Cari Blog Ini

10 September, 2009

Study Tour ke Ragunan dan Lomba 17 Agustus 2009 Cakung Sampah 16 Agustus 2009



Karya Dwi Resmi Sari

Hari ini tanggal 16 Agustus 2009. Anak-anak Cakung Sampah hari ini mereka akan pergi study tour ke Ragunan. Rikah dan Qoriah menjemput anak-anak di Cakung sampah kemudian saya menunggu mereka di halte busway Pulo Gadung. Pada pukul 9 lewat mereka baru tiba di Pulo Gadung. Saya yang bertanggung jawab untuk membeli tiket langsung membelinya. Petugas kebingungan karena ada banyak anak yang ikut. Namun setelah dihitung ternyata saya harus membeli 10 tiket. Anak yang ikut tidak terlalu banyak, hanya 9 anak, 3 orang ibu dan 3 orang fasilitator. Kami naik busway jurusan Pulo Gadung-Duku Atas.

Sesampainya di Ragunan sekitar jam 11. Iah langsung membeli tiket masuk. Suasana di Ragunan sangat ramai sekali. Karena hari ini hari libur maka banyak pengunjung yang datang ke sini. Setelah Iah mengantri untuk membeli tiket, kami pun langsung masuk. Perjalanan yang dilalui cukup jauh, maka kami memutuskan untuk beristirahat dan makan siang terlebih dahulu. Setelah cukup beristirahat kamipun memulai perjalanan kami untuk melihat-lihat binatang yang ada di Ragunan. Sebelumnya anak-anak yang sudah bias menulis dan membaca diberi tugas yang di perlombakan, yaitu menulis nama binatang sebanyak-banyaknya serta menuliskan ciri-ciri fisiknya. Anak-anak sangat antusias untuk melihat binatang-binatangnya namun agak mals ketika harus mengerjakan tugas yang diberikan. Akan tetapi tugas tersebut tetap dikerjakan. Kami melihat berbagai macam binatang seperti rusa, berbagai macam burung, monyet, orang utan, beruang, buaya dan masih banyak lagi. Karena Ragunan begitu luas, ada beberapa binatang yang tidak sempat kami lihat. Perjalanan memang sangat melelahkan sekali. Pada sekitar jam 1an kami mulai mencari tempat untuk berlomba. Lomba yang diadakan adalah lomba menggigit kelereng, makan pisang berpasangan dan makan kerupuk. Anak-anak terlihat sangat senang sekali.

Sekitar pukul 15.00 saat melihat-lihat gajah, dan jerapah, dua orang ibu memutuskan untuk berbelanja. Kamipun berpencar kami fasilitator menemani anak-anak dan ibu-ibu tersebut kami bebaskan untuk berbelanja. Tidak berapa lama kemudian kami pun memutuskan untuk beristirahat di tempat ibu-ibu tadi berbelanja. Ada beberapa anak juga yang ingin berbelanja boneka. Sambil menunggu, kami pun beristirahat dan menghabiskan bekal yang kami bawa. Sekitar puku 16.00 kami memutuskan untuk pulang. Kami pulang dengan menaiki busway lagi. Ternyata antriannya cukup panjang, karena pada jam tersebut para pengunjung yang lain juga memutuskan untuk pulang. Setelah mengantri dan berdesak-desakkan kamipun berhasil naik busway. Sepanjang perjalanan dari Ragunan hingga Pulo Gadung kondisi Busway memang sangat penuh sekali. Untungnya para ibu dan anak-anak mendapatkan tempat duduk dan tidak perlu berdiri. Kami para fasilitator mengantarkan anak-anak hingga sampai ke rumah mereka masing-masing. Setelah itu kami pun langsung pamit pulang, karena sudah sangat sore. Hari ini betul-betul perjalanan yang sangat melelahkan sekali, tapi anak-anak terlihat sangat senang sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar