Cari Blog Ini

08 April, 2013

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Februari 2013



Salam jumpa teman-teman yang baik,

Selama bulan Februari 2013 ini, kegiatan pendidikan alternatif Komunitas Anak Belajar dapat berjalan dengan baik berkat doa dan dukungan teman-teman.

Pada pertengahan Februari 2013, tepatnya pada Sabtu, 16 Februari 2013, kami kedatangan tamu, Kak Eka dan Kak Wanda. Kak Eka merupakan sahabat koordinator Komunitas Anak Belajar, yang sejak 1997 bersama-sama mendampingi anak-anak Cakung di wilayah awal pendampingan (saat itu masih mendampingi anak-anak belajar di wilayah pabrik Philips, jalan raya Cakung-Cilincing).

Beberapa kali Kak Eka berkunjung saat anak-anak masih belajar di wilayah Cakung sawah dan kini ia bersama Kak Wanda hadir kembali, berkunjung untuk pertama kalinya di rumah belajar Komunitas Anak Belajar.

Menjelang maghrib, Kak Eka dan Kak Wanda pulang. Kami amat sangat berterimakasih atas kunjungannya, dan terutama anak-anak berterimakasih karena mendapat tambahan satu lagu baru dengan gaya lucu versi Kak Eka.

Pada awal Maret 2013, tepatnya pada Jumat, 1 Maret 2013, kami kedatangan tamu, Kak Tiny, yang sejak 2011 mendampingi anak-anak Cakung kategori I belajar, saat rumah belajar masih berada di Cakung sawah. Kak Lisa, yang sejak 2009 mendampingi anak-anak Cakung kategori 0 belajar, juga turut hadir. Beberapa anak yang dulu belajar bersama Kak Tiny dan Kak Lisa, kini sudah masuk dalam kategori I dan II dan masih aktif belajar di rumah belajar.

Kak Tiny datang bersama anaknya, Raka, yang berulangtahun ke-1. Syukuran sederhana dilaksanakan setelah anak-anak selesai belajar. Anak-anak bernyanyi dan berkenalan dengan Kak Tiny. Setelah itu, kami berdoa dan makan siang bersama. Semoga Raka dapat tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, patuh dan berbakti pada orang tua dan sesama, dan selalu bersyukur atas anugerah kehidupan yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Pada malam hari, setelah selesai kegiatan belajar, Kak Tiny dan Kak Lisa pulang.

Kami senang sekali menerima kehadiran Kak Tiny dan Kak Lisa, yang baru pertama kali berkunjung ke rumah belajar Cakung yang baru. Terimakasih banyak atas kunjungannya.

Kegiatan Belajar Alternatif

a. Komunitas Anak Cakung


Kegiatan belajar di Cakung dilaksanakan di rumah belajar Cakung dan di Cakung sawah setiap hari Selasa, Jumat, dan Sabtu.

Sejak awal Februari 2013, ada volunteer baru; Kak Henni, yang bersedia membantu mendampingi anak-anak kategori III belajar Bahasa Inggris setiap Sabtu genap di rumah belajar. Anak-anak senang bekerjasama dengan Kak Henni.

Sejak awal Februari 2013 juga ada beberapa anak baru yang ikut belajar di rumah belajar. Ada 6 anak baru, dari kategori 0 dan 1. Mereka tinggal tidak hanya di wilayah sekitar, tapi juga di wilayah Rorotan, perbatasan Cakung Timur.

Pada Sabtu, 16 Februari 2013, Kak Eka dan Kak Wanda datang berkunjung ke rumah belajar. Sambil melihat-lihat rumah dan berkenalan dengan anak-anak, Kak Eka mengajarkan satu lagu baru.

Anak-anak senang sekali menyambut kehadiran Kak Eka dan Kak Wanda, apalagi Kak Eka mengajarkan lagu ‘Potong Bebek Angsa’ versinya. Setelah anak-anak mulai lancar belajar bernyanyi bersama-sama, beberapa anak, berdua atau bertiga maju ke depan, bernyanyi dengan gaya lucu yang diajarkan Kak Eka.

Setiap hari Selasa, selesai pendampingan belajar di Cakung sawah, para fasilitator berkumpul untuk evaluasi dan mempersiapkan bahan dan materi belajar untuk hari Jumat dan Sabtu.

Pada hari itu juga, kegiatan administrasi perpustakaan mulai dilaksanakan, demikian pula dengan kegiatan usaha ekonomi remaja Cakung. Saat ini, para remaja Cakung memproduksi kartu paper quilling Paskah.

b. Komunitas Muara Baru

Kegiatan belajar dilakukan pada Minggu II Februari, tepatnya pada Minggu, 9 Februari 2013 dan minggu IV Februari; 23 Februari 2013. Kegiatan belajar diikuti oleh beberapa anak di aula kegiatan warga RT 14 Muara Baru. Kegiatan belajar didampingi oleh dua fasilitator.

Musibah banjir pertengahan Januari lalu menyebabkan hanyutnya beberapa bangku panjang belajar di aula. Saat ini hanya tersisa 2 bangku panjang untuk belajar. Walau demikian, tidak menyurutkan semangat anak-anak untuk berkumpul belajar di aula.

Kami ucapkan terimakasih banyak atas kerjasama para fasilitator, volunteer, anak-anak dan warga Cakung dan Muara Baru, terutama pada Kak Henni, Kak Qori’ah, Yana, Riska, Bu Mar’ah, Indri, Lisna dan anak-anak pengurus program, serta Bu Herda di Muara Baru dan para Ibu warga Cakung.

Perpustakaan

Kegiatan perpustakaan sepanjang bulan ini adalah mengatur lemari dan menyampul buku-buku yang sudah diregistrasi. Kegiatan dilaksanakan setiap hari Selasa, selesai pendampingan di Cakung Sawah. Kegiatan dikoordinir oleh Cynthia dan dilakukan bersama-sama dalam tim.

Akhirnya kami ucapkan terimakasih banyak atas perhatian dan ketekunan koordinator dan tim program perpustakaan.

Kegiatan Peningkatan Gizi Anak

Kegiatan ini dimulai pada Sabtu I Februari 2013 dengan menu telur rebus. Pada Sabtu II Februari 2013, menu sehatnya adalah capcay kuah, sementara menu sehat pada Sabtu III adalah jeruk, dan pada Sabtu akhir bulan adalah pepes tahu.

Pada tahun 2013 ini, koordinator kegiatan peningkatan gizi anak dipercayakan pada Tia. Mulai tahun ini seluruh persiapan hingga pelaksanaan kegiatan dilakukan sepenuhnya oleh anak-anak kategori III. Para fasilitator hanya bertugas mendampingi dan mengarahkan.

Setiap Jumat selesai kegiatan belajar, anak-anak kategori III berkumpul untuk mencatat resep, membuat daftar belanja, membagi tugas pelaksanaan dan tugas membawa perlengkapan masak.

Resep masakan diketik dalam computer dalam file program peningkatan gizi anak oleh koordinator program ini. Kegiatan pengetikan dilakukan setiap Selasa, saat para fasilitator berkumpul di rumah belajar.

Akhirnya, kami berterimakasih pada koordinator dan tim pengurus program, yang telah mempersiapkan menu sehat dengan baik selama Februari 2013.

Beasiswa

Sejak awal Februari 2013, Cynthia, penerima beasiswa kelas IV SD putus sekolah akibat masalah kedua orang tuanya. Kami berusaha membantu mengatasi masalahnya dengan tetap mengajaknya belajar. Kini ia tinggal di rumah belajar.

Jadwal kegiatan harian yang sudah kami susun di rumah belajar, ditambah dengan kegiatan pribadi yang diisi dengan kegiatan belajar mandiri, seperti halnya home schooling, diberlakukan bagi Cynthia. Evaluasi belajar dilakukan setiap Minggu.

Setiap Rabu pagi, Cynthia dan Yana (penerima beasiswa yang putus sekolah di kelas II SMK sejak 2011 akibat masalah keluarga) belajar komputer bersama Kak Sari di rumahnya. Kegiatan belajar didampingi koordinator Komunitas Anak Belajar. Kegiatan belajar dimulai sejak pertengahan Februari 2013.

Pelajaran komputer diarahkan untuk membuat newsletter atau majalah dinding karena sebelumnya mereka sudah menguasai dasar mengetik dan menggunakan computer baik dalam program Microsoft Word maupun Microsoft Excel. Kegiatan belajar computer dimulai dari belajar menggunakan program Microsoft Word 2007 hingga saat ini belajar menggunakan program Corel Draw X3. Setiap minggu, mereka mendapat PR untuk dikerjakan di ruang computer rumah belajar.

Kini mereka bertanggungjawab untuk mengajarkan program computer bagi anak-anak sekitar di rumah belajar setiap hari Senin atau Kamis.

Pada bulan ini, beasiswa juga diberikan untuk pemenuhan kebutuhan pendidikan anak dari perlengkapan belajar serta rental internet. Karena pembelian modem USB baru dilakukan pada akhir Februari 2013, dan hanya bisa dilakukan untuk 1 komputer bagi 1 modem USB, maka penerima beasiswa, baik tingkat sekolah dasar maupun universitas, selama bulan ini mengerjakan tugas-tugas sekolahnya di tempat rental internet.

Pada pertengahan Februari 2013, kami menyelesaikan pembiayaan BPP Pokok bagi seorang penerima beasiswa tingkat universitas. Nilai mata kuliah pada semester I ini rata-rata nilai para mahasiswa. Kegiatan belajar semester II sudah dilaksanakan sejak akhir Februari 2013. Pada semester ini, ia mengambil 15 SKS, setelah ambil 21 SKS pada semester I.

Terimakasih kami pada Kak Sari Pelengkahu, Kakak-Kakak fasilitator dan teman-teman yang berkenan rutin membantu penyelenggaraan program beasiswa ini. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Rencana kegiatan di bulan Maret 2013 ini adalah :

1. Kegiatan Belajar
Kegiatan berkebun di dalam pot di lorong sebelah kiri rumah belajar bagi anak-anak kategori I – III.
Kegiatan peningkatan ekonomi bagi para remaja Cakung dilakukan dengan pembuatan kartu paper quilling Paskah sejak akhir Februari hingga saat ini.
2. Kegiatan Peningkatan Gizi Anak
Persiapan bahan-bahan menu sehat dan pembelian susu.
3. Perpustakaan
Kegiatan penyampulan buku dan penataan buku-buku dalam lemari.
4. Beasiswa
Kegiatan menjahit bagi anak-anak penerima beasiswa yang akhirnya putus sekolah formal di rumah tim pengajar setiap Kamis pagi.

Akhirnya, kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program pendidikan alternatif Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan ini.

Terimakasih kami pada pengurus Biara St. Maria Juanda dan Bu Erni atas bantuan kebutuhan perlengkapan rumah tangga yang telah kami terima. Terimakasih kami juga pada Kak Farimi atas bantuan pakaian anak-anak layak pakai.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami pada Kak Elissa Wiguna, orang tua Kak Elissa; Bu Susanna dan Pak Andy, Kak Hanaria Putri, Kak Arry Fitriana, Mbak Jenny, Kak Toetoet, Sr. Annunciata, OSU, Dr. Frans Senff, dan Keluarga Bu Vina - Pak Arend – Michelle Maramis.

Laporan kegiatan setiap bulan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.

Terimakasih banyak atas semua kebaikan teman-teman. Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Tuhan memberkati kita semua.


Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby


P.S.
You could give donation via bank:
Acc.holder Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Acc.no.342-2792161
Swift code : cenaidja
or contact me for material support on +628129685594

Tidak ada komentar:

Posting Komentar