Cari Blog Ini

20 Februari, 2014

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Januari 2014

Salam jumpa teman-teman yang baik,

http://www.celestethecentre.com

Selamat Tahun Baru Cina 2565 bagi teman-teman yang merayakan.

Semoga kedamaian, kesejahteraan, serta kebahagiaan menyertai kita di tahun Kuda kayu ini.


Sepanjang Januari 2014 ini, kegiatan Komunitas Anak Belajar dapat berjalan dengan baik. Kami bersyukur dan terimakasih atas bantuan dan doa teman-teman.

Setelah melalui evaluasi program 2013 dan perencanaan program 2014, kegiatan Januari 2014 diawali dengan serah terima tugas dari pengurus program 2013 pada pengurus program 2014 pada Sabtu, 4 Januari 2014, kemudian dilanjutkan dengan penyusunan dan presentasi program kegiatan 2014. Sekalipun hanya pergantian tugas namun ada pengurus baru yang mulai aktif dalam program 2014. Amel mulai terlibat dalam tugas perpustakaan setelah tahun lalu kami ajak untuk aktif dalam tim perpustakaan.


Susunan kepengurusan program 2014 adalah sebagai berikut :

I. Kegiatan Akademis

a. Pj.kegiatan menabung anak : Tia, Nia

b. Pj.kegiatan kebersihan anak & rumah belajar : Tia, Kiki, Nia.

c. Pj.penjemputan anak kecil : Amel, Mayang

d. Fasilitator Kategori 0 : Ondo, Ester

e. Fasilitator Kategori I : Kak Uju, Bu Mar’ah

f. Fasilitator Kategori II : Kak Indri

g. Fasilitator Kategori III : Kak Debby, Kak Qori’ah

II. Kegiatan Program

a. Koordinator Perpustakaan : Amel

Tim : Nia, Tia, Mayang

b. Koordinator Peningkatan Gizi Anak : Mayang

Tim : Kiki, Amel, Nia, Tia

c. Koordinator Beasiswa : Indri

d. Koordinator Usaha Mandiri : Yana

Tim : Riska, Bu Sutini, Indri, Debby

III. Kegiatan Administratif

Penanggungjawab dan koordinator : Kak Debby

Bendahara : Kak Indri

Semoga pengurus program 2014 ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik.


Pada Senin, 13 Januari 2014, kami kedatangan 10 murid SMA De Britto, Yogyakarta yang mendapat tugas untuk live-in hingga Jumat, 17 Januari 2014 di wilayah Cakung. Kami jemput murid-murid dan guru pendamping pada pagi hari dan mulai berkegiatan bersama orang tua angkat mereka pada siang harinya. Masing-masing anak mendapatkan orang tua angkat.

Pada Jumat, 17 Januari 2014, kami menyewa kendaraan untuk mengantar murid-murid dan guru pendamping SMA De Britto, Yogyakarta kembali ke tempat berkumpulnya murid-murid wilayah Timur dan Utara Jakarta, di wisma bruderan Atmabrata, Cilincing.

Terimakasih pada murid-murid dan guru pendamping yang berkenan untuk belajar hidup bersama warga di Cakung dan terimakasih banyak pada Romo Yohanes dan pihak SMA De Britto, Yogyakarta atas kepercayaannya dan dukungannya bagi kami. Kiranya kerjasama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Hujan yang turun deras selama beberapa hari pada pertengahan Januari 2014 menyebabkan kemacetan panjang dan banjir dimana-mana. Selesai anak-anak kecil belajar, kami menyempatkan diri untuk mampir ke tempat warga di sawah, dekat rumah belajar lama, untuk melihat-lihat situasi. Banjir di wilayah sawah baik di gang masjid maupun di sawah dekat rumah belajar lama sudah mencapai ketinggian selutut orang dewasa pada Jumat, 17 Januari 2014.


Pada Minggu, 19 Januari 2014, local leader di Muara Baru beberapa kali menghubungi kami dan mengabarkan banjir besar disana. Siang harinya kami berkunjung kesana sekaligus membawa bantuan sekedarnya.


Esok harinya, kami tulis surat pendek pada teman-teman untuk mengabarkan musibah banjir di Muara Baru dan Cakung. Selama seminggu, kegiatan difokuskan pada kunjungan untuk membantu korban banjir di Cakung, Muara Baru, dan beberapa daerah di Jawa Barat. Laporan situasi banjir akan kami kirim tersendiri.


Terimakasih banyak kami ucapkan pada teman-teman yang sudah berkenan membantu para korban banjir di Cakung, Muara Baru, dan beberapa daerah di Jawa Barat.

Terimakasih kami yang sebesar-besarnya pada Kak Daisy Sularmi Ningtyas, Bu Litta Patmasari Dewi, Ibu Tjandra Hartati, Kak Sari Palengkahu, Kak Arry Fitriana dan tim dari Kentucky Fried Chicken Indonesia, Ibu Sylvia Hardjadinata, Ibu Nani Sukasediati, Ibu Herawati Handojo, Ibu Alexandra Sinta, Ibu Lucy Tandywidjojo atas nama Alumni SMA Santa Ursula ‘88, Kak Eka Mei dan para guru atas nama SD Marsudirini, Matraman, Jakarta Timur, Bang Tigor Nainggolan atas nama FAKTA (Forum Masyarakat Miskin Kota).

Terimakasih atas bantuan dan kerjasamanya. Kiranya Tuhan senantiasa memberikan kesehatan prima dan berkat limpah.

Pada Jumat, 24 Januari 2014, kami mendapat kabar dukacita, meninggalnya ibunda Kak Meltari. Kak Meltari adalah salah satu volunteer Cakung. Kami mengunjunginya beberapa hari setelahnya.

Kami turut berdukacita sedalam-dalamnya atas berpulangnya Ibunda tercinta. Kiranya Ibunda mendapat pengampunan dosa dan istirahat kekal di rumah Bapa maha pengasih dan keluarga senantiasa tabah dan kuat menghadapinya.


Kegiatan Belajar Alternatif


Setelah melalui evaluasi kurikulum 2013 dan perencanaan kurikulum 2014, kegiatan Januari 2014 diawali dengan penentuan peserta belajar duduk dalam kategori belajar. Tidak semua anak yang duduk dalam kategori awal bisa naik ke kategori yang lebih tinggi.

Beberapa anak melalui evaluasi bersama fasilitator kurikulum dinyatakan belum siap untuk masuk kategori yang lebih tinggi. Tidak hanya berdasarkan kemampuan intelektual tetapi juga usia dan perkembangan mental anak yang kami pertimbangkan.

Komunitas Anak Cakung

Kegiatan belajar dimulai pada Jumat, 10 Januari 2014, diikuti oleh sekitar 16 anak, sementara kegiatan belajar pada Sabtu, 11 Januari 2014 diikuti oleh sekitar 30 anak.

Kami senang karena di awal tahun ini, anak-anak masih tetap bersemangat untuk belajar sekalipun lokasi tempat belajar lebih jauh. Anak-anak kecil yang tidak diantar orang tuanya, dijemput oleh tim penjemput anak, yang adalah anak-anak kategori III. Sementara itu, ada peserta belajar baru dari lingkungan sekitar yang mau mengikuti kegiatan belajar, terutama anak-anak laki-laki.

Kegiatan ketrampilan sudah dimulai sejak Rabu, 8 Januari 2014. Kegiatan berfokus pada kreasi dari bahan-bahan yang dapat didaur ulang, seperti bungkus kopi, sabun cuci piring atau cuci pakaian serta kreasi kartu paper quilling yang dibuat dompet dan tempat pensil.

Kami dengan senang hati menerima sumbangan bahan-bahan daur ulang dari teman-teman yang berkenan untuk mendukung kegiatan ketrampilan yang dilakukan oleh para remaja dan ibu Cakung.

Pada Jumat, 31 Januari 2014 kegiatan belajar diliburkan sehubungan dengan hari raya Imlek. Kegiatan kami isi dengan evaluasi program pada siang harinya.

Komunitas Muara Baru

Selama bulan ini, kegiatan belajar dilakukan pada hari Minggu, 12 Januari 2014 dan 26 Januari 2014.

Seminggu sebelum musibah banjir di Jakarta, kegiatan belajar kami lakukan di aula tempat belajar, didampingi oleh Kak Indri dan Kak Yana, sedangkan pada minggu IV Januari 2014, kegiatan belajar didampingi oleh Kak Indri dan Kak Debby.

Saat musibah banjir melanda Muara Baru, kami berkunjung tidak hanya ke wilayah tempat belajar anak-anak di wilayah Elektro, tetapi juga di wilayah Kebun Tebu dan Tembok Bolong.

Anak-anak peserta belajar dan Bu Herda selaku local leader disana mengucapkan terimakasih atas perhatian dan bantuan yang kami berikan bagi para korban banjir di Muara Baru. Sementara di wilayah Kebun Tebu dan Tembok Bolong, bantuan kami berikan langsung bersama seorang local leader, Tarini.

Kami ucapkan terimakasih banyak atas kerjasama para fasilitator, volunteer, anak-anak, warga Cakung dan Muara Baru, baik pada Kak Qori’ah, Kak Uju, Bu Mar’ah, Yana, Indri, dan anak-anak pengurus program, serta Bu Herda dan Tarini di Muara Baru.


Perpustakaan

Kegiatan perpustakaan diawali dengan registrasi ulang dari data buku perpustakaan tahun 2009 hingga 2013. Selama dua bulan ini, agenda kegiatan perpustakaan adalah registrasi ulang.

Kegiatan berlangsung dengan baik dibantu oleh tim perpustakaan yang merelakan waktu selama beberapa hari menginap di rumah belajar.

Kami ucapkan terimakasih banyak atas dukungan, perhatian dan ketekunan koordinator dan tim program perpustakaan, yang setia meluangkan waktu untuk menyelesaikan tugas ini.


Kegiatan Peningkatan Gizi Anak


Selama Januari 2014 ini, kegiatan peningkatan gizi anak berlangsung dengan baik.

Selain minum susu rutin setiap Sabtu, menu sehat bulan ini adalah telur rebus, salak, dan semur tahu telur.

Berdasarkan evaluasi program ini, mulai tahun 2014, pemberian menu sehat tidak hanya dilakukan pada hari Sabtu, tetapi juga pada hari Jumat secara bergantian.

Menu sehat pada Sabtu II Januari 2014 adalah telur rebus, yang biasanya anak-anak makan dibubuhi kecap atau garam. Menu sehat pada Jumat III Januari 2014 adalah salak, sesuai dengan musimnya.

Pada Sabtu IV Januari 2014, menu sehat yang dihidangkan tim kegiatan peningkatan gizi anak adalah semur telur tahu.

Anak-anak sangat menikmati menu sehat yang murah dan bergizi ini, apalagi di musim penghujan ini.

Kami berterimakasih pada koordinator dan tim pengurus program serta kakak-kakak fasilitator yang telah membantu mempersiapkan menu sehat dengan baik.


Beasiswa

Selama Januari 2014, kebutuhan pada kertas, alat tulis, buku-buku pelajaran serta tinta printer dan pulsa modem internet untuk mahasiswa dan pelajar tingkat SD dan SMP juga pembayaran biaya SKS semester III.

Pada minggu terakhir Januari 2014, penerima beasiswa tingkat perguruan tinggi mengikuti ujian akhir semester III.

Terimakasih kami pada teman-teman yang berkenan rutin membantu penyelenggaraan program beasiswa ini. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.


Rencana kegiatan di bulan Februari 2014 ini adalah :

1. Kegiatan Belajar

Kegiatan belajar bersama dilakukan setiap Jumat dan Sabtu dari pukul 12.00 hingga pukul 15.30.
Kegiatan ketrampilan dilakukan setiap Rabu siang hingga sore hari di rumah belajar. Kegiatan difokuskan pada kreasi daur ulang bungkus kopi dan kartu paper quilling.
Pelatihan menjahit akan dimulai kembali pada minggu terakhir Februari 2014.

2. Kegiatan Peningkatan Gizi Anak

Persiapan bahan-bahan menu sehat dan pembelian susu serta penyediaan perlengkapan masak yang memadai.

3. Perpustakaan

Registrasi ulang buku-buku perpustakaan 2009 hingga 2013.

4. Lain-lain

Gunting rambut anak dan warga Cakung pada Sabtu pagi, 15 Februari 2014 di rumah belajar Cakung bekerjasama dengan Puspita Martha, Sari Ayu Martha Tilaar.


Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.

Produksi ketrampilan remaja Cakung dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.


Akhirnya, kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan ini.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami untuk Bu MA Nani Tirtajaya, Bu Vina – Pak Arend – Michelle Maramis, Mbak Jenny, Kak Elissa Wiguna, Kak Arry Fitriana, Children First! & Gemeente Oostkamp serta Kak Uwie.

Terimakasih banyak atas semua kebaikan teman-teman. Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Tuhan memberkati kita semua.



Salam hangat,

Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby



P.S.
You could give donation via bank:
Acc.holder Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Acc.no.342-2792161
Swift code : cenaidja
or contact me for material support on +628129685594

Tidak ada komentar:

Posting Komentar