Cari Blog Ini

30 November, 2010

Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Karya Mala

Mulai Senin, 2 Agustus 2010, saya dan beberapa teman mendapat tugas PKL selama 2 bulan. Kegiatan PKL ini wajib dari sekolah dan berakhir pada akhir September.

Saya mendapat tugas PKL di Giant Hypermart, Ujung Menteng. Hari pertama mulai PKL, saya merasa deg-degan. Saya berangkat dari rumah sejak pukul 07.00 WIB. Saat pertama kali masuk, luas sekali tempatnya. Saya dan teman-teman dibagi kelompoknya oleh Bu Lili. Ada 6 divisi kerja di Giant, diantaranya bagian toys, textile, dye, stationery, dan household. Saya mendapat tugas di bagian textile, yaitu bagian pakaian.

Disana saya diajarkan cara merapikan hanger yang baik. Di bagian textile, saya didampingi oleh Kak Amel, Kak Icha, Kak Neneng, dan Kak Santi. Pukul 12.00 WIB, kami istirahat di kantin. Saya dan teman-teman saling bercerita, ada teman yang senang dan juga tidak senang mendapat tugas yang ditunjuk. Waktu istirahat kami selama 1 jam. Pukul 13.00 WIB, kami mulai bekerja kembali.

Kakak-kakak yang mendampingi kami di Giant sangat baik dan perhatian. Pukul 15.30, saatnya kami pulang dan mulai lagi PKL esok hari pada pukul 07.00 WIB. Kami wajib mengenakan seragam PKL, baju putih, celana hitam dan kaos kaki hitam.

Esok harinya, saya mulai kerja lagi di Giant. Sebelum masuk, kami absen dulu melalui computer. Sebelum mulai bekerja, kami briefing dulu. Briefing itu seperti rapat. Selesai briefing pukul 08.00 WIB, para karyawan, SPG, dan anak-anak PKL mulai merapikan barang-barang dalam divisi kerja masing-masing. Toko dibuka tepat pukul 09.00 WIB. Saat toko dibuka, para pembeli ramai datang berbelanja, tidak hanya pembeli dari wilayah sekitar, tapi ada juga orang luar negeri, dan para artis.

Pekerjaan saya sehari-hari biasanya mencatat pakaian yang belum ada label harga, merapikan pakaian yang berantakan, menyapu tempat kerja serta mengelap pernak-pernik yang ada. Selain itu juga menempel label harga pada pakaian dan mengisi pakaian-pakaian dari gudang ke dalam keranjang bila tumpukan pakaian mulai sedikit.

Bila pekerjaan awal selesai, saya tinggal menunggu pembeli hingga saat istirahat pukul 12.00 WIB, dan masuk kembali pukul 13.00 WIB serta berakhir pada pukul 15.30 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar