Cari Blog Ini

18 Juni, 2018

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Januari 2018


Salam jumpa teman-teman,

Syukur dan terimakasih atas bantuan dan doa teman-teman sehingga kegiatan belajar anak-anak dalam Komunitas Anak Belajar baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi, masih bisa berjalan dengan baik sepanjang Januari 2018.
Berkurangnya jumlah anak sejak pertengahan tahun lalu mulai berangsur membaik.
Jumlah anak-anak baru terutama dari kategori 0 dan 1 bertambah. Rentang usia peserta kegiatan belajar anak-anak basis Cakung tahun ini juga semakin muda, dari usia 2 tahun hingga 12 tahun.
Hasil evaluasi bersama para fasilitator baik fasilitator Cakung maupun Sarang Tupai, Ciawi, terutama adalah berkunjung ke rumah warga yang anak-anaknya mulai jarang datang hadir dan menjemput kembali anak-anak untuk belajar.
Kebanyakan alasan anak-anak tidak hadir belajar lebih karena teman mereka yang tidak datang belajar. Ikatan pertemanan yang kuat diantara anak-anak seringkali mengalahkan semangat mereka untuk datang dan mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu.
Hal ini menjadi pekerjaan utama kami untuk semakin memupuk semangat dan motivasi anak dalam belajar.
Kegiatan belajar anak-anak Sarang Tupai ditemani oleh Bu Lanny, Bu Vera, Rachel, Bu Ruth, Bu Tjandra, dan Kak Debby, sedangkan kegiatan belajar anak-anak Cakung ditemani oleh Bu Mar’ah, dan Kak Debby.

Memasuki tahun 2018 ini, jadwal kegiatan belajar anak-anak Sarang Tupai, Ciawi berubah menjadi hari Rabu. Hari lain untuk kegiatan ketrampilan baru akan dilaksanakan pada bulan depan.

Terimakasih kami pada para fasilitator dan volunteer serta warga yang berkenan memberikan waktu, tenaga, material, dan tempat untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar.

Di tengah tumbuhnya semangat baru di tahun baru ini, datanglah kabar, rumah belajar basis Cakung yang kami kontrak menjadi sekretariat dan pusat kegiatan akan dijual.

Pengalaman kami selama bertahun-tahun bekerjasama dengan warga dan mendapat kepercayaan dengan disediakannya tempat kegiatan belajar menjadikan kami kuat dan bisa menghadapi situasi kala harus pindah.

Kesulitan utama kami adalah banyaknya barang dan fasilitas belajar dari donatur yang menjadi tanggung jawab utama kami untuk menjaga dan merawat dengan baik demi kemajuan pendidikan anak-anak.

Untuk itulah kami berharap dan berdoa agar bisa mendapat tempat permanen, terutama untuk sekretariat dan pusat kegiatan.
  
Pada pertengahan bulan Januari ini, beberapa fasilitator mengunjungi orang tua seorang fasilitator Cakung yang dirawat di rumah sakit. Karena hanya ia sendiri yang tinggal bersama orang tuanya, maka sepanjang Januari ini ia tidak bisa membantu kami mendampingi anak-anak Cakung belajar.

Pada pertengahan bulan ini juga, kami kedatangan tamu dari Yogyakarta, para murid dan guru SMA Kolese De Britto yang mengadakan live-in di Cakung.

Para murid ditempatkan di rumah warga Cakung yang sehari-hari bekerja sebagai petani, pemulung, penjual sayur keliling, penjaga warung kopi, dan ada pula yang membantu pekerjaan mengecat bangunan.

Selama 4 hari, sejak 15 – 19 Januari 2018, para murid mengikuti kegiatan live-in ini. Tugas murid-murid dan guru menjadi lebih berat karena memasuki puncak musim hujan ini, hampir setiap hari turun hujan.

Terimakasih kami ucapkan pada para murid dan guru SMA Kolese De Britto yang berkenan tinggal selama beberapa hari dan turut merasakan kerja keras keseharian warga Cakung.

Kiranya melalui kegiatan ini semakin meningkatkan kesadaran dan kepedulian sosial para murid dan guru SMA Kolese De Britto untuk rela berbagi pada warga yang membutuhkan.

Libur Natal dan Tahun Baru ini hanya beberapa hari bisa dinikmati oleh para murid penerima beasiswa, terutama mereka yang bersekolah di sekolah negeri. Tanggal 3 Januari, mereka sudah mulai masuk sekolah.

Kebutuhan sekolah murid-murid bulan ini berupa fotokopi bahan pelajaran, rental internet dan print, juga biaya kegiatan sekolah tiap bulan dan biaya rutin transport sekolah mereka.

Beberapa murid melunasi pembayaran uang sekolah untuk dua bulan juga biaya awal semester.

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada donatur yang dengan setia membantu dalam penyelenggaraan program beasiswa ini. Kiranya bantuan ini dapat sungguh menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Menu sehat yang kami siapkan sepanjang bulan Januari 2018 ini baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi adalah nangka, salak, biskuit, sop buah, jagung singkong susu keju, martabak mie seafood, bubur ayam, dan nasi ayam bumbu kuning.

Kami mengucapkan banyak terimakasih pada Bu Tjandra yang menyediakan menu sehat untuk anak-anak Sarang Tupai, Ciawi, juga pada para fasilitator dan warga Cakung dan Sarang Tupai yang telah membantu menyiapkan menu sehat sepanjang Januari 2018.

Kegiatan koperasi usaha sembako ‘Kartini’ berjalan dengan baik, terutama setiap hari kegiatan belajar anak-anak Cakung. Pembelanjaan dilakukan warga selesai kegiatan belajar anak-anak.

Seperti biasa, masing-masing anggota melaksanakan tugasnya, seperti mengumpulkan uang pelunasan pembayaran sembako akhir bulan lalu bagi para anggota yang masih menunggak, juga tugas keuangan dan pencatatan belanja warga serta pencatatan stok barang.

Persediaan beras yang kami siapkan sejak awal Desember sudah habis, demikian juga dengan beras sumbangan. Harga beras yang masih melonjak membuat kami anggota koperasi sepakat untuk menunggu hingga bulan depan kami akan membeli kembali.

Pembagian keuntungan koperasi dilaksanakan pada akhir Januari 2018 saat pembelanjaan dan pelunasan pembayaran sembako dilaksanakan.

Pembagian keuntungan diberikan pada 13 anggota koperasi yang sejak awal bergabung dalam koperasi ini.

Terimakasih kami ucapkan pada Bu Martini dan para Ibu PABT yang setia mendukung dan membantu berjalannya kegiatan ini.

Kami mohon doa restu teman-teman agar kegiatan ini dapat terus berlanjut dengan baik.


Rencana kegiatan di bulan Februari 2018 ini adalah :

1.                Kegiatan Belajar
a.   Kegiatan belajar anak-anak dan ketrampilan bagi remaja dan para Ibu.

2.                Beasiswa
a.   Pemenuhan kebutuhan belajar bagi anak-anak penerima beasiswa.

3.                Koperasi Sembako
Pembelian bahan-bahan sembako yang sudah habis.

4.                 Bakti Sosial Pope John Paul II Youth Foundation bekerjasama dengan Komunitas Anak Belajar di Rusunawa Cakung Barat pada Sabtu , 3 Februari 2018.

Kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan  ini.

Kami berterimakasih pada para donator yang sungguh-sungguh mau peduli pada orang lain yang membutuhkan di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang telah kami lakukan.

Terimakasih kami atas bantuan material yang diberikan oleh para donatur seperti bantuan rutin bungkus kopi untuk kegiatan ketrampilan Komunitas Anak Belajar, biskuit, bantuan menu sehat untuk anak-anak Sarang Tupai, Ciawi, dan susu sembako pakaian dan dana transport bawa sumbangan.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami ucapkan pada para donatur.

Terimakasih banyak atas kesetiaan, kepercayaan, dan semua kebaikan teman-teman.

Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Kita diutus untuk membawa damai sejahtera di dunia ini.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.



Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby 


P.S.
To place your donation through the bank.
Account holder : Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
Bank                  : BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Account no.       : 342-2792161
Swift code         : cenaidja

Feel free also to contact me at +628129685594 or childrenlearningcommunity@gmail.com for any supporting documents and materials.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar