Cari Blog Ini

16 Agustus, 2013

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Juli 2013


Salam jumpa teman-teman yang baik,

Pada bulan Juli 2013 ini, kegiatan Komunitas Anak Belajar dapat berjalan dengan baik. Terimakasih atas bantuan dan doa teman-teman.

Pada awal Juli 2013, tepatnya Sabtu, 6 Juli 2013, kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar dilakukan di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Taman Mini Indonesia Indah. Kegiatan tahunan ini dilakukan selain untuk meningkatkan semangat belajar anak juga untuk mengisi waktu libur sekolah.

Sebanyak 67 anak dan orang tua mengikuti kegiatan ini. Kegiatan dimulai pada pukul 8 pagi, dengan absen dan pembagian kelompok di rumah belajar serta pembayaran iuran kegiatan sebesar Rp.15.000,- per anak. Sebagian besar iuran kegiatan digunakan dari tabungan mereka yang dikelola oleh Tia dan Mayang selaku koordinator kegiatan menabung. Kami bantu anak-anak yang memiliki tabungan sedikit dan tidak mampu membiayai kegiatan ini. Orang tua diperbolehkan ikut untuk menemani anak-anak kecil dari kelompok anak kategori 0, 1, dan 2 dengan dikenakan biaya yang sama.

Bantuan transportasi bis dari teman kami, Bu Herna dari SJ Langgeng Utama, diparkir di pompa bensin terdekat, karena kendaraan tidak bisa masuk ke jalan raya menuju rumah belajar. Bantuan konsumsi siang dari teman kami, Kak Arry Fitriana dari KFC, kami ambil pada pagi hari sebelum berangkat. Setelah selesai absen dan pembagian kelompok, satu persatu anggota kelompok dan ketua yang merupakan fasilitator berangkat menuju bis. Kendaraan berangkat sekitar pukul 9 pagi.

Tiba di lokasi, kami berkumpul untuk makan, sebelum masuk ke dalam Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Selesai makan, kami bersama-sama masuk ke dalam. Tiap kelompok menjelajahi setiap peraga yang ada hingga berkumpul kembali di bis pada pukul 3 sore.

Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan. Pada satu setengah jam sebelum kembali ke bis, kami masuk ke auditorium menonton film tentang hewan purbakala dan mengikuti uji coba gas nitrogen. Beberapa anak ikut serta maju ke depan, berpartisipasi dalam uji coba ini.

Sebelum pulang, kami mengadakan acara kuis mengenai pengetahuan yang telah mereka dapatkan disana. Kuis diberikan oleh kakak-kakak fasilitator sebagai ketua kelompok. Anak-anak yang bisa menjawab dengan baik dan benar mendapatkan hadiah, berupa pensil, buku mewarnai, dan buku tulis.

Kami kembali pulang ke pompa bensin terdekat dengan lokasi rumah belajar, tempat bis parkir sekitar pukul 5 sore. Sekalipun anak-anak dan orang tua lelah setelah mengikuti kegiatan belajar luar ruang dari pagi hingga sore hari, sedikit bekal pengetahuan dan pengalaman yang dibawa anak-anak sudah mampu mengisi satu tahap pengalaman hidup dan keceriaan masa kanak-kanak mereka.

Terimakasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan atas bantuan konsumsi dari teman kami, Kak Arry Fitriana dari KFC serta bantuan transportasi bis SJ Langgeng Utama dari Bu Herna Rusli.

Pada akhir Juli 2013, tepatnya Sabtu, 27 Juli 2013, keluarga Bu Ari dan Pak Edi datang berkunjung dan berbincang-bincang bersama kami pada pagi hari sebelum dimulainya kegiatan belajar. Keluarga Bu Ari dan Pak Edi datang berkunjung setelah beberapa tahun yang lalu kegiatan belajar masih dilakukan baik di tempat belajar pinggir kebun maupun sudah berupa tenda belajar. Keluarga Bu Ari dan Pak Edi datang membawa buku-buku pelajaran layak pakai, sikat gigi, pasta gigi, susu, wafer, dan coklat. Raka, anak bungsunya ikut bersamanya. Ia turut terlibat bersama anak-anak dalam kegiatan menyiram tanaman dan bernyanyi bersama sebelum mulai minum susu. Ia membagikan wafer saat anak-anak minum susu. Raka dan keluarga pulang saat kegiatan belajar dimulai. Pasta gigi, sikat gigi, wafer, susu, dan coklat, kami bagikan setelah anak-anak selesai belajar.


Pada sore hari menjelang buka puasa, Bu Amelia dan rekan-rekan kerjanya dari PT Stahlarbeit berkunjung ke rumah belajar membawa bingkisan dan konsumsi buka puasa. Anak-anak Cakung menyambutnya dengan nyanyian dan tarian Rampak Gendang yang pernah mereka pelajari. Setelah itu, rombongan dibawa berkeliling kebun dekat rumah belajar. Bingkisan dan konsumsi buka puasa dibagikan sebelum kami berfoto bersama. Menjelang maghrib, para tamu bergegas pulang.

Terimakasih banyak kami ucapkan pada Keluarga Bu Ari, Pak Edi, dan Raka atas kunjungan dan perhatiannya. Terimakasih kami pada Bu Amelia dan rekan-rekan PT Stahlarbeit atas perhatian dan kesediaannya untuk berbagi bersama kami. Kiranya kerjasama yang telah dijalin selama ini, dapat terus berlanjut dengan baik.

Kegiatan Belajar Alternatif

a. Komunitas Anak Cakung



Kegiatan belajar pada Sabtu I Juli 2013 berlangsung tidak seperti biasanya, karena kegiatan belajar diikuti oleh lebih banyak anak dan ditemani orang tua. Kegiatan yang dilaksanakan di luar rumah belajar, kembali menambah semangat dan antusiasme anak dalam belajar. Kegiatan yang dilaksanakan pertengahan tahun, yang juga dilaksanakan untuk mengisi masa libur sekolah, pada tahun ini dilaksanakan di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi TMII.

Kegiatan dilaksanakan oleh lima kelompok, yang dibagi berdasarkan kategori. Kak Qori’ah mendampingi anak kategori III, Kak Lisna mendampingi anak-anak kategori II, Kak Heni mendampingi anak-anak kategori I, Kak Gaby mendampingi anak-anak kategori 0 demikian juga dengan Kak Vero mendampingi anak-anak kategori 0.


Pada hari Minggu, 21 Juli 2013, kegiatan ketrampilan membuat aksesoris dari batu-batuan dan manik-manik diberikan oleh Kak Linda dan Kak Widya di tempat pelatihan di daerah Tulodong, Jakarta Selatan. Kegiatan ketrampilan diberikan pada anak-anak kategori III dan beberapa anak putus sekolah serta didampingi fasilitator yang ikut terlibat dalam belajar. Kegiatan dihadiri oleh 10 peserta dan 2 pelatih, dimulai dari sekitar pukul 10 pagi hingga 2 siang. Kegiatan dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok anak usia di atas 10 tahun didampingi oleh Kak Widya sedangkan kelompok anak usia di bawah 10 tahun didampingi oleh Kak Linda. Setiap anak wajib menghasilkan satu kreasi yang boleh menjadi milik mereka sendiri. Selesai membuat kreasi aksesoris, mereka berfoto mengenakan aksesoris buatan sendiri. Sebelum pulang, kami dibekali bahan-bahan dan peralatan untuk membuat aksesoris.

Kami sangat senang dan berterimakasih atas ketrampilan yang telah kami peroleh serta bahan-bahan ketrampilan yang diberikan oleh Kak Linda dan Kak Widya. Semoga kegiatan ini dapat terus memicu semangat anak untuk berkreasi dan membantu mereka memperoleh penghasilan untuk tabungan masa depan mereka. Semoga kerjasama yang telah dijalin dengan baik ini, dapat terus berlanjut.

Bantuan perlengkapan belajar dan ketrampilan kami peroleh dari Kak Ita dari Samenleven Organization dan Provincie Limburg, baik berupa meja dan kursi belajar anak, lemari tempat menyimpan perlengkapan belajar dan ketrampilan, karpet, laptop dan speaker untuk kegiatan menonton bersama, meja lipat, dan mesin jahit. Kami sangat senang dan berterimakasih. Semoga perlengkapan yang kami peroleh ini dapat meningkatkan kualitas belajar anak dan berguna bagi masa depan mereka.

b. Komunitas Muara Baru

Selama bulan ini, kegiatan belajar dilakukan pada hari Minggu II, dan IV.

Kegiatan belajar dilakukan selama bulan puasa. Jumlah anak berkurang karena kegiatan belajar dilakukan siang hari saat sebagian besar anak istirahat siang selama masa puasa. Kegiatan dilakukan di rumah Bu Herda karena aula tempat belajar dipersiapkan untuk kegiatan tarawih selama bulan puasa.

Kami belajar bersama kembali pada Selasa, 30 Juli 2013 sejak pagi hari hingga sore hari. Kegiatan belajar dilakukan tiga tahap. Pagi hari bagi anak-anak yang baru mulai mengenal huruf dan angka, siang hari bagi anak-anak yang sudah mulai mengenal huruf dan angka 0 – 20 serta penjumlahan, siang hingga sore hari anak-anak belajar berhitung dibimbing oleh Kak Indri, belajar perkalian melalui permainan ular tangga dibimbing oleh Kak Debby, demikian juga bermain scrabble dalam Bahasa Indonesia.

Sebelum anak-anak pulang, kami bagikan sedikit bingkisan, berupa pasta gigi, sikat gigi, dan wafer, bantuan dari keluarga Bu Ari dan Pak Edi. Anak-anak senang dan berterimakasih mendapatkan bingkisan yang bermanfaat ini.

Sekalipun melelahkan bagi kami yang mendampingi anak-anak sejak pagi hingga sore hari, semangat kebahagiaan tetap melekat di hati kami, melihat anak-anak belajar bersama dengan baik dan antusias. Kami berharap semangat dan niat belajar anak-anak dapat terus berkembang dengan baik.

Sejak kenaikan harga BBM bulan lalu yang memicu kenaikan harga sandang, pangan, dan papan, maka sedikit kenaikan biaya transportasi dan konsumsi dalam kegiatan pendampingan terpaksa kami lakukan untuk menjaga tetap terselenggaranya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar.

Akhirnya kami ucapkan terimakasih banyak atas kerjasama para fasilitator, volunteer, anak-anak, warga Cakung dan Muara Baru, baik pada Kak Lisa, Kak Vero, Kak Henni, Kak Qori’ah, Kak Gaby, Riska, Lisna, Indri, dan anak-anak pengurus program, serta Bu Herda di Muara Baru.

Perpustakaan

Kegiatan perpustakaan sepanjang bulan ini adalah registrasi dan memberi label dan menyampul buku-buku sumbangan. Beberapa buku ketrampilan untuk referensi kami belanjakan.

Sumbangan buku-buku pelajaran dan bacaan anak kami peroleh dari Bu Fitri Sudartini dan keluarga Bu Ari Wardani pada akhir Juli 2013. Buku-buku pelajaran layak pakai, kami tata di atas meja panjang untuk kebutuhan anak-anak. Buku-buku pelajaran bisa dipinjamkan atau diambil untuk kebutuhan mereka, demikian pula buku-buku bacaan anak yang kami sediakan, bisa diambil dan dipinjamkan.

Keterbatasan lemari membuat tim program perpustakaan mesti dengan cermat memilah-milah buku yang bisa diberikan atau dipinjamkan pada anak-anak.

Terimakasih banyak kami ucapkan pada Bu Fitri Sudartini dan keluarga Bu Ari Wardani yang berkenan datang membawakan langsung buku-buku pelajaran dan bacaan anak. Buku-buku bantuan ini akan kami gunakan sebaik-baiknya demi peningkatan kecerdasan dan kreatifitas anak. Semoga kerjasama yang telah dijalin ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Kami ucapkan terimakasih banyak atas perhatian dan ketekunan koordinator dan tim program perpustakaan.

Kegiatan Peningkatan Gizi Anak


Selama Juli 2013 ini, kegiatan peningkatan gizi anak berlangsung dengan baik.

Selain minum susu rutin, menu sehat bulan ini adalah pecel sayuran, semangka, dan es kelapa muda.

Pada Sabtu I Juli 2013, kegiatan belajar dilakukan di luar ruangan dengan bantuan konsumsi siang dari Kak Arry Fitriana, KFC, maka menu sehat ditiadakan.

Pada Sabtu II Juli 2013, menu sehat yang telah disediakan adalah semangka, sedangkan pada Sabtu III Juli 2013, menu sehat adalah pecel sayuran.

Pada Sabtu IV Juli 2013, menu sehat ditiadakan karena hadirnya teman-teman dari PT Stahlarbeit yang datang berkunjung membawa bingkisan dan konsumsi untuk berbuka puasa.

Kami berterimakasih pada Kak Arry Fitriana, keluarga Bu Ari Wardani atas bantuan susu coklat, wafer, dan coklat untuk anak-anak, serta Bu Amelia dan karyawan PT Stahlarbeit.

Kami berterimakasih pada Kak Novita, Mrs. Reynacil Xavier dari Samenleven Organization dan Provincie Limburg atas bantuan kompor 4 tungku dan lemari es pada pertengahan Juli 2013. Kompor besar sudah mulai kami gunakan untuk memasak menu sehat, demikian pula lemari es digunakan untuk menyimpan bahan pangan baik yang belum diolah maupun yang sudah diolah.

Akhirnya, kami berterimakasih pada koordinator dan tim pengurus program yang telah mempersiapkan menu sehat dengan baik selama Juli 2013.

Beasiswa

Sejak akhir Juni 2013 hingga pertengahan Juli 2013, anak-anak SD penerima beasiswa libur tahun ajaran lama untuk memasuki tahun ajaran baru. Firman naik ke kelas II SD, demikian pula dengan teman-teman lainnya. Beberapa anak peserta kegiatan belajar mulai mendaftar SD di kampong halamannya masing-masing, beberapa mendaftar di SD negeri terdekat dengan rumah mereka di Cakung.

Demikian pula dengan Indri, penerima beasiswa untuk tingkat universitas. Libur kuliah selama seminggu pada awal Juli digunakan untuk persiapan mengikuti ujian akhir semester II. Setelah ujian akhir semester II selama seminggu lebih, mulailah libur kuliah bersamaan dengan libur lebaran.

Pada pertengahan Juli 2013, tahun ajaran baru dimulai, Firman dan teman-temannya mulai masuk kelas yang baru. Pembelian buku-buku tulis dan buku pelajaran serta alat tulis dilakukan, sementara biaya kebutuhan fotokopi, print tugas kuliah, dan transport kuliah untuk mengikuti tes TOEFL dikeluarkan pada awal Juli 2013. Salah satu computer mengalami masalah dengan software, akhirnya harus diperbaiki dan membuat Indri harus mengerjakan tugas kuliahnya di rental internet.

Dua anak putus sekolah mulai terlibat dalam kegiatan belajar sejak kami ajak untuk ikut pelatihan ketrampilan yang dibimbing oleh Kak Linda dan Kak Widya. Asih (17 tahun) dan Amel (13 tahun) mulai ikut bergabung dengan anak-anak kategori III. Rencana ke depannya, Asih memilih untuk mengikuti kursus menjahit dan Amel ingin mengikuti kursus memasak atau computer. Masih ada beberapa anak-anak laki-laki putus sekolah, namun agak sulit mengajak mereka untuk menimba ilmu dan mendapatkan keahlian melalui ketrampilan yang kami pelajari, karena anak-anak laki-laki sebagian besar lebih fokus untuk mendapatkan uang saat itu juga, baik dengan memulung atau mencabut kangkung dan bayam.

Perlahan-lahan kami berusaha mencoba membuka wawasan dan pengetahuan mereka agar mereka juga bisa berpikir ke depan untuk memperoleh bekal ilmu dan ketrampilan, demi masa depan mereka sendiri.

Terimakasih kami pada teman-teman yang berkenan rutin membantu penyelenggaraan program beasiswa ini. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Rencana kegiatan di bulan Agustus 2013 ini adalah :

1. Kegiatan Belajar
a. Libur kegiatan belajar pada minggu II – minggu III Agustus 2013 sehubungan dengan hari raya lebaran. Kegiatan belajar akan dimulai kembali pada Jumat, 23 Agustus 2013.
b. Kegiatan ketrampilan untuk peningkatan usaha ekonomi remaja Cakung difokuskan pada ketrampilan berbahan dasar manik-manik, kertas untuk kegiatan paper quilling, dan kain, benang serta perlengkapan menjahit untuk kegiatan menjahit bagi anak-anak kategori III dan para ibu.

2. Kegiatan Peningkatan Gizi Anak
a. Persiapan bahan-bahan menu sehat dan pembelian susu.

3. Perpustakaan
a. Perbaikan lemari perpustakaan dan pembelian sampul plastik serta penyediaan lemari buku tambahan.

4. Beasiswa
a. Pendaftaran kursus menjahit Singer untuk Asih dan Amel pada pertengahan Agustus 2013.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.

Akhirnya, kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan ini.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami untuk Bu MA Nani Tirtajaya, Bu Vina – Pak Arend – Michelle Maramis, Mbak Jenny, Kak Elissa Wiguna, Pak Arif Budi Subekti – Bu Maria, Bu Sofia Erlinda, Kak Uwie serta Kak Arry Fitriana.

Terimakasih atas bantuan material yang telah kami terima dari Kak Arry, Bu Herna Rusli, Kak Ita dari Samenleven Organization dan Provincie Limburg, Kak Linda Kurnia dan Kak Widya, Sr. Annunciata, OSU, Bu Fitri Sudartini, Kak Ari Wardani dan keluarga, Bu Amelia dan rekan-rekan kerjanya di PT Stahlarbeit, serta Keluarga Pak Mehdi dan Bu Margareth Laftavi.

Terimakasih banyak atas semua kebaikan teman-teman. Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Tuhan memberkati kita semua.


Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar
Debby


P.S.
You could give donation via bank:
Acc.holder Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Acc.no.342-2792161
Swift code : cenaidja
or contact me for material support on +628129685594



Tidak ada komentar:

Posting Komentar