Cari Blog Ini

29 September, 2018

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Juni 2018


Salam jumpa teman-teman,



Selamat Hari Raya Lebaran 1439 H
Mohon maaf lahir dan batin.
Mari kita jaga semangat persaudaraan dan persatuan dalam keragaman demi perdamaian semesta.


Syukur dan terimakasih atas bantuan dan doa teman-teman sehingga kegiatan belajar anak-anak dalam Komunitas Anak Belajar baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi, bisa berjalan dengan baik sepanjang Juni 2018.

Kegiatan belajar dimulai sekitar pukul 2 siang selama bulan puasa. Jumlah anak yang hadir berkurang namun tidak mengurangi semangat anak-anak lain yang tetap hadir serta para fasilitator yang setia mendampingi anak-anak belajar.

Anak-anak belajar dan bermain agar tidak jenuh. Anak-anak memilih untuk bermain scrabble, monopoli, halma, atau pun ular tangga.




Saat libur Lebaran dan kenaikan kelas, beberapa anak Cakung yang bersekolah di pesantren, di kampung halamannya, di Jawa Tengah, kembali ke Cakung dan turut membantu mendampingi adik-adiknya belajar di rumah belajar Cakung.

Kak Tia, yang sejak awal kegiatan belajar di Cakung berdiri, menjadi peserta kegiatan belajar sejak masih belajar baca tulis hingga kini duduk di kelas III SMA, kembali ke Cakung untuk membantu adik-adiknya belajar Bahasa Inggris.

Kami sangat gembira dan bersyukur, Kak Tia dan Kak Kiki, kedua kakak beradik ini mau hadir dan membantu adik-adik Cakung belajar.

Kak Vera yang akan pindah ke tempat pelayanan yang baru di Papua, juga menyempatkan diri untuk hadir menemani anak-anak Cakung belajar.

Saat kegiatan belajar masih di Cakung sawah, Kak Vera aktif membantu anak-anak Cakung, termasuk Kak Tia belajar.

Selain Kak Tia, Kak Kiki, dan Kak Vera, kegiatan belajar anak-anak Cakung selama bulan Juni ini dibantu oleh Bu Mar’ah, Yohana, Kak Indri, dan Kak Debby, sedangkan kegiatan belajar anak-anak Sarang Tupai dibantu oleh Bu Lanny, Bu Ruth, Bu Tjandra,  Novi, Rachel, dan Kak Debby.

Terimakasih kami pada para fasilitator dan volunteer serta warga yang berkenan memberikan waktu, tenaga, material, dan tempat untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar.

Pada minggu I Juni 2018, anak-anak Cakung dan para fasilitator mendapat kesempatan untuk berbuka puasa bersama Pak Arif dan Kak Dara.

Sore hari menjelang buka puasa, Pak Arif dan Kak Dara berkunjung kembali ke Cakung.


Pak Arif dan keluarga, yang telah menjadi teman baik kami sejak kegiatan belajar anak-anak masih di Cakung sawah, berkenan hadir menemui anak-anak Cakung.

Anak-anak berkenalan dan berbincang-bincang dengan Pak Arif dan Kak Dara. Setelah itu, kami berbuka puasa dan berfoto bersama.

Anak-anak gembira dan berterimakasih atas dukungan Pak Arif dan keluarga selama ini dan terutama atas hidangan buka puasa yang mereka santap saat itu.

Semoga kerjasama yang telah dijalin dengan baik ini dapat terus berlanjut.

Pada Minggu III Juni 2018, kegiatan belajar diliburkan, baik kegiatan di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi. Hal ini sehubungan dengan hari raya Lebaran yang dirayakan sebagian besar anak-anak peserta kegiatan belajar.

Beberapa warga memilih untuk merayakan Lebaran bersama keluarganya di kampung halaman.

Para fasilitator Cakung merayakan Lebaran dengan bersilaturahmi ke rumah warga Cakung.

Jalan lengang karena sebagian besar warga ibukota Jakarta mudik, namun tidak demikian dengan jalan ke arah Puncak, sebagai jalan utama menuju tempat kegiatan belajar di Sarang Tupai, Ciawi, yang selalu macet menjelang dan saat libur hari raya.

Para fasilitator dan warga Ciawi bersilaturahmi setelah libur Lebaran, saat anak-anak mulai kegiatan belajar.

Pada Minggu IV Juni 2018, saat kegiatan belajar dimulai kembali, anak-anak Cakung mendapat kesempatan menikmati liburan di Ancol.

Dalam rangka libur sekolah dan ulang tahun Jakarta, pada Senin, 25 Juni 2018, pihak tempat wisata Ancol membebaskan biaya tiket masuk ke dalam Ancol.

Kami memanfaatkan kesempatan berharga ini dengan mengajak anak-anak Cakung, terutama mereka yang aktif dan rajin mengikuti kegiatan belajar untuk berlibur kesana.







Sebanyak 22 orang, yang terdiri dari anak-anak dan beberapa orang tua serta fasilitator Cakung, mengikuti acara liburan ini.

Dibantu oleh Pak Arif dan keluarga, kami bisa menyewa kendaraan dan sedikit makanan yang kami nikmati siang hari di Ancol.

Anak-anak puas berenang di pantai Ancol dan bermain-main di Pasar Seni, Ancol.

Kami senang dan berterimakasih atas perhatian dan dukungan Pak Arif – Bu Maria dan keluarga.

Semoga Pak Arif – Bu Maria dan keluarga senantiasa diberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Pada Rabu, 27 Juni 2018, para fasilitator Sarang Tupai, Ciawi melaksanakan hak pilih mereka untuk mendapatkan Gubernur dan wakil gubernur mereka yang sungguh dapat mengayomi masyarakat Jawa Barat.

Kegiatan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) di wilayah Sarang Tupai, Ciawi dilaksanakan di tempat belajar kami, tepatnya di vila yang dijaga oleh keluarga Holil.
Anak-anak Sarang Tupai, Ciawi libur kegiatan belajar pada saat itu.

Pada program beasiswa bulan Juni, beberapa anak penerima beasiswa lulus dari SD, SMP, dan SMA serta SMK, sementara yang lainnya naik kelas ke jenjang yang lebih tinggi.

Beberapa anak yang lulus memutuskan untuk melanjutkan sekolahnya, beberapa memutuskan untuk bekerja.

Ada seorang anak penerima beasiswa yang akan melanjutkan pendidikannya di Jakarta dan kami bantu biaya pendidikannya secukupnya.

Kebutuhan sekolah kami lengkapi, seperti seragam sekolah, buku pelajaran dan buku serta alat tulis agar tidak terlalu repot dan antisipasi kenaikan harga alat tulis, saat masuk sekolah nanti.

Ada beberapa anak penerima beasiswa baru tingkat SMP sedangkan beberapa anak penerima beasiswa tingkat SMA dan SMK yang telah lulus, telah selesai tanggung jawab dan bantuan kami bagi mereka.

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada donatur yang tetap setia membantu dalam penyelenggaraan program beasiswa ini. Kiranya bantuan ini dapat sungguh menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Menu sehat yang kami siapkan sepanjang bulan Juni 2018 ini baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi adalah siomay, rujak mie, nasi bakar & kurma, es buah dan bakwan goreng, biskuit, mie bakso, dan bihun goreng seafood.











Kami mengucapkan banyak terimakasih pada Pak Arif – Kak Dara atas bantuan nasi bakar dan kurma sebagai menu berbuka puasa anak-anak Cakung dan Bu Tjandra yang turut membantu menyediakan biskuit sebagai menu sehat untuk anak-anak Sarang Tupai, Ciawi.

Kami juga mengucapkan banyak terimakasih pada para fasilitator serta warga Cakung dan Sarang Tupai, Ciawi yang telah membantu menyiapkan menu sehat sepanjang Juni 2018.

Kegiatan koperasi usaha sembako ‘Kartini’ berjalan dengan baik, terutama setiap hari kegiatan belajar anak-anak Cakung. Pembelanjaan yang kami lakukan sejak bulan Mei untuk persediaan selama Lebaran dan antisipasi kenaikan harga sembako.

Terimakasih kami ucapkan pada teman-teman yang setia mendukung dan membantu berjalannya kegiatan ini.

Semoga kegiatan koperasi ini dapat terus berlanjut dengan baik.


Rencana kegiatan di bulan Juli 2018 ini adalah :

1.                Kegiatan Belajar
a.   Kegiatan belajar anak-anak di Cakung dan Sarang Tupai, Ciawi.

2.                Beasiswa
a.   Pemenuhan kebutuhan biaya sekolah dan perlengkapan sekolah anak-anak penerima beasiswa tingkat SD, SMP, dan SMA, SMK.

3.                Koperasi Sembako
Pembelian bahan-bahan sembako yang sudah habis.

Kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan  ini.

Kami berterimakasih pada para donatur yang sungguh-sungguh mau peduli pada orang lain yang membutuhkan di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang telah kami lakukan.

Terimakasih kami atas bantuan buku-buku bacaan, mainan, dan pakaian layak pakai dari Jessica-Jason-Justin, NN, dan Kak Vera. Kami juga berterimakasih atas bantuan bungkus kopi yang rutin disediakan oleh para Suster Ursulin, Juanda, bantuan sembako dan pakaian layak pakai dari Sr. Annunciata, OSU dan Sr. Agustina, BKK serta para Suster BKK.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami ucapkan pada para donatur.

Terimakasih banyak atas kesetiaan, kepercayaan, dan semua kebaikan teman-teman.

Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Kita diutus untuk membawa damai sejahtera di dunia ini.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.



Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby 


P.S.
To place your donation through the bank.
Account holder : Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
Bank                  : BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Account no.       : 342-2792161
Swift code         : cenaidja

Feel free also to contact me at +628129685594 or childrenlearningcommunity@gmail.com for any supporting documents and materials.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar