Cari Blog Ini

08 Februari, 2018

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada September 2017



Salam jumpa teman-teman,

Syukur dan terimakasih atas bantuan dan doa teman-teman sehingga kegiatan belajar anak-anak dalam Komunitas Anak Belajar baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi, dapat berjalan dengan baik sepanjang September 2017

Kegiatan belajar anak-anak Sarang Tupai ditemani oleh Bu Tjandra, Bu Lanny, Bu Vera, Novi, Rachel, Bu Ruth, Kak Agus, dan Kak Debby, sedangkan kegiatan belajar anak-anak Cakung ditemani oleh Kak Ari, Kak Yana, Bu Mar’ah, Kak Amad, dan Kak Debby.






Pada awal September 2017, kami kedatangan teman yang berniat untuk membantu kegiatan belajar anak-anak Cakung. Kak Amadea dari Wisma Johar Baru, SJ diantar Kak Frances berkunjung dan berkenalan dengan anak-anak Cakung.

Sejak akhir April 2017, Kak Frances dan Kak Bosco mengakhiri tugasnya membantu anak-anak Cakung belajar. Kini Kak Amad menggantikan Kak Frances dan Kak Bosco membantu anak-anak Cakung belajar.

Kak Amad bertugas menemani anak-anak kategori 3 dan 4 belajar. Kami senang dan bersemangat kembali mendapatkan seorang kakak laki-laki yang bisa menemani anak-anak kategori 3 dan 4 yang sebagian besar adalah anak laki-laki yang mulai nakal dan sulit diatur.

Hadiah evaluasi caturwulan II sudah kami bagikan pada akhir Agustus 2017, sementara beberapa hadiah lomba 17 Agustus di Cakung, kami bagikan pada awal September 2017.

Terimakasih kami pada para fasilitator dan volunteer serta warga yang berkenan memberikan waktu, tenaga, material, dan tempat untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar.

Kegiatan ketrampilan mulai kami laksanakan menjelang hari raya. Beberapa barang kebutuhan ketrampilan kami persiapkan dan beberapa Ibu yang biasa mengerjakan tugas ketrampilan, mulai melaksanakan tugasnya kembali, begitu juga dengan para Ibu di Sarang Tupai, Ciawi.

Kegiatan luar ruang tahunan yang biasa kami adakan bersama seluruh anak Cakung dan Sarang Tupai, Ciawi, kami adakan terpisah.

Kegiatan luar ruang tahun ini kami adakan dengan berjalan-jalan keliling Jakarta. 

Pada Sabtu, 9 September 2017, anak-anak peserta aktif kegiatan belajar Sarang Tupai, Ciawi beserta orang tuanya berjalan-jalan ke Balaikota Jakarta dan tugu Monas. Anak-anak ditemani Kak Rachel dan Kak Debby serta orang tua mengikuti kegiatan ini.





Mereka berangkat naik kereta Commuter setelah sewa angkot dari Sarang Tupai, Ciawi menuju stasiun kereta api Bogor.

Karena Balaikota pada saat itu ditutup untuk kunjungan umum, maka kami memutuskan untuk naik ke Tugu Monas dan berkunjung ke Kota Tua.

Sebelum naik ke tugu Monas, kami makan siang di lapangan Monas. Disana kami bertemu Kak Rikah dan Kak Aung beserta anak-anaknya.

Kak Rikah dan Kak Aung adalah fasilitator anak Cakung pada awal berdirinya kegiatan belajar ini, saat kegiatan belajar masih berpusat di Cakung Sawah, sebelum digusur.

Bersama Kak Rikah dan anak-anaknya, selesai makan siang, kami naik mobil kereta menuju ke Tugu Monas.

Anak-anak menikmati kegiatan luar ruang ini. Mereka senang naik Tugu Monas, menyaksikan diorama sejarah berdirinya negara republik Indonesia dan mendengarkan suara Bung Karno membacakan teks Proklamasi.

Pulang dari Monas, kami naik bis Citytour menuju museum Fatahilah, Kota Tua. Karena sudah sore, museum ditutup. Anak-anak menikmati keramaian di halaman museum sambil berfoto bersama dan membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Sore hari, kami berjalan kaki menuju stasiun kereta api Kota untuk kembali ke stasiun kereta api Bogor.

Anak-anak puas menikmati jalan-jalan ini. 

Pada Sabtu, 23 September, selesai kegiatan belajar, anak-anak Cakung menikmati kegiatan luar ruang dengan berkunjung ke Balaikota Jakarta. 






Kami menghadiri acara Forum Kerukunan Umat Beragama DKI Jakarta dengan tema Indonesia Bangkit 2017. 

Acara dihadiri anak-anak dari beragam agama dan keyakinan. Ada berbagai aktifitas diadakan disana, mulai dari menonton kesenian daerah; tarian dan atraksinya, permainan anak-anak, dan melukis bersama (dalam kelompok).

Anak-anak kecil ditemani Kak Ari dan Bu Mar’ah mengikuti kegiatan disana, sedangkan anak-anak besar, dari kategori 3 dan 4 ditemani Kak Amad.

Kami menikmati air mancur Monas pada malam hari. 

Anak-anak senang dan puas menikmati kegiatan ini.

Registrasi buku perpustakaan 2017 masih kami lakukan. Registrasi ulang buku perpustakaan tahun sebelumnya sudah kami lakukan. Hingga akhir September 2017, kami masih input data ke dalam komputer.

Kami sangat berterimakasih atas bantuan dan ketekunan petugas perpustakaan dalam mengurus buku-buku perpustakaan.

Pada bulan September ini, kami sudah melunasi pembayaran uang sekolah. Ada beberapa anak yang baru kami lunasi pembayaran uang sekolah sejak Juli hingga September 2017 karena kesibukan anak dengan tugas sekolahnya.

Kebutuhan sekolah berupa buku serta alat tulis serta sepatu sekolah kami siapkan, selain biaya sekolah tiap bulan dan biaya rutin transport sekolah mereka. 

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada donatur yang dengan setia membantu dalam penyelenggaraan program beasiswa ini. Kiranya bantuan ini dapat sungguh menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Menu sehat yang kami siapkan sepanjang bulan September 2017 baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi adalah biskuit, semangka, jeruk, mie goreng seafood, cake pisang, dan kacang rebus.  

Terimakasih banyak pada Bu Tjandra yang telah menyediakan bolu aneka rasa untuk anak-anak Sarang Tupai, Ciawi selesai mereka belajar.

Kami mengucapkan banyak terimakasih pada para fasilitator dan warga Cakung dan Sarang Tupai yang telah membantu menyiapkan menu sehat sepanjang September 2017.

Pada Sabtu I September 2017, kegiatan koperasi usaha sembako ‘Kartini’ dilaksanakan. Setelah berbelanja kebutuhan pokok yang sudah habis dan perlu dibeli, tim koperasi sembako mulai kegiatan awal September 2017.

Seperti biasa, masing-masing anggota melaksanakan tugasnya, seperti mengumpulkan uang pelunasan pembayaran sembako bulan Agustus bagi para anggota yang masih menunggak, tugas keuangan dan pencatatan belanja warga serta pencatatan stok barang. 

Beberapa Ibu bertugas menimbang beras, dan Ibu yang lain yang bertugas melayani pembelanjaan bahan sembako.

Kegiatan koperasi usaha sembako ‘Kartini’ hingga kini berjalan dengan baik. Ada beberapa Ibu yang memutuskan untuk keluar selama beberapa waktu karena butuh biaya untuk menikahkan anaknya. Modal awal kami serahkan.
  
Kami berusaha mengakomodasi kebutuhan warga dan membuka kesempatan bagi warga yang berminat untuk menjadi anggota koperasi pada bulan-bulan berikutnya. 

Kami mohon doa restu teman-teman agar kegiatan ini dapat terus berlanjut dengan baik.


Rencana kegiatan di bulan Oktober 2017 ini adalah :

1.                Kegiatan Belajar
a.   Kegiatan belajar caturwulan III.

2.                Perpustakaan
a.   Registrasi buku-buku perpustakaan 2017, input data registrasi ulang buku perpustakaan tahun-tahun sebelumnya dan mempersiapkan buku perpustakaan untuk kegiatan wajib baca buku.

3.                Beasiswa
a.   Pemenuhan kebutuhan belajar bagi anak-anak penerima beasiswa.

4.                Koperasi Sembako
Pembelian bahan-bahan sembako yang sudah habis pada awal Oktober 2017.

Kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan  ini.

Kami berterimakasih pada para donator yang sungguh-sungguh mau peduli pada orang lain yang membutuhkan di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang telah kami lakukan.

Kami sangat berterimakasih pada para donatur atas bantuan dana untuk mencukupi pemenuhan anggaran kegiatan Komunitas Anak Belajar 2017 yang selama beberapa bulan lalu sangat membutuhkan bantuan karena ketiadaan dana.
Beberapa program yang dibutuhkan anak-anak seperti program renovasi tempat belajar dan penyimpanan buku serta perlengkapan belajar di Sarang Tupai, Ciawi, akan kami alokasikan untuk tahun depan.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami ucapkan pada para donatur atas kesetiaan, kepercayaan, dan semua kebaikannya.

Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Kita diutus untuk membawa damai sejahtera di dunia ini.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.



Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby 


P.S.
To place your donation through the bank.
Account holder : Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
Bank                  : BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Account no.       : 342-2792161
Swift code         : cenaidja

Feel free also to contact me at +628129685594 for any supporting documents and materials.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar