Cari Blog Ini

24 November, 2009

PELAYANAN KESEHATAN UMUM


Karya Kartini

Pada Minggu, 11 Oktober 2009, anak-anak Cakung sawah & Cakung sampah mengadakan pelayanan kesehatan umum. Sebelum memulai acara, kami semua diperiksa kuku oleh Kak Debby, lalu gunting kuku dan mencuci tangan. Setelah selesai, kami menyanyi sejenak sebelum minum susu dan sambil menunggu dokter.

Setelah beberapa jam kemudian, dokter datang. Saya, Susi, Yana, Ondo, Yohanes, Jaka, Kiki, dan Kak Aung membantu membawa obat-obatan yang disimpan dalam kardus. Selain obat-obatan, ada pula susu Ultra dan coklat bubuk Milo.

Kami memulai acara sudah pukul 11.30 WIB. Acara dimulai dengan tamu memperkenalkan diri. Setelah itu, kami mendaftar pada bagian pendaftaran. Penanggungjawab bagian pendaftaran adalah Yana. Sebelumnya, Ana sudah melakukan pendaftaran kesehatan warga satu per satu beserta keluhannya. Dari 36 pasien Cakung sawah, yang terdiri dari orang tua dan anak-anak, ada bermacam keluhan yang tercatat. Rata-rata keluhannya kurang nafsu makan. Ada beberapa yang menderita sakit gigi, sesak nafas, pusing-pusing, dan gatal-gatal karena sakit kulit atau pun alergi, batuk-batuk, dan keluhan sakit kuping.

Kami mendaftar pada asisten Dokter Budi, yaitu Kak Yosi. Setelah mendaftar, kami konsultasi pada dokter. Dokter pun memberikan resep obat. Resep obat ini kami bawa ke bagian obat-obatan, yang dipegang oleh Bu Sadiah dibantu Kak Yosi. Kami mesti antri untuk mendapatkan obat, setelah itu menuju Bude Ika yang membagikan coklat bubuk sachet dan susu Ultra. Masing-masing mendapatkan 3 sachet dan satu kotak susu Ultra.

Selesai periksa dan mendapatkan obat dan susu, para ibu Cakung sampah memilih baju-baju sisa bazaar sebelumnya. Baju-baju boleh diambil gratis. Begitu semuanya selesai, kami membereskan tempat dan obat-obatan yang diberikan. Setelah dokter & para petugas medis selesai istirahat & makan snack serta minum, mereka pun pulang. Kami semua mengantarkan dokter & teman-teman menuju mobil. Setelah itu, kami pulang ke rumah masing-masing untuk istirahat siang dulu sebelum melanjutkan belajar di rumah belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar