Cari Blog Ini

19 Februari, 2015

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Januari 2015

Salam jumpa teman-teman,

www.wooinfo.com
Selamat Tahun Baru 2015.
Selamat memasuki tahun baru dengan penuh syukur dan damai sukacita.


Kami bersyukur dan berterimakasih atas bantuan dan doa teman-teman sehingga kegiatan Komunitas Anak Belajar dapat berjalan dengan baik sepanjang bulan ini.

Sepanjang Januari 2015 ini, kegiatan belajar bagi seluruh kategori dimulai kembali setelah libur sepanjang Desember 2014. Kegiatan belajar dimulai kembali sejak hari Jumat, 9 Januari 2015 sementara kegiatan evaluasi, perencanaan dan penyusunan kurikulum dilakukan oleh seluruh fasilitator Komunitas Anak Belajar sejak awal bulan.

Pada Sabtu, 3 Januari 2015, para fasilitator berkumpul di rumah belajar untuk merayakan Natal dan Tahun Baru bersama dengan acara tukar kado dan pengumuman pengurus baru program kegiatan 2015.

Pada Sabtu, 17 Januari 2015, selesai kegiatan belajar, kami mengadakan doa syukur dan peringatan mengenang dua tahun berpulangnya Kak Sarah Laftavi. Kegiatan dibuka dengan doa yang dipimpin oleh seorang anak kemudian makan menu sehat dan kami bagikan bingkisan biscuit dan snack serta susu bagi seluruh anak.

Pada Minggu, 18 Januari 2015, perayaan peringatan mengenang dua tahun berpulangnya Kak Sarah Laftavi dilakukan juga di Komunitas Anak Muara Baru setelah selesai kegiatan belajar.

Kami mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan dana dari keluarga Laftavi, yang kami gunakan untuk perayaan peringatan berpulangnya Kak Sarah Laftavi.

Kami berdoa untuk pengampunan dosa dan istirahat kekal di rumah Tuhan. Semoga kenangan akan semangat hidupnya memberi kekuatan dan semangat bagi anak-anak untuk terus maju meraih cita-cita.

Pada Senin pagi, 19 Januari 2015, Komunitas Anak Belajar menerima kunjungan murid-murid SMA Kolese De Britto, Yogyakarta yang setiap tahunnya mengadakan kegiatan wajib live in exposure bagi murid-murid kelas II. Mereka ditemani oleh seorang guru pendamping, Bu Tika. Kegiatan berlangsung hingga Jumat, 23 Januari 2015.

Sejak tahun 2012, para murid SMA Kolese De Britto berkegiatan dan menginap di rumah warga selama beberapa hari untuk mengalami kehidupan sesungguhnya dari masyarakat kebanyakan.

Pada Kamis, 22 Januari 2015, wakil kepala sekolah SMA Kolese De Britto, Rm. John, SJ ditemani koordinator live-in wilayah Jakarta, Fr. Paulus Nugroho, SJ dan rekan-rekan guru berkunjung ke rumah belajar dan melihat langsung lokasi kegiatan para murid.

Kami sangat berterimakasih atas kepercayaan dan dukungan pihak SMA Kolese De Britto. Semoga kerjasama yang telah dijalin ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Pada Jumat, 23 Januari 2015, setelah kegiatan belajar di Cakung, kami bersama-sama warga dan anak-anak Cakung menghadiri pernikahan Kak Uju, seorang fasilitator anak kategori II, yang sejak kecil menjadi anak dampingan kami hingga dewasa membantu mendampingi adik-adik Cakung belajar.

Kami turut berbahagia dan berdoa agar keluarga baru ini selalu hidup rukun dan damai sejahtera.

Pada Selasa, 27 Januari 2015, saya bersama seorang fasilitator melakukan survey untuk perluasan kegiatan belajar di wilayah Jakarta Barat. Kami bertemu Pak Hasanudin dan Pak Ari, berbincang-bincang dan melihat-lihat lokasi.

Tahun depan diharapkan kami bisa membantu perkembangan pendidikan anak di lokasi baru yang lebih membutuhkan. Kami mohon dukungan dan doa dari teman-teman sekalian.

Kegiatan Belajar Alternatif

a. Komunitas Anak Cakung

Sepanjang Januari 2015 ini, kegiatan belajar alternatif dapat berjalan dengan baik.

Kegiatan belajar dimulai kembali pada Jumat, 9 Januari 2015. Cukup banyak anak hadir walau beberapa terlambat.

Selama Januari 2015, penyusunan kurikulum dilakukan sesuai dengan tahapan kemampuan anak. Pada awal tahun ini, dimulainya kegiatan belajar kurikulum caturwulan I, ada perubahan peserta dari tiap kategori. Beberapa anak kami nilai sudah bisa naik ke kategori yang lebih tinggi, yang lainnya masih tetap masuk dalam kelompok kategorinya.

Kegiatan ketrampilan bagi para Ibu dan remaja Cakung pada bulan ini adalah membuat kartu Valentine paper quilling dan kreasi tas dari bungkus kopi.

Kami sangat berterimakasih pada komunitas biara St. Maria, Juanda atas perhatian dan dukungannya, yang dengan setia mengumpulkan bahan-bahan bungkus kopi serta para warga Cakung dan fasilitator yang mendukung kegiatan ketrampilan daur ulang ini. Terimakasih kami untuk Kak Lucy dan teman-teman ICRP (Indonesian Conference on Religion and Peace) yang berkenan mengumpulkan bahan-bahan bungkus kopi.

Semoga kerjasama yang telah dijalin dengan baik ini dapat terus berlanjut.

Kami dengan senang hati menerima sumbangan bahan-bahan daur ulang dari teman-teman yang berkenan untuk mendukung kegiatan ketrampilan yang dilakukan oleh para remaja dan ibu Cakung. Mari bersama kita dukung gerakan pengurangan, penggunaan kembali, dan daur ulang sampah plastik di sekitar kita.


b. Komunitas Muara Baru

Kegiatan belajar di Muara Baru pada tahun ini dibuka pada hari Minggu III, 18 Januari 2015. Kegiatan belajar sepanjang bulan ini kami lakukan hanya pada pada hari Minggu III sehubungan dengan penyusunan materi kurikulum caturwulan I yang kami lakukan sepanjang bulan Januari 2015.

Kegiatan belajar dibagi dalam tiga kelompok, didampingi oleh Kak Indri, Nia, dan Kak Debby.

Kami ucapkan terimakasih banyak atas kerjasama para fasilitator, volunteer, anak-anak, warga Cakung dan Muara Baru, terutama pada Mohandri, Indri, Kak Uju, Ester, Tino, Kak Thesa, dan anak-anak pengurus program, serta Bu Herda di Muara Baru.

Perpustakaan

Kegiatan perpustakaan pada tahun ini dimulai kembali pada Kamis, 8 Januari 2015. Buku-buku perpustakaan disusun berdasarkan tahun dalam tiap lemari buku.

Untuk seterusnya, kegiatan belajar dilakukan setiap Kamis, sebelum mulai kegiatan belajar setiap Jumat dan Sabtu, dengan demikian buku-buku perpustakaan yang wajib dibaca anak-anak setiap Jumat bisa dipersiapkan sehari sebelumnya.

Sepanjang Januari, kegiatan perpustakaan berfokus pada penyusunan buku-buku perpustakaan dan registrasi buku-buku sumbangan akhir tahun 2014 yang belum selesai dilakukan sejak akhir November 2014.

Kami ucapkan terimakasih banyak atas ketekunan tim program perpustakaan, yang telah menyelesaikan tugasnya. Selamat menjalankan tugas bagi pengurus baru perpustakaan tahun 2015 ini pada Nia sebagai coordinator dibantu timnya Ester, Ondo, dan Indri.

Kegiatan Peningkatan Gizi Anak


Kegiatan peningkatan gizi anak pada tahun 2015 dimulai kembali sejak Sabtu II Januari 2015, tepatnya pada Sabtu, 10 Januari 2014 dengan menu pembuka telur mata sapi, yang dimakan anak-anak bersama nasi dan kecap. Anak-anak suka sekali makan menu ini, apalagi dimakan dengan nasi panas dan telur mata sapi yang masih panas selesai digoreng.

Menu sehat Sabtu III Januari 2015 adalah salak, yang dimakan sebelum kegiatan doa bersama mengenang 2 tahun berpulangnya Kak Sarah Laftavi.

Menu sehat Jumat IV Januari 2015 adalah semur tahu dan daging yang dihidangkan bersama nasi panas. Anak-anak suka makan menu sehat ini, apalagi daging dimasak empuk. Ini pertama kalinya anak-anak menikmati santapan semur daging sapi.

Pada Jumat V di bulan Januari 2015, tim program peningkatan gizi anak menghidangkan bubur kacang hijau ditambah irisan pisang rebus. Tepat sekali menghidangkan bubur kacang hijau di tengah cuaca yang selalu mendung di musim hujan ini.

Kami berterimakasih pada tim pengurus baru program peningkatan gizi anak pada tahun 2015 ini, yaitu Indri bersama timnya, Ester, Nia, dan Tino. Terimakasih pula pada para Ibu dan para fasilitator yang telah membantu mempersiapkan menu sehat dengan baik selama bulan ini.


Beasiswa

Kegiatan sekolah dimulai sejak Senin, 5 Januari 2015. Para murid dari SD hingga SMA menerima raport semester pada Minggu II Januari 2015, tepatnya pada Jumat, 9 Januari 2015. Firman, penerima beasiswa tingkat SD mendapat nilai yang lebih bagus dibanding nilai midsemester, demikian pula dengan Nia, penerima beasiswa tingkat SMP dan Ester, penerima beasiswa tingkat SMA. Mohandri, penerima beasiswa tingkat SMK masih mendapat nilai yang kurang memuaskan, sementara Tino, penerima beasiswa tingkat SMK mendapat rangking I dari sekitar 40 murid di kelasnya. Nilainya sangat baik untuk semua mata pelajaran.

Pengeluaran dana pada bulan Januari 2015 untuk melengkapi kebutuhan sekolah anak, seperti fotokopi buku pelajaran, dimana pemerintah mengembalikan materi pelajaran sesuai kurikulum 2006 dari kurikulum 2013, sehingga murid-murid terpaksa fotokopi buku-buku pelajaran yang disediakan sekolah dan tidak memadai untuk seluruh siswa.

Pengeluaran dana pada bulan ini juga mencakup SPP bulan Januari bagi dua penerima beasiswa tingkat SMK dan pembayaran biaya semester V bagi seorang mahasiswa, biaya rapor termasuk buku LKS (Lembar Kegiatan Siswa) bagi seorang penerima beasiswa tingkat SMK, buku-buku tulis, sampul coklat dan sampul plastic, juga biaya kegiatan sekolah, ongkos transport sekolah, dan kursus bahasa Inggris.

Ujian akhir semester V seorang mahasiswa telah selesai dilaksanakan sejak 19 Januari 2015 hingga akhir bulan Januari 2015.
Terimakasih kami pada teman-teman yang setia membantu penyelenggaraan program beasiswa ini. Kiranya bantuan ini dapat sungguh menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak. Semoga kerjasama yang telah dijalin dengan baik ini dapat terus berlanjut.

Rencana kegiatan di bulan Februari 2015 ini adalah :

1. Kegiatan Belajar
a. Aula tempat belajar di Muara Baru membutuhkan peremajaan berupa pemasangan plafon agar atap asbes tidak terbuka dan berpengaruh langsung pada kesehatan kita.
b. Kegiatan ketrampilan dan produksi karya Usaha Mandiri berfokus pada kartu Valentine paper quilling dan menjahit bagian dalam tas bahan daur ulang bungkus kopi.

2. Kegiatan Perpustakaan
a. Registrasi dan penataan buku-buku perpustakaan tahun 2014 ke dalam lemari buku.
b. Registrasi ulang buku-buku perpustakaan tahun 2009 dilakukan pada minggu terakhir Februari 2015.
c. Kegiatan wajib baca buku sepanjang Februari 2015 dari buku-buku perpustakaan tahun 2009.

3. Kegiatan Peningkatan Gizi Anak
a. Persiapan dan pembelanjaan bahan-bahan menu sehat.

4. Beasiswa
a. Pembayaran biaya praktek jurusan computer jaringan pada minggu I Februari 2015 bagi seorang penerima beasiswa tingkat SMK.
b. Pembayaran biaya registrasi ulang semester VI bagi seorang penerima beasiswa tingkat universitas pada minggu III Februari 2015.

5. Lain-lain
a. Kegiatan live-in karyawan bidang penelitian publik di Cakung pada 9 – 11 Februari 2015.


Akhirnya, kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan ini.

Kami berterimakasih pada para donator yang sungguh-sungguh mau peduli pada kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang sudah kami lakukan.

Kami berterimakasih atas bingkisan susu dan biscuit dari keluarga Laftavi, bahan-bahan bungkus kopi dan buku-buku bacaan dari Kak Lucy, ICRP, dan bahan-bahan bungkus kopi dari Komunitas Suster Ursulin, Juanda.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami untuk Mbak Jenny, Kak Elissa Meiliana Wiguna, Ibu Djiauw Swie Tjing, Kak Sofia Erlinda Indra, Kak Hanaria Putri, Kak Uwie, Bapak Arif Budi Subekti - Ibu Maria, Children First! Dan Gemeente Oostkamp melalui Ibu Ann Djuzman dan Kak Inonk, SMA Kolese De Britto, Ibu Susana Maria Santy, dan Kak Arry Fitriana.

Terimakasih banyak atas semua kebaikan teman-teman. Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik. Kita diutus untuk melayani.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.

Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar
Debby


P.S.
You could give donation via bank:
Acc.holder Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Acc.no.342-2792161
Swift code : cenaidja
or contact me for material support on +628129685594

Tidak ada komentar:

Posting Komentar