Cari Blog Ini

30 November, 2010

Pulang Kampung

Karya Anah

Pada Selasa, 7 September 2010, saya pulang kampong. Kampung saya di Indramayu, Jawa Barat. Saya pulang kampong bersama saudara saya. Ibu dan Bapak saya tidak ikut pulang karena sibuk dengan pekerjaan, merawat kebun di sawah.

Saya pulang kampong naik bis jurusan Luragung. Perjalanannya cukup lama, sekitar 5 jam. Tiba disana, saya dijemput oleh saudara saya. Betapa senang hati saya pulang ke kampong halaman, bertemu dengan sanak saudara, teman-teman sekolah serta guru-guru saat saya duduk di bangku SD.

Saya tinggal di rumah saudara saya. Saat itu puasa tinggal beberapa hari lagi. Saat hari kemenangan tiba, saya dan saudara di kampong menyambutnya dengan gembira. Hari raya Idul Fitri 1431 H jatuh pada hari Jumat, 10 September 2010.

Saya bangun pagi-pagi, membersihkan rumah, setelah itu saya mandi. Selesai mandi, saya bersiap-siap untuk berangkat sholat Ied. Saya berangkat bersama sanak saudara dan tetangga. Sampai di mesjid, saya bertemu dengan teman-teman. Tak berapa lama, sholat pun dimulai. Selesai sholat, saya pulang ke rumah.

Saya dan sanak saudara berjalan berkeliling ke rumah-rumah di sekitar tempat tinggal saya untuk bersalam-salaman. Betapa bahagianya saya pada saat itu. Hari semakin siang, saya diajak teman-teman untuk jalan-jalan ke pantai Tirtamaya. Tiba di pantai, saya dan teman-teman minum es kelapa muda dan melihat-lihat panorama pantai. Sore hari, kami pulang ke rumah.

Tak terasa, sudah satu minggu saya tinggal di kampong. Esok hari saya mesti siap-siap pulang, kembali ke Jakarta. Esok harinya, saya pulang bersama saudara. Perjalanan lama sekali karena terjebak macet. Sore hari baru kami tiba di rumah. Saya sangat senang karena bisa pulang kampong, bertemu sanak saudara dan teman-teman, dan saat ini bisa bertemu kembali dengan keluarga di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar