Cari Blog Ini

18 Agustus, 2009

MENGADAKAN LOMBA BELAJAR


Karya Mala

Pada Minggu, 28 Juni 2009, diadakan lomba belajar. Bagi anak kecil, ada lomba bernyanyi , lomba melipat , mewarnai dan menggambar. Mata pelajaran yang dilombakan, ada IPA, Matematika , Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris) serta lomba memasak . Peserta lomba kelompok 1 adalah Nur , Adit, Zidan, Lina, dan Lini. Peserta kelompok 2 ada Jingga , Desy, Kiki, Andika, Umi, dan Andrew. Peserta kelompok 3 ada Neng, Chyntia, Intan, Joel, Tia, Susi, dan Pedro. Peserta kelompok 4 ada Ester, Yulia, Zaka, dan Kartini, sedangkan peserta kelompok 5 ada saya, Indri, Yana, Anah, Jessica, dan Jemima. Lomba kelompok 1 dan ke 2 adalah bernyanyi, lomba untuk kelompok 3 : Bahasa Indonesia, Matematika, menggambar, dan IPA. Lomba Kelompok 4 dan 5 adalah Bahasa Indonesia, menentukan 5W+1H dari sebuah tulisan kemudian dilanjutkan dengan Bahasa Inggris.

Pertama-tama diadakan lomba Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, membuat 5W+1H dari tulisan yang ada. Juri kelompok 4 dan 5 adalah Kak Qori’ah, Kak Rikah, dan Kak Lisa. Kak Qori’ah menentukan waktunya dari jam 11.00 - 11.30 untuk lomba Bahasa Inggris. Jam 11.30 - 12.00 untuk lomba Bahasa Indonesia membuat 5W+1H. Juri kelompok 1,2, dan 3 ada Kak Uwie, Kak Uju, dan Kak Aung. Sesudah lomba belajar, anak besar & anak kecil ada yang melipat, menggambar, dan mewarnai.

Sehabis lomba belajar, anak besar mengikuti lomba memasak. Kelompok I ada Indri dan Susi, kelompok II ada Mala, Kartini, & Yulia, kelompok III ada Yana, Ester, dan Jaka, dan kelompok IV ada Jemima, Jessica, & Ana. Lomba memasak membuat capcay. Ada yang menu capcaynya ditambah ayam dan baso, ada yang menggunakan hati ayam. Dalam kelompok saya, ada yang bertugas memotong sayuran, mengupas sayuran, & mencuci sayuran & ayam serta memasak. Yang pertama selesai memasak adalah kelompok saya. Setelah itu diikuti kelompok Indri, kelompok Yana, & yang terakhir kelompok Jemima. Kak Qori’ah & Kak Aung menjadi juri lomba memasak. Kak Qori’ah menyuruh kelompok memasak untuk membuat resep capcay.

Para juri mencicipi masakan kelompok yang sudah masak. Sesudah mencicipi, para juri menentukan siapa pemenangnya. Sebelum juri mengumumkan pemenangnya, anak-anak besar & kecil diminta untuk membawa piring & nasi untuk makan siang bersama. Anak-anak besar saling mencicipi makanan kelompok temannya satu persatu.

Sesudah makan siang bersama, rumah Zidan & rumah belajar dirapikan supaya bersih karena tempat ini akan digunakan sebagai tempat pengumuman hasil lomba belajar & memasak. Pemenang lomba dalam kelompok I adalah Adit dalam bidang menyanyi, sedangkan pemenang lomba dalam kelompok II adalah Jingga dalam bidang menyanyi & mewarnai. Pemenang lomba dalam kelompok III adalah Cynthia dalam bidang Matematika & Bahasa Indonesia. Pemenang lomba dalam kelompok IV adalah Julia dalam lomba membuat tulisan 5W 1 H & pelajaran Bahasa Inggris. Pemenang lomba dalam kelompok V adalah Jessica dalam lomba yang sama dengan kelompok IV. Anak yang rajin datang belajar adalah Joel. Terakhir adalah pengumuman pemenang lomba memasak yang jatuh pada kelompok I, yaitu Indri & Susi. Pengumuman pemenang lomba menjahit belum ditentukan karena hadiah belum disiapkan oleh Kak Uju.

Sesudah selesai pengumuman pemenang lomba, para juri berfoto bersama, ada Kak Uwie, Kak Qori’ah, Kak Uju, Kak Rikah, Kak Lisa & Kak Aung. Ada kakak yang baru datang yaitu Kak Saneri. Setelah selesai anak besar belum boleh pulang karena harus merapikan rumah belajar & membersihkan tempat belajar. Kakak-kakak juri pulang lebih dulu karena hari sudah semakin sore. Mereka ada yang rumahnya jauh & ada pula yang dekat. Selesai beres-beres, kami pulang ke rumah masing-masing karena hari semakin sore.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar