Cari Blog Ini

15 Desember, 2011

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Cakung November 2011

Salam jumpa teman-teman yang baik,


Selama bulan November ini, kegiatan belajar agak tersendat, karena berita penggusuran yang awal November diberikan pada warga Cakung dan lahan mesti dikosongkan, bersih dari bangunan hingga akhir November.

Selama November, sebelum mulai kegiatan belajar, anak-anak bernyanyi. Setiap kali persiapan sebelum mulai belajar, ada saja beberapa anak yang bercerita mengenai rumah temannya yang sudah mulai dirubuhkan dan pindah ke satu tempat. Satu persatu rumah warga yang khawatir tindak kekerasan dari pihak pemilik, akhirnya dirubuhkan sendiri. Bahan bangunan yang masih bisa digunakan, mereka bawa dan beberapa dijual untuk tambahan kebutuhan mereka.

Dana solidaritas sekedarnya kami berikan, untuk meringankan beban warga yang mesti memulai usaha dari awal karena kehilangan lahan.

Rencana evaluasi belajar anak caturwulan III yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 26 November, batal dilaksanakan karena beberapa keluarga sudah pindah sejak minggu III November dan anak-anaknya tidak bisa datang belajar ke rumah belajar.

Peristiwa penggusuran dapat dibaca dalam lampiran tulisan Pray for Cakung.

Beberapa tulisan anak tentang pengalaman sedih dan kekecewaan mereka saat digusur, dapat dibaca di blog Komunitas Anak Cakung :

http://cakungchildrencommunity.blogspot.com

Dengan demikian sejak November, rencana dibukanya rumah belajar di Muara Baru dipercepat. Rencana pembukaan pada awal Januari 2012, akhirnya dipercepat untuk tempat beberapa barang-barang kegiatan belajar di rumah belajar Cakung.
Mulai Rabu pagi, 23 November 2011, kami dibantu warga dan Kak Lestari dibantu teman-temannya sibuk mengepak barang-barang yang disimpan dalam lemari rumah belajar Cakung.

Menjelang sore hari, beberapa barang yang telah dipisah untuk disimpan di rumah belajar Muara Baru diangkut dalam mobil sewaan warga. Proses pindahan berlangsung cepat. Ada rasa bahagia tapi juga sedih. Percepatan dibukanya rumah belajar Muara Baru dilakukan saat rumah belajar Cakung harus dirobohkan.

Sekalipun rumah kami mesti dihancurkan, semangat kami tidak akan pernah musnah.

Beberapa barang-barang rumah belajar dan lemari serta papan tulis dititip di rumah seorang warga, yang terletak di perbatasan lahan gusuran.

Pada hari Jumat sore, 26 November 2011, kami kedatangan tamu, Kak Steffi dan Kak Ivonne dari fak.Psikologi Unika Atma Jaya.
Rencana kedatangan sudah diberitahukan sejak beberapa hari sebelumnya.

Rumah belajar dalam keadaan seadanya pun tidak menyurutkan semangat anak-anak dalam belajar. Sekalipun tersisa sedikit anak, namun mereka yang sudah tinggal jauh tetap datang, diantar oleh Ibu mereka.

Selesai belajar, tim fasilitator bersama beberapa Ibu yang masih menunggui anaknya bermain dan beberapa anak kategori IV mengikuti presentasi hasil akhir program perkuliahan mereka dari beberapa kali kunjungan ke rumah belajar Cakung. Kegiatan pelatihan pendampingan diberikan oleh Kak Steffi dan Kak Ivonne mengenai prinsip pendampingan anak dan pengelolaan kelas.

Kegiatan berakhir hingga berakhirnya maghrib. Kami senang mendapat pengetahuan baru yang sungguh mencerahkan. Terimakasih pada Kakak-kakak dari Fak.Psikologi Unika Atmajaya, yang rela bersedia membantu kami dalam menjelaskan makna pendampingan yang sesungguhnya.


Kegiatan belajar Alternatif

Kegiatan belajar berjalan seperti biasa, setiap hari Jumat dan Sabtu hingga akhir November 2011. Kegiatan belajar diarahkan untuk persiapan evaluasi belajar caturwulan III anak-anak Cakung.

Hingga saat ini anak-anak kategori I sudah pada tahap dikte kata sederhana, yang sejak minggu I menulis jenis hewan, minggu II mengulang menulis jenis hewan dalam dialog interaktif menjelaskan ciri-ciri hewan. Pada minggu III anak-anak mulai menulis jenis sayuran dalam dialog interaktif menjelaskan cirri-ciri sayuran dan biasa dihidangkan dalam menu apa saja. Pada minggu terakhir, anak-anak mengulang dikte jenis sayuran, menggantikan evaluasi belajar yang batal dilaksanakan.

Sementara anak-anak kategori II belajar menulis dan menyusun kalimat lengkap serta berhitung. Anak-anak kategori III dan IV belajar Matematika dan Bahasa Indonesia mengenai penulisan pengalaman diri dan temannya satu persatu yang harus pindah karena digusur.

Pada minggu II November, anak-anak kategori III dan IV belajar membuat kue chococrunch dan dilumuri coklat. Penilaian hasil selesai membuat coklat, boleh mencicipi beberapa hasil karya.

Dari ketrampilan yang diberikan ini, beberapa anak dinilai lulus untuk mengikuti kegiatan pengembangan usaha ekonomi remaja Cakung dalam menyambut hari raya Natal.

Peserta kegiatan pengembangan usaha bersama anak Cakung yang terdiri dari remaja Cakung dan tim fasilitator merencanakan untuk membuat paket Natal karya dari Cakung. Paket terdiri dari sjaal buatan beberapa anak kategori IV dan tim fasilitator, kalung gelang yubiami dari benang nilon buatan beberapa anak kategori IV dan tim fasilitator, coklat chococrunch toples dan kartu Natal buatan beberapa anak kategori IV dan tim fasilitator, serta biscuit Natal buatan tim fasilitator Cakung.

Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan wirausaha anak, dimana hasil karya bisa dimanfaatkan untuk tabungan masa depan dan modal untuk berusaha. Produksi paket Natal bisa teman-teman lihat di Facebook Cakung, dengan nama ubrumahbelajar.

Kami berharap teman-teman bisa membantu membangun kemampuan wirausaha anak dan membantu meringankan masalah penggusuran yang baru saja menimpa keluarga mereka melalui pembelian paket Natal ini.


Akhirnya terimakasih kasih banyak atas dukungan dan perhatian para fasilitator. Terimakasih banyak pada Kak Ari, Kak Uwie, Kak Vera, Kak Tiny, Kak Uju, dan Kak Qori’ah. Semoga komitmen dan kerjasama antar tim bisa terus dipertahankan, demi perkembangan moral dan intelektual anak.


Program Peningkatan Kesehatan Anak

Pada Minggu, 13 November 2011, kami mengadakan mantoux test di rumah belajar Cakung berkat dukungan Kakak-kakak alumni CC dalam kelompok MenforOthers. Kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut penyuluhan kesehatan masalah TBC yang sudah dilakukan pada Sabtu, 22 Oktober 2011 di rumah belajar Cakung.

Kegiatan dilakukan sejak pagi hari. Tim dokter hadir bersama perwakilan dari Kakak-kakak alumni CC. Tempat yang digunakan di rumah belajar dan rumah warga.

Tiga dokter membantu untuk konsultasi dengan keluarga di rumah belajar, sedangkan dua dokter yang bertugas menyuntik, berada di rumah warga, yang merupakan rumah induk dimana rumah belajar berada. Setiap keluarga dikenakan biaya Rp.5.000,- untuk uang kas kesehatan dan membantu warga yang membutuhkan tindak lanjut pemeriksaan kesehatan.

Selesai konsultasi dengan keluarga, anak-anak yang akan disuntik, diberi coklat wafer untuk mengurangi ketakutan mereka, terutama anak-anak kecil. Ekspresi keingintahuan dan ketakutan anak dapat dilihat dalam foto-foto yang kami lampirkan.
Tiga hari setelah mantoux test, Dr.Bimo yang menjadi coordinator tim dokter untuk kegiatan ini datang berkunjung untuk memeriksa hasil. Ada 6 anak suspect TB yang harus segera mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut ke puskesmas terdekat.

Jalan masuk ke puskesmas kelurahan dan kecamatan untuk pemeriksaan lanjutan dan pengobatan warga coba kami buka melalui kedatangan kami didampingi Dr.Bimo. Penjelasan kami bisa diterima, bahkan sangat membantu kegiatan puskesmas. Surat rujukan dengan senang hati diberikan oleh kepala puskesmas kelurahan Cakung Timur.

Minggu terakhir November, beberapa anak suspect TB dirontgen di puskesmas kecamatan Tanjung Priok yang cukup lengkap fasilitas kesehatannya dan cepat pelayanannya.
Biaya rontgen ditutupi dari hasil pengumpulan iuran pemeriksaan kesehatan beberapa hari sebelumnya. Dana yang terkumpul sebesar Rp.110.000,-.

Sehari setelah rontgen, orang tua bersama anak suspect TB didampingi seorang fasilitator datang ke puskesmas kelurahan Cakung Timur. Setelah pengecekan hasil dan pemeriksaan kesehatan, obat diberikan Cuma-Cuma.

Terimakasih banyak pada tim dokter, Kakak-kakak alumni CC dalam kelompok MenforOthers, Dr.Bimo, dan kepala puskesmas Kelurahan Cakung Timur serta tim dokter atas bantuan dan dukungannya.

Sejak awal November bertambah 2 anak yang sudah selesai pengurusan akte kelahiran yang dilakukan oleh orang tuanya. Mereka adalah Firmansyah dan Idah Rohani. Beberapa anak lagi akan menyusul penyelesaian pengurusan akte kelahirannya pada pertengahan Desember.

Berdasarkan informasi warga Muara Baru, kami coba mengurus sendiri pembuatan akte kelahiran di kantor pusat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di daerah Grogol.
Terimakasih banyak pada Kakak-Kakak alumni Kolese Kanisius yang peduli akan kebutuhan anak-anak demi masa depan mereka. Terimakasih banyak atas kesetiaan Kakak-Kakak mendukung kegiatan pendidikan alternative di Komunitas Anak Cakung.

Semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut.


Program Perpustakaan

Pada minggu III November 2011, sebagai antisipasi penggusuran yang semakin mendekati rumah belajar dan waktu pembersihan lahan hingga akhir November 2011, buku-buku perpustakaan terpaksa kami susun dalam kardus dan mulai mengosongkan lemari perpustakaan.

Kardus-kardus buku diberi nama sesuai jenis buku. Beberapa buku akhirnya dibawa ke rumah belajar Muara Baru, beserta beberapa lemari pada Rabu, 23 November 2011.

Anak-anak sigap mengatur dan memilah-milah buku yang dimasukkan dalam kardus.
Beberapa anak ikut serta memindahkan barang-barang ke rumah belajar Muara Baru.

Terimakasih banyak atas kerjasama anak-anak Cakung.


Program Peningkatan Gizi Anak

Sepanjang November, menu sehat cukup bervariasi dan melengkapi gizi yang dibutuhkan, selain rutin minum susu sebelum mulai belajar. Menu sehat wajib setiap bulan adalah telur rebus dan buah.

Pada Sabtu I November 2011, menu sehatnya adalah roti tawar yang dimakan bersamaan dengan minum susu. Pada Sabtu II November 2011, menu sehatnya adalah telur rebus, sedangkan pada Sabtu III November 2011, anak-anak makan jeruk. Masing-masing anak mendapat 3 jeruk.
Sabtu IV, yang merupakan Sabtu terakhir di bulan November, menutup kegiatan belajar tahun 2011, menu sehat yang diberikan cukup istimewa, yaitu nasi dan ayam goreng. Makanan dipersiapkan oleh beberapa anak kategori IV.

Dua hari menjelang pemeriksaan kesehatan dan mantoux test, tepatnya Jumat, 11 November 2011, kami mendapat bantuan susu dari PT Soho Industri Farmasi. Bantuan susu diberikan saat pemeriksaan kesehatan dan mantoux test pada Minggu, 13 November 2011, begitu anak-anak selesai disuntik.

Terimakasih banyak atas bantuan gizi dan susu yang diberikan oleh Husin Raharja, PT Soho Industri Farmasi dan keluarga Ibu Vina Maramis.
Terimakasih juga atas partisipasi warga, terutama para Ibu dan anak-anak kategori IV yang telah bersedia membantu terlaksananya program peningkatan kesehatan anak Cakung.


Beasiswa

Banyak pembelian alat tulis dan perlengkapan belajar dilakukan pada awal November, persiapan sebelum memasuki ulangan umum. Beberapa anak penerima beasiswa, berbelanja ditemani pengurus anak program beasiswa dan orang tuanya.
Selama bulan November ini, anak-anak kelas III SMK, masih disibukkan tambahan waktu belajar di sekolah dengan adanya kegiatan wajib, yaitu pendalaman materi.
Dengan demikian, mereka tidak bisa maksimal mengikuti kegiatan belajar dan program di Komunitas Anak Cakung.

Dalam Desember nanti, akan ada beragam kebutuhan anak. Bagi anak-anak kelas III SMK, dibutuhkan biaya pendalaman materi, biaya ujian semester, biaya SPP dan sewa buku perpustakaan yang mesti dilunasi seluruhnya pada awal Desember. Hal ini dikarenakan pada awal Desember akan dimulai ujian semester I.


Rencana kegiatan di bulan Desember ini adalah :

1. Berakhirnya kegiatan belajar anak. Kegiatan setiap Jumat dan Sabtu difokuskan pada anak-anak kategori III dan IV, baik dalam persiapan kegiatan pengembangan usaha bersama, khususnya dalam produksi paket Natal dan evaluasi program Komunitas Anak Cakung.

2. Pemberesan rumah kegiatan Komunitas Anak Cakung yang terletak di gg. Bingung, RT 07 RW 06, Cakung Timur. Rumah yang akhirnya kami kontrak 1 tahun ini akan digunakan untuk Perpustakaan dan tempat lemari belajar Komunitas Anak Cakung. Hingga saat ini kegiatan belajar masih mendapat ijin untuk dilaksanakan di lahan rumah belajar di Cakung sawah. Tentunya dengan permakluman ini, kami berkegiatan dalam keterbatasan. Beralaskan dan bernaungkan terpal, meja belajar, dan papan tulis, kami bersyukur, masih bisa melakukan kegiatan belajar bagi anak-anak kategori III dan IV.

3. Sabtu, 3 Desember 2011, dalam rangka pembukaan kegiatan belajar di Muara Baru, akan diadakan pemeriksaan kesehatan masalah TBC bagi warga sekitar, bekerjasama dengan JRMK (Jaringan Rakyat Miskin Kota) dibantu tim dokter RS Atmajaya dan kelompok MenforOthers.

4. Minggu, 4 Desember 2011 akan diadakan evaluasi kurikulum bagi tim fasilitator di rumah Kak Tiny di Sumur Batu, Jakarta Pusat.

5. Evaluasi program kegiatan 2011 dan perencanaan program kegiatan 2012 bersama pengurus anak kategori IV akan dilaksanakan pada Jumat – Sabtu II Desember dan Jumat – Sabtu III Desember 2011 bergantian di rumah belajar Cakung sawah dan rumah kegiatan Komunitas Anak Cakung.

6. Mulai kembali kegiatan belajar anak pada minggu II Januari 2012.

Terimakasih banyak kami ucapkan sebesar-besarnya pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dukungan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Cakung sepanjang November ini.

Terimakasih atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Cakung. Terimakasih untuk Kak Arry Fitriana, Keluarga Loos, Kak Hanaria, Kak Alvieni, Bu Rina Anwar, Bu Margaretha, dan Mbak Jenny. Terimakasih banyak atas dukungan material yang telah diberikan dari Kak Ari.

Pembengkakan pengeluaran dana pada bulan November 2011 ini memaksa kami untuk mengetuk pintu hati dan solidaritas teman-teman untuk membantu keberlanjutan kegiatan belajar ini.

Semoga kerjasama kita yang telah terjalin selama ini dapat terus berlanjut. Kiranya Tuhan memberkati kita semua.


Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Cakung

Debby


P.S.
You could give donation via bank:
Acc.holder Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Acc.no.342-2792161
Swift code : cenaidja
or contact me for material support on +628129685594


Tidak ada komentar:

Posting Komentar