Cari Blog Ini

16 Maret, 2009

WASPADA PEMANASAN GLOBAL Karya : Yana


Pada Jumat, 23 Januari 2009, saya bersama Kak Debby, Kak Uwie, dan Mala, pergi ke kampus IBiI dalam rangka seminar Pemanasan Global. Seminar ini diadakan pada pukul 17.00 WIB dan berakhir pada pukul 19.00 WIB. Saat berangkat, kami naik taksi dan macet dalam perjalanan kesana. Sampai disana, kami disambut oleh panitia seminar IBiI, diberi kotak makan malam. Kami diantar untuk duduk di kursi deretan kedua dari depan. Saya diberi tugas oleh Kak Uwie untuk mendokumentasikan beberapa informasi tersebut.
Maksud dan tujuan diadakan seminar Pemanasan Global adalah agar kita memahami dampak pemanasan global itu sendiri. Pemanasan global adalah pertambahan suhu di seluruh dunia. Penyebab-penyebab pemanasan global antara lain:
1. Pemborosan sumber daya alam, seperti minyak bumi yang diolah menjadi bensin dan digunakan secara berlebihan. Setiap hari kita melihat perkembangan jaman yang semakin modern dan semua manusia berlomba-lomba mencari apa yang mereka inginkan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. MInyak bumi adalah salah satu contoh kebutuhan manusia yang diubah menjadi bensin untuk kebutuhan kendaraan bermotor. Dengan semakin banyaknya kendaraan di muka bumi ini, minyak bumi terus menerus dipakai sebagai bahan bakar bensin. Kita selalu mengandalkan kendaraan bermotor untuk bepergian dibandingkan jalan kaki atau menggunakan kendaraan ramah lingkungan, seperti sepeda dan becak.
2. Perusakan hutan secara massal banyak terjadi di beberapa pulau di Indonesia. Bisa kita lihat dari Kalimantan dan Papua. Banyak dilakukan penebangan hutan sembarangan tanpa disertai penanaman bibit. Ini bisa menyebabkan hutan gundul.
3. Pemborosan air bersih banyak terjadi karena banyak air di sungai yang tercemar sehingga masyarakat kesulitan air bersih. Untuk minum air putih pun, kita harus beli. Oleh karena itu kita semua tidak boleh membuang air sembarangan, termasuk air kemasan plastik, sebaiknya diminum habis. Jangan memboroskan air bersih.
4. Penyebab polusi terjadi karena banyak warga masyarakat membuang limbah dan sampah rumah tangga sembarangan. Ini dapat menyebabkan polusi udara. Polusi udara bisa terjadi dari asap kendaraan bermotor. Asap yang dihirup dapat membahayakan kesehatan.
5. Pemborosan energi terjadi karena gaya hidup kita yang berlebihan, yaitu hidup kita yang selalu menginginkan lebih dari yang kita butuhkan. Contohnya, yaitu energi listrik bisa kita lihat. Setiap tahun pasti ada pembangunan mall dan supermarket yang membutuhkan energi listrik selama 24 jam, jadi bagaimana kita bisa membatasi listrik yang mereka pakai. Oleh karena itu, pemerintah harus bertindak tegas untuk masalah ini agar energi listrik yang dipakai tidak melewati batas.
Di pertengahan seminar, saya bersama Mala makan malam sambil mendengarkan presentasi dari para pembicara. Para panitia seminar IBiI menyediakan sesi tanya jawab. Disediakan waktu untuk tiga pertanyaan bagi mereka yang hadir untuk dapat bertanya hal-hal yang tidak dimengerti. Setelah itu acara disudahi. Para tamu dipersilakan pulang.
Setelah acara selesai, saya diwawancarai oleh seorang teman Kak Lusi. Selesai wawancara, saya bersama Mala menyelesaikan kuesioner yang mesti diisi. Saat hendak pulang, saya berfoto-foto dahulu untuk dikirim ke majalah remaja. Ketika kami mau pulang, anak-anak Cakung kelompok berikutnya baru datang dan akhirnya kami pergi bersama-sama untuk makan malam. Kelompok yang terlambat datang, yaitu Jessica, Jemima, Desmon, Yohanes, Indri, serta Pak Siswa dan Kak Iah. Selesai makan malam, kami pulang bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar