Cari Blog Ini

19 Juli, 2017

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Maret 2017



Salam jumpa teman-teman,
 
Syukur dan terimakasih atas bantuan dan doa teman-teman sehingga kegiatan belajar anak-anak dalam Komunitas Anak Belajar baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi, dapat berjalan dengan baik sepanjang Maret 2017




Anak-anak Sarang Tupai mendapat kunjungan dari seorang teman, Bu Tjandra pada Senin, 13 Maret 2017. Ia datang membawa buku, alat tulis dan kue buatannya serta susu dan biskuit untuk anak-anak. Kami senang menerima kunjungan Bu Tjandra yang berniat untuk membantu anak-anak Sarang Tupai belajar setiap hari Senin. Terimakasih banyak kami ucapkan pada Bu Tjandra.

Pada Sabtu, 25 Maret 2017, kami mendapat kunjungan dari Bu Martini dan teman-teman juga anak-anak mereka; Jonathan dan Samuel.  Mereka menyiapkan menu sehat khusus untuk anak-anak sebagai salah satu materi pelajaran di sekolah Jonathan dan Samuel tentang menu sehat dan bergizi. Selesai makan, anak-anak dibagikan sabun, pasta gigi, dan sikat gigi, untuk mengajarkan anak-anak kebersihan dan kesehatan mulut dengan menyikat gigi setiap kali setelah makan pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.


Anak-anak Cakung menikmati makan sehat bersama Jonathan dan Samuel. Kami mengucapkan banyak terimakasih pada Bu Martini dan rekan-rekan yang sudah berkenan memberi perhatian dan memberikan bantuan pada kami.

Pada Senin, 27 Maret 2017, Kak Mona dan Kak Lisa ditemani suami mereka masing-masing; Kak Heri dan Kak Jeff, datang mengunjungi anak-anak Sarang Tupai, Ciawi. Mereka hadir untuk berbagi kebahagiaan dengan merayakan ulang tahun Kak Jeff dan merayakan ulang tahun I pernikahan mereka.



Kak Mona dan Kak Lisa adalah fasilitator Cakung pada awal berdirinya kegiatan belajar di Cakung sawah.

Anak-anak Sarang Tupai, Ciawi berkumpul di vila yang dijaga oleh keluarga Cholil. Para Ibu memasak nasi kuning tumpeng dengan lauk pauk dari dana yang disediakan oleh Kak Lisa dan Kak Jeff.

Anak-anak bergembira menerima kedatangan Kakak-kakak semua. Mereka belajar kembali memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris pada Kak Jeff. Walaupun masih malu dan ragu, beberapa anak belajar berani berbicara memperkenalkan dirinya.

Kak Mona – Kak Heri, Kak Lisa – Kak Jeff mengadakan kuis bagi anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan dan berani berbicara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris. Itouw, Nana, Maria, dan Aulia beruntung mendapatkan hadiah.

Anak-anak menikmati makan istimewa bersama, termasuk juga para Ibu yang hadir membantu. Selesai makan, anak-anak mengucapkan terimakasih, berbaris rapi menyalami Kakak-kakak semuanya. Setiap anak mendapatkan bingkisan perlengkapan makan serta susu dan biskuit juga tas kecil.

Anak-anak diantar pulang naik mobil. Para orang tua senang dan tidak merasa khawatir anak-anak keluar jauh dari kampungnya apalagi dengan beredarnya isu penculikan anak.

Sejak beberapa bulan lalu, kami biasa mengantar jemput anak berjalan kaki sementara beberapa anak yang menginjak remaja sudah berani datang sendiri mengajak beberapa adiknya datang.

Kami berterimakasih atas kehadiran Kak Mona – Kak Lisa dan Kak Heri – Kak Jeff. Kami berterimakasih atas perhatian dan dukungannya selama ini. 

Pada bulan Maret 2017 ada 3 anak peserta belajar di Cakung yang rajin mengikuti kegiatan belajar dan menabung selama sebulan ini. Kami berikan mereka bingkisan hadiah. Kami berharap anak-anak semakin bersemangat untuk mengikuti kegiatan belajar dan rajin menabung. 

Terimakasih banyak kami ucapkan pada para fasilitator dan volunteer serta warga yang berkenan memberikan waktu, tenaga, material, dan tempat untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami pada Jaka, Intan, Yana, Mama Dino, dan Indri di Cakung serta Bu Vera, Bu Lanny, Bu Ruth, Pagi, dan Cantik di Sarang Tupai, Megamendung, Ciawi.

Sejak tahun lalu, kami mulai menjajaki tempat kegiatan belajar baru untuk menyebarkan semangat belajar dan solidaritas bagi sesama yang membutuhkan. Pada Kamis, 23 Maret 2017, kami melakukan survei lokasi baru di Tangerang.

Bersama beberapa fasilitator Cakung, kami mengunjungi rumah salah satu warga Cakung yang sejak beberapa tahun lalu pindah ke daerah pinggiran kota Tangerang. Lokasi baru yang kami kunjungi sebagian besar adalah petani sayuran dan penjual sayuran di pasar. Beberapa anak kecil nampak di antara orang tua mereka, juga anak-anak usia sekolah yang sedang asyik bergembira mandi di kali kecil dekat sawah.

Kami masih harus menilai dan berdiskusi bersama para fasilitator Cakung untuk rencana pembukaan tempat belajar baru di lokasi baru di Tangerang ini.

Kami mohon doa dan dukungan teman-teman untuk terlaksananya kegiatan ini.

Pengeluaran beasiswa pada bulan ini mencakup pembayaran biaya sekolah untuk semua anak penerima beasiswa dari tingkat SD hingga SMK. Biaya lainnya kami keluarkan untuk transport dan biaya kegiatan murid per bulan, juga biaya rutin transport sekolah.

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada teman-teman yang dengan setia membantu dalam penyelenggaraan program beasiswa ini. Kiranya bantuan ini dapat sungguh menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Menu sehat yang kami siapkan baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi sepanjang bulan Maret 2017 adalah kacang tanah rebus, salak, semangka, singkong rebus dengan kelapa parut dan parutan gula merah juga sambal goreng oncom. Di Cakung, anak-anak menikmati kornet goreng. Biskuit dan susu serta kue dibawa oleh Bu Tjandra untuk menu sehat anak-anak Sarang Tupai, Ciawi. Nasi dengan lauk pauk perkedel daging dengan sausnya, dadar, cah brokoli dengan semangka dibawa oleh Jonathan dan Samuel yang ditemani Bu Martini dan rekan. Menu istimewa bagi anak-anak Sarang Tupai berupa nasi kuning tumpeng dengan lauk pauk ayam goreng, bihun tumis buncis wortel, sambal goreng tempe, urap, kerupuk, dan sambal kacang disediakan oleh Kak Lisa – Kak Jeff, Kak Mona – Kak Heri dalam rangka ulang tahun Kak Jeff. 



Kami amat berterimakasih pada teman-teman yang sudah berkenan menyediakan menu sehat bagi anak-anak Cakung dan Sarang Tupai. Terimakasih kami pada Bu Tjandra, Bu Martini dan rekan, Jonathan dan Samuel, juga Kak Mona – Kak Lisa, dan Kak Heri, Kak Jeff.

Kami mengucapkan terimakasih pada para fasilitator dan warga Cakung dan Sarang Tupai yang telah membantu menyiapkan menu sehat sepanjang Maret 2017.

Rencana kegiatan di bulan April 2017 ini adalah :

1.                Kegiatan Belajar
a.   Libur kegiatan belajar pada minggu II April sehubungan dengan hari raya Paskah, hari libur Nasional.
b.   Evaluasi belajar anak-anak Cakung pada minggu IV April.

2.                Perpustakaan
a.   Registrasi buku-buku perpustakaan dan mempersiapkan buku perpustakaan untuk kegiatan wajib baca buku.

3.                Beasiswa
a.   Pemenuhan kebutuhan belajar bagi anak-anak penerima beasiswa.

Akhirnya, kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan  ini. 

Kami berterimakasih pada para donator yang sungguh-sungguh mau peduli pada orang lain yang membutuhkan di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang telah kami lakukan.

Saat ini, untuk memenuhi anggaran kegiatan Komunitas Anak Belajar 2017, kami masih membutuhkan  bantuan dan dukungan Bapak Ibu untuk operasional kegiatan ini.  

Kiranya Tuhan memberikan berkat limpah dan kesehatan prima pada Bapak Ibu untuk menjadi saluran berkat bagi sesama.

Terimakasih banyak atas bantuan material yang diberikan oleh Sr. Irena Handayani OSU atas bantuan beras. Terimakasih kami pada Bu Tjandra atas bantuan menu sehat untuk anak-anak Sarang Tupai, buku dan alat tulis, alat peraga belajar menulis dan berhitung, plastik container besar untuk tempat menyimpan meja lipat dan perlengkapan belajar anak-anak Sarang Tupai. Terimakasih kami pada Bu Martini dan rekan-rekan serta Jonathan dan Samuel atas bantuan menu sehat dan perlengkapan mandi dan sikat gigi bagi anak-anak Cakung. Terimakasih kami pada Kak Lisa – Kak Jeff, Kak Mona – Kak Heri atas bantuan menu istimewa ulang tahun Kak Jeff dan bingkisan ulang tahun bagi anak-anak Cakung. 

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami ucapkan pada para donatur.

Terimakasih banyak atas kesetiaan, kepercayaan, dan semua kebaikan teman-teman. 

Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik. Kita diutus untuk membawa damai sejahtera di dunia ini.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dan hasil karya anak dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.


Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby 


P.S.
To place your donation through the bank.
Account holder : Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
Bank                  : BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Account no.       : 342-2792161
Swift code         : cenaidja

Feel free also to contact me at +628129685594 for any supporting documents and materials.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar