Cari Blog Ini

15 April, 2014

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Maret 2014


Salam jumpa teman-teman yang baik,

http://upadhana.blogspot.com

Selamat Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Caka 1936.
Selamat menjadi manusia baru yang selaras dengan alam dan sesama.


Sepanjang Maret 2014 ini, kegiatan Komunitas Anak Belajar dapat berjalan dengan baik. Kami bersyukur dan berterimakasih atas bantuan dan doa teman-teman.

Kegiatan Belajar Alternatif

a. Komunitas Anak Cakung



Kegiatan belajar sepanjang bulan ini dapat berjalan dengan baik.

Seperti bulan lalu, pada bulan ini ada 12 anak baru dan anak lama yang aktif kembali dari lingkungan sekitar yang masuk dalam kategori 0 hingga 3.

Kami senang atas bertambahnya jumlah anak dan kepercayaan warga pada kegiatan kami di rumah belajar Komunitas Anak Cakung. Kehadiran fasilitator laki-laki sejak bulan lalu juga turut menambah semaraknya suasana dan semangat belajar anak-anak laki-laki untuk mengikuti kegiatan belajar.

Semoga semangat yang ada tetap terus berkobar dan anak-anak tetap aktif mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan di rumah belajar.

Kegiatan ketrampilan untuk selanjutnya masih tetap berfokus pada kreasi dari bahan-bahan yang dapat didaur ulang, seperti bungkus kopi, sabun cuci piring atau cuci pakaian serta kreasi kartu paper quilling yang dibuat dompet, tas, tempat tissue, dan tempat pensil. Selain itu juga pembuatan kartu ucapan paper quilling dan pembuatan kalung, gelang, dan anting dari mutiara dan batu alam sumbangan para sahabat.

Kami dengan senang hati menerima sumbangan bahan-bahan daur ulang dari teman-teman yang berkenan untuk mendukung kegiatan ketrampilan yang dilakukan oleh para remaja dan ibu Cakung. Mari bersama kita dukung gerakan pengurangan, penggunaan kembali, dan daur ulang sampah plastik di sekitar kita.

Terimakasih kami pada Sr. Marcelline, OSU yang rutin setiap bulan membantu mengumpulkan bahan-bahan yang bisa didaur ulang untuk kegiatan ketrampilan Komunitas Anak Belajar.

b. Komunitas Muara Baru


Selama bulan ini, kegiatan belajar dilakukan pada hari Minggu, 9 Maret 2014 dan 23 Maret 2014.

Kehadiran Kak Lucy, fasilitator yang pada tahun-tahun awal berdirinya Komunitas Anak Belajar, memberi suasana dan semangat baru pada anak-anak Muara Baru. Pendampingan belajar Matematika pada anak-anak remaja menjadi lebih terbantu.

Kami ucapkan terimakasih banyak atas kerjasama para fasilitator, volunteer, anak-anak, warga Cakung dan Muara Baru, baik pada Kak Lucy, Riska, Kak Qori’ah, Kak Uju, Bu Mar’ah, Esther, Mohandri, Indri, dan anak-anak pengurus program, serta Bu Herda di Muara Baru.

Perpustakaan

Kegiatan perpustakaan masih dilakukan dengan registrasi ulang dan perawatan buku-buku perpustakaan. Buku-buku pelajaran dikeluarkan dari data buku untuk dipinjamkan atau diberikan pada yang membutuhkan. Beberapa buku digunakan sebagai referensi belajar anak-anak pada beberapa kategori.

Kegiatan administrasi yang dilakukan oleh tim perpustakaan, sejak awal Maret 2014 dijadwalkan setiap Kamis dan berdasarkan kesepakatan tim, beberapa kali diteruskan pada Jumat selesai kegiatan belajar.

Kami ucapkan terimakasih banyak atas dukungan, perhatian dan ketekunan koordinator dan tim program perpustakaan, yang tetap setia meluangkan waktu untuk menyelesaikan tugas ini.

Kegiatan Peningkatan Gizi Anak


Selama Maret 2014 ini, kegiatan peningkatan gizi anak berlangsung dengan baik.

Selain minum susu rutin setiap Sabtu, menu sehat bulan ini adalah telur rebus, pisang, tahu isi siomay, puding busa jeruk, dan rujak kangkung.

Menu sehat pada Sabtu I Maret 2014 adalah telur rebus, yang biasanya anak-anak makan dibubuhi kecap atau garam. Menu sehat pada Jumat II Maret 2014 adalah pisang, sedangkan pada Sabtu III Maret 2014, menu sehat yang dihidangkan tim kegiatan peningkatan gizi anak adalah tahu isi siomay, yang dipersiapkan oleh tim gizi anak sejak Jumat, mulai dari menulis resep, daftar belanja, hingga pembagian tugas kerja keesokan harinya.

Pada Jumat IV Maret 2014, menu sehat yang dihidangkan adalah puding busa jeruk. Sekalipun cukup membuat tim sibuk dan kewalahan, terbayar dengan hasil yang tidak mengecewakan. Puding yang disajikan cantik dan rasanya enak. Anak-anak senang makan puding, sementara beberapa anak merasa aneh dengan adanya busa di atas puding, sekalipun sudah kaku dan dingin.

Pada Sabtu terakhir Maret 2014, rujak kangkung disiapkan oleh tim bagi seluruh anak dan para ibu yang hadir dalam kegiatan koperasi. Anak-anak senang makan rujak kangkung dengan bumbunya yang pedas dan asam.

Kami berterimakasih pada koordinator dan tim pengurus program serta kakak-kakak fasilitator yang telah membantu mempersiapkan menu sehat dengan baik.

Beasiswa

Pada Maret 2014, pengeluaran dana beasiswa mencakup biaya registrasi ulang perkuliahan semester IV, pembelian pulsa modem internet, fotokopi bahan pelajaran, tinta warna untuk printer, buku pelajaran, perlengkapan ketrampilan murid SD dan biaya transport mingguan bagi beberapa penerima dana beasiswa penuh.

Dua volunteer pendamping anak kategori 0, yang dulunya adalah peserta belajar anak kategori IV memiliki minat untuk melanjutkan sekolah tingkat SMA dan SMK. Keduanya ditinggal pergi ayahnya yang adalah tulang punggung keluarga, dan pada akhirnya sang ibu harus bekerja kasar untuk menghidupi anak-anaknya. Kini kedua volunteer ini masih dalam penilaian kami, terutama masalah komitmen mendampingi anak-anak belajar di rumah belajar.

Terimakasih kami pada teman-teman yang berkenan rutin membantu penyelenggaraan program beasiswa ini. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Rencana kegiatan di bulan April 2014 ini adalah :

1. Kegiatan Belajar
a. Kegiatan belajar bersama dilakukan setiap Jumat dan Sabtu dari pukul 12.00 hingga pukul 15.30.
b. Pada 18 dan 19 April 2014, kegiatan belajar diliburkan sehubungan dengan trihari suci masa Paskah.
c. Kegiatan ketrampilan yang biasanya dilakukan setiap Rabu siang hingga sore hari di rumah belajar, kini pindah setiap Selasa siang.

2. Kegiatan Peningkatan Gizi Anak
a. Persiapan bahan-bahan menu sehat dan pembelian susu serta penyediaan perlengkapan masak yang memadai.

3. Perpustakaan
a. Registrasi dan perawatan buku-buku perpustakaan.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja Cakung dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.

Akhirnya, kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan ini.

Terimakasih banyak atas bantuan material berupa material daur ulang sebanyak 3 kantong plastik penuh dari Sr. Marcelline, OSU.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami untuk Bu MA Nani Tirtajaya, Mbak Jenny, Keluarga Loos, Ibu Sofia Erlinda Indra, dan Kak Arry Fitriana.

Terimakasih banyak atas semua kebaikan teman-teman. Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Tuhan memberkati kita semua.



Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar
Debby


P.S.
You could give donation via bank:
Acc.holder Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Acc.no.342-2792161
Swift code : cenaidja
or contact me for material support on +628129685594

Tidak ada komentar:

Posting Komentar