support on +628129685594

Tidak ada komentar:

Posting Komentar