Cari Blog Ini

17 Agustus, 2011

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Cakung Juli 2011






Salam jumpa teman-teman yang baik,

Selama bulan Juli ini, kegiatan belajar dimulai pada minggu II setelah libur pada minggu I Juli.

Pada Jumat pagi, 8 Juli 2011, dua fasilitator berangkat ke Parungpanjang menjemput anak-anak yang mengikuti pelatihan petani pengusaha setelah hampir 1 bulan belajar disana.

Pada Sabtu pagi, 9 Juli 2011, kami kedatangan tamu, Kak Mulyani dan teman-teman dari Choice. Anak-anak gembira menyambutnya. Mereka berkumpul di rumah belajar. Anak-anak berkenalan dan menyuguhkan permainan suling recorder dan nyanyian. Selesai menghibur kakak-kakak dari Choice, anak-anak mengajak kakak-kakak berkeliling wilayah pemukiman mereka.

Sebelum pulang, Kak Mulyani dan teman-teman membagikan bingkisan alat tulis dan makan siang, nasi goring kepada anak-anak serta dana untuk membantu biaya RS Lini dan Fajar. Terimakasih banyak Kak Mulyani dan teman-teman Choice atas perhatian dan dukungannya pada anak-anak Komunitas Anak Cakung.

Siang harinya, pada hari yang sama, saat anak-anak berkegiatan belajar, Kak Novita dan keluarga dating. Liburan pulang kampong beberapa hari dari tempat tinggalnya di Belgia, dimanfaatkan untuk berkunjung. Ia dating bersama suami dan anaknya, Shafira serta bapak dan sepupunya.

Kami berbincang-bincang. Shafira ikut belajar bersama anak-anak kategori I. Saat istirahat, anak-anak bermain dan berfoto bersama. Kak Novita membawa bingkisan buku tulis dan susu bagi anak-anak Cakung dan bantuan dana dari Samenleven Organization.

Terimakasih banyak atas perhatian dan dukungan Kak Novita dan keluarga serta Samenleven Organization.

Pada Minggu III Juli, kami mendapat kabar dukacita, meninggalnya Ibunda Kak Ari. Pada peringatan 7 hari, kami baru dapat berkunjung ke rumah Kak Ari, fasilitator anak kategori I, karena Ibunda dimakamkan di kampong halamannya, Purworejo, sekaligus peringatan 3 harinya. Atas nama Komunitas Anak Cakung, kami mengucapkan turut berdukacita yang sedalam-dalamnya. Doa kami bagi Ibunda Kak Ari agar Ibunda dapat istirahat kekal dan diterima di sisi Tuhan.

Pada Sabtu sore, 16 Juli 2011, saat anak-anak sedang belajar ketrampilan, Kak Arif dan Bu Maria datang membawa sumbangan pakaian layak pakai, buku-buku pelajaran layak pakai dan mainan untuk anak-anak. Walau kedatangannya tidak lama, namun anak-anak senang menyambutnya, apalagi membawa banyak mainan. Beberapa mainan kami jual murah untuk kebutuhan operasional Komunitas Anak Cakung dan beberapa kami gunakan sebagai milik bersama anak-anak Komunitas Anak Cakung. Terimakasih banyak bagi Kak Arif dan para Bapak – Ibu warga lingk.St.Andreas, komp.Harapan Indah, Bekasi.

Sejak awal Juli, gubuk Lina-Lini yang tidak layak huni, dibongkar dan diperbaiki agar cukup mendapat udara dan sinar matahari. Pembangunan rumah yang terhenti karena sakitnya Lini, akhirnya mulai dikerjakan bersama warga pada minggu IV Juli. Kami berpartisipasi dalam menyediakan minuman dingin dan bantuan dana sekedarnya.

Pada Jumat pagi, 22 Juli 2011, kami kedatangan tamu, Sr.Annunciata, yang biasa membantu penyediaan benang rajut dan dukungan dana. Hari itu adalah pertama kalinya Suster berkunjung. Walau usianya sudah lebih dari 85 tahun, niatnya sungguh besar untuk berkunjung dan berkenalan dengan anak-anak Cakung. Suster membawa sumbangan pakaian layak pakai dan sarana belajar dari TK Santa Maria. Setelah Suster pulang, kami bagikan pakaian layak pakai bagi anak-anak, sedangkan sarana belajar jadi milik bersama anak-anak Komunitas Anak Cakung, terutama sebagai sarana belajar bagi anak-anak kategori I. Terimakasih banyak pada Sr.Annunciata dan Sr.Inggrid, atas perhatian dan dukungannya bagi anak-anak Komunitas Anak Cakung.

Pada Minggu malam, 24 Juli 2011, kami mendapat kabar dukacita, meninggalnya Ayahanda Kak Lestari, salah satu volunteer Komunitas Anak Cakung, yang biasa mendampingi anak-anak dalam kegiatan berkebun.

Kami hadir dalam pemakamannya di TPU Menteng Pulo pada hari Senin siang. Diiringi Ibunda dan keluarga serta rekan-rekan dari Sanggar Ciliwung dengan siapa Kak Lestari beraktifitas, Ayahanda Kak Lestari dimakamkan. Atas nama Komunitas Anak Cakung, kami mengucapkan turut berdukacita yang sedalam-dalamnya. Semoga Ayahanda mendapatkan istirahat kekal dan diterima di sisi Tuhan.


Kegiatan belajar Alternatif

Sejak memasuki minggu III Juli, banyak anak baru datang dan minta ijin untuk mengikuti kegiatan belajar di Komunitas Anak Cakung. Pada minggu III Juli datang 4 anak baru, pada minggu IV datang 6 anak baru, dan pada minggu V ini datang 10 anak baru. Mereka tinggal berdampingan dengan wilayah Cakung Sawah. Gelombang I dan II dari anak-anak gg.Pesantren dan gg.Bingung, sedangkan gelombang III dari gg.Beringin. Mereka datang karena mengetahui prestasi sekolah anak-anak Komunitas Anak Cakung, yang sebagian besar mendapat ranking di sekolahnya. Kami bangga berkat ketekunan dan perhatian para fasilitator, anak-anak Cakung sawah dikenal atas prestasinya.

Terimakasih kasih banyak atas dukungan dan perhatian para fasilitator. Terimakasih pada Kak Ari, Kak Uwie, Kak Tiny, Kak Uju, Kak Qori’ah, dan Kak Rikah.

Walau kami cukup kewalahan dengan banyaknya anak dan membuat sesak rumah belajar, kehadiran anak-anak baru tetap kami terima. Untuk memudahkan kami mengatur anak-anak & membangun kerjasama dan tanggung jawab anak, seluruh anak usia 11 tahun ke atas mendapat tugas dalam kelompok mulai dari mempersiapkan rumah belajar dan anak-anak kecil hingga merapikan kembali perlengkapan belajar dan membersihkan rumah belajar setelah selesai kegiatan belajar.

Pada Sabtu II dan IV, anak-anak belajar berkebun. Ilmu yang diperoleh beberapa anak-anak kategori IV yang mengikuti pelatihan di Parungpanjang, digunakan untuk mengajar anak-anak. Berbekal bibit yang diperoleh dan media tanam serta polybag yang telah dibeli, kami mulai belajar berkebun dalam polybag.

Tanaman yang kami tanam adalah beberapa jenis jagung, tomat, dan cabe. Masing-masing anak membawa pulang polybag yang sudah ditanami benih untuk dipelihara di rumahnya masing-masing. Setiap waktu belajar, anak-anak melaporkan perkembangan tanamannya.
Ada yang tanaman jagungnya sudah setinggi 20 cm saat ini.

Pada Kamis siang, 28 Juli 2011, kami mengadakan pelatihan meditasi yang dipimpin oleh Kak Alvieni. Kegiatan dilaksanakan di aula TK Sang Timur, Taman Modern atas ijin Sr.Margriet, PIJ.

Dari hasil evaluasi bulanan terakhir mengenai semangat belajar dan konsentrasi anak yang kurang, maka sejak pertengahan Juli, bersama Kak Alvieni, kami merencanakan untuk tetap mempertahankan semangat belajar anak-anak Cakung. Untuk itu kami adakan pelatihan meditasi. Kegiatan diadakan bertujuan untuk membangun kesadaran dan konsentrasi anak.

Kegiatan diberikan pada anak-anak kategori III dan IV. Diikuti 25 anak dan 1 fasilitator didampingi Kak Alvie, kami mengikuti pelatihan selama sekitar 2 jam.

Kegiatan ini menjadi kegiatan wajib bagi anak-anak kategori III dan IV sebelum mulai kegiatan belajar setiap Jumat dan Sabtu dengan pemimpin meditasi bergantian dari anak-anak kategori IV. Terimakasih banyak pada Kak Alvieni atas dukungan dan perhatian yang tulus dalam menangani masalah anak-anak Cakung.


Program Peningkatan Kesehatan Anak

Kegiatan perawatan gigi anak akhirnya tidak jadi dilaksanakan karena klinik gigi Ciliwung Merdeka baru bisa beroperasi bertepatan dengan berakhirnya masa libur sekolah anak-anak. Ditambah lagi pengaturan waktu kelompok anak yang tidak sesuai dan ketiadaan pendamping yang bisa mengantar anak ke klinik gigi. Sebagian besar anak kategori IV yang biasa mengantar anak, mengikuti pelatihan petani pengusaha sejak akhir Juni hingga pertengahan Juli di Parungpanjang.

Sejak awal Juli, wabah campak menyebar di wilayah Cakung sawah. Empat anak terkena penyakit ini. Dimulai dari Gio, adik Lina-Lini, kemudian menyerang Fajarwati, sepupunya, akhirnya menyerang Lini, Adit, dan Nur. Kondisi Fajar, 2 tahun, begitu payah, ditambah infeksi paru-paru sehingga Fajar perlu dibawa ke RSUD Persahabatan, rumah sakit pemerintah, rujukan dari puskesmas Jakarta Timur. Sehari setelah Fajar masuk RS, Lini, 7 tahun, harus dirawat juga karena badannya panas, penuh bintik-bintik merah pada kulitnya, mulutnya penuh dengan sariawan, dan tidak mau makan.

Kebutuhan obat yang mesti dibeli baru bisa mendapat penanganan dokter, uang muka rawat inap yang harus segera dibayar, keterbatasan biaya orang tua, dan lamanya pengurusan surat keterangan tidak mampu dari pihak administrasi warga, membuat kami harus segera bertindak membantu pembiayaan RS. Seminggu kemudian mereka sudah diperbolehkan pulang. Pengurusan surat keterangan tidak mampu yang sudah selesai dibuat, menjadi tidak seberapa karena sejak awal masuk hingga hari III, biaya kebutuhan obat & infus harus sudah kami keluarkan. Orang tua berjanji untuk mencicil separuh biaya RS yang sudah dikeluarkan.


Beasiswa

Pada minggu II Juli, anak-anak mulai masuk sekolah. Bagi penerima beasiswa, sejak minggu I Juli, anak-anak mulai membeli kebutuhan sekolah dan menyelesaikan biaya daftar ulang.

Sebagian besar mulai masuk sekolah pada hari Senin, 11 Juli 2011, namun beberapa anak wajib mengikuti masa orientasi di sekolah barunya, sehingga masuk sekolah lebih awal, sejak Jumat, 9 Juli 2011.


Program Perpustakaan

Kegiatan perpustakaan oleh para pengurus perpustakaan dilaksanakan setiap Rabu siang. Kegiatan berjalan rutin, terutama registrasi buku baru yang diperoleh serta tahap penyampulan, pelabelan dan penomeran buku.

Kehadiran kembali Desmon, 15 tahun, yang dulu pernah menjadi peserta aktif kegiatan belajar, meramaikan kembali kegiatan belajar anak-anak, terutama anak-anak kategori IV. Desmon ditugaskan menggantikan Yana, menjadi koord.anak bidang perpustakaan. Ia dibantu Ester dan anak-anak kategori IV lainnya.


Program Peningkatan Gizi Anak

Sepanjang Juli, menu sehat cukup bervariasi, selain rutin minum susu sebelum mulai belajar.

Karena minggu I Juli libur, sedangkan Sabtu II, setelah minum susu, anak-anak makan nasi goreng dari sumbangan Kak Mulyani & teman-teman Choice, maka menu sehat dimulai Sabtu III yaitu minum susu dan makan roti. Menu sehat pada Sabtu IV selain minum susu, anak-anak makan telur rebus setelah istirahat dan pada Sabtu V, anak-anak makan semangka setelah istirahat.

Terimakasih banyak pada Ibu Vina – Pak Arend, Michelle atas bantuan susu, juga pada Kak Mulyani dan teman-teman Choice serta Kak Novita dan Samenleven Organization.


Rencana kegiatan di bulan Agustus ini adalah :

1. Perubahan jadwal kegiatan administrasi perpustakaan, dari hari Rabu, pindah untuk seterusnya setiap hari Selasa pada pk.14.00 – 17.00 WIB.

2. Kegiatan Usaha ekonomi remaja Komunitas Anak Cakung akan dimulai awal Agustus dalam menyambut Lebaran. Hasil produksi berupa kartu Lebaran, kreasi manik-manik dan rajutan dari benang rajut dan kantong kresek.

3. Jadwal evaluasi belajar anak-anak Komunitas Anak Cakung yang mestinya dilaksanakan pada akhir Agustus, karena waktunya bersamaan dengan persiapan hari raya Lebaran maka diundur pada minggu II September.

4. Libur kegiatan belajar di rumah belajar Komunitas Anak Cakung dalam rangka Lebaran pada minggu IV Agustus dan minggu I September.

Terimakasih atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Cakung. Terimakasih untuk Kak Arry Fitriana, Ibu Rina Anwar, Kak Hanaria Putri, Kak Mulyani & Choice, Samenleven Organization & Kak Novita, serta Mbak Jeanny.

Terimakasih atas bantuan material yang telah kami terima dari Kak Mulyani & teman-teman Choice, Samenleven Organization & Kak Novita, Kak Arif dan warga lingkungan St.Andreas, Harapan Indah, TK Santa Maria, dan seorang teman Kak Alvie.

Kiranya Tuhan memberkati kita semua.


Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Cakung
Debby

P.S.
You could give donation via bank:
Acc.holder Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Acc.no.342-2792161
Swift code : cenaidja
or contact me for material support on +628129685594.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar