Cari Blog Ini

08 Februari, 2018

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Agustus 2017



Salam jumpa teman-teman,

Syukur dan terimakasih atas bantuan dan doa teman-teman sehingga kegiatan belajar anak-anak dalam Komunitas Anak Belajar baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi, dapat berjalan dengan baik sepanjang Agustus 2017.

Kegiatan belajar anak-anak Sarang Tupai ditemani oleh Bu Tjandra, Bu Lanny, Bu Vera, Rachel, Bu Ruth, Kak Agus, dan Kak Debby, sedangkan kegiatan belajar anak-anak Cakung ditemani oleh Kak Ari, Kak Yana, Bu Mar’ah, Indri, dan Kak Debby.

Menyambut hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus dan sekaligus evaluasi kegiatan belajar baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi, kami mengadakan lomba dan evaluasi caturwulan II.





















Kegiatan evaluasi caturwulan II dan lomba 17 Agustus di Sarang Tupai, Ciawi diselenggarakan pada Senin siang, 21 Agustus 2017.

Kegiatan evaluasi belajar wajib diikuti oleh seluruh anak peserta kegiatan belajar. Kegiatan berupa kuis yang kami bagi dalam tiga kategori.

Tidak hanya kuis pengetahuan umum, tapi juga berhitung, dan menyanyikan lagu nasional bagi setiap anak.

Lomba 17 Agustus diadakan bagi seluruh anak dan para Ibu. Lomba untuk anak-anak berupa lomba makan kerupuk, lomba gigit sendok kelereng, lomba joget balon, lomba balap karung, dan lomba pesan berantai.

Lomba makan kerupuk hanya ditujukan bagi anak-anak kecil. Lomba bawa sendok kelereng bukan dengan digigit juga diadakan bagi anak-anak kecil.

Juri lomba adalah Bu Tjandra, Kak Yanti, Kak Agus, Kak Rachel, dibantu Fitri, Aulia, dan Neldi serta Kak Debby.

Acara berlangsung meriah. Sementara anak-anak mengikuti lomba, para Ibu mengikuti lomba memasak nasi goreng.

Lomba dibagi tiga kelompok, yang diikuti oleh 6 peserta Ibu.

Hasil lomba masak nasi goreng dihidangkan dan dimakan bersama oleh seluruh peserta lomba.

Juri lomba memasak tidak hanya Bu Tjandra, Kak Debby, dan Kak Yanti, tapi juga perwakilan anak-anak.

Pembagian hadiah diberikan setelah selesai lomba dan penilaian juri. Anak-anak makan bersama sebelum pemberian hadiah.

Kami sungguh merasakan kegembiraan bersama, apalagi para Ibu bersemangat setelah mengikuti lomba masak nasi goreng, masih mau mengikuti lomba balap karung. 

Terimakasih banyak kami ucapkan pada para fasilitator dan volunteer serta warga yang berkenan memberikan waktu, tenaga, material, dan tempat untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar.

Terimakasih pada Bu Tjandra dan Kak Yanti yang sudah membantu kegiatan kami dan menyediakan bantuan hadiah buku tulis, pulpen, dan serutan.

Kegiatan evaluasi caturwulan II dan lomba 17 Agustus di Cakung diselenggarakan pada Sabtu siang, 26 Agustus 2017.

Acara diawali dengan evaluasi belajar caturwulan II bagi seluruh kategori anak.

Evaluasi anak-anak kategori 0, 1, dan 2 diawasi oleh Kak Ari, Bu Mar’ah, dan Yana,  sedangkan evaluasi anak-anak kategori 3 dan 4 diawasi oleh Kak Debby.

Materi evaluasi tidak hanya baca, tulis, berhitung, tapi juga perkenalan baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, menyanyi lagu nasional dan Pancasila.

Selesai evaluasi, anak-anak bersama para fasilitator menuju ke tempat lomba di tanah dan jalan kosong perumahan Jakarta Garden City, yang dulunya adalah kebun tempat usaha orang tua mereka.

Lahan dan jalan kosong digunakan anak-anak untuk lomba. Kami adakan lomba makan kerupuk, masukkan paku dalam botol, masukkan bendera dalam botol, gigit sendok kelereng, dan pesan berantai.

Sore hari selesai lomba, anak-anak menikmati kue yang disiapkan Ibu Hasnah dan minum es jeruk pepaya yang disiapkan fasilitator dan para Ibu Cakung.

Pembagian hadiah dilakukan pada awal September 2017 walau hadiah sudah kami siapkan mengingat waktu yang menjelang malam.

Terimakasih kami pada para fasilitator dan volunteer serta warga yang berkenan memberikan waktu, tenaga, material, dan tempat untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar.

Terimakasih kami pada Bu Fonny Halim, Bu Martini dan rekan-rekan Ibu PABT yang membantu menyediakan buku tulis bagi anak-anak Cakung.

Pada awal Agustus 2017, para Ibu Cakung mengikuti pelatihan memasak yang dipimpin oleh Bu Novie. 







Kegiatan berlangsung pada Selasa, 8 Agustus 2017 diikuti oleh para Ibu yang dibagi atas 3 kelompok.

Para Ibu belajar memasak 3 resep sekaligus; yaitu donat kentang, bubur ayam, dan kue soes. 

Para Ibu antusias mengikuti kegiatan memasak. Tujuan pemberian kegiatan memasak ini untuk mendorong minat usaha para Ibu dalam bidang kuliner. 

Bu Novie dan para Ibu PABT menyediakan bahan-bahan masakan dan lembar resep bagi para Ibu Cakung.

Kami sangat berterimakasih pada Bu Novie dan para Ibu PABT yang setia mendukung kegiatan kami.

Kiranya kerjasama yang telah terjalin dengan baik ini dapat terus berlanjut dan semoga para Ibu diberi kesehatan prima dan berkat limpah atas kesetiaan, kepercayaan, dan semua kebaikannya oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Kegiatan perpustakaan tetap berjalan seperti biasa. Banyaknya buku perpustakaan 2017 membuat pengerjaan registrasi buku membutuhkan waktu yang lebih panjang.

Kami sangat berterimakasih atas bantuan dan ketekunan petugas perpustakaan dalam mengurus buku-buku perpustakaan.

Pada bulan Agustus ini, kami melunasi beberapa pembayaran registrasi sekolah, buku pelajaran dan seragam bagi beberapa anak penerima beasiswa.

Kebutuhan sekolah berupa buku-buku pelajaran dan buku serta alat tulis serta sepatu dan seragam sekolah kami siapkan, selain biaya sekolah tiap bulan dan biaya rutin transport sekolah mereka. 

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada donatur yang dengan setia membantu dalam penyelenggaraan program beasiswa ini. Kiranya bantuan ini dapat sungguh menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Menu sehat yang kami siapkan sepanjang bulan Agustus 2017 baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi adalah biskuit, kue soes donat, jeruk jambu merah, bubur ayam, nasi goreng, nangka, dan es jeruk pepaya.  

Kami siapkan nasi goreng dan semangka serta kue risoles dan es jeruk pepaya dalam kegiatan evaluasi belajar anak-anak – lomba 17 Agustus bagi anak-anak Sarang Tupai, Ciawi dan anak-anak Cakung.

Para Ibu Cakung mencoba membuat sendiri kue soes dan bubur ayam dari pelatihan memasak yang diberikan Bu Novie.

Kue soes yang salah dalam proses pembuatan akhirnya berubah menjadi kue donat yang taburi coklat, kacang, dan keju. 

Hasil kue soes yang gagal, dimakan anak-anak sehingga hasil foto yang tampak menjadi sedikit. 

Kami masih tertantang untuk mencoba kembali hingga menjadi kue soes yang sempurna, sementara bubur ayam yang kami buat sesuai ajaran Bu Novie dalam pelatihan memasak, berlangsung sukses.

Kami senang dan anak-anak suka menikmati bubur ayam buatan para Ibu dan fasilitator.

Kami mengucapkan terimakasih pada para fasilitator dan warga Cakung dan Sarang Tupai yang telah membantu menyiapkan menu sehat sepanjang Agustus 2017. 

Terimakasih banyak pada Bu Tjandra yang membantu menyediakan menu sehat; jeruk, semangka, dan beberapa bahan untuk memasak nasi goreng bagi anak-anak Sarang Tupai, Ciawi.

Kegiatan koperasi usaha sembako para Ibu Cakung diadakan pada minggu I Agustus 2017 selesai kegiatan belajar anak. Kegiatan koperasi usaha sembako ‘Kartini’ ini diikuti oleh 11 anggota. Masing-masing ambil bagian tugas. Indri bertugas di bagian keuangan dan pencatatannya, Kak Ari menyiapkan buku belanja para Ibu, Bu Mar’ah bertugas mengawasi dan mencatat persediaan barang, sedangkan para Ibu yang lain membantu menimbang beras dan telur belanjaan. 

Kami senang kebutuhan utama warga bisa dipenuhi dengan berdirinya koperasi usaha sembako ‘Kartini’. Beberapa Ibu yang masih kesulitan untuk menanam saham senilai Rp.250.000,-, kami berikan keringanan atas kesepakatan bersama untuk mencicil. 

Kami berusaha mengakomodasi kebutuhan warga dan membuka kesempatan bagi warga yang berminat untuk menjadi anggota koperasi pada bulan-bulan berikutnya. 

Kami mohon doa restu teman-teman agar kegiatan ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Rencana kegiatan di bulan September 2017 ini adalah :

1.                Kegiatan Belajar
a.   Kegiatan belajar caturwulan III.

2.                Perpustakaan
a.   Registrasi buku-buku perpustakaan 2017 dan mempersiapkan buku perpustakaan untuk kegiatan wajib baca buku.

3.                Beasiswa
a.   Pemenuhan kebutuhan belajar bagi anak-anak penerima beasiswa.

4.                Koperasi Sembako
Pembelian bahan-bahan sembako pada Minggu, 3 September 2017.

Kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan  ini.

Kami berterimakasih pada para donator yang sungguh-sungguh mau peduli pada orang lain yang membutuhkan di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang telah kami lakukan.

Walaupun memasuki bulan ke sembilan ini, pemenuhan anggaran kegiatan Komunitas Anak Belajar 2017 masih tercapai sepenuhnya, kami tetap berusaha memberikan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan anak-anak dan warga.
Kami masih sangat membutuhkan  bantuan dan dukungan Bapak Ibu untuk operasional kegiatan ini.  
Beberapa program yang dibutuhkan anak-anak seperti program renovasi tempat belajar dan penyimpanan buku serta perlengkapan belajar di Sarang Tupai, Ciawi, memerlukan dukungan dan bantuan Bapak Ibu.
Kiranya Tuhan memberikan berkat limpah dan kesehatan prima pada Bapak Ibu untuk menjadi saluran berkat bagi sesama.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami ucapkan pada para donatur atas kesetiaan, kepercayaan, dan semua kebaikannya.

Terimakasih banyak pada Bu Fonny Halim, Bu Martini, dan para Ibu PABT atas bantuan buku dan alat tulis.

Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik. Kita diutus untuk membawa damai sejahtera di dunia ini.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.



Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby 


P.S.
To place your donation through the bank.
Account holder : Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
Bank                  : BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Account no.       : 342-2792161
Swift code         : cenaidja

Feel free also to contact me at +628129685594 for any supporting documents and materials.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar