Cari Blog Ini

28 Februari, 2012

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Januari 2012






Salam jumpa teman-teman yang baik,

Tak terasa tahun 2011 telah berlalu dan kini telah memasuki tahun 2012. Kami bersyukur karena Tuhan masih berkenan mengijinkan kegiatan pelayanan kemasyarakatan ini berjalan di Komunitas Anak Cakung, bahkan mulai tahun 2012 ini, mulai dijalankan kegiatan belajar di Muara Baru, Jakarta Utara.

Dengan berdirinya dua kegiatan ini, maka semakin luas kesempatan belajar bagi anak-anak pemukiman sederhana yang kami dampingi, tidak hanya di wilayah Cakung saja. Dengan demikian nama kegiatan ini kami ganti menjadi Komunitas Anak Belajar; sebagai komunitas yang membuka kesempatan dan membangun kesadaran anak-anak untuk memahami arti belajar demi kemajuan pengetahuan dan budi pekerti bangsa.

Sepanjang Januari ini, kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar dapat berjalan dengan baik. Kegiatan belajar di Komunitas Anak Cakung dimulai pada Jumat II Januari 2012, sedangkan kegiatan belajar di Muara Baru dimulai pada Minggu II Januari 2012.

Ada beberapa kegiatan sepanjang Januari ini. Kegiatan diawali dengan piknik bersama beberapa anak dan orang tua Cakung di Kebun Binatang Ragunan pada hari Jumat, 6 Januari 2012. Kegiatan tidak dapat diikuti oleh seluruh anak karena masih dalam suasana libur dan beberapa dari mereka ikut orang tua pulang kampong.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 anak dan orang tua didampingi oleh 1 fasilitator. Sekalipun hanya sedikit anak yang bisa ikut, namun tidak menyurutkan keceriaan & kebahagiaan anak-anak dan orang tua, setelah lelah hati dan pikiran menghadapi penggusuran yang baru beberapa bulan berlalu.

Hujan yang turun deras selama bulan Januari ini membuat beberapa warga harus mengungsi, bahkan tinggal selama beberapa minggu di tenda belajar. Keluarga Cynthia (anak kategori III), Umi (anak kategori III), Lina-Lini (anak kategori I) terpaksa harus menetap sementara di rumah belajar karena rumah kontrakannya kebanjiran. Hingga awal Februari, keluarga Cynthia memutuskan untuk pindah ke tempat kontrakan lain, yang lebih dekat dengan sawah dan sekolah anak-anaknya.

Gubuk Firman terendam air sejak hujan deras awal Januari ini, bahkan hampir hanyut dibawa derasnya air got di samping gubuknya. Firman (anak kategori I) hanya tinggal berdua dengan neneknya. Ketiadaan biaya mengetuk hati kami untuk berbagi. Kini gubuknya pindah ke tempat yang agak jauh dari aliran air got. Bantuan biaya digunakan untuk membeli bahan bangunan, bamboo dan tripleks.

Pada Jumat, 20 Januari 2012, anak-anak mendapatkan bantuan konsumsi siang dari kelompok Ibu-ibu wilayah Utan Kayu, Jakarta Timur, yang dipimpin oleh Bu Nani. Anak-anak senang menikmati konsumsi siang, sebelum mulai kegiatan belajar.
Terimakasih banyak pada Bu Nani dan kelompok Ibu-Ibu wilayah Utan Kayu, yang berkenan memberi perhatian dan bantuan.

Pada akhir Januari 2012, menyusul 5 anak yang bisa memperoleh akte kelahiran. Djoyo, Windy, Alfiah, Iqbal, dan Haidar merupakan kelompok terakhir sejak Oktober kami mulai kegiatan pengurusan akte kelahiran.

Para orang tua gembira dan lega, anak-anaknya mendapatkan surat resmi untuk memudahkan mereka kelak masuk sekolah dan diterima sebagai warga Negara bangsa tercinta.


Kegiatan Belajar Alternatif

1. Komunitas Anak Cakung

Kegiatan belajar dimulai pada Jumat II Januari 2012. Awalnya memang masih sedikit anak yang belajar. Hanya sekitar 10 anak yang hadir.

Walaupun tempat belajar, tidak seperti dahulu, namun tidak menyurutkan niat anak-anak untuk terus belajar. Sejak Jumat III Januari 2012 hingga sekarang, makin bertambah banyak anak yang terlibat. Ada 7 anak baru dari lingkungan sekitar yang ikut belajar, mulai dari kategori 0 hingga kategori II. Jumlah peserta belajar kini mencapai 40 anak.

Mulai awal 2012 ini pun, perubahan materi kami lakukan, dari kategori I – IV berubah menjadi kategori 0 – III. Anak-anak usia dini yang terlibat bersama kami, kami kelompokkan dalam kategori 0, sedangkan anak-anak yang sudah mengenal abjad dan masih belajar mengeja, kami kelompokkan dalam kategori I.

Anak-anak yang sudah bisa membaca sederhana dan menulis, kami kelompokkan dalam kategori II, sedangkan anak-anak yang sudah lancar membaca dan menulis, kami kelompokkan dalam kategori III.

Dua anak kategori IV, Indri dan Mala, mulai merintis kemampuannya untuk mendampingi anak-anak kategori 0 dan I, walau tidak bisa penuh mendampingi karena masih ada kegiatan di sekolahnya menjelang akhir pendidikannya di SMK.

Pendampingan anak kategori 0 didampingi oleh beberapa volunteer, salah satunya dari orang tua anak Cakung, yang rutin ikut serta bersama fasilitator.

Sementara anak-anak kategori I – III didampingi oleh kami, para fasilitator, seperti Kak Qori’ah, Kak Uju, Kak Ari, Kak Lestari, Kak Uwie, dan Kak Debby.

Kegiatan pendidikan nilai (Living Values Activities), mulai kami terapkan di 2012 ini. Kegiatan yang kami serap dari buku Living Values : An Educational Program terbitan Grasindo ini merupakan buku pegangan yang ditulis oleh sebuah kelompok nirlaba yang didukung oleh UNESCO dan disponsori oleh UNICEF.

Buku berharga yang kami temukan di toko buku Gramedia ini, kami anggap layak untuk diterapkan bagi anak-anak di Komunitas Anak Belajar, dengan kreatifitas para pendamping yang bertugas.

Kegiatan pendidikan nilai terdiri dari nilai-nilai kedamaian, penghargaan, cinta, tanggung jawab, kebahagiaan, kerjasama, kejujuran, kerendahan hati, toleransi, kesederhanaan, dan persatuan.

Sepanjang Januari ini, nilai kedamaian kami terapkan bagi anak-anak. Kegiatan berlangsung setiap Sabtu, selesai kegiatan belajar.

Ada beberapa tulisan anak tentang pengalaman tinggal di tempat baru, ditulis anak-anak di blog Komunitas Anak Cakung. Teman-teman bisa membacanya di :

http://cakungchildrencommunity.blogspot.com

2. Komunitas Muara Baru

Kegiatan belajar dimulai pada minggu I Januari 2012. Kegiatan awal kami lakukan dengan mengajak anak-anak untuk membaca buku dan bermain di rumah kegiatan.

Kegiatan bermain scrabble merupakan kegiatan baru bagi anak-anak Muara Baru. Mereka senang bermain dengan menyusun kata.
Lewat bermain scrabble, kami belajar Bahasa Indonesia.

Ada sekitar 20 anak bergantian datang dan pergi untuk membaca dan bermain scrabble.
Kegiatan belajar penuh kami lakukan pada minggu III Januari 2012. Setelah membaca buku perpustakaan, anak-anak belajar Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika.

Kegiatan pendampingan ini dilakukan oleh 2 hingga 3 fasilitator, yang terdiri dari seorang fasilitator dan 1 – 2 anak Cakung (yang dulu masuk dalam kategori IV). Kegiatan ini sekaligus menjadi tempat pelatihan anak Cakung belajar mendampingi adik-adik di Muara Baru.

Akhirnya kami ucapkan terimakasih banyak atas kerjasama para fasilitator, anak-anak dan warga Cakung.

Terimakasih banyak pada Kak Uju, Kak Qori’ah, Kak Uwie, Kak Ari, dan Kak Lestari.


Perpustakaan

Kegiatan dimulai sejak Rabu I Januari 2012, bebeerapa hari sebelum dimulainya kegiatan belajar 2012 di Cakung. Kegiatan perpustakaan disepakati untuk dilakukan setiap Rabu siang. Kegiatan rutin yang dijadwalkan seminggu sekali ini, berdasarkan program kegiatan yang sudah disusun pengurus program, sejak Desember 2011.

Kegiatan dilakukan oleh pengurus perpustakaan, Mala, dibantu oleh 3 anak Cakung, yang merupakan anak-anak pengurus program, juga oleh beberapa orang tua.

Kegiatan awal dengan melakukan registrasi ulang dari seluruh buku-buku perpustakaan yang ada di Cakung. Beberapa kardus buku bacaan kami tempatkan di rumah kegiatan Muara Baru.

Pembelian buku baru di bulan Januari 2012 menjadi kegiatan registrasi awal perpustakaan 2012. Buku-buku baru yang kami beli terdiri dari buku-buku referensi bagi para fasilitator dan buku-buku bacaan anak, baik fiksi maupun non-fiksi (buku-buku pengetahuan umum).

Sementara ini, sebagian besar buku masih ditempatkan dalam kardus, karena sebagian lemari, kami tempatkan di rumah kegiatan Muara Baru dan sebagian lagi rusak, karena tidak kuat menampung banyak barang. Pembelian lemari buku dan perbaikan lemari belajar akan kami lakukan pada bulan Februari 2012.


Kegiatan Peningkatan Gizi Anak

Selama Januari 2012 ini, kegiatan peningkatan gizi anak berlangsung dengan baik. Menu sehat cukup bervariasi, walau sederhana. Kegiatan rutin minum susu dilakukan setiap Sabtu sebelum mulai belajar, kemudian makanan menu sehat dilakukan setelah selesai kegiatan belajar.

Pada Sabtu II Januari 2012, menu sehat yang disediakan adalah telur rebus, sedangkan menu sehat minggu III adalah pecel. Menu sehat pada minggu terakhir Januari adalah jeruk.

Menu sehat dipersiapkan oleh salah satu warga di rumahnya selama sebulan, berdasarkan jadwal dan kesepakatan bersama dalam Program Komunitas Anak Belajar yang disusun anak-anak pada Desember 2011 lalu. Koordinator anak dalam kegiatan peningkatan gizi anak adalah Cynthia, yang biasa dibantu oleh 3 anak pengurus program Komunitas Anak Belajar.

Akhirnya, kami berterimakasih pada tim pengurus program dan Mama Indri, yang telah membantu penyediaan menu sehat selama bulan Januari. Terimakasih kami pada Bu Nani dan kelompok Ibu wilayah Utan Kayu, Jakarta Timur yang telah menyediakan konsumsi siang serta Kak Qori’ah yang rutin menyediakan vitamin bagi anak-anak Cakung.


Rencana kegiatan di bulan Februari 2012 ini adalah :

1. Pembelian lemari perpustakaan dan buku-buku bacaan anak.
2. Perbaikan lemari belajar untuk menyimpan barang-barang kegiatan belajar Komunitas Anak Cakung.
3. Pembelian kebutuhan belajar anak, baik kebutuhan kegiatan pengetahuan teoritis maupun praktis.
4. Pembelian kebutuhan peningkatan gizi anak.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami untuk Mbak Inonk dan teman-teman, serta Children First atas inisiatif Bu Ann Djudzman dan Gemeente Oostkamp atas inisiatif Mbak Inonk di Belgia.

Terimakasih kami untuk Sr.Annunciata, OSU atas bantuan benang rajut bagi anak-anak Cakung, manik-manik dari Bu Danik dan Bu Harimurti.

Terimakasih banyak. Kiranya Tuhan berkenan memberi berkat limpah bagi teman-teman dan semoga kerjasama kita yang telah terjalin selama ini dapat terus berlanjut.

Tuhan memberkati kita semua.


Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby


P.S.
You could give donation via bank:
Acc.holder Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Acc.no.342-2792161
Swift code : cenaidja
or contact me for material support on +628129685594

Tidak ada komentar:

Posting Komentar