Cari Blog Ini

09 Januari, 2012

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Cakung Desember 2011






Salam jumpa teman-teman yang baik,

Selamat hari raya Natal dan Tahun Baru 2012.
Mari kita bersama bawa sukacita, damai, cinta kasih, dan berkat bagi seluruh dunia.


Sepanjang Desember ini, kegiatan dipadati dengan evaluasi kurikulum bagi tim fasilitator, evalusi program bagi anak-anak Cakung pengurus program dan penyusunan kurikulum dan program untuk tahun 2012. Kegiatan belajar anak-anak Cakung mulai libur sejak awal Desember. Kegiatan belajar anak-anak kategori III dan IV hanyalah kegiatan ketrampilan, yang dilakukan seminggu sekali.

Anak-anak dan orang tua mulai membangun harapan kembali sekalipun tinggal di tempat kontrakan sempit atau pun hanya sanggup mendirikan bilik kecil di perbatasan lahan tempat tinggal mereka yang sudah digusur.

Puing-puing rumah dan bilik serta bamboo yang terserak masih tersisa di lahan gusuran. Di atas puing-puing rumah belajar, kami dirikan kembali tempat belajar baru, tempat berkumpulnya anak-anak belajar dan para orang tua bertemu.

Beberapa tambahan tulisan anak tentang pengalaman saat digusur, dapat dibaca di blog Komunitas Anak Cakung :

http://cakungchildrencommunity.blogspot.com

Lahan gusuran yang belum mulai digarap oleh pihak penguasa, hingga saat ini masih bisa berfungsi sebagai kebun, maka atas seijin pihak penjaga lahan, untuk sementara, sampai batas waktu yang belum bisa dipastikan, kami coba dirikan kembali rumah belajar kami, yang lebih tepat disebut sebagai tenda belajar bagi anak-anak Cakung.

Barang-barang rumah belajar yang sebagian kami titip ke rumah kontrakan Komunitas Anak Cakung. Warga Cakung serta anak-anak membantu memindahkan barang-barang rumah belajar.

Terimakasih banyak kami ucapkan atas solidaritas dan jerih payah anak-anak dan warga Cakung.

Rumah kontrakan sementara kami gunakan untuk tempat menyimpan barang-barang, lemari perpustakaan dan buku-buku serta tempat berkegiatan, terutama kegiatan ketrampilan dan pertemuan antar tim fasilitator dan pengurus program. Sekalipun rumah kontrakan cukup besar, namun karena terletak di wilayah pemukiman, maka kami tidak mungkin memfungsikan tempat ini sebagai tempat belajar anak-anak Cakung.

Beberapa teman yang datang berkunjung, sempat melihat-lihat kondisi terakhir di tempat warga yang tergusur serta ke rumah kontrakan Komunitas Anak Cakung.

Begitu mengetahui musibah penggusuran ini, atas inisiatif Kak Paramita Rai dan teman-teman di Australia membantu dalam dukungan dana yang dibawa langsung oleh Kak Maureen Lintong saat berlibur Natal dan Tahun Baru di rumah orang tuanya. Bantuan kami terima pada awal Desember 2011. Terimakasih banyak pada Kakak-kakak di Australia.

Sejak mulai didirikannya tenda belajar, sahabat kami, Bu Ari dan Pak Edi berkenan merayakan ulang tahun anaknya, Raka yang ke 5 tahun dengan berbagi kebahagiaan bersama anak-anak Cakung.

Acara ulang tahun diadakan pada Minggu, 18 Desember 2011. Banyak anak hadir memeriahkan acara ulang tahun Raka. Anak-anak senang bernyanyi dan bermain bersama setelah sejak akhir November pindah ke rumah kontrakan, berpisah jauh satu sama lain. Selesai menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun disambung lagu Happy Birthday to You, lilin-lilin pun ditiup Raka di atas kue ulang tahun besar yang dipenuhi hiasan gula-gula dengan tema film kartun. Kami berfoto bersama. Setelah itu, sambil kue dipotong oleh pihak keluarga, diadakan kuis berhadiah yang dipandu oleh Kak Qori’ah. Suasana makin semarak.

Selesai acara, kami makan siang bersama dan diakhiri dengan pembagian bingkisan ulang tahun dari Raka pada anak-anak Cakung. Mereka berbaris dengan tertib menerima bingkisan dan bersalaman.

Bu Ari, Pak Edi, dan keluarga sempat berkunjung sebentar ke rumah kegiatan Komunitas Anak Cakung, sebelum pulang. Kami antar hingga di lapangan tempat pengumpulan barang rongsokan, dimana mobil mereka diparkir.

Terimakasih banyak pada Bu Ari – Pak Edi, Bu Elisa, Rara, dan Raka atas kesediaannya untuk berbagi kebahagiaan bersama anak-anak Cakung. Kiranya Tuhan berkenan memberi berkat limpah dan kesehatan untuk Bu Ari dan keluarga.

Pada pertengahan Desember lalu, beberapa anak yang mendapat bantuan biaya pengurusan akte kelahiran dari Kakak-kakak Alumni Kolese Kanisius yang tergabung dalam kelompok MenforOthers, akhirnya bisa memperoleh akte kelahiran. Dua anak itu adalah Jingga dan Indah, sementara 4 anak lainnya, Gio, Marcel, Nabila, dan Dimas bisa memperoleh akte kelahiran dipicu gerakan teman-teman Alumni Kanisius sehingga orang tua mereka mau menyediakan dana yang terjangkau melalui jalur pengurusan resmi di kantor pusat kependudukan dan catatan sipil.

Terimakasih banyak pada Kakak-kakak MenforOthers yang sudah memberikan bantuan dana pengurusan akte kelahiran dan membuka kesadaran warga untuk memperjuangkan hak anak-anaknya, khususnya prinsip dasar hak anak, yaitu hak untuk mendapatkan nama dan kewarganegaraan, yang tercantum dalam Konvensi Hak-hak Anak.

Pada hari Kamis, 23 Desember 2011, diadakan kegiatan bazaar di tenda belajar Komunitas Anak Cakung. Barang-barang yang diperoleh merupakan hasil sumbangan dari Kak Maureen Lintong, yang sedang berlibur di Indonesia dan dari Kak Arif dan warga kompleks perumahan Harapan Indah, Bekasi.

Kegiatan berlangsung dari siang hingga sore hari. Kak Arif datang bersama beberapa temannya membawa barang-barang sumbangan sekaligus melihat-lihat kondisi wilayah Cakung sawah.

Terimakasih banyak atas bantuan dan dukungan Kak Maureen Lintong dan Kak Arif bagi anak-anak dan warga Cakung.


Program Peningkatan Kesehatan Anak

Pada awal Desember, beberapa tim fasilitator Cakung bersama beberapa pengurus JRMK (Jaringan Rakyat Miskin Kota) cabang Muara Baru bertemu tim dokter RS Atma Jaya, Pluit untuk persiapan kegiatan penyuluhan kesehatan masalah TBC dan tes mantoux. Pertemuan persiapan berlangsung di RS Atma Jaya, Pluit.

Kegiatan penyuluhan kesehatan masalah TBC dan tes mantoux dilaksanakan di Balai PAUD JRMK cabang Muara Baru sejak pukul 14.00 WIB hingga menjelang maghrib. Kegiatan diikuti oleh lebih dari 61 KK, dari hasil pendataan perwakilan warga Muara Baru, Bu Dewi dan perwakilan JRMK cabang Muara Baru, Bu Sinta.

Kegiatan didukung oleh Kakak-kakak alumni CC dalam kelompok MenforOthers, yang dikoordinir oleh Kak Bimo serta tim dokter dari RS Atma Jaya, Pluit. Seluruh pengobatan termasuk biaya transport cek tes mantoux ke RS Atma Jaya ditanggung oleh Divisi Kesehatan Anak RS Atma Jaya, Pluit.

Keterlibatan tim fasilitator Cakung dalam kegiatan persiapan dan pelaksanaan pada Sabtu, 3 Desember 2011, sekaligus menandai dimulainya kegiatan pelayanan kami di wilayah baru, yaitu Muara Baru. Kegiatan ini juga dalam rangka meningkatkan kerjasama kami dengan JRMK UPC cabang Muara Baru.

Kegiatan awal yang akan mulai diadakan pada minggu I Januari 2012 ini adalah kegiatan pendidikan alternative dan perpustakaan. Dua program kegiatan ini yang akan dilaksanakan di komunitas Muara Baru sepanjang tahun 2012.


Beasiswa

Masalah penggusuran berdampak pada beberapa anak penerima beasiswa juga, terutama dalam hal akomodasi. Sebelumnya, tidak diperlukan biaya transport, kecuali uang jajan yang merupakan kontribusi orang tua, namun sejak awal Desember, biaya transport mesti kami bantu, karena beratnya beban orang tua yang mesti menanggung biaya kontrak rumah.

Warga yang dahulu hanya sewa tanah untuk beberapa tahun kemudian membangun rumah, kini dibebani oleh biaya kontrak rumah setiap bulan. Belum lagi kebutuhan orang tua untuk mencukupi kebutuhan pangan seisi rumah, sehingga tidak ada cukup dana untuk biaya transport sekolah anak.

Pada bulan ini juga banyak pengeluaran akhir tahun untuk biaya pendalaman materi bagi anak-anak SMK tingkat akhir, uang semester, SPP, dan biaya foto ijazah serta biaya sewa buku perpustakaan untuk 1 semester.


Rencana kegiatan di bulan Januari 2012 ini adalah :

1. Berdirinya Komunitas Anak Belajar sebagai nama kesatuan dari dua komunitas anak di wilayah Cakung dan Muara Baru di awal 2012.

2. Mulai kembali kegiatan belajar anak Cakung pada Jumat II Januari 2012, sedangkan kegiatan belajar anak Muara Baru pada Minggu I Januari 2012.

3. Pembelian kebutuhan perlengkapan belajar dan buku serta alat tulis bagi anak-anak kategori awal.

4. Mulai tahun ini, tim fasilitator juga melibatkan beberapa anak kategori 4 dalam pendampingan anak-anak kecil. Pembagian kategori menjadi 4, yaitu kategori 0 bagi anak-anak kecil yang baru mulai berminat untuk belajar, kategori 1 bagi anak-anak kecil yang mau belajar, baik angka maupun huruf, mengeja, dan sudah mulai berani bicara. Kategori 2 bagi anak-anak kecil yang mulai mendalami pelajaran, sebagian besar sudah duduk di bangku pendidikan formal, sudah mulai bisa membaca, menulis, berhitung, dan bicara. Kategori 3 bagi anak-anak yang sudah memahami dan mendalami baik pengetahuan teoritis maupun praktis. Beberapa anak kategori 4 dilibatkan dalam pendampingan anak kategori 0 dan 1.

5. Mulai tahun ini, perampingan program dilakukan mengingat tempat belajar yang tidak memungkinkan untuk terlaksananya seluruh program. Program kegiatan 2012 mencakup kegiatan pendidikan alternative, kegiatan peningkatan gizi anak, kegiatan perpustakaan keliling, dan kegiatan beasiswa. Program yang kami hapus, mengingat sebagian besar warga sudah mulai memahami perlunya berobat ke puskesmas, adalah kegiatan peningkatan kesehatan anak.


Akhirnya, kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dukungan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Cakung sepanjang Desember ini.

Terimakasih atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Cakung. Terimakasih untuk Kak Paramita Rai, Kak Ivonne Edenton, Kak Melany Wijaya, Kak Budiono, Kak Pie Ling, dan Kak Anita Linggar. Terimakasih untuk jerih payah Kak Maureen yang membawa langsung bantuan dana dari Australia untuk kami.

Terimakasih kami untuk Kak Eka yang turut menyuarakan kesulitan kami pada temannya dan mendapat tanggapan positif dari Kak Rizka Meiriana yang memberi dukungan dana. Terimakasih banyak pada Kak Rizka Meiriana.

Terimakasih kami yang tak terhingga pada Bu Ari – Pak Edi yang menggerakkan hati keluarga Lauw Lie Hoeng untuk memberi dukungan dana. Terimakasih banyak pada keluarga Lauw Lie Hoeng. Terimakasih atas kesempatan yang diberikan bagi kami untuk turut merasakan kebahagiaan bersama dalam acara ulang tahun anak tercinta, Raka.

Terimakasih kami untuk Kak Jenny, Bu Rina Anwar, Bu Vina – Pak Arend – Michelle Maramis atas dukungan dana yang rutin setiap bulan disisihkan bagi operasional kegiatan Komunitas Anak Cakung.

Terimakasih kami untuk Kak Tuti dan teman atas bantuan sembako bagi warga Cakung, Kak Maureen Lintong dan Kak Arif bersama warga kompleks perumahan Harapan Indah atas dukungan material yang telah diberikan.

Terimakasih banyak. Kiranya Tuhan berkenan memberi berkat limpah bagi teman-teman dan semoga kerjasama kita yang telah terjalin selama ini dapat terus berlanjut.

Tuhan memberkati kita semua.


Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Cakung

Debby

Tidak ada komentar:

Posting Komentar