Cari Blog Ini

14 November, 2011

Penyuluhan Penyakit TBC



Karya Cynthia dan Intan

Ada kegiatan penyuluhan penyakit TBC di rumah belajar Komunitas Anak Cakung pada Sabtu, 22 Oktober 2011. Sebagian Ibu-ibu dan anak-anak sudah berkumpul. Acara dimulai pada pukul 11.30 WIB, setelah kami selesai minum susu bersama.

Dokter yang memberi penyuluhan datang sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka adalah Dr.Bimo, Dr.Aisa, dan Dr.Ivonne. Tidak lama kemudian satu persatu Ibu-ibu dan anak-anak datang berkumpul. Ada sekitar 60 orang berkumpul.

Hari itu kami tidak belajar seperti biasanya, tapi belajar melalui kegiatan penyuluhan. Sebenarnya anak-anak kategori I dan II tidak ikut belajar setelah minum susu, tapi mereka tetap hadir bersama Ibu mereka.

Para dokter menjelaskan tentang apa itu penyakit TBC. TBC adalah penyakit yang mudah menular dari kuman-kuman yang ada di udara. Cara penularannya, ketika kita bernafas, menghirup udara, kuman-kuman penyebab penyakit TBC ikut masuk dalam paru-paru kita.
Siapa saja bisa terkena penyakit TBC, dari anak kecil hingga orang dewasa.

Pencegahannya, bila kita batuk-batuk, tutup mulut kita dengan tangan atau sapu tangan, setelah itu segera cuci tangan. Tidak meludah di sembarang tempat, karena bila mengering, kuman penyakit akan terbang ke udara dan menularkan pada orang lain. Bagi anak-anak yang suka jajan, sebaiknya kurangi jajan, karena kita tidak tahu apakah jajanan itu bersih dan bergizi. Oleh karena itu kita perlu makan makanan sehat dan bergizi. Kekurangan gizi juga memudahkan kita terserang penyakit, tidak hanya penyakit TBC saja.

Gejala penyakit TBC yang perlu kita waspadai adalah :

1. Batuk berdahak lebih dari 2 minggu.
2. Demam
3. Berat badan turun
4. Selalu berkeringat banyak pada malam hari
5. Dahak berdarah
6. Nyeri dada
7. Sesak nafas

Bila kita mengalami gejala seperti yang diderita maka kita harus segera memeriksakan diri ke dokter atau puskesmas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar