Cari Blog Ini

09 April, 2013

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Maret 2013



Salam jumpa teman-teman yang baik,

Selamat Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Caka 1935
Semoga di Tahun baru ini, kita semakin mengarah pada penyempurnaan diri dan pemahaman akan makna hidup.


dan

Selamat Hari Raya Paskah 2013
Semoga Kebangkitan Kristus memperbaharui semangat iman kita untuk senantiasa hidup dalam
Cinta Kasih dan KebaikanNya.


Sepanjang Maret ini, kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar berjalan dengan baik.

Pada Selasa II Maret, kegiatan belajar di Cakung sawah diliburkan sehubungan dengan peringatan hari raya Nyepi Tahun Baru Caka.

Pada Minggu terakhir Maret, kegiatan belajar diliburkan sehubungan dengan peringatan hari raya Paskah.

Pada awal Maret, tepatnya pada Sabtu, 2 Maret 2013, kami mendapat undangan untuk menghadiri pentas music teater Sanggar akar di daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Beberapa anak mendapat ijin dari orang tua mereka untuk menonton acara tersebut dan menginap di rumah belajar. Acara berlangsung pada pukul 8 malam dan berakhir pada pukul 10 malam. Karena acara berlangsung pada akhir minggu, maka saat anak-anak pulang malam, mereka bisa menginap di rumah belajar dan pada pagi harinya, mereka pulang ke rumah masing-masing.

Pada Sabtu, 9 Maret 2013, keluarga Aiko mengunjungi rumah belajar dan berkenalan dengan beberapa anak di lingkungan sekitar rumah belajar. Mereka datang membawa bingkisan alat tulis dan sembako. Setelah berkenalan dengan anak-anak, kami berbincang-bincang seputar kegiatan di rumah belajar. Menjelang siang hari, Aiko dan orang tuanya pulang.

Pada siang harinya, Kak Kuncoro dan keluarga datang ke rumah belajar. Sejak pertama kali datang ke rumah belajar pada tahun 2008 bersama teman-teman, kini Kak Kuncoro datang bersama keluarganya. Ia membawa makan siang sebagai ungkapan syukur atas ulang tahun ke-1 dari anaknya, Kenan. Kami menikmati makan siang bersama-sama, anak-anak menampilkan nyanyian dan tarian. Selesai makan siang, dimulailah kegiatan belajar. Kak Kuncoro dan keluarga menemani hingga menjelang waktu istirahat belajar.

Kami berterimakasih banyak atas kunjungan dan bantuan dari keluarga Aiko, demikian pula terimakasih kami pada Kak Kuncoro dan keluarga. Semoga Kenan dapat tumbuh sehat dan cerdas dan menjadi anak yang berguna bagi keluarga dan masyarakat.

Pada Sabtu, 16 Maret 2013, kami kedatangan tamu, Dr. Frans Senff, yang sedang berlibur bersama keluarganya di Indonesia dan menyempatkan diri untuk berkunjung ke rumah belajar dan berkenalan dengan anak-anak.

Pada siang hari, saat istirahat belajar, kami menerima kunjungannya. Sejak beberapa tahun lalu, Dr. Frans setia mendukung kegiatan belajar anak. Kami berkenalan, anak-anak menghibur dengan nyanyian dan tarian. Selesai waktu istirahat, kami menikmati menu sehat bersama. Dr. Frans melihat-lihat keadaan rumah belajar dan berbincang-bincang dengan anak-anak. Sebelum selesai waktu belajar, anak-anak dibagikan bingkisan biscuit dan susu dari Dr. Frans.

Kami berterimakasih banyak atas perhatian dan dukungan Dr. Frans Senff. Kiranya kerjasama yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut.

Kegiatan Belajar Alternatif

a. Komunitas Anak Cakung

Sepanjang Maret ini, kegiatan belajar alternative dapat berjalan dengan baik. Ada 5 anak baru yang mulai aktif pada bulan ini. Satu anak kategori 0, satu anak kategori 2 dan tiga anak kategori 3.

Pada Jumat dan Sabtu akhir Maret 2013, kegiatan belajar diliburkan sehubungan dengan peringatan hari raya Paskah.

Sesuai rencana Maret, pada minggu III Maret, tepatnya, Jumat dan Sabtu, 15 dan 16 Maret 2013, anak-anak kategori III dibantu anak-anak kategori II belajar berkebun di dalam pot.

Kegiatan awal dilakukan dengan pengambilan tanah di dekat sawah dan pembelian pupuk organik. Bibit tanaman yang dibeli sehari sebelumnya, adalah bibit cabe, bawang, bayam hijau dan bayam merah. Anak-anak mencampur tanah yang diambil dengan pupuk organik di dalam wadah, kemudian memasukkannya dalam pot, yang sebelumnya didasari dengan batu-batu dan kerikil.

Perkebunan mini dibuat di lorong kiri rumah belajar, yang biasanya dilalui selesai anak-anak mencuci tangan. Kegiatan menanam tanaman dalam pot ini dilakukan selama dua hari. Penyiraman tanaman dilakukan setiap pagi dan sore hari oleh petugas anak yang tinggal di rumah belajar.

Kami berharap perkebunan mini ini dapat dimanfaatkan untuk menambah kebutuhan menu sehat di rumah belajar.

b. Komunitas Muara Baru

Selama bulan ini, kegiatan belajar dilakukan dua kali, yaitu pada hari Minggu II dan IV.

Sejak bulan ini, banyak anak datang belajar di aula. Ada sekitar 24 anak hadir, yang kami bagi dalam dua kelompok. Kak Yana dan Kak Indri membantu mendampingi anak-anak belajar. Kegiatan belajar dimulai siang hari dan berakhir pada sore hari.

Kami senang atas semangat belajar anak-anak. Semoga niat dan semangat anak-anak dapat terus berkembang dengan baik.

Akhirnya kami ucapkan terimakasih banyak atas kerjasama para fasilitator, volunteer, anak-anak, warga Cakung dan Muara Baru, terutama pada Kak Henni, Kak Qori’ah, Yana, Riska, Bu Mar’ah, Indri, dan anak-anak pengurus program, serta Bu Herda di Muara Baru dan para Ibu warga Cakung.

Perpustakaan

Kegiatan perpustakaan sepanjang bulan ini adalah mengatur lemari dan menyampul buku-buku yang sudah diregistrasi. Kegiatan dilaksanakan setiap hari Selasa, selesai pendampingan di Cakung Sawah. Kegiatan dikoordinir oleh Cynthia dan dilakukan bersama-sama dalam tim.

Beberapa buku bacaan yang sudah rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi, kami keluarkan dari lemari perpustakaan agar dapat diisi dengan buku-buku sumbangan yang lebih baik lagi. Buku-buku bacaan yang sudah rusak boleh dimiliki oleh anak-anak dan sebagian kami jual murah.

Pada bulan ini, kami mendapat banyak sumbangan buku bacaan dan pelajaran sekolah. Kami berterimakasih pada Bu Erika Sufiana dan keluarga, Bu Christiani Aslim dan keluarga, serta Bu Nani dan keluarga.

Akhirnya kami ucapkan terimakasih banyak atas perhatian dan ketekunan koordinator dan tim program perpustakaan.

Kegiatan Peningkatan Gizi Anak

Selama Maret 2013 ini, kegiatan peningkatan gizi anak berlangsung dengan baik.

Selain minum susu rutin, menu sehat bulan ini adalah telur rebus, jagung rebus, manggis, dan spaghetty.

Pada Sabtu II Maret 2013, menu sehat yang disediakan adalah jagung rebus. Karena ada kegiatan syukuran makan siang dari Kak Kuncoro dan keluarga, maka jagung rebus tidak dimakan selesai belajar, melainkan dibawa pulang oleh anak-anak.

Pada Sabtu III Maret 2013, menu sehat yang disediakan adalah buah manggis, mengikuti musim buah yang ada, dimana sejak musim hujan, buah manggis banyak dijual di wilayah Cakung.

Pada Sabtu IV Maret 2013, menu sehat istimewa yang dijadwalkan adalah spaghetty. Koordinator dan timnya berbelanja di pasar terdekat. Seluruh persiapan hingga pelaksanaan kegiatan dilakukan oleh anak-anak kategori III. Karena proses masak dibagi dua, yaitu merebus spaghetti dan membuat sausnya memakan waktu agak lama, maka kegiatan pelaksanaan dibantu oleh Kak Qori’ah dan Kak Henni.

Akhirnya, kami berterimakasih pada koordinator dan tim pengurus program serta Kak Qori’ah dan Kak Henni, yang telah mempersiapkan menu sehat dengan baik selama Maret 2013.

Beasiswa

Pelajaran komputer bagi anak-anak putus sekolah masih berjalan sejak Februari 2013. Ketrampilan ini diarahkan untuk membuat newsletter atau majalah dinding karena sebelumnya anak-anak sudah menguasai dasar mengetik dan menggunakan computer baik dalam program Microsoft Word maupun Microsoft Excel.

Kegiatan belajar komputer dimulai dari belajar menggunakan program Microsoft Word 2007 hingga saat ini belajar menggunakan program Corel Draw X3 dan sudah mulai masuk dalam program Photoshop.

Pada bulan ini, pelajaran menjahit juga mulai dilakukan sejak awal bulan ini. Kegiatan belajar dilakukan di bengkel kerja Bu July, yang memiliki usaha butik di rumahnya. Setiap hari Kamis, beberapa anak datang belajar dari pagi hingga menjelang sore hari.

Terimakasih kami pada Kak Sari Pelengkahu yang setia mendampingi anak-anak Cakung belajar computer di rumahnya. Terimakasih kami pada Bu July dan timnya yang dengan sabar dan rela menyisihkan waktu untuk membantu anak-anak belajar menjahit di ruang kerjanya. Terimakasih kami juga pada Kakak-Kakak fasilitator dan teman-teman yang berkenan rutin membantu penyelenggaraan program beasiswa ini. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Rencana kegiatan di bulan April 2013 ini adalah :

1. Kegiatan Belajar

a. Pelatihan computer, menjahit, ketrampilan membuat asesoris di rumah belajar Cakung. Dibutuhkan perlengkapan menjahit yang akan mulai dibeli pada awal April 2013. Pelatihan diberikan oleh tim alumni SMA Santa Ursula (Kak Sari Pelengkahu, Bu July Dharmasoeka, Kak Linda, Bu Widya Yohanes, dan kawan-kawan) selama bulan April 2013.

b. Kegiatan ketrampilan untuk peningkatan usaha ekonomi remaja Cakung dilakukan pada Rabu siang, seturut perubahan jadwal kegiatan administrasi perpustakaan.

c.Evaluasi belajar anak caturwulan I pada Sabtu terakhir bulan April 2013.

2. Kegiatan Peningkatan Gizi Anak

a. Persiapan bahan-bahan menu sehat dan pembelian susu.

3. Perpustakaan

a. Kegiatan registrasi, penyampulan buku dan penataan buku-buku dalam lemari.

b. Perubahan waktu administrasi perpustakaan, dari hari Selasa siang menjadi Rabu siang berkenaan dengan waktu senggang tim program perpustakaan.


Akhirnya, kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan ini.

Terimakasih kami pada Bu Erika Sufiana dan keluarga, Bu Christiani Aslim dan keluarga, Bu Nani dan keluarga atas bantuan buku-buku pelajaran dan bacaan anak, mainan, pakaian layak pakai, dan kebutuhan perlengkapan rumah tangga yang telah kami terima. Terimakasih kami pada Aiko dan kedua orang tuanya atas bingkisan alat tulis dan sembako untuk anak-anak dan operasional rumah belajar. Terimakasih kami pada Bu July atas bantuan kain untuk kebutuhan pelajaran menjahit, demikian pula pada Kak Kuncoro dan keluarga atas konsumsi siang yang disediakan dan Dr. Frans Senff atas kunjungannya dan bingkisan biscuit dan susu bagi anak-anak Cakung.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami untuk Bu Vina – Pak Arend – Michelle Maramis, Kak Elissa, Kak Melani Laksmono, dan Kak Arry Fitriana.

Laporan kegiatan setiap bulan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com/.

Produksi ketrampilan remaja Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com/.

Terimakasih banyak atas semua kebaikan teman-teman. Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Tuhan memberkati kita semua.

Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar
Debby


P.S.
You could give donation via bank:
Acc.holder Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Acc.no.342-2792161
Swift code : cenaidja
or contact me for material support on +628129685594

Tidak ada komentar:

Posting Komentar