Cari Blog Ini

14 Juni, 2012

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Mei 2012












Salam jumpa teman-teman yang baik,


Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak 2556.
Semoga hikmah Waisak membawa pencerahan pandangan dan pikiran untuk selalu berbuat baik dan rela berkorban.


Sepanjang Mei ini, kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar dapat berjalan dengan baik.


Kegiatan Belajar Alternatif

a. Komunitas Anak Cakung


Sejak Mei, beberapa remaja Cakung, yang baru saja lulus dari SMK, resmi menjadi fasilitator di Cakung. Dibantu oleh beberapa volunteer, kami mendampingi anak-anak kategori 0, 1, 2, dan 3.

kami berusaha melakukan kegiatan baca, tulis, berhitung, bicara dengan cara yang mudah diterima dan disukai anak-anak.

Pada caturwulan II ini, anak-anak kategori 0 sudah mulai belajar mengeja, yang biasanya didahului dengan membaca abjad dan angka 0 – 10. Kegiatan mengeja dilakukan dengan membagikan kartu bertuliskan kata sederhana dengan gambarnya. Masing-masing anak menunjukkan kartunya dan membaca setiap huruf di hadapan teman-temannya, kemudian bersama-sama mengeja.

Pada anak-anak kategori 1, anak-anak sudah mulai membaca buku cerita sederhana dengan tulisan yang besar. Setelah membaca, biasanya anak bercerita hasil bacaannya. Kegiatan berhitung dilakukan dengan bermain ular tangga. Melalui permainan ular tangga, anak-anak belajar penjumlahan dan pengurangan. Selesai giliran anak bermain, ia wajib menulis angka yang tertera dan hasilnya, baik penjumlahan dan pengurangan. Permainan ini didampingi oleh fasilitator anak kategori 1.

Pada anak-anak kategori 2, anak-anak sudah mulai membaca buku cerita yang lebih banyak halamannya. Selesai membaca, mereka wajib menceritakan hasil bacaannya. Bacaan yang dipilih beragam, mulai dari buku fiksi maupun majalah non fiksi. Majalah science anak-anak, Kuark yang merupakan koleksi perpustakaan Komunitas Anak Belajar, beberapa kali menjadi bacaan wajib dalam kegiatan wajib baca buku.

Kegiatan wajib baca buku tidak hanya masuk dalam pelajaran Bahasa Indonesia, tapi juga pelajaran ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan social.
Kegiatan berhitung bagi anak-anak kategori 2 dalam tahap penjumlahan dan pengurangan. Anak-anak belajar berhitung dengan permainan berbelanja. Masing-masing anak dibagikan sejumlah uang-uangan. Tiap anak menentukan satu menu masakan kesukaan mereka dengan uraian bahan-bahan yang harus mereka belanjakan. Dalam mengurai bahan-bahan yang harus dibelanjakan, anak-anak didampingi oleh fasilitator anak kategori 2.

Penjelasan dana yang tersedia dan bahan-bahan yang dibelanjakan dirumuskan secara matematis dalam buku tulis masing-masing anak.

Pada anak-anak kategori 3, kegiatan wajib baca buku dilakukan dengan membaca majalah science anak, Kuark. Setelah membaca, mereka wajib meringkas bacaan mereka, kemudian menceritakan hasil bacaan mereka di hadapan teman-temannya. Pelajaran Bahasa Inggris diisi dengan bernyanyi dan menambah perbendaharaan kata Bahasa Inggris anak-anak, lewat bermain scrabble.

Pembuatan meja belajar tambahan dan perbaikan meja belajar lama hingga saat ini belum terlaksana karena belum adanya tenaga pekerja.

Kegiatan pendidikan nilai (Living Values Activities) biasa kami lakukan setiap Sabtu. Tema pada caturwulan II ini adalah kebahagiaan, kerjasama, kejujuran, dan kerendahan hati. Kegiatan dilakukan dengan sharing tema, bernyanyi, bermain bersama (seperti bermain peran & bertukar peran, bercerita), dan ditutup dengan meditasi.

Selesai kegiatan belajar, biasanya kami membereskan bersama tenda belajar, anak-anak kecil mengumpulkan sampah di sekitar tenda yang masih tercecer. Anak-anak yang lebih besar, melipat terpal, merapikan perlengkapan belajar dalam container plastic dan bersama para fasilitator membawa bersama-sama ke rumah warga terdekat untuk dititipkan.


b. Komunitas Muara Baru

Kegiatan belajar dilakukan setiap hari Minggu. Kegiatan selain diisi dengan kegiatan belajar juga kegiatan membaca buku perpustakaan.

Kegiatan belajar di RT 14 semakin berkembang. Walau jumlah anak tetap pada beberapa pertemuan, namun selalu ada wajah baru yang datang belajar. Mereka yang datang belajar berusia 6 hingga 11 tahun. Sementara kegiatan belajar anak-anak di RT 01 biasa dilakukan dengan membaca buku perpustakaan dan bermain scrabble.

Kegiatan belajar dilakukan di ruang kelas yang biasa digunakan untuk tempat belajar bagi anak-anak pendidikan usia dini (PAUD).

Kegiatan belajar baca, tulis, berhitung, bicara dibagi dalam 2 kelompok dengan metode yang hampir sama diterapkan pada anak-anak Cakung.

Kelompok 2 yang sudah memahami perkalian, belajar berhitung dengan permainan belanja, namun dengan menu yang ditentukan. Uraian bahan mencakup perkalian, penjumlahan dan pengurangan.

Persiapan dan evaluasi materi belajar anak-anak biasanya kami lakukan dalam pertemuan akhir bulan, dimana para fasilitator dan pengurus program berkumpul untuk evaluasi tugas masing-masing dan membuat rencana untuk sebulan ke depan, dipandu oleh kurikulum yang kami buat bersama pada awal tahun. Persiapan bahan dan perlengkapan belajar biasa kami lakukan setiap Rabu, dimana kami berkumpul di rumah kegiatan. Kegiatan setiap Rabu juga biasa kami isi dengan tugas perpustakaan dan kegiatan ketrampilan.

Akhirnya kami ucapkan terimakasih banyak atas kerjasama para fasilitator, volunteer, anak-anak dan warga Cakung, terutama pada Kak Ari, Kak Qori’ah, Kak Mona, Kak Lisa, Yana, Mala, Indri, anak-anak pengurus program, serta para Ibu.


Perpustakaan

Kegiatan diadakan setiap hari Rabu. Biasanya kegiatan diisi dengan registrasi buku, penomeran, dan penyampulan buku.

Pada bulan ini, kegiatan perpustakaan dimulai kembali, setelah libur sepanjang April. Kegiatan diisi dengan registrasi buku yang diperoleh dan penataan buku-buku dalam lemari perpustakaan baru, yang selesai dibuat pada minggu II Mei.

Kami mendapat banyak sumbangan buku bacaan anak dari Bu Herra pada Sabtu, 12 Mei 2012. Koleksi buku perpustakaan Komunitas Anak Belajar semakin bertambah.

Terimakasih banyak atas dukungan dan bantuan buku-buku bacaan dari keluarga Bu Herra. Kami senang mendapat pengetahuan baru dari buku-buku yang kami terima ini.


Kegiatan Peningkatan Gizi Anak

Selama Mei 2012 ini, kegiatan peningkatan gizi anak berlangsung dengan baik.

Selain minum susu rutin, menu sehat bulan ini adalah telur rebus, papaya dilapisi agar-agar, dan roti tawar dengan selai coklat dan parutan keju. Beberapa menu yang sudah disiapkan pada bulan Mei berubah atas pertimbangan bersama.

Menu sehat pada Sabtu III, yang adalah rujak kangkung diganti dengan menu istimewa sehubungan dengan ulang tahun Intan. Intan yang genap berusia 10 tahun, merayakan ulang tahunnya bersama teman-teman di tenda belajar. Anak-anak senang makan kue ulang tahun dan makan nasi kuning dengan lauk pauknya.

Selamat ulang tahun Intan, semoga panjang umur, sehat selalu dan menjadi anak yang cerdas, kreatif serta patuh pada orang tua.

Akhirnya, kami berterimakasih pada koordinator dan tim pengurus program serta Mama Soni, yang telah membantu mempersiapkan menu sehat selama bulan Mei.



Beasiswa

Selesai ujian nasional bagi Indri dan Mala, dua anak SMK tingkat akhir, dimanfaatkan dengan mendampingi penuh anak-anak dalam kegiatan belajar. Pada pertengahan Mei, acara perpisahan kelas diadakan dan pada tgl.26 Mei 2012, diumumkan kelulusan ujian nasional. Indri dan Mala berhasil lulus dengan nilai baik. Pengumuman kelulusan secara online.

Indri dan Mala diproyeksikan untuk menjadi local leader, fasilitator anak Cakung. Untuk itu, niat Indri untuk melanjutkan sekolah hingga perguruan tinggi kami dukung, demi kemajuan pendidikan anak-anak Cakung, terutama Komunitas Anak Belajar.

Mala yang memilih untuk tidak melanjutkan pendidikannya, berniat untuk mengikuti kursus ketrampilan, kalau memungkinkan ada pekerjaan yang dekat dengan tempat tinggalnya, maka ia memilih untuk bekerja, sekalipun demikian kegiatan pendampingan anak, sebagai salah satu tanggung jawab moral para penerima beasiswa tetap dijalankan.

Pada bulan ini, pengeluaran lebih pada perlengkapan sekolah bagi murid SD, seperti rutin meningkat, terutama bagi anak-anak SMK tingkat akhir. Pembayaran SPP dilakukan untuk bulan ini dan 2 bulan ke depan karena kegiatan sekolah berakhir setelah ujian nasional. Mereka dikenakan biaya perpisahan sekolah, yang akan dilaksanakan pada awal Mei. Biaya yang sudah mulai dicicil sejak awal bulan, dilunasi seluruhnya pada pertengahan April.

Hingga kini, Mala dan Indri masih berpikir untuk memutuskan apakah akan melanjutkan sekolah atau hanya mengikuti kursus-kursus yang mendukung peningkatan kegiatan belajar anak.

Peningkatan pengeluaran terjadi pada anak-anak SD penerima beasiswa, baik dari fotokopi, rental internet bahan-bahan pelajaran sekolah, maupun buku pelajaran sekolah.

Sementara bagi anak-anak lulusan SMK, pengeluaran terjadi pada pembuatan ijazah & legalisir raport, pendaftaran dan ujian masuk perguruan tinggi, serta ongkos survey ke universitas terdekat.

Pada akhir Mei, Indri mendaftar di universitas swasta terdekat di wilayah Klender, Jakarta Timur. Ia mendaftar di fakultas Ekonomi jurusan akuntansi.

Karena nilai raportnya cukup baik, maka ia tidak perlu mengikuti ujian tertulis untuk masuk perguruan tinggi tersebut, tinggal melalui tahap tes kesehatan dan wawancara yang akan dilakukan pada pertengahan Juni 2012.

Besarnya dana yang dibutuhkan untuk beasiswa, mendorong kami untuk memohon bantuan dari teman-teman. Kiranya teman-teman berkenan mendukung kemajuan pendidikan beberapa anak penerima beasiswa, yang akan menjadi tonggak penerus keberlangsungan kegiatan pendidikan alternative Komunitas Anak Belajar.


Rencana kegiatan di bulan Juni 2012 ini adalah :

1. Pembuatan dan perbaikan meja belajar anak.
2. Pembelian susu bubuk untuk program rutin peningkatan gizi anak.
3. Persiapan pendaftaran SD bagi 1 anak kategori I pada awal Juni 2012.
4. Persiapan pembentukan kepanitiaan dalam kegiatan Sex Education dan pelatihan kepemimpinan pada bulan Juli 2012.


Akhirnya, kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program pendidikan alternatif Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan ini.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami untuk Keluarga Loos, Bu Vina – Pak Arend – Michelle Maramis, Kak Elissa, Sr.Annunciata, OSU, dan Kak Arry Fitriana. Terimakasih kami untuk Bu Herra dan keluarga, atas bantuan buku-buku bacaan anak dan mainan anak-anak.

Terimakasih banyak. Kiranya Tuhan berkenan memberi berkat limpah bagi teman-teman dan semoga kerjasama kita yang telah terjalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Tuhan memberkati kita semua.


Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby


P.S.
You could give donation via bank:
Acc.holder Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Acc.no.342-2792161
Swift code : cenaidja
or contact me for material support on +628129685594

Tidak ada komentar:

Posting Komentar