Cari Blog Ini

21 Desember, 2018

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada September 2018


Salam jumpa teman-teman,

Syukur dan terimakasih atas bantuan dan doa teman-teman sehingga kegiatan belajar anak-anak dalam Komunitas Anak Belajar baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi, bisa berjalan dengan baik sepanjang September 2018








Pada awal September 2018, kami mendapat berita dukacita, berpulangnya Kakak dari salah seorang fasilitator Komunitas Anak Sarang Tupai, Ciawi. 

Ditemani seorang teman pendukung kegiatan anak-anak, kami melayat kesana dan mengikuti prosesi pemakaman. 

Para orang tua anak-anak yang terlibat dalam kegiatan belajar Komunitas Anak Sarang Tupai, Ciawi juga turut hadir memberi dukungan moral.

Kami turut berdukacita yang sedalam-dalamnya. Kiranya cinta kasih Tuhan membimbingnya senantiasa dalam rumah Tuhan yang kudus. Kami berdoa semoga Kakak tenang di pangkuan Bapa dan bagi keluarga diberikan ketabahan hati menerima keadaan ini.

Pada akhir September 2018, kami kedatangan sahabat lama kami, Pak Nanang dan keluarganya. Setelah beberapa tahun yang lalu berkunjung ke rumah belajar Cakung, pada Sabtu, 29 September 2018, Pak Nanang berkunjung kembali ditemani  keluarganya.



Sore hari Pak Nanang dan keluarga berkunjung, anak-anak baru selesai makan menu sehat. Beberapa anak yang masih berada di rumah belajar berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan Pak Nanang dan Ibu. 

Pak Nanang dan keluarga juga turut menikmati menu sehat, bubur kacang hijau dengan irisan pisang rebus yang disediakan para Ibu Cakung. 

Pak Nanang memberi semangat anak-anak untuk belajar rajin untuk mencapai cita-cita. 

Bekal utama yang dimiliki Pak Nanang saat mendapatkan beasiswa ke luar negri adalah kemampuan berbahasa Inggris dengan baik.

Pak Nanang menasihati anak-anak, bila ingin mendapatkan beasiswa dari luar negeri maka anak-anak harus tekun belajar dan terutama belajar Bahasa Inggris dengan baik.

Sebelum pulang, kami berfoto bersama. 

Kami berterimakasih pada Pak Nanang dan keluarga atas bantuan dana yang amat dibutuhkan bagi kelangsungan kegiatan belajar ini.

Kiranya kerjasama yang telah dibangun dengan baik ini dapat terus berlanjut. 

Sepanjang September dan Oktober 2018, anak-anak belajar ditemani oleh empat murid SMP High Scope yang dalam salah satu mata pelajarannya pada tahun ajaran ini mengadakan kegiatan pelayanan kemasyarakatan. Murid-murid membantu kami mengajar Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan bagi anak-anak kecil, seorang murid mengajarkan budi pekerti dengan tema memahami makna perdamaian.

Kegiatan diawali dengan perkenalan anak-anak dan fasilitator dan perkenalan lebih dalam saat para murid masuk dalam dampingan anak-anak per kategori.
















Pada awal September 2018, anak-anak kategori 0 dan 1 belajar mengenai Memahami Makna Perdamaian yang dibimbing oleh Kak Tanaya ditemani oleh Kak Yohana, sedangkan kategori 2 dan 3 belajar mengenai Bahasa Indonesia dan Matematika dibimbing oleh Kak Tabina ditemani oleh Kak Indri.

Anak-anak usia 12 tahun yang sedang mempersiapkan diri menghadapi ujian SD diajar oleh Kak Ludo.

Pada akhir September, anak-anak kategori 2 belajar Matematika dibimbing oleh Kak Jasmine. Pelajaran dimulai dengan berhitung dasar, yaitu penjumlahan dan pengurangan serta perkalian dan pembagian. Pelajaran Bahasa Inggris bagi anak-anak kategori 3 diberikan oleh Kak Calya ditemani oleh Kak Indri.

Kegiatan belajar di Ciawi juga berlangsung dengan baik. Kak Lenny turut membantu kami mengajar anak-anak.

Sebelum mulai melangkah pada pelajaran Matematika yang dirasa sulit bagi anak-anak, mereka wajib menghafalkan perkalian 0 sampai 10.

Selama bulan ini, anak-anak menghafalkan perkalian, kecuali bagi beberapa anak yang sudah hafal.

Anak-anak kecil belajar didampingi oleh Bu Vera dan Bu Ruth. Anak-anak belajar mengenal huruf dan membaca dengan dieja, juga berhitung penjumlahan 0 – 15.

Kegiatan belajar anak-anak Cakung selama bulan September ini dibantu oleh Bu Mar’ah, Kak Yohana, Kak Ludo, Kak Indri, dan Kak Debby, sedangkan kegiatan belajar anak-anak Sarang Tupai dibantu oleh Kak Lenny, Bu Ruth, Bu Vera, Bu Tjandra, dan Kak Debby.

Terimakasih kami pada para fasilitator dan volunteer serta warga yang berkenan memberikan waktu, tenaga, material, dan tempat untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar.


Pada program beasiswa bulan September, kami penuhi kebutuhan sekolah anak-anak penerima program beasiswa, terutama untuk biaya sekolah per bulan, ongkos sekolah, beberapa kebutuhan alat tulis dan fotokopi, serta biaya kegiatan per bulan.

Seorang penerima beasiswa dari Ciawi tingkat SMK, berkesempatan untuk mengikuti Young Inventors Competition yang diadakan di Malaysia pada Sabtu, 22 September 2018.


Bersama tim dari sekolahnya, mereka berangkat pada Rabu, 20 September 2018. Kami bantu untuk biaya akomodasi disana, terutama untuk biaya tiket, sedangkan penginapan dan kebutuhan disana ditanggung oleh sekolah.

Dari hasil lomba, mereka hanya masuk grandfinal. Bagi kami, ini adalah suatu prestasi yang membanggakan dan semoga anak-anak tetap semangat untuk maju meraih cita-cita mereka.

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada donatur yang tetap setia membantu dalam penyelenggaraan program beasiswa ini. Kiranya bantuan ini dapat sungguh menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Menu sehat yang kami siapkan sepanjang bulan September 2018 ini baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi adalah biskuit, biji salak, pempek telur, bubur kacang hijau dengan irisan pisang, mie goreng, mie rebus dengan telur rebus, ketan serundeng, ketan goreng dan sukun kukus dengan sambal belimbing wuluh, serta keripik sukun dan talas.  













Kami mengucapkan banyak terimakasih pada Kak Tanaya dan Kak Tabina yang menyediakan roti goreng dan permen coklat bagi anak-anak Cakung dan Bu Tjandra yang menyediakan ketan serundeng untuk anak-anak Ciawi. 

Kami juga mengucapkan banyak terimakasih pada para fasilitator serta warga Cakung dan Sarang Tupai, Ciawi yang telah membantu menyiapkan menu sehat sepanjang September 2018.

Kegiatan koperasi usaha sembako ‘Kartini’ berjalan dengan baik, terutama setiap hari kegiatan belajar anak-anak Cakung. 

Pembelian beras sejak beberapa bulan lalu meningkat, kini mencapai 2 karung setiap kali pembelanjaan. 

Kegiatan koperasi ini pun tidak hanya penjualan sembako, juga melayani pinjaman dana bagi anggota yang membutuhkan. 

Pinjaman dana terutama untuk kebutuhan sekolah anak dan pengembangan usaha keluarga.

Terimakasih kami ucapkan pada teman-teman yang setia mendukung dan membantu berjalannya kegiatan ini.

Semoga kegiatan koperasi ini dapat terus berlanjut dengan baik.


Rencana kegiatan di bulan Oktober 2018 ini adalah :

1.                Kegiatan Belajar
a.   Kegiatan pelayanan masyarakat dari 4 murid SMP High Scope di rumah belajar Cakung pada September – Oktober 2018
b.   Kegiatan merajut dilanjutkan dengan ketrampilan bungkus kopi bagi para Ibu Sarang Tupai, Ciawi, sedangkan ketrampilan bungkus kopi dari tahap awal pembersihan hingga tahap akhir dilakukan oleh para Ibu Cakung.

2.                Beasiswa
a.   Pemenuhan kebutuhan biaya sekolah dan perlengkapan sekolah anak-anak penerima beasiswa tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK.

3.                Koperasi Sembako
Pembelian bahan-bahan sembako yang sudah habis.

Kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan  ini.

Kami berterimakasih pada para donatur yang sungguh-sungguh mau peduli pada orang lain yang membutuhkan di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang telah kami lakukan.

Terimakasih kami atas bantuan pakaian layak pakai dari Jessica, Jason, dan Justin serta buku bacaan dan majalah dari NN.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami ucapkan pada para donatur.

Terimakasih banyak atas kesetiaan, kepercayaan, dan semua kebaikan teman-teman.

Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Kita diutus untuk membawa damai sejahtera di dunia ini.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.



Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby 


P.S.
To place your donation through the bank.
Account holder : Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
Bank                  : BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Account no.       : 342-2792161
Swift code         : cenaidja

Feel free also to contact me at +628129685594 or childrenlearningcommunity@gmail.com for any supporting documents and materials.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar