Cari Blog Ini

08 Februari, 2018

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada November 2017



Salam jumpa teman-teman,

Syukur dan terimakasih atas bantuan dan doa teman-teman sehingga kegiatan belajar anak-anak dalam Komunitas Anak Belajar baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi, dapat berjalan dengan baik sepanjang November 2017.
Kegiatan belajar anak-anak Sarang Tupai ditemani oleh Bu Lanny, Bu Vera, Novi, Rachel, Bu Ruth, dan Kak Debby, sedangkan kegiatan belajar anak-anak Cakung ditemani oleh Kak Ari, Kak Yana, Bu Mar’ah, dan Kak Debby.





Menjelang akhir tahun, kegiatan ketrampilan kami fokuskan pada pembuatan barang dari bungkus kopi bertema Natal dan warga Ciawi menyiapkan kue-kue kering untuk kami jual. Kue-kue kering terdiri dari chocolate cookies, kaastengels, nastar, dan nastar keju, kue kacang wijen, dan sagu keju.

Para ibu Cakung membuat sabun wajah sebagai hasil dari pelajaran yang mereka peroleh dalam pelatihan membuat sabun yang diselenggarakan oleh Credit Union Bererod Gratia.

Terimakasih kami pada para fasilitator dan volunteer serta warga yang berkenan memberikan waktu, tenaga, material, dan tempat untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar.

Selama bulan November ini, ada berbagai peristiwa yang terjadi dalam persahabatan bersama warga dan perjalanan kegiatan belajar kami. Kami hadir memberi dukungan dan kekuatan dalam doa dan pelayanan.
Kak Mala, yang pernah menjadi peserta belajar dan membantu anak-anak belajar, setingkat dengan Kak Yana, melahirkan anak laki-laki pada awal November 2017.
Kami berbahagia menyambut kehadiran anaknya. Semoga Ibu dan anak tetap sehat dan si anak tumbuh dengan baik dan sehat.
Pada pertengahan November, rumah warga Cakung yang tinggal di pinggir kebun terbakar. Rumah keluarga besar Yuli, yang seusia dengan Kak Yana dan Kak Mala, terbakar dari ruang keluarga hingga dapur dan kamar mandi.
Rumah yang berdinding gedeg dan bambu hangus terbakar akibat obat nyamuk bakar yang dibakar pada malam hari saat semua penghuni rumah terlelap.
Beruntung hanya bagian belakang rumah yang habis, walau seluruh pakaian dan barang-barang ikut hangus terbakar.
Kami turut prihatin dan memberikan bantuan yang dibutuhkan mereka.
Pada awal Desember 2017, tepatnya pada hari Jumat, 1 Desember 2017, kami merayakan peringatan hari ulang tahun almarhum Kak Sarah.







Kak Sarah adalah donatur kami yang pernah berkunjung ke Cakung bersama orang tuanya pada tahun 2010 silam.

Anak-anak Cakung berkumpul dan berdoa bersama. Doa dipimpin oleh Kak Amad dan Kak Yana.

Kami makan bersama menikmat hidangan syukuran yang disediakan oleh Keluarga Kak Sarah dan diolah oleh para Ibu Cakung.

Karena pada hari Jumat, 1 Desember 2017 adalah hari libur nasional, maka anak-anak berkumpul khusus untuk merayakan peringatan ulang tahun Kak Sarah.

Setelah makan bersama, anak-anak menerima bingkisan berupa snack, susu, dan alat tulis.

Kami berdoa untuk istirahat kekal Kak Sarah dan berterimakasih atas perhatian dan dukungan dari keluarga Kak Sarah Laftavi.

Semoga kerjasama yang telah dijalin dengan baik selama ini dapat terus berlanjut.

Pada bulan ini, kami sudah melunasi pembayaran uang sekolah murid-murid penerima beasiswa.

Kebutuhan sekolah berupa alat tulis dan seragam sekolah kami siapkan, selain biaya kegiatan sekolah tiap bulan dan biaya rutin transport sekolah mereka. 

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada teman-teman yang dengan setia membantu dalam penyelenggaraan program beasiswa ini. Kiranya bantuan ini dapat sungguh menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Menu sehat yang kami siapkan sepanjang bulan November 2017 baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi adalah biskuit, mangga, pastel daging, salak, dan kelengkeng. 

Musim buah mangga yang melimpah kami manfaatkan dengan menyediakan mangga beberapa kali sebagai menu sehat baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi. 





Kami mengucapkan banyak terimakasih pada para fasilitator dan warga Cakung dan Sarang Tupai yang telah membantu menyiapkan menu sehat sepanjang November 2017.

Sepanjang November 2017, kegiatan koperasi usaha sembako ‘Kartini’ berjalan, terutama setiap hari kegiatan belajar anak-anak. Pembelanjaan dilakukan warga selesai kegiatan belajar anak-anak. 

Seperti biasa, masing-masing anggota melaksanakan tugasnya, seperti mengumpulkan uang pelunasan pembayaran sembako bulan Oktober 2017 bagi para anggota yang masih menunggak, tugas keuangan dan pencatatan belanja warga serta pencatatan stok barang. 

Mengingat harga-harga sembako akan melambung memasuki bulan Desember pada akhir tahun, maka pembelanjaan sembako kami tingkatkan agar tidak perlu belanja pada bulan Desember dimana harga-harga tentu sudah mengalami kenaikan. 

Terimakasih kami ucapkan pada Bu Martini dan para Ibu PABT yang setia mendukung dan membantu berjalannya kegiatan ini.

Kami mohon doa restu teman-teman agar kegiatan ini dapat terus berlanjut dengan baik.


Rencana kegiatan di bulan Desember 2017 ini adalah :

1.                Kegiatan Belajar
a.   Evaluasi belajar caturwulan III pada awal Desember 2017.

2.                Beasiswa
a.   Pemenuhan kebutuhan belajar bagi anak-anak penerima beasiswa.

3.                Koperasi Sembako
Pembelian bahan-bahan sembako yang sudah habis.

4.                Acara Ulang Tahun Donatur pada Jumat, 1 Desember 2017 dan Senin, 4 Desember 2017.

5.                Perayaan Natal menghibur anak-anak Sarang Tupai, Ciawi pada Sabtu, 9 Desember 2017.

Kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan  ini.

Kami berterimakasih pada para donator yang sungguh-sungguh mau peduli pada orang lain yang membutuhkan di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang telah kami lakukan.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar.

Terimakasih banyak atas kesetiaan, kepercayaan, dan semua kebaikan teman-teman.

Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Kita diutus untuk membawa damai sejahtera di dunia ini.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.



Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby 


P.S.
To place your donation through the bank.
Account holder : Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
Bank                  : BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Account no.       : 342-2792161
Swift code         : cenaidja

Feel free also to contact me at +628129685594 or childrenlearningcommunity@gmail.com for any supporting documents and materials.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar