Cari Blog Ini

08 Februari, 2018

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Oktober 2017



Salam jumpa teman-teman,

Syukur dan terimakasih atas bantuan dan doa teman-teman sehingga kegiatan belajar anak-anak dalam Komunitas Anak Belajar baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi, dapat berjalan dengan baik sepanjang Oktober 2017

Kegiatan belajar anak-anak Sarang Tupai ditemani oleh Bu Tjandra, Bu Lanny, Bu Vera, Novi, Rachel, Bu Ruth, dan Kak Debby, sedangkan kegiatan belajar anak-anak Cakung ditemani oleh Kak Ari, Kak Yana, Bu Mar’ah, Kak Amad, dan Kak Debby.


Memasuki musim hujan, kegiatan belajar anak-anak Sarang Tupai, Ciawi, yang biasanya berlangsung di teras, akhirnya pindah ke bagian dalam rumah. 


Pada awal Oktober 2017, para Ibu Sarang Tupai, Ciawi belajar membuat tekwan dan pempek. Bahan-bahan disediakan oleh Bu Tjandra. Mama Ardi, orang tua anak Sarang Tupai, Ciawi, yang adalah orang Palembang asli yang bekerja sebagai penjaga vila disana mengajarkan kami cara pembuatannya.





Hasil buatan bersama ini, kami nikmati setelah anak-anak selesai belajar.


Rencananya tiap bulan, para Ibu akan bergantian mengajarkan menu dari daerah mereka masing-masing.


Para Ibu disana berasal dari beragam suku; ada yang dari suku Ambon, Manado, Palembang, maupun Sunda.


Kegiatan ketrampilan di Cakung adalah produksi Rosario sesuai pesanan seorang donatur kami, Kak Angie dan teman-teman.
 


Terimakasih kami pada para fasilitator dan volunteer serta warga yang berkenan memberikan waktu, tenaga, material, dan tempat untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar.

Selama bulan Oktober ini, ada berbagai peristiwa yang terjadi dalam persahabatan bersama warga dan perjalanan kegiatan belajar kami. Kami hadir memberi dukungan dan kekuatan dalam doa dan pelayanan.

Ada Bu Lanny dari Sarang Tupai, Ciawi, yang menikahkan anaknya di Jakarta pada awal Oktober 2017 dan Nia, anak Bu Sutini, warga Cakung yang menjalani operasi pengangkatan tumor di sebuah rumah sakit di Jakarta Timur pada akhir Oktober 2017.

Pada akhir Oktober 2017, Kak Amad, salah seorang fasilitator Cakung mengalami kecelekaan motor dan selama beberapa minggu ini ia beristirahat dari kegiatan belajar di Cakung.

Registrasi buku perpustakaan 2017 dan registrasi ulang buku-buku perpustakaan tahun-tahun sebelumnya pada sepanjang bulan Oktober ini akhirnya selesai kami lakukan.

Kami sangat berterimakasih atas bantuan dan ketekunan petugas perpustakaan dalam mengurus buku-buku perpustakaan.

Pada bulan ini, kami sudah melunasi pembayaran uang sekolah murid-murid penerima beasiswa. Ada beberapa murid yang melunasi pembayaran uang sekolah pada September 2017 dan bulan ini.  

Kebutuhan sekolah berupa alat tulis dan biaya fotokopi kami siapkan, selain biaya kegiatan sekolah tiap bulan dan biaya rutin transport sekolah mereka. 

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada donatur yang dengan setia membantu dalam penyelenggaraan program beasiswa ini. Kiranya bantuan ini dapat sungguh menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Menu sehat yang kami siapkan sepanjang bulan Oktober 2017 baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi adalah biskuit, mangga, jagung susu keju, nasi goreng, es lolipop, bubur kacang hijau ditemani roti, pepaya, martabak mie, jambu biji, keripik bayam buatan para Ibu Sarang Tupai, Ciawi, salak, tekwan dan pempek, juga keripik sukun dan sukun kukus.  









Terimakasih banyak pada Bu Tjandra yang telah menyediakan menu sehat untuk anak-anak Sarang Tupai, Ciawi selesai mereka belajar dan menyediakan bahan-bahan untuk para Ibu Sarang Tupai, Ciawi dalam kegiatan pelatihan memasak. 

Kami mengucapkan banyak terimakasih pada para fasilitator dan warga Cakung dan Sarang Tupai yang telah membantu menyiapkan menu sehat sepanjang Oktober 2017.

Sepanjang Oktober 2017, kegiatan koperasi usaha sembako ‘Kartini’ berjalan, terutama setiap hari kegiatan belajar anak-anak. Pembelanjaan dilakukan warga selesai kegiatan belajar anak-anak. 

Pada akhir Oktober 2017, tim koperasi menyelesaikan tugas administrasi dan mencatat serta menghitung stok barang. Setelah itu, kegiatan belanja bulanan dilaksanakan. 

Seperti biasa, masing-masing anggota melaksanakan tugasnya, seperti mengumpulkan uang pelunasan pembayaran sembako bulan September 2017 bagi para anggota yang masih menunggak, tugas keuangan dan pencatatan belanja warga serta pencatatan stok barang. 

Beberapa Ibu bertugas menimbang beras, dan Ibu yang lain yang bertugas melayani pembelanjaan bahan sembako.

Beberapa tetangga sekitar rumah belajar Cakung ikut serta berbelanja kebutuhan rumah tangganya, walau belum menjadi anggota. 

Kami berusaha mengakomodasi kebutuhan warga dan membuka kesempatan bagi warga yang berminat untuk menjadi anggota koperasi pada bulan-bulan berikutnya. 

Terimakasih kami ucapkan pada Bu Martini, Bu Fonny Halim, dan para Ibu PABT yang setia mendukung dan membantu berjalannya kegiatan ini.

Kami mohon doa restu teman-teman agar kegiatan ini dapat terus berlanjut dengan baik.


Rencana kegiatan di bulan November 2017 ini adalah :

1.                Kegiatan Belajar
a.   Kegiatan belajar caturwulan III dan rencana evaluasi belajar caturwulan III pada akhir November 2017.

2.                Beasiswa
a.   Pemenuhan kebutuhan belajar bagi anak-anak penerima beasiswa.

3.                Koperasi Sembako
Pembelian bahan-bahan sembako yang sudah habis.

Kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan  ini.

Kami berterimakasih pada para donator yang sungguh-sungguh mau peduli pada orang lain yang membutuhkan di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang telah kami lakukan.

Terimakasih kami atas bantuan material yang diberikan oleh para Suster Ursulin, Juanda atas bantuan rutin bungkus kopi untuk kegiatan ketrampilan Komunitas Anak Belajar, bantuan menu sehat untuk anak-anak Sarang Tupai, Ciawi dari Bu Tjandra, dan perlengkapan rumah tangga layak pakai, susu coklat, susu bubuk, dan bahan kue dari Sr. Agustina, BKK.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami ucapkan pada para donatur atas kesetiaan, kepercayaan, dan semua kebaikannya.

Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Kita diutus untuk membawa damai sejahtera di dunia ini.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.



Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby 


P.S.
To place your donation through the bank.
Account holder : Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
Bank                  : BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Account no.       : 342-2792161
Swift code         : cenaidja

Feel free also to contact me at +628129685594 or childrenlearningcommunity@gmail.com for any supporting documents and materials.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar