Cari Blog Ini

08 Juni, 2019

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada April 2019


Salam jumpa teman-teman,



Selamat Memperingati Trihari Suci Paskah 2019

bagi teman-teman umat Kristen yang merayakan.

Kiranya Kebangkitan Kristus memperbaharui semangat iman kita untuk senantiasa memberi teladan Cinta Kasih dan KesetiaanNya. 


Syukur dan terimakasih atas dukungan, bantuan dan doa teman-teman sehingga kegiatan belajar anak-anak dalam Komunitas Anak Belajar baik di Cakung, Sarang Tupai, Ciawi, dan Muara Tawar bisa berjalan dengan baik sepanjang April 2019 ini

Pada bulan April 2019 ini, ada beberapa hari kegiatan belajar anak-anak yang kami liburkan sehubungan dengan kegiatan nasional, Pemilu pada hari Rabu, 17 April 2019 dan libur hari raya umat Kristiani pada Jumat dan Sabtu, 19, 20 April 2019.

Pada awal April 2019, kami menjenguk seorang anak Sarang Tupai, Ciawi yang menjalani operasi usus bagian saluran pembuangan di RSCM, Jakarta Pusat. 



Syukur, perjuangan keluarganya agar Ragil bisa dioperasi di rumah sakit yang memadai dengan tanggungan biaya pemerintah melalui BPJS kesehatan bisa membuahkan hasil.

Operasi sebelumnya dilakukan sejak 2 tahun yang lalu di RS daerah di wilayah tempat tinggalnya.

Setelah menunggu sekitar dua minggu untuk menjalani operasi lanjutan, Ragil akhirnya bisa menjalani operasi dengan baik di RSCM.

Hampir 1 bulan, ia harus ijin dari sekolahnya. Ditemani oleh Ibunya, yang setia menjaganya, ia menunggu jadwal operasi dan kembali ke rumah setelah luka operasi pulih.

Dalam kesehariannya, ia adalah anak yang riang dan aktif. Biasanya selesai belajar ia ikut bermain bola bersama teman-temannya di halaman tempat belajar Ciawi. Kantong pembuangan yang direkatkan pada bagian samping perutnya sama sekali tidak mengganggu aktifitasnya dalam bermain.

Kami turut bersyukur dan bergembira atas pulihnya Ragil. Semoga Ragil semakin giat belajar dan tetap semangat dalam beraktifitas.

Pada akhir April 2019 ini, kami adakan evaluasi belajar bagi seluruh anak di tiga basis; Cakung, Ciawi, dan Muara Tawar. 





Bahan evaluasi kami sesuaikan dengan bahan pelajaran yang telah kami berikan.

Tidak hanya dikte, membaca, dan berhitung kami berikan pada anak-anak kecil, tapi juga cara memperkenalkan diri dan bernyanyi di hadapan teman-temannya masuk dalam penilaian para fasilitator.

Untuk anak-anak remaja di Cakung, penilaian dari pengetahuan umum, bahasa Inggris, dan berhitung. Evaluasi Bahasa Indonesia diberikan dalam bentuk menonton film pendek dan anak-anak menuliskan isi cerita dan tanggapannya tentang penggunaan HP dewasa ini.

Bagi anak-anak Ciawi dan Muara Tawar, penilaian dari pengetahuan umum, Bahasa Inggris dan berhitung serta menuliskan dan menyanyikan lagu kebangsaan dan Pancasila.

Selesai kegiatan evaluasi belajar, setiap peserta evaluasi dibagikan pensil dan penghapus serta buku mewarnai dan pensil warna.

Penilaian hasil evaluasi diumumkan seminggu setelah evaluasi belajar atau pada awal Mei 2019.

Terimakasih kami pada para fasilitator dan volunteer serta warga yang berkenan memberikan waktu, tenaga, material, dan tempat untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar.


Kami sertakan foto-foto kegiatan anak-anak dan fasilitator serta situasi di ketiga basis dampingan kami ini.










Pada bulan April 2019 ini, menu makanan sehat kami adalah pepaya, salak, biskuit, mie bakso, dan hasil kebun warga Cakung dan Ciawi.






Keterbatasan dana yang kami miliki membuat kami juga membatasi pengeluaran baik kompensasi untuk fasilitator maupun menu makanan sehat yang kami sediakan untuk anak-anak.

Kami sangat berterimakasih atas bantuan biskuit untuk anak-anak, yang diberikan oleh Sr. Annunciata, OSU.

Kami mengucapkan banyak terimakasih pada para fasilitator serta warga Cakung, Sarang Tupai, Ciawi, dan Muara Tawar yang telah membantu memasak dan menyiapkan menu sehat sepanjang bulan ini.

Pada program beasiswa bulan ini, kami penuhi kebutuhan sekolah anak-anak penerima program beasiswa, terutama untuk biaya sekolah per bulan, ongkos sekolah, beberapa kebutuhan sekolah serta biaya kegiatan per bulan.

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada donatur yang tetap setia membantu dalam penyelenggaraan program beasiswa ini. Kiranya bantuan ini dapat sungguh menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Kami mengajak teman-teman untuk tetap setia berpartisipasi dan mendukung kegiatan kami demi kesejahteraan anak-anak dan warga yang kami dampingi.

Untuk memenuhi kebutuhan anggaran kegiatan Komunitas Anak Belajar 2019 ini, kami bersama pengajar kegiatan ketrampilan dan memasak bagi remaja dan para Ibu Cakung membuat stik bawang keju, kacang bawang, bakpao dan bacang untuk dijual.

Terimakasih banyak kami ucapkan pada teman-teman yang telah membantu kami. Keuntungan penjualan selama bulan April 2019 ini mencapai Rp.1.147.000,-.


Pemesanan bisa menghubungi email kami atau kontak telpon dan WA kami yang kami sertakan di akhir laporan kami ini.

Kiranya perhatian dan dukungan teman-teman memberi kekuatan bagi kami untuk tetap setia menjalankan karya dan pelayanan ini.

Rencana kegiatan di bulan Mei 2019 ini adalah :

1.                Kegiatan Belajar
a.   Kegiatan belajar dan ketrampilan rutin di Komunitas Cakung, Sarang Tupai, Ciawi, dan Muara Tawar. Memasuki bulan puasa, bagi anak-anak ketiga basis yang mayoritas muslim, waktu belajar kami majukan satu jam sebelumnya sehingga bisa berakhir lebih awal untuk persiapan anak-anak dan warga berbuka puasa.

b.   Pengumuman evaluasi belajar anak-anak ketiga basis pada awal Mei 2019.

c.   Pemenuhan fasilitas dan kebutuhan belajar bagi anak-anak Cakung, Ciawi, dan Muara Tawar.

2.                Beasiswa

a.   Pemenuhan kebutuhan biaya sekolah dan perlengkapan sekolah anak-anak penerima beasiswa tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK.

3.                Koperasi Sembako

Pembelian bahan-bahan sembako yang sudah habis pada awal Mei 2019.

Kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan  ini.

Kami berterimakasih pada para donatur yang sungguh-sungguh mau peduli pada orang lain yang membutuhkan di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang telah kami lakukan.

Terimakasih banyak atas bantuan bungkus kopi dari komunitas Ursulin, Juanda.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami ucapkan pada para donatur. 

Terimakasih banyak atas kesetiaan, kepercayaan, dan semua kebaikan teman-teman.

Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Kita diutus untuk membawa damai sejahtera di dunia ini.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.



Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby 


P.S.
To place your donation through the bank.
Account holder : Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
Bank                  : BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Account no.       : 342-2792161
Swift code         : cenaidja

Feel free also to contact me at +628129685594, WhatsAp +6288210537251 or childrenlearningcommunity@gmail.com for any supporting documents and materials.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar