Cari Blog Ini

18 Juni, 2018

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Mei 2018


Salam jumpa teman-teman,


Selamat Memperingati Hari Raya Trisuci Waisak 2562
bagi teman-teman umat Budha yang merayakan.


Syukur dan terimakasih atas bantuan dan doa teman-teman sehingga kegiatan belajar anak-anak dalam Komunitas Anak Belajar baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi, masih bisa berjalan dengan baik sepanjang Mei 2018.
Kegiatan evaluasi belajar caturwulan II dilaksanakan pada minggu I Mei 2018, sebelum diadakan kegiatan wisata tahunan.
Kegiatan evaluasi belajar anak caturwulan II diikuti oleh anak-anak Cakung dari seluruh kategori.
Kegiatan evaluasi belajar anak Cakung didampingi oleh Kak Indri, Bu Mar’ah, dan Kak Debby.


Hadiah evaluasi diberikan seminggu setelah evaluasi.

Kegiatan belajar anak-anak Sarang Tupai ditemani oleh Bu Lanny, Bu Ruth, Bu Tjandra,  Novi, Tiwi, dan Kak Debby, sedangkan kegiatan belajar anak-anak Cakung ditemani oleh Bu Mar’ah, Yohana, Kak Amad, Kak Rifa, Kak Indri, dan Kak Debby.






Kegiatan ketrampilan dari kreasi bungkus kopi dan merajut dilakukan di Sarang Tupai, Ciawi. Anak-anak Ciawi belajar membuat bunga dari buah pinus dan sisa potongan gabus.




Terimakasih kami pada para fasilitator dan volunteer serta warga yang berkenan memberikan waktu, tenaga, material, dan tempat untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar.

Pada Sabtu, 12 Mei 2018 kami mengadakan kegiatan wisata ke Planetarium dan kebun binatang Ragunan.
Kegiatan diikuti oleh 90 peserta termasuk fasilitator, orang tua, dan anak-anak dari dua komunitas basis dampingan kami, yaitu Cakung dan Sarang Tupai, Ciawi.
Anak-anak Sarang Tupai, Ciawi wajib mengenakan baju kaos merah sebagai penanda rombongan dari Ciawi, sedangkan anak-anak Cakung mengenakan baju kaos putih.



Kami mendapatkan pinjaman bis dari salah seorang teman kami, yang biasa kami gunakan untuk kegiatan anak-anak, termasuk kegiatan wisata tahunan ini.
Bis siap berangkat dari Cakung dan Ciawi tepat pukul 6 pagi. Anak-anak sudah berkumpul sejak pukul 5 pagi.
Kedua bis tiba bersamaan waktunya di tempat tujuan wisata pertama kami, di Planetarium, Jakarta, sekitar pukul 7 pagi.
Kak Amad, Kak Bosco, dan teman baru kami, Kak Camilla, turut membantu menunggu di tempat duduk antrian untuk jadwal acara pukul 9 pagi. Sayangnya pengunjung yang duduk antri tiket sudah banyak dan tiket masuk yang tersedia tidak mencukupi. 
Jadwal wisata kami harus mundur untuk jadwal acara Planetarium berikutnya pada pukul 12 siang.
Waktu yang senggang digunakan para Ibu yang membawa beberapa anaknya untuk berbelanja biskuit Khong Guan yang letaknya tidak jauh dari Planetarium.
Saat acara tiba, anak-anak antusias menikmati keindahan langit dan mendapatkan pengetahuan baru tentang alam semesta.
Sebagian besar dari mereka baru pertama kali datang ke Planetarium.
Kegiatan wisata ke Planetarium pernah kami lakukan pada tahun 2008, saat komunitas basis dampingan kami masih di Cakung sawah.
Selesai acara, kami berfoto bersama di depan Planetarium.
Untuk mengejar waktu yang hilang, semua peserta makan siang di dalam bis menuju kebun binatang Ragunan.
Anak-anak berjalan-jalan melihat-lihat hewan yang ada didampingi oleh kakak-kakak fasilitator; Kak Rachel dan Kak Camilla.
Sore hari kami pulang dan tiba di Cakung dan Ciawi pada malam hari.
Kami amat sangat berterimakasih atas dukungan teman-teman donatur atas bantuan pinjaman bis.
Terimakasih banyak atas kebaikan Ibu.
Kami amat sangat berterimakasih atas bantuan konsumsi siang dan snack yang disiapkan oleh donatur dan bantuan dana untuk konsumsi siang yang diberikan oleh donatur.
Terimakasih banyak atas dukungannya.
Kami amat sangat berterimakasih atas bantuan Kak Camilla, Kak Amad, dan Kak Bosco yang berkenan menyediakan waktunya untuk mendampingi anak-anak dalam kegiatan wisata tahunan ini.
Semoga kerjasama yang telah dijalin dengan baik ini dapat terus berlanjut.
Menjelang akhir Mei 2018, tepatnya pada Jumat, 25 Mei 2018, kami kedatangan tamu, yang berkenan datang ke rumah belajar Cakung, membawa bantuan dana, buku dan alat tulis serta berkenalan dengan anak-anak.



Anak-anak memperkenalkan diri dan senang menerima nasihat donatur, yang menyemangati anak-anak untuk menggapai cita-cita mereka.

Terimakasih banyak atas kehadiran dan perhatian para donatur. Semoga kerjasama yang telah dijalin ini dapat terus berlanjut.

Pada program beasiswa bulan Mei ini, cukup banyak kebutuhan sekolah para penerima beasiswa yang kami penuhi. Beberapa penerima beasiswa baru sudah mulai tes masuk sekolah pada awal Mei 2018 dan melakukan pembayaran biaya registrasi pada akhir Mei 2018.

Beberapa kebutuhan sekolah kami lengkapi, seperti fotokopi bahan pelajaran, perlengkapan belajar, baju seragam sekolah dan atributnya, biaya SPP untuk beberapa bulan pada beberapa penerima beasiswa, biaya kegiatan sekolah tiap bulan dan biaya rutin transport sekolah.

Kami juga memenuhi kebutuhan sekolah seorang penerima beasiswa tingkat SMK untuk biaya pembuatan paspor. Para murid berprestasi di sekolahnya mendapat kesempatan untuk mengikuti Young Inventors Competition yang akan dilaksanakan pada bulan September 2018 di Malaysia.

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada donatur yang tetap setia membantu dalam penyelenggaraan program beasiswa ini. Kiranya bantuan ini dapat sungguh menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Menu sehat yang kami siapkan sepanjang bulan Mei 2018 ini baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi adalah biskuit, bihun goreng, siomay, kolak, es buah, perkedel jagung, pisang dan ubi goreng, serta salak.





Kami mengucapkan banyak terimakasih pada Bu Tjandra yang turut membantu menyediakan biskuit, salak, dan kolak sebagai menu sehat untuk anak-anak Sarang Tupai, Ciawi.
Kami juga mengucapkan banyak terimakasih pada para fasilitator serta warga Cakung dan Sarang Tupai yang telah membantu menyiapkan menu sehat sepanjang Mei 2018.

Kegiatan koperasi usaha sembako ‘Kartini’ berjalan dengan baik, terutama setiap hari kegiatan belajar anak-anak Cakung. Pembelanjaan dilakukan warga selesai kegiatan belajar anak-anak pada awal Mei 2018.

Terimakasih kami ucapkan pada teman-teman yang setia mendukung dan membantu berjalannya kegiatan ini.

Semoga kegiatan koperasi ini dapat terus berlanjut dengan baik.


Rencana kegiatan di bulan Juni 2018 ini adalah :

1.                Kegiatan Belajar
a.   Libur hari raya Lebaran pada mulai minggu III - IV Mei 2018.

2.                Beasiswa
a.   Pemenuhan kebutuhan belajar dan perlengkapan sekolah anak-anak penerima beasiswa tingkat SD, SMP dan SMK.

3.                Koperasi Sembako
Pembelian bahan-bahan sembako yang sudah habis.

Kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan  ini.

Kami berterimakasih pada para donatur yang sungguh-sungguh mau peduli pada orang lain yang membutuhkan di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang telah kami lakukan.

Terimakasih kami atas bantuan alat tulis dan bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami ucapkan pada para donatur.

Terimakasih banyak atas kesetiaan, kepercayaan, dan semua kebaikan teman-teman.

Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Kita diutus untuk membawa damai sejahtera di dunia ini.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.



Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby 


P.S.
To place your donation through the bank.
Account holder : Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
Bank                  : BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Account no.       : 342-2792161
Swift code         : cenaidja

Feel free also to contact me at +628129685594 or childrenlearningcommunity@gmail.com for any supporting documents and materials.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar