Cari Blog Ini

10 Juni, 2014

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Mei 2014

Salam jumpa teman-teman yang baik,

Selamat Hari Raya Trisuci Waisak 2558 BE, Selamat Hari Raya Isra Mi’raj, dan
Selamat Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus.
Semoga keragaman iman dan kepercayaan tetap terjaga dalam kerukunan hidup dan persatuan bangsa.


Sepanjang Mei 2014 ini, kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar dapat berjalan dengan baik.
Kami bersyukur dan berterimakasih atas bantuan dan doa teman-teman.

Pada Sabtu, 10 Mei 2014, kami mengikuti kegiatan bazaar yang diselenggarakan di halaman SD St. Yakobus, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kegiatan ini diwakili seorang fasilitator dan dua anak yang bertugas menjual dan memberi informasi tentang kegiatan Komunitas Anak Belajar. Kegiatan berlangsung pagi hingga siang hari. Kami senang bertemu dengan teman-teman baru yang juga belajar berkreasi seperti halnya yang sudah kami lakukan, apalagi beberapa barang kreasi kami berhasil dijual.

Terimakasih pada Ms. Sepha dan teman-teman yang sudah banyak membantu kami melalui kesempatan ini. Kiranya dukungan dan kerjasamanya dapat terus berlanjut dengan baik.

Kegiatan Belajar Alternatif

a. Komunitas Anak Cakung


Sepanjang Mei 2014 ini, kegiatan belajar alternatif dapat berjalan dengan baik.

Ada dua anak baru dari kategori III yang mulai terlibat dalam kegiatan belajar pada awal Mei 2014, sedangkan satu fasilitator baru, seorang anak Cakung yang tinggal di lingkungan rumah belajar bernama Tino, mulai belajar mendampingi anak-anak sejak pertengahan Mei 2014.

Tino berusia 14 tahun, baru saja menyelesaikan pendidikan SMP dan melanjutkan ke STM. Ia bertugas untuk membantu Ester dalam mendampingi anak-anak kategori 0 atau membantu Mohandri dalam mendampingi anak-anak kategori 2.

Setelah sekian lama vacuum dari kegiatan majalah dinding, pada akhir Mei 2014, anak-anak kategori 3 mulai menerbitkan kembali majalah dinding yang ditempel pada sisi kiri papan tulis besar. Hadirnya semakin banyak anak di kategori 3 menambah semangat mereka dalam belajar dan berkreasi.

Kegiatan ketrampilan sepanjang bulan masih tetap berfokus pada belajar dan berkreasi dari bungkus kopi yang didaur ulang. Contoh kreasi daur ulang yang halus dan rapi kami beli dalam bazaar SD St. Yakobus bulan lalu, kami pelajari dan terapkan dalam karya kami. Demikian pula tas besar bungkus kopi yang dibeli di kampong oleh salah seorang Ibu, peserta kegiatan Usaha Mandiri, kami pelajari dan masih dalam rencana untuk mengikuti pelatihan pembuatan tas ini.

Kami dengan senang hati menerima sumbangan bahan-bahan daur ulang dari teman-teman yang berkenan untuk mendukung kegiatan ketrampilan yang dilakukan oleh para remaja dan ibu Cakung. Mari bersama kita dukung gerakan pengurangan, penggunaan kembali, dan daur ulang sampah plastik di sekitar kita.

Terimakasih kami pada Sr. Marcelline, OSU yang rutin setiap bulan membantu mengumpulkan bahan-bahan yang bisa didaur ulang untuk kegiatan ketrampilan Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami pada Ibu Tina Gayatri yang juga rutin mengumpulkan bahan-bahan daur ulang melalui dirinya dan penggalangan dari tetangga di sekitar rumahnya.

b. Komunitas Muara Baru

Selama bulan ini, kegiatan belajar dilakukan dua kali, yaitu pada hari Minggu I dan III.

Kegiatan belajar dapat berlangsung dengan baik dan dilakukan dalam dua kelompok, anak-anak yang belum lancar membaca, tulis, berhitung, dan anak-anak yang sudah lancar membaca. Sejak bulan ini, kegiatan pendampingan mulai dipegang oleh fasilitator anak yang biasa mendampingi belajar anak-anak di Cakung. Dengan mengikutsertakan seorang anak dari kategori 3, proses regenerasi mulai dipersiapkan.

Pada minggu I, kegiatan belajar di Muara Baru didampingi oleh Kak Indri dan Kak Mohandri, dan pada Minggu III, kegiatan belajar selain didampingi dua fasilitator, seorang anak kategori III ikut serta mendampingi anak-anak Muara Baru belajar.

Kami ucapkan terimakasih banyak atas kerjasama para fasilitator, volunteer, anak-anak, warga Cakung dan Muara Baru, terutama pada Ondo, Indri, Kak Qori’ah, Kak Uju, Ester, Tino dan anak-anak pengurus program, serta Bu Herda di Muara Baru.

Perpustakaan

Kegiatan perpustakaan sepanjang bulan ini adalah perawatan dan penataan buku-buku registrasi tahun 2011 dan 2012.

Kegiatan administrasi yang dilakukan oleh tim perpustakaan, sejak awal Maret 2014 dijadwalkan setiap Kamis dan berdasarkan kesepakatan tim, beberapa kali diteruskan pada Jumat selesai kegiatan belajar. Untuk mempermudah registrasi tahunan, buku-buku disimpan dalam lemari terpisah berdasarkan tahun registrasi.

Kami ucapkan terimakasih banyak atas dukungan, perhatian dan ketekunan koordinator dan tim program perpustakaan, yang tetap setia meluangkan waktu untuk menyelesaikan tugas ini.

Kegiatan Peningkatan Gizi Anak

Selama Mei 2014 ini, kegiatan peningkatan gizi anak berlangsung dengan baik.

Selain minum susu rutin, menu sehat bulan ini adalah tomat iris yang ditaburi gula, jus jambu biji, jagung susu kelapa parut, dan es bengkuang, ketimun, nenas.

Pada Sabtu I Mei 2014, menu sehat yang dihidangkan adalah tomat iris yang ditaburi gula, sedangkan pada Jumat II Mei 2014, anak-anak makan telur rebus.

Pada Sabtu III Mei 2014, kami minum jus jambu biji yang disiapkan oleh beberapa fasilitator.

Setelah kegiatan belajar, anak-anak dari seluruh kategori bekerja bakti membersihkan ruang belajar, meja dan kursi yang kotor serta menyapu dan mengepel lantai. Selesai kegiatan, seluruh anak menikmati jus jambu biji yang menyegarkan dan memulihkan tenaga.

Pada Jumat IV Mei 2014, anak-anak kategori III menyiapkan menu jagung rebus ditaburi parutan kelapa yang sudah dikukus dan diatasnya dilumuri susu kental manis.

Anak-anak suka sekali dengan menu ini, sekalipun agak berbeda dengan yang biasa dijual di kios-kios, tanpa taburan keju parut.

Pada Sabtu V Mei 2014, anak-anak kategori III menyiapkan menu minuman segar jeruk nipis dicampur jeruk peras yang diisi dengan potongan bengkoang, ketimun, dan nenas. Sekalipun hujan masih sering turun di musim kemarau ini, anak-anak suka minuman ini yang dihidangkan menjelang sore hari.

Akhirnya, kami berterimakasih pada tim pengurus program yang telah mempersiapkan menu sehat dengan baik selama Mei 2014.

Beasiswa

Pada pertengahan Mei 2014, seorang volunteer yang mendaftar di STM membayar separuh dari biaya pendaftaran, berupa pemenuhan persyaratan wajib; pembelian formulir dan dikembalikan beberapa hari setelahnya dengan dilengkapi oleh surat keterangan sehat dari dokter, foto dan pelunasan baju seragam dan atribut sekolah serta pembayaran separuh dari biaya pembangunan. Ia memutuskan mendaftar ke sekolah formal.

Berbeda dengan seorang volunteer yang kami ajak untuk mendaftar di SMK Farmasi, setelah membeli formulir dan mengikuti tes dinyatakan lulus, akhirnya memutuskan untuk tidak masuk SMK Farmasi karena biaya sekolah yang tinggi dengan biaya pembangunan yang mahal dan kami nilai tidak masuk akal dibanding hasil yang nanti ia terima saat bekerja nanti.

Kami ajak untuk survey ke SMK lain dan akhirnya ia memutuskan untuk memilih masuk SMA negeri sambil menunggu hasil NEM (Nilai Ebtanas Murni) tingkat SMP yang akan diberitakan serentak pada pertengahan Juni 2014.

Pada bulan ini, pengeluaran dana untuk beasiswa anak mencakup pemenuhan kebutuhan pendidikan anak dari kebutuhan fotokopi, biaya renang maupun biaya transportasi anak sekolah dan biaya transportasi anak dalam tugas kelompok.

Terimakasih kami pada teman-teman yang berkenan rutin membantu penyelenggaraan program beasiswa ini. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Rencana kegiatan di bulan Juni 2014 ini adalah :

1. Kegiatan Belajar
a. Kegiatan belajar bersama dilakukan setiap Jumat dan Sabtu dari pukul 12.00 hingga pukul 15.30.
b. Kegiatan ketrampilan dilakukan setiap Selasa siang hingga sore atau malam hari di rumah belajar.
c. Perutusan 4 fasilitator untuk menghadiri pelatihan HAM untuk kaum muda lintas iman yang diselenggarakan ICRP (Institut of bekerjasama dengan Wahid Institute pada Sabtu, 7 Juni 2014 di kantor Wahid Institute, Matraman, Jakarta Pusat.
d. Seminar Parenting Class dengan tema Mencegah terjadinya kekerasan seksual pada anak-anak akan dihadiri oleh seorang fasilitator pada Minggu, 8 Juni 2014 di auditorium RS Bunda, Cikini, Jakarta Pusat.
e. Pelatihan pembuatan website oleh Pak Ahmad Baihaki pada Selasa, 10 Juni 2014 – Sabtu, 14 Juni 2014.
f. Penjualan jus dan es selama bulan puasa dari blender yang dibeli untuk program peningkatan gizi anak dan kegiatan Usaha Mandiri.

2. Kegiatan Peningkatan Gizi Anak
a. Persiapan bahan-bahan menu sehat dan pembelian susu serta penyediaan perlengkapan masak yang memadai.

3. Perpustakaan
a. Penyelesaian registrasi dan perawatan buku-buku perpustakaan serta penataan dalam lemari, khususnya untuk buku-buku registrasi tahun 2012 hingga 2014.

4. Beasiswa
a. Ujian Akhir Semester seorang mahasiswa penerima beasiswa pada akhir Juni 2014.
b. Pelunasan dana untuk penerima beasiswa yang mendaftar masuk STM dan pendaftaran seorang anak masuk SMA negeri.

Akhirnya, kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan ini.

Kami berterimakasih pada para donator yang sungguh-sungguh mau peduli pada kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang sudah kami lakukan.

Terimakasih kami pada Sr. Marcelline, OSU dan Ibu Tina Gayatri, atas bantuan pengumpulan bungkus kopi dan bungkus-bungkus kebutuhan rumah tangga.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami untuk Bu Nani Tirtajaya, Mbak Jenny, Ibu Rina Anwar, Ibu Sofia Erlinda Indra, Kak Elissa Meiliana Wiguna, Bu Melva Sumiati serta Kak Arry Fitriana.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.

Terimakasih banyak atas semua kebaikan teman-teman. Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik. Kita diutus untuk berbagi dan melayani.

Tuhan memberkati kita semua.


Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby


P.S.
You could give donation via bank:
Acc.holder Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Acc.no.342-2792161
Swift code : cenaidja
or contact me for material support on +628129685594

Tidak ada komentar:

Posting Komentar