Cari Blog Ini

25 Juni, 2016

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Mei 2016

Salam jumpa teman-teman,

Syukur dan terimakasih atas bantuan dan doa teman-teman sehingga kegiatan Komunitas Anak Belajar dapat berjalan dengan baik sepanjang Mei 2016.

Jumlah anak belajar di Sarang Tupai, Ciawi semakin bertambah. Anak-anak belajar ditemani oleh para remaja disana, seperti Kak Novi, Kak Rachel, Kak Cantik, Kak Dian, dan Kak Pagi. Meja lipat untuk kegiatan belajar makin berkurang, apalagi hampir seluruhnya rusak dengan kondisi kaki meja yang lepas.

Anak-anak belajar menyanyikan lagu nasional sekaligus membuat bendera merah putih dari kertas warna dan sedotan.

Anak-anak Cakung berkesempatan belajar berhitung dan bahasa Inggris bersama Kak More dan Kak Gomez dari Timor Leste, yang datang bersama Kak Bosco pada Sabtu siang, 21 Mei 2016.

Anak-anak memperkenalkan diri sekaligus belajar berbicara di hadapan kakak-kakak.

Terimakasih banyak pada para fasilitator dan volunteer serta warga yang berkenan memberikan waktu, tenaga, material, dan tempat untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami pada Jaka, Ester, Ondo, Kak Lucy, Kak Bosco, Kak More dan Kak Diego, di Cakung dan Kak Ivonne, Novi, Cantik, Dian, dan Pagi di Sarang Tupai, Megamendung, Ciawi.

Ada beragam menu sehat dan sederhana yang kami siapkan sepanjang Mei 2016. Penganan sederhana dari singkong, seperti misro (singkong yang dihaluskan, dibentuk, dan diisi gula merah kemudian digoreng), bom (istilah untuk gorengan ubi yang dibentuk bulat diisi gula merah), nagasari (tepung beras dimasak, diisi potongan pisang dan dibungkus daun pisang), es sirup dengan potongan melon, lontong sayur buatan orang tua anak belajar di Cakung, es sirup dengan potongan pepaya dan melon, gorengan ubi yang dipotong-potong dicampur tepung dan telur buatan orang tua anak belajar di Sarang Tupai, juga biskuit.

Kami mengucapkan terimakasih pada para fasilitator, tim program peningkatan gizi anak Cakung dan Sarang Tupai serta keluarga Kak Ivonne yang telah membantu menghidangkan menu sehat.

Pengeluaran dana sekolah sepanjang Mei 2016 mengalami peningkatan. Beberapa anak SMP Sarang Tupai kami berikan bantuan dana untuk transport mengingat jauhnya jarak ke sekolah. Pada awalnya, Yanti rajin mengikuti kegiatan belajar. Dari situ kami ketahui bahwa sebulan lebih, ia tidak masuk sekolah karena tidak ada biaya sekolah. Temannya, Marina juga mengalami nasib yang sama.

Kini mereka kembali berangkat sekolah sejak kami berikan bantuan dana.

Seorang anak Sarang Tupai, anak korban kerusuhan Ambon, yang kedua orang tuanya pindah ke Ciawi, kami bantu untuk biaya masuk SMA dan kebutuhan sekolahnya.

Beberapa anak Sarang Tupai masih dalam proses pembicaraan dengan orang tua mereka untuk menilai kelayakan untuk menerima bantuan beasiswa.

Seorang penerima beasiswa tingkat SD dari Cakung akan kami pindahkan ke panti asuhan yang menyatu dengan sekolah di daerah Sindanglaya, Jawa Barat. Kami memikirkan kesejahteraan dan masa depannya, dimana pilihan terbaik adalah tinggal di panti asuhan yang kami kenal berkualitas baik.

Pengeluaran biaya sekolah sepanjang bulan ini juga mencakup pembayaran SPP selama dua bulan bagi penerima beasiswa tingkat SD dan STM. Pembayaran dilakukan sebelum mengikuti ujian akhir kenaikan kelas.

Kebutuhan pembelian pulsa internet, fotokopi, transport dan kebutuhan sekolah, serta transport kegiatan ekstra kurikuler juga kami penuhi.

Terimakasih kami yang sebesar-besarnya pada teman-teman yang dengan setia membantu dalam penyelenggaraan program beasiswa ini. Kiranya bantuan ini dapat sungguh menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Rencana kegiatan di bulan Juni 2016 ini adalah :

1. Kegiatan Belajar

a. Libur kegiatan belajar di Sarang Tupai dan Cakung pada minggu I Juni sehubungan dengan awal masa puasa bulan Ramadhan.
b. Kegiatan peningkatan usaha ekonomi menyambut Lebaran dilakukan dengan menjual paket kue kering dan kartu Lebaran. Kue kering buatan seorang warga Sarang Tupai, Ciawi adalah salah seorang korban kerusuhan 1998. Pada masa jayanya, ia memiliki usaha kue dan mengalami musibah penjarahan dan pembakaran rumah dan tempat usahanya. Kegiatan peningkatan usaha ekonomi tahun ini merupakan kerjasama remaja dan Ibu Sarang Tupai dan Cakung, dalam pembuatan kue kering dan kartu serta kemasan daur ulang. Promosi paket kue kering dan kartu Lebaran dapat dilihat dalam blog kami; http://cakungchildrencreation.blogspot.com.

2. Kegiatan Peningkatan Gizi Anak
a. Pemenuhan menu sehat dan perlengkapan masak yang dibutuhkan.

3. Beasiswa
a. Pemenuhan kebutuhan belajar bagi anak-anak penerima beasiswa dan beberapa anak-anak baru yang membutuhkan bantuan beasiswa.

4. Kegiatan sunat masal
di Cakung diadakan pada Sabtu pagi, 4 Juni 2016, sedangkan di Sarang Tupai, Ciawi diadakan pada Kamis pagi, 9 Juni 2016 bekerjasama dengan alumni Kolese Kanisius Jakarta.

Akhirnya, kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan ini.

Kami berterimakasih pada para donator yang sungguh-sungguh mau peduli pada orang lain yang membutuhkan di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang telah kami lakukan.

Terimakasih banyak atas bantuan material yang telah kami terima dari Sr. Irena Handayani, OSU berupa buku tulis dan alat tulis, Komunitas Suster Ursulin, Juanda dan Sr. Agustina BKK, dalam bentuk pengumpulan bungkus kopi yang dilakukan rutin untuk kami.

Terimakasih kami pada Sr.Paulina OSU dari panti asuhan Pondok Damai di daerah Kampung Sawah, Bekasi atas bantuan buku pelajaran, pensil warna, krayon, alat tulis serta majalah anak.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar.

Terimakasih kami ucapkan pada Mbak Jeanny, Ibu Djiauw Swie Tjing, Kak Sofia Erlinda Indra, Kak Anita Linggar, Kak Elissa Wiguna, Ibu Rina Anwar, keluarga Loos melalui Pater Franz Schaaf, SVD, juga Ibu Susana Maria Santy dan keluarga.

Terimakasih banyak atas kesetiaan, kepercayaan, dan semua kebaikan teman-teman.

Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik. Kita diutus untuk membawa damai sejahtera di dunia ini.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dan hasil karya anak dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.


Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar
Debby


P.S.
To place your donation through the bank.
Account holder: Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
Bank : BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Account no. : 342-2792161
Swift code : cenaidja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar