Cari Blog Ini

12 November, 2014

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Oktober 2014

Salam jumpa teman-teman,

Sepanjang Oktober 2014 ini, kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar dapat berjalan dengan baik.
Kami bersyukur dan berterimakasih atas bantuan dan doa teman-teman.

Pada Minggu I Oktober 2014, tepatnya pada Rabu, 1 Oktober 2014, Komunitas Anak Belajar menerima kunjungan dari keluarga Laftavi dan kerabatnya serta keluarga Tontey.

Anak-anak berkumpul di rumah belajar bersama beberapa fasilitator menyambut kehadirannya. Anak-anak yang sebagian besar adalah anak baru berkenalan dengannya. Ini adalah kunjungannya yang ketiga kali setelah kunjungan terakhir pada 2012.
Anak-anak menyanyi dan bergembira menerima kehadiran mereka. Keluarga Laftavi atas nama Dr. Sarah Laftavi’s Charity datang membawa bingkisan untuk anak-anak dan berkenalan langsung dengan anak-anak penerima beasiswa.

Kami berterimakasih atas perhatian dan dukungan yang telah diberikan selama ini. Atas nama Komunitas Anak Belajar kami ucapkan banyak terimakasih atas dukungan biaya sewa rumah belajar selama beberapa tahun ini. Kiranya kerjasama yang telah dijalin dengan baik ini dapat terus berlanjut dan Tuhan berkenan memberikan kesehatan prima dan berkat limpah untuk senantiasa berbagi pada sesama yang membutuhkan.

Pada Minggu III Oktober 2014, tepatnya Jumat, 17 Oktober 2014, kami menghadiri pesta pernikahan Kak Qori’ah dan suaminya di rumah Kak Qori’ah. Sore hari, selesai kegiatan belajar, kami hadir bersama beberapa fasilitator, para Ibu warga Cakung dan anak-anak.

Selamat berbahagia menempuh hidup baru pada kak Qori’ah dan suami, semoga selalu hidup rukun dan damai.

Pada Minggu IV Oktober 2014, tepatnya Jumat, 24 Oktober 2014, kami dikunjungi Kak Angguni dan Kak Melita dari kelompok MaGis yang bermaksud untuk mengadakan kegiatan live-in kembali bagi beberapa anggotanya setelah kegiatan terakhir pada 2012 lalu.

Terimakasih banyak atas dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan selama ini dan semoga kerjasama yang telah dijalin dengan baik ini dapat terus berlanjut.

Kegiatan Belajar Alternatif

a. Komunitas Anak Cakung

Sepanjang Oktober 2014 ini, kegiatan belajar alternatif dapat berjalan dengan baik.

Ada 1 anak baru dari lingkungan sekitar yang mulai terlibat pada bulan ini yang kami masukkan dalam kategori 0.

Pada pertengahan Oktober 2014, hadir fasilitator baru, Kak Thesa yang berkenan membantu mendampingi anak-anak kategori 0 belajar. Selamat bergabung dan semoga tetap setia melayani anak-anak.

Kegiatan peningkatan pendapatan para remaja dan ibu di Cakung sepanjang bulan ini masih berfokus pada kreasi dari bungkus kopi yang didaur ulang. Kegiatan pelatihan menjahit dilaksanakan pada Minggu, 26 Oktober 2014. Pak Nanang sebagai fasilitator kami, mengajarkan cara mengukur dan membuat pola bagian dalam tas dan menjahitnya. Hal ini perlu dipelajari para remaja dan ibu mengingat ukuran tas bungkus kopi yang beragam. Kami juga belajar membuat celana pendek anak-anak dari sumbangan pakaian anak-anak yang kami terima beberapa bulan lalu.

Kami sangat berterimakasih pada Pak Nanang atas perhatian dan dukungannya. Terimakasih pula pada Sr. Marceline, OSU yang setia mengumpulkan bahan-bahan bungkus kopi serta para Ibu, warga Cakung yang mendukung kegiatan ketrampilan daur ulang ini. Semoga kerjasama yang telah dijalin dengan baik ini dapat terus berlanjut.

Kami dengan senang hati menerima sumbangan bahan-bahan daur ulang dari teman-teman yang berkenan untuk mendukung kegiatan ketrampilan yang dilakukan oleh para remaja dan ibu Cakung. Mari bersama kita dukung gerakan pengurangan, penggunaan kembali, dan daur ulang sampah plastik di sekitar kita.

b. Komunitas Muara Baru

Selama bulan ini, kegiatan belajar dilakukan pada hari Minggu II dan III.

Kegiatan belajar kami bagi dalam tiga kelompok, yaitu bagi anak-anak yang masih mengenal abjad dan baru menulis kata dan huruf masuk dalam kelompok I (usia 5 – 7 tahun) yang dibimbing oleh Kak Debby, sedangkan anak-anak yang sudah bisa membaca, tulis, dan berhitung, (usia 7 – 10 tahun) didampingi oleh Nia, yang biasanya kami beri tugas untuk menulis perbendaharaan kata berdasarkan abjad dan berhitung. Sedangkan kelompok terakhir, yang berusia 11 hingga 13 tahun didampingi oleh Kak Indri.

Kami senang dengan antusiasme anak-anak dan dukungan orang tua warga Muara Baru.

Kami ucapkan terimakasih banyak atas kerjasama para fasilitator, volunteer, anak-anak, warga Cakung dan Muara Baru, terutama pada Mohandri, Indri, Kak Uju, Ester, Tino, Kak Thesa, dan anak-anak pengurus program, serta Bu Herda di Muara Baru.

Perpustakaan

Kegiatan administrasi perpustakaan sepanjang bulan ini ditiadakan kecuali pengepakan buku-buku perpustakaan yang dilakukan sebagai persiapan pindah rumah pada awal November.

Kami ucapkan terimakasih banyak atas ketekunan tim program perpustakaan, yang telah menyelesaikan tugasnya.

Kegiatan Peningkatan Gizi Anak

Selama Oktober 2014 ini, kegiatan peningkatan gizi anak berlangsung dengan baik.
Selain minum susu rutin, menu sehat bulan ini adalah telur rebus, mangga, bubur kacang hijau, semur hati rempela tahu, dan roti selai coklat.

Pada Sabtu I Oktober 2014, tim program peningkatan gizi anak menyiapkan telur rebus bersama kecap dan garam merica. Seperti biasa setiap Sabtu, selesai minum susu, kegiatan belajar dimulai, dan diakhiri dengan makan menu sehat, yaitu telur rebus.

Pada Jumat II Oktober 2014, tim program peningkatan gizi anak menyiapkan mangga, yang dipotong-potong dan tiap anak mendapat sepiring potongan dari sebuah mangga. Walau mangga cukup manis namun tidak semua anak bisa menghabiskan sepiring mangga, beberapa habis, dan beberapa yang tidak habis dimakan saat itu juga, disimpan dalam tempat makan untuk dibawa pulang.

Pada Sabtu III Oktober 2014, anak-anak menikmati bubur kacang hijau yang diberi potongan pisang. Tidak semua anak baru suka bubur kacang hijau, namun semuanya mau minum air kacang hijau. Ada yang suka bubur kacang hijau tanpa potongan pisang, ada yang hanya makan pisang dan minum air kacang hijau. Kami berikan secukupnya agar tidak banyak terbuang, beberapa anak yang tidak habis makan diberikan pada ibunya.

Sebelum makan bubur kacang hijau, anak-anak baru belajar mencuci tangan, diajar oleh teman-temannya yang sudah lebih lama terlibat dalam kegiatan belajar. Selesai berbaris mencuci tangan, anak-anak mengeringkan tangannya dengan lap bersih.

Pada Jumat IV Oktober 2014, anak-anak menikmati semur hati rempela tahu dengan nasi putih. Tim program peningkatan gizi anak menyiapkan banyak hati rempela ayam dan tahu. Kegiatan memasak dilakukan oleh fasilitator dan beberapa ibu. Selesai belajar dan mencuci tangan, anak-anak menikmati menu sehat ini.

Pada Sabtu V Oktober 2014, anak-anak minum susu dan makan roti selai coklat. Menu sehat dihidangkan sebelum mulai belajar sekaligus anak-anak minum susu.

Kami berterimakasih pada tim pengurus program, para Ibu, dan para fasilitator yang telah membantu mempersiapkan menu sehat dengan baik selama bulan ini.

Beasiswa

Selama Oktober 2014 ini, pengeluaran dana digunakan untuk melengkapi kebutuhan sekolah anak, seperti buku-buku pelajaran, fotokopi, pembelian tinta printer, perawatan computer, pulsa internet untuk modem computer serta biaya transportasi sekolah anak.

Kebutuhan penggunaan computer yang meningkat akhirnya membuat kami mengambil keputusan untuk membeli computer dan laptop layak pakai untuk digunakan di rumah peserta beasiswa. Hal ini untuk mempermudah peserta beasiswa yang tinggal agak jauh dari rumah belajar agar bisa mengerjakan tugasnya secara mandiri di rumahnya. Kebutuhan akan kertas dan printer disediakan dan tetap dilakukan di rumah belajar.

Sejak akhir Oktober 2014, tepatnya Senin, 27 Oktober 2014, para penerima beasiswa mengikuti pelajaran bahasa Inggris setiap Senin yang dimulai pada pukul 6 sore. Kegiatan ini selain menambah kemampuan anak berbahasa Inggris, juga menjadi tanggung jawab peserta untuk mengajarkan bahasa Inggris pada adik-adiknya, terutama anak-anak kategori II dan III.

Terimakasih kami pada teman-teman yang setia membantu penyelenggaraan program beasiswa ini. Kami berharap kerjasama yang telah dijalin dengan baik ini dapat terus berlanjut dan menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Rencana kegiatan di bulan November 2014 ini adalah :

1. Kegiatan Belajar
a. Kegiatan belajar bersama di Cakung setiap Jumat dan Sabtu sedangkan kegiatan belajar bersama di Muara Baru pada minggu II dan IV dari jam 12.00 hingga 15.30 WIB.
b. Kunjungan pelatihan daur ulang bungkus kopi oleh mahasiswa Fashion Design Binus Internasional pada Rabu, 5 November 2014.
c. Live-in kelompok MaGis pada 13 – 15 November 2014 di Cakung.
d. Evaluasi belajar anak caturwulan III pada Sabtu, 29 November 2014 di rumah belajar Cakung.
e. Kegiatan ketrampilan berfokus pada kreasi kartu ucapan paper quilling, kreasi bungkus kopi, berupa tas, tempat minum, tatakan gelas dan mangkuk, serta pembuatan biscuit untuk parcel hari raya.

2. Perpustakaan
a. Penataan buku-buku perpustakaan di rumah belajar baru pada pertengahan November 2014.

3. Kegiatan Peningkatan Gizi Anak
a. Persiapan bahan-bahan menu sehat dan penataan peralatan masak.

4. Beasiswa
a. Pemenuhan kebutuhan sekolah penerima beasiswa dan pelunasan biaya sekolah anak-anak STM.
b. Kursus bahasa Inggris setiap Senin sore di rumah belajar dan rumah pengajar.

Akhirnya, kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan ini.

Kami berterimakasih pada para donator yang sungguh-sungguh mau peduli pada kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang sudah kami lakukan.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami untuk Mbak Jenny, Ibu Susana Maria Santy, Kak Elissa Meiliana Wiguna, Kak Sofia Erlinda Indra, Ibu Djiauw Swie Tjing, Ibu Melva Sumiati, keluarga Bu Vina – Pak Arend – Michelle Maramis, keluarga Pak Arif Budi Subekti – Ibu Maria, Ibu Rina Anwar, Sr. Annunciata, OSU, serta keluarga Laftavi dan keluarga Tontey.

Terimakasih banyak atas semua kebaikan teman-teman. Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik. Kita diutus untuk berbagi dan melayani.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.

Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.

Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby


P.S.
You could give donation via bank:
Acc.holder Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Acc.no.342-2792161
Swift code : cenaidja
or contact me for material support on +628129685594

Tidak ada komentar:

Posting Komentar