Cari Blog Ini

20 Agustus, 2012

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Juli 2012






Salam jumpa teman-teman yang baik,

Sepanjang Juli ini, kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar dapat berjalan dengan baik.

Kegiatan latihan kepemimpinan dilakukan pada minggu II Juli 2012, tepatnya pada hari Sabtu, 14 Juli 2012. Kegiatan dapat berjalan dengan baik, dibimbing oleh Kak Alvieni dan Kak Yudhi. Kegiatan ini mengambil tema ‘Membangun Kerja Sama’.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan tahunan ini adalah untuk mengembangkan kemampuan dan kepercayaan diri anak, dalam hal berorganisasi dan memimpin, yang dalam arti sesungguhnya adalah melayani sesama.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat membangun kerjasama antar anggotanya. Untuk itu diperlukan kemampuan dan keahlian dalam membangun kerjasama melalui pelatihan kepemimpinan.

Kegiatan berlangsung di tenda belajar. Panitia mempersiapkan lebih dahulu perlengkapan yang dibutuhkan, sehingga saat kegiatan berlangsung, panitia masih bisa terlibat dalam kegiatan ini.

Sarapan pagi dan konsumsi siang dibantu oleh sponsor kami, Kak Arry Fitriana melalui sumbangan makanan dari KFC.

Kegiatan dimulai dengan perkenalan, kemudian diisi dengan permainan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi. Dalam komunikasi dibutuhkan kata-kata, bahasa tubuh, nada suara, dan ungkapan perasaan agar bisa kita terima dengan tepat tanpa kesalahan persepsi.

Kemudian dilanjutkan dengan permainan untuk menggali ide dan kreatifitas anak. Kegiatan dilakukan bersama-sama, baik perorangan maupun dalam kelompok untuk membangun kerjasama. Permainan menyelesaikan tugas kelompok dilakukan mulai dari mengerjakan tugas kelompok bersama, presentasi, dan ditutup dengan membuat yel-yel yang menunjukkan identitas dan kemampuan kelompok.

Permainan kerjasama untuk membangun sikap kritis dan kemampuan menyelesaikan tugas dalam target dilakukan melalui permainan kelompok memasukkan bola-bola kertas dalam keranjang.

Anak-anak antusias dan senang sekali mengikuti kegiatan Latihan Kepemimpinan ini, apalagi Kak Alvieni dan Kak Yudhi membimbing anak-anak dengan semangat.

Kegiatan ditutup dengan pembagian kenang-kenangan dan hasil kebun warga Cakung untuk Kak Alvieni dan Kak Yudhi, serta penampilan tari Rampak Gendang oleh beberapa anak Cakung.

Terimakasih banyak kami ucapkan pada Kak Alvieni dan Kak Yudhi yang berkenan menjadi narasumber dalam kegiatan Latihan Kepemimpinan Komunitas Anak Belajar. Terimakasih banyak kami ucapkan pada Kak Arry Fitriana dan KFC yang berkenan menyediakan konsumi pagi dan siang dalam kegiatan ini.

Kami berharap semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Pada akhir Juli, berita sedih akhirnya harus kami sampaikan pada anak-anak. Tenda belajar harus dibongkar untuk kepentingan pembangunan gudang multiguna Cakung.

Beberapa warga yang terkena gusuran, pindah ke wilayah terdekat yang belum dihuni dan dibeli pihak pengembang. Beberapa warga pindah ke wilayah sawah dekat rumah kegiatan, berdampingan dengan lahan perumahan Jakarta Garden City.

Sabtu IV, akhir Juli 2012 merupakan hari terakhir anak-anak belajar di tenda. Semangat belajar anak-anak masih berkobar dan mereka masih menginginkan kegiatan belajar terus berlanjut. Akhirnya kami putuskan untuk melanjutkan kegiatan belajar di rumah kegiatan Komunitas Anak Belajar dan rumah salah seorang warga.

Selesai kegiatan belajar pada hari Sabtu akhir Juli 2012, kami angkut seluruh meja belajar dan papan tulis ke rumah kegiatan. Para fasilitator, anak-anak pengurus program, dan beberapa ibu membantu memindahkan barang-barang ke rumah kegiatan. Kegiatan kami istirahatkan saat buka puasa, dan dimulai kembali setelahnya. Sekitar pukul 20.30, kegiatan selesai.

Rencananya bila tenda belajar hingga awal Agustus belum dibongkar, kami masih akan mempergunakannya namun bila tidak, kegiatan belajar akan dibagi dalam kelompok kategori di tempat terpisah. Anak-anak kategori 0 dan 1 belajar di rumah warga, sedangkan anak-anak kategori 2 dan 3 belajar di rumah kegiatan. Hal ini kami lakukan mengingat ketua RT setempat yang tidak mengakui keberadaan warga Cakung sawah tidak memberi ijin adanya kegiatan belajar di wilayah mereka.

Sementara rumah kegiatan yang letaknya berdampingan dengan rumah penduduk tidak mungkin dipergunakan sebagai tempat belajar untuk seluruh anak dari seluruh kategori, khawatir terlalu bising, maka kelompok kategori akhirnya harus belajar terpisah.


Kegiatan Belajar Alternatif

Pembuatan meja belajar tambahan sudah dilaksanakan sejak awal Juli 2012. Ada seorang warga rela membantu dalam membuat meja belajar. Ada 3 meja belajar tambahan yang dibuat, sehingga meja belajar lama yang sudah rapuh bisa digantikan dengan yang baru.

Kegiatan peningkatan usaha ekonomi remaja dan warga Cakung untuk bulan ini diisi dengan kegiatan membuat tasbih dan kartu lebaran yang dilakukan di tenda belajar Komunitas Anak Belajar.

Persiapan dan evaluasi materi belajar anak-anak biasanya kami lakukan dalam pertemuan akhir bulan, dimana para fasilitator dan pengurus program berkumpul untuk evaluasi tugas masing-masing dan membuat rencana untuk sebulan ke depan, dipandu dari kurikulum yang kami buat bersama pada awal tahun.

Evaluasi akhir Juli kami lakukan di tenda belajar. Ini adalah terakhir kalinya kami masih bisa menggunakan tenda belajar untuk tempat kegiatan. Dalam foto terlihat, penimbunan tanah merah di atas kebun warga sudah mencapai beberapa meter lagi mendekati tenda belajar.

Kami sedih namun inilah kenyataan hidup. Ketidakadilan yang dialami warga Cakung sawah, jangan sampai memudarkan semangat mereka. Hidup terus berjalan, kita harus terus maju. Anak-anak harus menjadi manusia didik secara intelektual dan spiritual agar dapat memahami dan menghayati hidup yang selaras dengan alam dan seluruh ciptaan Sang Maha Kuasa.


a. Komunitas Anak Cakung

Pada caturwulan II ini, anak-anak kategori 0 sudah mulai belajar mengeja, yang biasanya didahului dengan membaca abjad dan angka 0 – 10. Kegiatan mengeja dilakukan dengan membagikan kartu bertuliskan kata sederhana dengan gambarnya. Masing-masing anak menunjukkan kartunya dan membaca setiap huruf di hadapan teman-temannya, kemudian bersama-sama mengeja. Kegiatan berhitung sudah sampai pada penjumlahan dan pengurangan dari benda-benda yang ada di sekitar mereka.

Selesai kegiatan belajar, anak-anak belajar menyanyikan lagu-lagu nasional, seperti Indonesia Raya dan Satu Nusa Satu Bangsa.

Pada anak-anak kategori 1, anak-anak sudah mulai membaca buku cerita sederhana dengan tulisan yang besar. Setelah membaca, biasanya anak bercerita hasil bacaannya. Kegiatan berhitung dilakukan dengan bermain ular tangga. Melalui permainan ular tangga, anak-anak belajar penjumlahan dan pengurangan. Selesai giliran anak bermain, ia wajib menulis angka yang tertera dan hasilnya, baik penjumlahan dan pengurangan. Permainan ini didampingi oleh fasilitator anak kategori 1.

Pada anak-anak kategori 2, selain kegiatan wajib baca buku dan bercerita serta dikte hasil bacaan, anak-anak belajar berhitung metode jarimatika. Sejak awal bulan, anak-anak belajar memahami perkalian dasar, kemudian mulai belajar teknis perkalian menggunakan metode jarimatika. Kini, anak-anak sudah masuk dalam penerapan perkalian hingga 25 dalam soal cerita, yang menggabungkan unsur penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.

Pada anak-anak kategori 3, selain kegiatan wajib baca buku dan bercerita serta meringkas bacaan mereka, anak-anak belajar memahami tulisan deskriptif dan memahami struktur kalimat SPOK.

Beberapa anak kategori 3 menulis deskripsi tentang rumah mereka. Tulisan anak-anak Cakung dapat dibaca di dalam blog kami : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.

Kegiatan ketrampilan untuk seluruh kategori dilakukan dengan belajar menyampul buku bersama-sama. Pada Sabtu I Juli, anak-anak belajar menyampul buku menggunakan sampul kertas coklat dan sampul plastic. Setiap anak diwajibkan untuk membawa buku tulis kosong, sedangkan kami menyediakan sampul kertas coklat dan sampul plastik.

Anak-anak belajar menyampul buku dibantu oleh kakak-kakak fasilitator dan teman-temannya.

Kegiatan pendidikan nilai (Living Values Activities) pada bulan ini bertema kejujuran. Kegiatan dilakukan dengan sharing tema, bernyanyi, bermain bersama (seperti bermain peran & bertukar peran, bercerita), dan ditutup dengan meditasi.

Dalam kegiatan mengenai kejujuran, anak-anak sharing tentang makna kejujuran sebagai nilai yang baik dan patut menjadi pedoman hidup. Mengapa harus hidup jujur, untuk apa hidup jujur, dan apa akibatnya bila tidak hidup jujur.


b. Komunitas Muara Baru

Kegiatan belajar dilakukan setiap hari Minggu. Kegiatan selain diisi dengan kegiatan belajar juga kegiatan membaca buku perpustakaan.

Pada minggu II Juli, kegiatan belajar diliburkan karena anak-anak Muara Baru ingin menikmati libur sekolah.

Kegiatan belajar kini dilakukan di RT 14. Walau jumlah anak tetap pada beberapa pertemuan, namun selalu ada wajah baru yang datang belajar. Mereka yang datang belajar berusia 6 hingga 11 tahun.

Selama bulan puasa, kegiatan belajar dilakukan di rumah salah seorang anak, karena ruang PAUD yang biasa digunakan untuk kegiatan mengaji dipakai untuk tarawih setiap malam.

Kegiatan belajar pada bulan ini dilakukan dengan belajar menyanyi dalam bahasa Inggris, belajar berhitung, dan membaca serta menceritakan kembali, dan ditutup dengan dikte menulis hasil bacaan.

Akhirnya kami ucapkan terimakasih banyak atas kerjasama para fasilitator, volunteer, anak-anak dan warga Cakung dan Muara Baru, terutama pada Yana, Riska, Lisna, Indri, dan anak-anak pengurus program, serta Bu Herda di Muara Baru dan para Ibu warga Cakung.


Perpustakaan

Kegiatan diadakan setiap hari Rabu. Biasanya kegiatan diisi dengan registrasi buku, penomeran, dan penyampulan buku.

Pada bulan ini, kegiatan perpustakaan dilakukan dengan penomeran dan penyampulan buku. Masih banyak buku yang belum disampul. Kegiatan penyampulan buku dilakukan berdasarkan jenis bukunya.

Pada bulan Juli ini, kami mendapat banyak sumbangan buku pelajaran sekolah. Buku-buku sumbangan, kami pilah-pilah menurut tingkatan kelas. Buku-buku yang kami terima, kami pinjamkan pada anak-anak Cakung yang butuh untuk belajar di sekolah.

Setiap buku yang dipinjamkan, dicatat oleh petugas perpustakaan dan diberi cap identitas untuk dikembalikan pada akhir tahun ajaran.

Terimakasih pada teman-teman yang sudah membantu menyumbangkan buku-buku pelajaran. Terimakasih pada para alumni St.Ursula; Bu Retno, Bu Meli, Bu Lydia Simatupang, dan Bu Sylvia Makaminang, terimakasih kami pada Bu Juli Dharmasoeka yang berkenan mengumpulkan barang-barang sumbangan teman-teman alumni St.Ursula di rumahnya. Terimakasih kami pada Pak Arif-Bu Maria dan teman-teman juga Jessica-Jason-Justin Maitimu atas sumbangan buku-bukunya.


Kegiatan Peningkatan Gizi Anak

Selama Juli 2012 ini, kegiatan peningkatan gizi anak berlangsung dengan baik.

Selain minum susu rutin, menu sehat bulan ini adalah telur rebus, jus mangga, dan urap. Sabtu II, kegiatan peningkatan gizi anak diliburkan mengingat tenda belajar digunakan untuk kegiatan Latihan Kepemimpinan untuk anak-anak kategori III.

Selama masa puasa, kegiatan peningkatan gizi anak tetap diberikan pada seluruh anak. Anak-anak kecil yang belum puasa boleh makan saat kegiatan berlangsung sementara anak-anak yang puasa membawa tempat makanan untuk menyimpan makanan mereka untuk dimakan saat buka puasa.

Akhirnya, kami berterimakasih banyak pada koordinator dan tim pengurus program serta Mama Soni, yang telah membantu mempersiapkan menu sehat selama bulan Juli. Terimakasih kami pada Kak Qori’ah yang berkenan membantu memberikan vitamin pada anak-anak Cakung.


Beasiswa

Anak-anak penerima beasiswa, terutama murid SD sudah mulai masuk sekolah sejak pertengahan Juli 2012. Kebutuhan akan pakaian seragam sekolah, buku tulis, alat tulis, dan buku-buku pelajaran meningkat. Beberapa buku pelajaran hasil sumbangan yang dicatat dalam kegiatan Perpustakaan, boleh dipinjamkan untuk anak-anak Cakung selama satu tahun ajaran.

Salah seorang anak penerima beasiswa yang akan melanjutkan pendidikannya di universitas sudah melakukan administrasi pembayaran biaya kuliah pada akhir Juli di bank dalam lokasi kampusnya.
Bagi setiap pelayar yang membayar penuh biaya kuliahnya mendapatkan potongan harga, maka kami hanya perlu membayar Rp.5.300.000,- dari total biaya seorang penerima beasiswa sebesar Rp.5.550.000,-.

Sudah tentu pada bulan ini, pengeluaran biaya meningkat untuk pembelian perlengkapan sekolah bagi murid SD dan perguruan tinggi.

Terimakasih banyak pada teman-teman yang berkenan membantu dalam mencukupi biaya sekolah anak-anak Cakung.


Rencana kegiatan di bulan Agustus - September 2012 ini adalah :

1. Kegiatan belajar dilakukan selama minggu I dan II Agustus dan diliburkan pada minggu III dan IV Agustus 2012 berkenaan dengan lebaran. Kegiatan belajar dimulai kembali pada Sabtu, 1 September 2012.

2. Evaluasi belajar anak-anak Cakung pada caturwulan II akan dilaksanakan pada Sabtu, 1 September 2012 di rumah kegiatan Komunitas Anak Belajar.

3. Pembelian susu bubuk untuk program rutin peningkatan gizi anak.

4. Penjajakan tempat belajar baru di wilayah Cakung sawah, belakang pabrik pengepresan sampah.


Akhirnya, kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program pendidikan alternatif Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan ini.

Terimakasih banyak pada Pak Arif-Bu Maria, Bu Retno, Bu Meli, Bu Lydia Simatupang, Bu Sylvia Makaminang, dan Sr.Annunciata, OSU atas bantuan material yang telah diberikan.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami untuk Kak Elissa, Kak Jenny, Bu Vina – Pak Arend – Michelle Maramis, Bu Margaretha, Kak Arry Fitriana, dan Pak Arif-Bu Maria.

Terimakasih banyak. Kiranya Tuhan berkenan memberi berkat limpah bagi teman-teman dan semoga kerjasama kita yang telah terjalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Tuhan memberkati kita semua.


Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby


P.S.
You could give donation via bank:
Acc.holder Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Acc.no.342-2792161
Swift code : cenaidja
or contact me for material support on +628129685594

Tidak ada komentar:

Posting Komentar