Cari Blog Ini

24 November, 2009

KEGIATAN PELAYANAN KESEHATAN UMUM




Karya Jemima

Pada Minggu, 11 Oktober 2009, kami kedatangan dokter umum dari Rumah Sehat Ciliwung Merdeka (RSCM). Acara yang dijadwalkan pukul 10.00 WIB ternyata mundur hingga pukul 11.30 WIB. Kakak-kakak dari RSCM datang naik motor & sewa mikrolet. Mereka membawa obat-obatan dan snack. Sebagian dari kami, anak-anak besar membantu mengangkut obat-obatan dan snack karena mobil tidak bisa masuk ke depan rumah belajar. Jaka, Yana, Yohanes, dan Mala membantu mereka membawa barang-barang ke rumah belajar.

Kami, anak-anak sudah siap berkumpul menyambut kedatangan kakak-kakak dari RSCM. Acara dimulai dengan ramah tamah, perkenalan, dan kami memberikan daftar pasien yang akan diperiksa oleh dokter Budi. Dari Cakung Sawah, ada 36 pasien, sedangkan dari Cakung Sampah ada 15 pasien yang terdiri dari anak-anak dan orang tua.

Anak-anak kecil dan para Ibu diberikan kesempatan lebih dulu. Kami antri dipanggil namanya sesuai absen supaya tertib. Sedangkan anak-anak besar belajar di rumah Zidan didampingi Kak Aung. Kami belajar menggambar meja dan menulis perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat meja.

Selesai belajar, giliran kami diperiksa oleh dokter Budi. Pertama kita harus menceritakan keluhan penyakit apa yang kita alami, kemudian asisten dokter menulis jenis penyakitnya dan diberikan pada dokter Budi untuk diberikan resep obat. Setelah itu kami berikan resep obat itu pada Kak Yosi dan Bu Sadiah untuk mendapatkan obat.

Nama kami dipanggil, obat diberikan kemudian kami membayar iuran kesehatan sebesar Rp.2.000,- yang dimasukkan dalam kotak & dicatat oleh Yana. Setelah itu, kami diberikan susu bubuk Milo dan susu kotak Ultra oleh Bude Ika.

Waktu menunjukkan pukul 13.30 selesai diperiksa semua warga. Kakak-kakak dari RSCM harus pulang karena tugas mereka sudah selesai. Kami semua mengucapkan terimakasih atas waktu dan tenaga yang telah diberikan dan mengucapkan selamat tinggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar