Cari Blog Ini

08 Februari, 2018

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Juni 2017



Salam jumpa teman-teman,


Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H
Mohon Maaf Lahir Batin


Syukur dan terimakasih atas bantuan dan doa teman-teman sehingga kegiatan belajar anak-anak dalam Komunitas Anak Belajar baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi, dapat berjalan dengan baik sepanjang Juni 2017.
Kegiatan belajar anak-anak Sarang Tupai ditemani oleh Bu Tjandra, Bu Lanny, Bu Vera, Rachel, dan Novi, sedangkan kegiatan belajar anak-anak Cakung ditemani oleh Kak Jessica, Kak Ari, Kak Intan, Bu Mar’ah, Kak Diki, dan Kak Debby.

Memasuki bulan puasa, peserta belajar di Cakung berkurang, sebaliknya di Sarang Tupai, jumlah anak peserta belajar meningkat. Jumlah anak peserta belajar di Cakung menurun karena pada awal Juni memasuki ulangan kenaikan kelas bagi siswa SD dan SMP, selain itu, anak-anak Cakung memilih untuk menjalankan ibadah puasa sambil beristirahat di rumah.









Beberapa fasilitator remaja Cakung yang menjalankan ibadah puasa, memilih untuk beristirahat di rumah. Untuk mengisi kekosongan tenaga pendamping belajar anak, Kak Jessica yang mengisi waktu libur sekolah dengan membantu dalam kegiatan perpustakaan juga membantu dalam kegiatan belajar anak.

Jumlah anak peserta belajar  di Sarang Tupai meningkat karena keinginan anak-anak untuk belajar, menjelang ulangan kenaikan kelas dan setelah itu libur kenaikan kelas, anak-anak Sarang Tupai memilih untuk mengikuti kegiatan belajar dan bermain bersama.

Kegiatan belajar baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi, dimulai lebih siang, dan berakhir sore hari menjelang waktu berbuka puasa.

Pada pertengahan Juni 2017, beberapa fasilitator Cakung dan beberapa warga Cakung mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan sabun yang diselenggarakan untuk umum oleh Credit Union Bererod Gratia.

Pembuatan sabun yang bisa digunakan untuk mandi dan untuk cuci muka sebagai sabun wajah, diminati para peserta. Bahan-bahan yang dibutuhkan cukup mudah didapatkan hanya butuh waktu panjang untuk proses penyelesaiannya, yaitu dengan mengeringkan di bawah sinar matahari untuk menjadi sabun batangan yang siap digunakan.




Kegiatan diselenggarakan pada Sabtu pagi dan berakhir siang hari. Fasilitator masih bisa mendampingi anak-anak belajar pada siang hari dan bersama warga menyiapkan menu sehat.

Saat libur, remaja fasilitator Sarang Tupai penerima beasiswa; Rachel dan Novi, yang sudah libur kegiatan sekolah, bisa kembali membantu anak-anak belajar.

Terimakasih banyak kami ucapkan pada para fasilitator dan volunteer serta warga yang berkenan memberikan waktu, tenaga, material, dan tempat untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar.

Terimakasih banyak pada Kak Jessica yang berkenan mengisi masa liburannya dengan membantu kami mendukung terlaksananya program-program kegiatan Komunitas Anak Belajar.

Pada awal Juni 2017, siswa SD, SMP, dan SMK mengikuti ulangan umum kenaikan kelas dan pada pertengahan Juni 2017, siswa SD, SMP, dan SMK menerima raport kenaikan kelas. Seluruh anak penerima beasiswa baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, naik kelas.

Kegiatan perpustakaan yang kami lakukan sejak awal Mei 2017 hingga dua bulan ke depan adalah registrasi ulang buku-buku perpustakaan, melengkapi registrasi buku perpustakaan 2017 serta menata lemari.

Kegiatan perpustakaan sepanjang Juni 2017 tetap berjalan, apalagi waktunya tidak mengganggu libur Lebaran. Kegiatan perpustakaan dilaksanakan oleh Kak Ari dan Kak Jessica setiap minggu.

Kami sangat berterimakasih atas bantuan dan ketekunannya dalam mengurus buku-buku perpustakaan.

Pengeluaran beasiswa sepanjang Juni 2017 mencakup pembayaran biaya sekolah untuk semua anak penerima beasiswa dari tingkat SD hingga SMK. Biaya lainnya kami keluarkan untuk biaya rutin transport sekolah dan uang ujian seorang murid SMK.

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada teman-teman yang dengan setia membantu dalam penyelenggaraan program beasiswa ini. Kiranya bantuan ini dapat sungguh menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Menu sehat yang kami siapkan sepanjang bulan puasa baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi adalah biskuit, salak, puding susu coklat, mie gomak, es buah, singkong rebus sambal oncom, pisang goreng, dan perkedel jagung.  

Anak-anak Sarang Tupai menikmati menu buka puasa bersama setelah selesai belajar. Menu sehat berupa es buah dan singkong rebus sambal oncom serta es buah dan pisang goreng.

Anak-anak Cakung menikmati menu sehat sore hari menjelang buka puasa. Kebanyakan anak-anak peserta belajar di Cakung yang mengikuti kegiatan belajar selama bulan puasa adalah anak-anak kecil yang berpuasa setengah hari, sehingga tetap bisa menikmati menu sehat pada sore hari.

Kami mengucapkan terimakasih pada para fasilitator dan warga Cakung dan Sarang Tupai yang telah membantu menyiapkan menu sehat sepanjang Juni 2017.

Rencana kegiatan di bulan Juli 2017 ini adalah :

1.                Kegiatan Belajar
a.   Kegiatan belajar dimulai kembali pada awal Juli 2017.
b.   Kegiatan peningkatan motivasi anak dan remaja akan dilaksanakan pada Minggu, 30 Juli 2017.
c.   Kegiatan pelatihan membuat kue jajanan pasar bagi remaja dan warga Cakung akan diadakan pada Rabu, 26 Juli 2017.

2.                Perpustakaan
a.   Registrasi ulang buku-buku perpustakaan selama Mei – Juni – Juli 2017 dan mempersiapkan buku perpustakaan untuk kegiatan wajib baca buku.

3.                Beasiswa
a.   Pemenuhan kebutuhan belajar bagi anak-anak penerima beasiswa.

4.                Koperasi Sembako
Kegiatan peningkatan ekonomi warga Cakung akan kami lakukan dengan mendirikan koperasi sembako. Atas kesepakatan bersama warga, kami akan memulai kegiatan ini pada pertengahan Juli 2017.

Kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan  ini.

Kami berterimakasih pada para donator yang sungguh-sungguh mau peduli pada orang lain yang membutuhkan di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang telah kami lakukan.

Memasuki pertengahan tahun, pemenuhan anggaran kegiatan Komunitas Anak Belajar 2017 masih tercapai separuhnya. Untuk itu, kami masih membutuhkan  bantuan dan dukungan Bapak Ibu untuk operasional kegiatan ini.  
Beberapa program yang dibutuhkan anak-anak dan warga, seperti koperasi sembako yang akan kami laksanakan di Cakung dan program renovasi tempat belajar dan penyimpanan buku dan perlengkapan belajar di Sarang Tupai, Ciawi, memerlukan dukungan dan bantuan Bapak Ibu.

Kiranya Tuhan memberikan berkat limpah dan kesehatan prima pada Bapak Ibu untuk menjadi saluran berkat bagi sesama.

Terimakasih banyak atas bantuan rutin bungkus kopi untuk kegiatan ketrampilan warga dari para Suster Ursulin, Juanda, makanan sehat berbuka puasa dari Bu Tjandra,  pakaian layak pakai dari Jessica dan para Suster Ursulin, Juanda serta buku tulis, mie instant, dan susu dari Sr. Agustina, BKK.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami ucapkan pada para donatur atas kesetiaan, kepercayaan, dan semua kebaikannya.

Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik. Kita diutus untuk membawa damai sejahtera di dunia ini.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.



Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby 


P.S.
To place your donation through the bank.
Account holder : Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
Bank                  : BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Account no.       : 342-2792161
Swift code         : cenaidja

Feel free also to contact me at +628129685594 for any supporting documents and materials.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar