Cari Blog Ini

13 Juli, 2017

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Februari 2017



Salam jumpa teman-teman,

Syukur dan terimakasih atas bantuan dan doa teman-teman sehingga kegiatan belajar anak-anak dalam Komunitas Anak Belajar baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi, dapat berjalan dengan baik sepanjang Februari 2017.




Anak-anak kategori III dan IV di Cakung mulai belajar bermain gitar kembali. Anak-anak belajar memainkan sebuah lagu pop dengan 6 kunci dasar. Seorang warga Cakung yang sudah pindah ke wilayah Buaran membantu mengajar anak-anak bermain gitar.

Ada 4 anak peserta belajar di Cakung yang rajin mengikuti kegiatan belajar selama sebulan ini. Untuk itu kami berikan mereka hadiah. Kami berharap anak-anak semakin bersemangat untuk mengikuti kegiatan belajar dan menabung. 

Anak-anak di Sarang Tupai, Ciawi tetap setia datang belajar sekalipun turun hujan. Beberapa waktu lalu, kegiatan belajar hanya dihadiri oleh segelintir anak karena hujan lebat turun disertai kabut.

Pada awal Februari 2017, kami kedatangan tamu, yang adalah sahabat lama fasilitator Cakung. Dr. Frans, kami kenal sejak tahun 2009 dan banyak membantu kegiatan belajar di Cakung.

Ia datang mengunjungi anak-anak saat kegiatan belajar di Cakung dan di Sarang Tupai, Ciawi.





Anak-anak bergembira menyambut kedatangan Dr. Frans. Dalam acara perkenalan, anak-anak kategori III dan IV memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris. Selesai perkenalan, anak-anak mendapat bingkisan snack dan susu dari Dr. Frans.

Terimakasih banyak kami ucapkan pada Dr. Frans yang berkenan berkunjung dan mendukung kegiatan belajar anak-anak di Cakung dan Sarang Tupai, Ciawi dengan bantuan dana dan material.



Pada pertengahan Februari 2017, kami mendapat bantuan buku-buku bacaan anak dalam bahasa Inggris dari Bu Gerda Silalahi dan rekan-rekan serta bantuan buku bacaan pengetahuan untuk anak dari Bu Djiauw Swie Tjing.

Kami sangat berterimakasih atas bantuan buku-buku bacaan ini untuk menambah pengetahuan anak. Buku-buku sumbangan kami catat dalam data perpustakaan.

Terimakasih banyak pada Bu Gerda Silalahi dan Bu Djiauw Swie Tjing yang telah berkenan membantu memenuhi kebutuhan dalam kegiatan Perpustakaan.

Pada akhir Februari 2017, yang rencananya akan diadakan kegiatan peningkatan motivasi belajar anak terpaksa kami undur hingga April 2017 mengingat fasilitator yang akan memberikan pelatihan memiliki waktu pada bulan April 2017.

Kegiatan ketrampilan pada Rabu, 7 Februari 2017, kami isi dengan belajar membuat bakpau isi kacang merah dan bakpau isi tumis bengkuang ayam. Beberapa Ibu yang hadir memperhatikan cara membuat adonan bakpau yang diajarkan oleh seorang warga Cakung yang ahli membuat bakpau dan masakan khas Cina. Para Ibu langsung praktek membentuk bakpau sesuai ukuran dan belajar membuat isi bakpau serta saus sambal sebagai pelengkap bakpau isi tumis bengkuang ayam.

Terimakasih banyak kami ucapkan pada para fasilitator dan volunteer serta warga yang berkenan memberikan waktu, tenaga, material, dan tempat untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami pada Jaka, Intan, Yana, Mama Soni, Mama Dino, dan Indri di Cakung serta Kak Ivonne, Bu Vera, Bu Lanny, Mama Jagad, Bu Ruth, dan Cantik di Sarang Tupai, Megamendung, Ciawi.

Terimakasih kami pada Jessica, Jason, dan Justin atas bantuan pakaian layak pakai yang dikumpulkan untuk warga Cakung. Terimakasih pada Bu Erta dan rekan-rekan atas bantuan barang-barang layak pakai dan terimakasih kami pada Suster Ursulin, Juanda atas bantuan bungkus kopi untuk mendukung kegiatan ketrampilan para Ibu dan remaja dalam kreasi daur ulang bungkus kopi.

Pengeluaran beasiswa pada bulan ini mencakup pembayaran biaya sekolah untuk semua anak penerima beasiswa dari tingkat SD hingga SMK. Biaya lainnya kami keluarkan untuk fotokopi dan pemenuhan perlengkapan belajar, transport dan biaya kegiatan murid per bulan, biaya ujian  nasional bagi murid SD dan murid SMK, juga biaya rutin transport sekolah.

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada teman-teman yang dengan setia membantu dalam penyelenggaraan program beasiswa ini. Kiranya bantuan ini dapat sungguh menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Menu sehat yang kami siapkan baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi sepanjang Februari ini adalah telur rebus yang kami sajikan bersama garam dan kecap, seblak (jajanan khas Jawa Barat) yang dibuat oleh para remaja Sarang Tupai.





Sebelum mulai memasak seblak, kami ajak para remaja Sarang Tupai untuk belajar membuat resep, mulai dari bahan-bahan yang dibutuhkan, peralatan yang dibutuhkan, cara membuat, hingga menghidangkan. Anak-anak berbagi tugas dalam menyelesaikan menu ini. Demikian pula dengan roti isi selai sarikaya, yang dikerjakan oleh lima remaja Sarang Tupai yang mengikuti kegiatan belajar pada hari itu.

Ada pula menu sehat berupa singkong ubi rebus yang dihidangkan bersama parutan kelapa dan taburan gula, ketoprak lontong yang dimasak para Ibu Sarang Tupai, Ciawi untuk menyambut kedatangan Dr. Frans, pisang, roti yang diisi selai sarikaya yang dibuat oleh para remaja Sarang Tupai, Ciawi, es pepaya buah naga dengan perasan jeruk nipis dicampur gula serta bubur kacang hijau yang dihidangkan panas untuk menghangatkan tubuh anak-anak Sarang Tupai, Ciawi, selesai belajar yang selalu ditemani hujan deras, petir, dan kabut.

Kami mengucapkan terimakasih pada para fasilitator dan warga Cakung dan Sarang Tupai yang telah membantu menyiapkan menu sehat sepanjang Februari 2017.

Rencana kegiatan di bulan Maret 2017 ini adalah :

1.                Kegiatan Belajar
a.   Pelatihan ketrampilan, kreasi dompet dari bungkus kopi, ketrampilan memasak dan membuat kue bagi para Ibu warga Cakung.

2.                Perpustakaan
a.   Registrasi buku-buku perpustakaan dan mempersiapkan buku perpustakaan untuk kegiatan wajib baca buku.
b.   Pemenuhan kebutuhan bahan-bahan dan alat tulis untuk registrasi buku-buku perpustakaan.


3.                Beasiswa
a.   Pemenuhan kebutuhan belajar bagi anak-anak penerima beasiswa.

Akhirnya, kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan  ini.
Kami berterimakasih pada para donator yang sungguh-sungguh mau peduli pada orang lain yang membutuhkan di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang telah kami lakukan
Kami masih membutuhkan  bantuan dan dukungan Bapak Ibu untuk operasional kegiatan tahun 2017 ini.  
Kiranya Tuhan memberikan berkat limpah dan kesehatan prima pada Bapak Ibu untuk menjadi saluran berkat bagi sesama.
Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami ucapkan pada para donatur.
Terimakasih banyak atas kesetiaan, kepercayaan, dan semua kebaikan teman-teman.
Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik. Kita diutus untuk membawa damai sejahtera di dunia ini.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dan hasil karya anak dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.

Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby 


P.S.
To place your donation through the bank.
Account holder : Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
Bank                  : BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Account no.       : 342-2792161
Swift code         : cenaidja

Feel free also to contact me at +628129685594 for any supporting documents and materials.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar