Cari Blog Ini

28 Februari, 2011

Kegiatanku Pada 2011


Karya Indri

Sejak Januari 2011, saya memiliki kegiatan di sekolah. Saya mengikuti kegiatan sekolah yang berhubungan dengan jurusan SMK yang saya ambil, yaitu akuntansi. Saya bersama beberapa teman mendapat tugas untuk menjaga bank sekolah, yang biasanya dimulai dari siang hari sepulang sekolah, pada pukul 12.30 hingga pukul 16.00. Setiap Jumat, biasanya di sekolah ada kegiatan praktek computer. Saya mengikuti kegiatan ini, yang dimulai bersamaan dengan waktu belajar di Komunitas Anak Cakung, yaitu dari pukul 13.15 hingga pukul 14.15.

Kegiatan praktek computer masih dibagi 2 gelombang. Gelombang I pada pukul 13.15 – 14.15, gelombang II pada pukul 14.15 – 15.15. Setiap minggu jadwal kami diacak, sehingga bila saya mendapat tugas praktek pada gelombang II, saya minta ijin terlebih dahulu pada kakak pendamping.

Kegiatan lain adalah kerja kelompok, yang diselenggarakan biasanya sepulang sekolah bersama teman-teman sekelas. Ini pun bila waktunya bersamaan dengan kegiatan belajar di Komunitas Anak Cakung, saya mesti minta ijin.

Pada minggu I Februari, libur sekolah karena murid kelas III melaksanakan ujian try out, saya dan teman-teman diberi tugas Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada dunia usaha/industry untuk mulai PKL atau praktek kerja. Kami mengisi liburan dengan mencari perusahaan atau industry yang dapat menerima kami untuk PKL. Dua perusahaan yang saya masuki, diantaranya anak perusahaan obat Soho.

Kegiatan utama saya di rumah belajar Komunitas Anak Cakung adalah mengikuti kegiatan belajar untuk anak-anak kategori IV, mendampingi anak-anak kategori III mengerjakan mading dan sesekali membantu kakak-kakak mendampingi anak-anak kategori I dan II, juga sebagai penanggungjawab rumah belajar. Sebagai penanggungjawab rumah belajar, saya mesti mengawasi tim saya yang bertugas di bagian perlengkapan belajar dan persiapan kegiatan belajar. Tugas saya sendiri selain mengawasi juga mendata atau inventaris alat tulis, buku-buku, dan perlengkapan belajar setiap bulan. Selain sebagai penanggungjawab rumah belajar, saya juga dipercaya sebagai kasir. Kebetulan saya memilih untuk sekolah di SMK jurusan akuntansi. Selain sebagai kasir, tugas keuangan saya adalah inventaris barang bazaar. Setiap Sabtu, saya memberi laporan keuangan pada Kak Uwie sebagai coordinator keuangan. Pada Sabtu akhir bulan, saya mengikuti pertemuan keuangan bulanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar