Cari Blog Ini

18 Maret, 2020

Semangat Pemuda, Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Oktober 2019


Salam jumpa teman-teman,


Mohon maaf teman-teman, laporan kami begitu terlambat, mengingat kegiatan yang bertubi-tubi datang.

Kami sangat gembira karena anak-anak sungguh antusias menjalaninya.

Syukur dan terimakasih kami atas dukungan, bantuan dan doa teman-teman sehingga kegiatan belajar anak-anak dalam Komunitas Anak Belajar baik di Cakung, Sarang Tupai, Ciawi, dan Muara Tawar bisa berjalan dengan baik sepanjang Oktober 2019 ini.

Ada beragam kegiatan, selain kegiatan belajar rutin di setiap komunitas dampingan.

Anak-anak senang menggambar. Setiap selesai belajar di komunitas Anak Cakung, anak-anak selalu minta untuk menggambar.

Syukur anak-anak kategori 3 dari Komunitas Anak Cakung mendapat kesempatan untuk mengikuti lomba membuat poster dengan tema Journey of Peace, yang diselenggarakan oleh Lions Club Internasional.

Anak-anak semakin rajin berlatih menggambar. Beberapa hari menjelang lomba, anak-anak kategori 3 berlatih di rumah belajar Cakung hingga malam hari.

Pada Sabtu, 19 Oktober 2019, Pak Patrick dan Bu Katrin berkesempatan untuk berkenalan dengan anak-anak di komunitas Muara Tawar dan Cakung.

Anak-anak belajar menggunakan bahasa Inggris dalam memperkenalkan diri.

Pak Patrick dan Bu Katrin memberikan kuis dan games untuk dijawab anak-anak dalam bahasa Inggris. Anak-anak gembira dan sangat antusias. Ini kali pertama bagi anak-anak Muara Tawar dikunjungi tamu asing. Kesempatan ini pula digunakan anak-anak untuk belajar bahasa Inggris. Terlampir rekaman kuis untuk anak-anak.

Selesai kegiatan, kami makan bersama dan berfoto. Tidak hanya anak-anak, para orang tua pun ikut berfoto bersama Pak Patrick dan Bu Katrin.

Terimakasih Pak Patrick dan Bu Katrin atas kunjungannya. Kami nantikan kunjungan berikutnya.

Sehari setelah kunjungan Pak Patrick dan Bu Katrin, pada hari Minggu, 20 Oktober 2019, anak-anak kategori 3 mengikuti lomba membuat poster yang diadakan di Lippo Mal Puri Indah.

Anak-anak ditemani beberapa fasilitator berangkat pagi hari. Kegiatan lomba berlangsung dari pagi hingga sore hari.

Tidak sia-sia anak-anak Cakung berlatih keras hingga malam hari. Kebanggaan terbesar kami saat menyaksikan Shera berhasil meraih juara 3 di tingkat distrik Lions Club Monas Heritage.

Anak-anak bergembira dan semakin rajin belajar.

Terimakasih pada Kak Arleta dan Bu Lucia selaku panitia lomba membuat poster atas kesempatan yang diberikan pada anak-anak.

Semoga kerjasama yang telah dijalin ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Pada Sabtu, 26 Oktober 2019, anak-anak dari semua komunitas dampingan, berkumpul bersama mengikuti kegiatan belajar luar ruang. Kegiatan tahunan ini dilaksanakan di museum Iptek, Taman Mini Indonesia Indah.

Pagi hari anak-anak dan para fasilitator berangkat dari Cakung dan menjemput anak-anak dan orang tua dari Muara Tawar.

Demikian pula dengan anak-anak Sarang Tupai, Ciawi yang berangkat menuju Taman Mini Indonesia Indah pada pagi hari.

Kami berkumpul sebelum pintu masuk Taman Mini dan langsung menuju museum IpTek.

Sebelum masuk, kami makan bersama di lapangan parkir museum. Setelah kenyang dan bereskan tempat dari sampah, kami berbaris masuk. Anak-anak kategori 2 dan 3 melihat berkeliling ditemani beberapa fasilitator, demikian juga dengan anak-anak kategori 0 dan 1.

Ruang museum sangat luas dan beberapa alat peraga ilmu pengetahuan bisa dicoba oleh anak-anak.

Sebelum melihat berkeliling, kami menonton film pengetahuan dan mengikuti percobaan ilmiah bagaimana balon sebagai penghantar listrik bisa bergerak maju di atas gelembung air sabun dicampur gula.

Anak-anak antusias mengikuti kegiatan luar ruang ini.

Sebelum keluar ruang museum, anak-anak menonton film pengetahuan tentang asal-usul dinosaurus dan mengikuti percobaan ilmiah tentang nitrogen cair.

Anak-anak kecil berkesempatan untuk menyaksikan ketel yang berbunyi didorong asap nitrogen bukan karena asap dari air yang mendidih. Mereka senang bisa mencicipi biskuit yang berasap nitrogen. 

Terimakasih kami pada Bu Herna atas bantuan pinjaman bis untuk kegiatan luar ruang anak-anak.

Terimakasih kami pada Bu Risa Anwar dan Bu Ari Wardani atas bantuan dana untuk konsumsi dan akomodasi kegiatan luar ruang ini.

Terimakasih kami pada warga Cakung, Ciawi, dan Muara Tawar atas kontribusinya terutama untuk kegiatan luar ruang anak-anak Komunitas Anak Belajar.

Terimakasih kami pada para fasilitator dan volunteer serta warga yang berkenan memberikan waktu, tenaga, material, dan tempat untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar.


Berkenaan dengan kegiatan belajar anak-anak di Muara Tawar, akhir-akhir ini ada situasi yang berbeda di wilayah perkampungan Muara Tawar. Kendaraan berat masuk dan menguruk sisi seberang kali. Beberapa rumah yang sudah lama berdiri di pinggiran tambak seberang kali akhirnya harus pindah di lahan dekat perkampungan warga yang masih tersedia.

Pembangunan jalan tepat berada di seberang kali yang berada tepat di sisi saung belajar.

Kami berharap semoga saung yang biasa kami gunakan untuk posyandu dan kegiatan belajar anak-anak tidak ikut tergusur. Kalaupun digusur, kami berharap bisa mendapatkan tempat kegiatan yang layak.


Pada bulan ini, kami sangat bersyukur bisa memenuhi kebutuhan sekolah anak-anak dalam penyelenggaraan program beasiswa.

Kebutuhan sekolah bulan ini berupa iuran sekolah per bulan dan ongkos ke sekolah bagi beberapa anak yang membutuhkan.

Terimakasih kami yang sebesar-besarnya pada donatur yang telah membantu kami mendukung niat anak-anak untuk bersekolah.

Kiranya bantuan ini dapat sungguh menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Menu sehat pada bulan ini adalah mangga, nenas, jasuke (jagung susu keju), bubur kacang hijau, makan siang untuk anak-anak dan tamu di Muara Tawar, telur rebus, nasi liwet sayur nangka, dan biskuit.


Kami mengucapkan banyak terimakasih pada para fasilitator dan warga dari ketiga komunitas yang telah membantu mempersiapkan menu sehat sepanjang bulan Oktober ini.

Kami mengajak teman-teman untuk tetap setia berpartisipasi dan mendukung kegiatan kami demi kesejahteraan anak-anak dan warga yang kami dampingi.

Perhatian dan dukungan teman-teman memberi kekuatan bagi kami untuk tetap setia menjalankan karya dan pelayanan ini.

Rencana kegiatan di bulan November 2019 ini adalah :

1.                Kegiatan Belajar
a.   Kegiatan belajar rutin di Cakung, Ciawi, dan Muara Tawar.
b.   Kegiatan ketrampilan bagi remaja dan para Ibu di Cakung dan Ciawi.
c.   Evaluasi belajar anak-anak pada akhir November 2019.

2.                Beasiswa
a.   Pemenuhan kebutuhan biaya sekolah dan perlengkapan sekolah anak-anak penerima beasiswa tingkat SD, SMP, dan SMA.

3.                Koperasi Sembako
Pembelian bahan-bahan sembako yang sudah habis baik pada koperasi di komunitas Cakung dan di komunitas Ciawi.

4.                Perpanjangan kontrak rumah belajar Cakung pada awal November 2019


Kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan  ini.

Adalah tanggung jawab kita bersama untuk ambil bagian dalam karya sosial ini demi mencerdaskan anak-anak bangsa dan demi kesejahteraan masyarakat yang kami dampingi khususnya serta demi tegaknya keadilan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Donasi rutin teman-teman sangat kami harapkan. Sekecil apapun sangat berguna demi kelangsungan kegiatan belajar anak-anak dan kemajuan generasi penerus bangsa.

Terimakasih kami pada para donatur atas bantuan dana rutin yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar.

Terimakasih banyak atas sumbangan buku-buku dari NN.

Terimakasih banyak atas bantuan dana rutin yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. 


Terimakasih kami ucapkan pada para donatur. Terimakasih banyak atas kesetiaan, kepercayaan, dan semua kebaikannya.

Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Kita diutus untuk membawa damai sejahtera di dunia ini.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.



Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby 


P.S.
To place your donation through the bank.
Account holder : Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
Bank                  : BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Account no.       : 342-2792161
Swift code         : cenaidja

Feel free also to contact me at +628129685594, WhatsAp +6288210537251 or childrenlearningcommunity@gmail.com for any supporting documents and materials.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar