Cari Blog Ini

21 Desember, 2018

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Agustus 2018


Salam jumpa teman-teman,


Syukur dan terimakasih atas bantuan dan doa teman-teman sehingga kegiatan belajar anak-anak dalam Komunitas Anak Belajar baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi, bisa berjalan dengan baik sepanjang Agustus 2018





Pada Minggu II Agustus 2018, Kak Camilla menyelenggarakan pelatihan Bahasa Inggris selama 2 hari, yaitu pada Jumat dan Sabtu, 10 dan 11 Agustus 2018 di rumah belajar Cakung.

Seluruh peserta kegiatan belajar Cakung mengikuti kegiatan ini.















Pada hari I pelatihan, anak-anak belajar angka dan hewan sedangkan pada hari II pelatihan, anak-anak belajar warna dan bendera negara-negara yang mengikuti Asian Games 2018. 

Kegiatan diawali dengan perkenalan dalam bahasa Inggris. Masing-masing anak belajar memperkenalkan diri dan umurnya dalam bahasa Inggris. 

Kegiatan pelatihan ini sangat menyenangkan bagi anak-anak. Anak-anak belajar mengenal hewan dan bagaimana karakter serta gerak-gerik hewan diikuti kuis tebak hewan dari gerak-gerik hewan.

Selain itu juga anak-anak menari dengan mengenal perintah berdiri, duduk, berputar ke kiri dan ke kanan.

Kegiatan hari I ditutup dengan melukis wajah dengan karakter hewan yang sudah dipersiapkan oleh Kak Camilla. Kegiatan melukis wajah dibagi dalam empat kelompok. Ada macan, zebra, panda, dan jerapah.

Anak-anak sangat menikmati melukis wajah. Dalam kelompok, mereka saling melukis wajah temannya. Sesekali dibantu oleh Kak Camilla dan fasilitator lain. 

Pada kegiatan hari II, anak-anak belajar mengenal warna, anggota tubuh, dan warna bendera negara peserta Asian Games 2018. 

Kegiatan di hari II dibuka dengan perkenalan dan warna kesukaan masing-masing anak. 

Setelah itu, mereka belajar mengenal anggota tubuh mereka dalam bahasa Inggris diikuti dengan kuis kecepatan menyentuh anggota tubuh dalam bahasa Inggris. 

Kegiatan ini juga melibatkan anak untuk menari dan menyanyi. Mereka belajar bergoyang dengan pelan dan cepat. Setelah itu ditutup dengan melukis wajah dengan bendera peserta Asian Games 2018 dalam kelompok.

Pada hari terakhir, bagi anak-anak tiap kategori yang bisa mengikuti kegiatan dan menjawab kuis dengan baik, mendapatkan hadiah dari Kak Camilla.

Kami sangat berterimakasih pada Kak Camilla yang berkenan memberikan pelatihan Bahasa Inggris dengan suasana berbeda bagi anak-anak.

Semoga kerjasama yang telah dijalin dengan baik ini dapat terus berjalan. 

Menjelang peringatan hari kemerdekaan RI, anak-anak kategori II dan III di Cakung mempersiapkan hiasan bendera merah putih untuk menghias rumah belajar Cakung.



Pada minggu III Agustus 2018, kami menyelenggarakan evaluasi belajar caturwulan II di rumah belajar Cakung dan di teras belajar Ciawi.

Kegiatan ini diikuti lomba yang biasa diadakan dalam rangka peringatan kemerdekaan RI 17 Agustus. 

Kegiatan evaluasi dan lomba di Cakung diselenggarakan pada Sabtu, 18 Agustus 2018 sedangkan di Ciawi, pada Rabu, 15 Agustus 2018, Senin, 20 Agustus 2018, dan Senin, 27 Agustus 2018.







Di Cakung, kegiatan evaluasi berlangsung sebelum kegiatan lomba.

Pada hari saat kegiatan evaluasi caturwulan II dan lomba 17 Agustusan, Kak Ludo hadir membantu kegiatan belajar anak-anak Cakung menggantikan Kak Amad yang ditugaskan di tempat baru.












Kami sangat berterimakasih dan senang menerima kehadiran Kak Ludo yang bisa memahami keadaan anak-anak.

Evaluasi anak-anak dibagi per kategori. Anak-anak kategori 0, 1, dan 2 didampingi oleh Bu Mar’ah, Kak Yohana, dan Kak Debby, sedangkan anak-anak kategori 3 didampingi oleh Kak Indri dan Kak Ludo.

Kegiatan evaluasi tidak hanya mencakup evaluasi berhitung, Bahasa Indonesia, dan pengetahuan umum yang sudah dipelajari anak-anak, tapi juga evaluasi menyanyikan lagu nasional dan menyebutkan Pancasila bagi anak-anak kategori 0, 1, dan 2.

Kegiatan evaluasi belajar berlangsung dengan baik, setelah itu, sore hari, sekitar jam 3 sore, kami mempersiapkan lomba anak-anak di tanah kosong Jakarta Garden City yang letaknya berdekatan dengan rumah belajar Cakung.

Lomba 17 Agustus mencakup lomba makan kerupuk, gigit sendok kelereng, masukkan pensil ke dalam botol, masukkan bendera ke dalam botol, dan lomba pesan berantai.

Selesai lomba, anak-anak makan biskuit sambil menikmati es buah yang disiapkan fasilitator dan para Ibu Cakung. 

Pada Sabtu, 25 Agustus 2018, kami umumkan pemenang lomba selesai kegiatan belajar. Kegiatan belajar pada hari itu juga merupakan pembahasan kembali hasil evaluasi belajar anak pada Sabtu lalu.

Di Sarang Tupai, Ciawi, kegiatan evaluasi berlangsung pada Rabu, 15 Agustus 2018 dan Senin, 20 Agustus 2018.
  
Selesai evaluasi, anak-anak mengikuti lomba 17 Agustus pada Senin, 20 Agustus 2018. 

Tempat yang luas memungkinkan diselenggarakannya bermacam-macam lomba.

Anak-anak yang hadir pun cukup banyak.

Lomba 17 Agustus di Ciawi mencakup lomba makan kerupuk, lomba gigit sendok kelereng, lomba masukkan bendera ke dalam botol, lomba masukkan paku ke dalam botol, lomba balap karung, dan lomba tarik tambang.

Pada Senin, 27 Agustus 2018, kegiatan lomba diikuti oleh para Ibu dan fasilitator Komunitas Anak Sarang Tupai, Ciawi. 









Rencananya kegiatan lomba untuk para Ibu adalah memasak menu sehat untuk dimakan bersama saat pembagian hadiah evaluasi dan lomba seperti yang pernah diadakan tahun lalu.

Rencana berubah karena musim panas, wilayah Sarang Tupai, Ciawi yang dulunya berlimpah air sekarang selalu kekeringan saat musim panas. Banyaknya rumah yang berdiri, semakin berkurang pepohonan, dan berdirinya hotel menambah sulit keadaan di sana. 

Akhirnya kami putuskan lomba untuk para Ibu tidak berhubungan dengan memasak yang membutuhkan banyak air untuk persiapan dan setelahnya.

Lomba untuk para Ibu Ciawi mencakup lomba balap karung, lomba joged balon, permainan twister, dan lomba tarik tambang.

Para Ibu dan fasilitator yang terlibat, sangat bersemangat mengikuti lomba. Hari itu, anak-anak yang menjadi penonton dan pendukung peserta lomba. 

Selesai lomba, kami menikmati menu sehat, sup sayuran dengan bakso yang disediakan Bu Tjandra. Para Ibu Ciawi menyiapkan nasi hangat. Kami makan bersama sambil mendengarkan pengumuman pemenang lomba untuk anak-anak dan para Ibu serta  penilaian evaluasi belajar anak-anak. 

Kami sangat berterimakasih atas kerjasama warga Cakung dan Ciawi serta Bu Tjandra yang sudah menyiapkan menu sehat dalam rangka peringatan kemerdekaan RI 17 Agustus.

Kegiatan belajar anak-anak Cakung selama bulan Agustus ini dibantu oleh Bu Mar’ah, Yohana, Kak Ludo, Kak Indri, Kak Ari, dan Kak Debby, sedangkan kegiatan belajar anak-anak Sarang Tupai dibantu oleh Bu Lanny, Bu Ruth, Bu Vera, Bu Tjandra, dan Kak Debby.

Terimakasih kami pada para fasilitator dan volunteer serta warga yang berkenan memberikan waktu, tenaga, material, dan tempat untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar.


Pada program beasiswa bulan Agustus, kami penuhi kebutuhan sekolah anak-anak penerima program beasiswa, terutama untuk biaya sekolah per bulan, ongkos sekolah, beberapa kebutuhan alat tulis dan fotokopi, serta biaya kegiatan per bulan.

  
Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada donatur yang tetap setia membantu dalam penyelenggaraan program beasiswa ini. Kiranya bantuan ini dapat sungguh menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Menu sehat yang kami siapkan sepanjang bulan Agustus 2018 ini baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi adalah susu, biskuit, lontong sayur telur, martabak tahu, es sirup nangka, es kelapa muda, jeruk, ubi rebus, sate jamur, sukun rebus sambal terasi belimbing wuluh, keripik kencur dan keripik talas.
  











Pembuatan martabak tahu dikerjakan oleh para Ibu Ciawi dan tahap akhir menggoreng dibantu oleh para remaja putri setelah kegiatan belajar.

Kami mengucapkan banyak terimakasih pada Kak Camilla yang menyediakan apel untuk anak-anak Cakung dan Bu Tjandra yang menyediakan biskuit untuk anak-anak Ciawi. 

Kami juga mengucapkan banyak terimakasih pada para fasilitator serta warga Cakung dan Sarang Tupai, Ciawi yang telah membantu menyiapkan menu sehat sepanjang Agustus 2018.

Kegiatan koperasi usaha sembako ‘Kartini’ berjalan dengan baik, terutama setiap hari kegiatan belajar anak-anak Cakung. 

Terimakasih kami ucapkan pada teman-teman yang setia mendukung dan membantu berjalannya kegiatan ini.

Semoga kegiatan koperasi ini dapat terus berlanjut dengan baik.


Rencana kegiatan di bulan September 2018 ini adalah :

1.                Kegiatan Belajar
a.   Kegiatan pelayanan masyarakat dari 4 murid SMP High Scope di rumah belajar Cakung pada September – Oktober 2018
b.   Ketrampilan kreasi bungkus kopi dilanjutkan dengan kegiatan merajut bagi warga Sarang Tupai, Ciawi

2.                Beasiswa
a.   Pemenuhan kebutuhan biaya sekolah dan perlengkapan sekolah anak-anak penerima beasiswa tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK.

3.                Koperasi Sembako
Pembelian bahan-bahan sembako yang sudah habis.

Kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan  ini.

Kami berterimakasih pada para donatur yang sungguh-sungguh mau peduli pada orang lain yang membutuhkan di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang telah kami lakukan.

Terimakasih kami atas bantuan bungkus kopi dari para Suster Ursulin, Juanda, serta buku tulis dan biskuit dari Bu Tjandra.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami ucapkan pada para donatur.

Terimakasih banyak atas kesetiaan, kepercayaan, dan semua kebaikan teman-teman.

Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Kita diutus untuk membawa damai sejahtera di dunia ini.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.



Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby 


P.S.
To place your donation through the bank.
Account holder : Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
Bank                  : BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Account no.       : 342-2792161
Swift code         : cenaidja

Feel free also to contact me at +628129685594 or childrenlearningcommunity@gmail.com for any supporting documents and materials.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar