Cari Blog Ini

08 Februari, 2018

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Desember 2017



Salam jumpa teman-teman,


Selamat Natal dan Tahun Baru 2018
bagi seluruh teman yang merayakannya.
Firman yang hidup mewujud dalam kehadiran Sang bayi juruselamat dunia.
Damai di bumi, damai di hati setiap insan.
Semoga kedamaian dan kerukunan senantiasa menyertai kita sepanjang tahun 2018 ini.


Syukur dan terimakasih atas bantuan dan doa teman-teman sehingga kegiatan belajar anak-anak dalam Komunitas Anak Belajar baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi, dapat berjalan dengan baik sepanjang Desember 2017



Kegiatan belajar anak-anak Sarang Tupai ditemani oleh Bu Lanny, Bu Vera, Novi, Rachel, Bu Ruth, dan Kak Debby, sedangkan kegiatan belajar anak-anak Cakung ditemani oleh Kak Ari, Kak Yana, Kak Amad, Bu Mar’ah, dan Kak Debby.


Menjelang akhir tahun, kegiatan ketrampilan kami fokuskan pada pembuatan barang dari bungkus kopi bertema Natal, berupa tempat tissue dan tatakan mangkuk, sedangkan warga Ciawi menyiapkan kue-kue kering untuk kami jual. Kue-kue kering terdiri dari chocolate cookies, kaastengels, nastar, nastar keju, kue kacang wijen, dan sagu keju serta cake tape keju.




Pesanan cake tape keju, kue nastar keju, kue nastar, kue coklat, dan kue kacang wijen untuk hari Natal, banyak kami peroleh dari teman-teman dan donatur. Terimakasih banyak kami ucapkan.

Pada minggu II Desember 2017, kami mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kapasitas fasilitator di bumi perkemahan, Ragunan. Ada beragam pelatihan yang kami ikuti, yaitu pelatihan membuat tempe, membuat bedak, membuat keju, dan membuat sirup.




Kegiatan pelatihan ini sungguh berguna bagi kami, selain dapat meningkatkan kemampuan warga juga bisa membuka peluang untuk kegiatan usaha mandiri bersama warga.

Kegiatan belajar di Cakung dan Sarang Tupai, Ciawi berakhir pada minggu II Desember 2017. Anak-anak libur hingga minggu I Januari 2018.

Evaluasi kurikulum dan program diselenggarakan bagi para fasilitator pada minggu II dan III Desember 2017.

Pada minggu II dan III Desember 2017, bersama Kak Tina, kami mengunjungi anak-anak warga Cakung yang diindikasikan kekurangan gizi. Ada sekitar empat anak yang kami kunjungi dan positif menderita kekurangan gizi. Kami juga berkunjung ke rumah warga yang sedang dalam pemeriksaan dokter karena adanya benjolan di bagian dalam tubuhnya.


Dalam program peningkatan gizi anak, Kak Tina berkenan menyediakan makanan sehat bagi anak-anak yang menderita kekurangan gizi. Empat anak ini berusia 2 tahun hingga 8 tahun.

Terimakasih kami pada Kak Tina yang berkenan menyediakan waktu, tenaga, dan bantuan material bagi anak-anak Cakung.

Terimakasih kami juga pada para fasilitator dan volunteer serta warga yang berkenan memberikan waktu, tenaga, material, dan tempat untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar.

Sepanjang bulan Desember ini, beberapa kegiatan di luar kegiatan belajar telah kami laksanakan dengan baik.

Pada Jumat, 1 Desember 2017 dan Senin, 4 Desember 2017, kami merayakan peringatan hari ulang tahun almarhum Kak Sarah di rumah belajar Cakung dan Sarang Tupai, Ciawi.








Kak Sarah adalah donatur kami yang pernah berkunjung ke Cakung bersama orang tuanya pada tahun 2009 silam.

Anak-anak berkumpul dan berdoa bersama. Doa dipimpin oleh Kak Amad dan Kak Yana di rumah belajar Cakung, sedangkan doa bersama di Sarang Tupai, Ciawi dipimpin oleh Bu Ruth dan Neldi.

Kami makan bersama menikmati hidangan syukur yang disediakan oleh Keluarga Kak Sarah dan diolah oleh para Ibu baik di Cakung maupun di Ciawi.

Setelah makan bersama, anak-anak menerima bingkisan berupa snack, susu, dan alat tulis.  

Kami berdoa untuk istirahat kekal Kak Sarah dan berterimakasih atas perhatian dan dukungan dari keluarga Kak Sarah.

Semoga kerjasama yang telah dijalin dengan baik selama ini dapat terus berlanjut dan keluarga senantiasa diberi kesejahteraan dan kesehatan dari Yang Maha Kuasa.


Pada Sabtu, 9 Desember 2017, kami kedatangan tamu yang berkenan merayakan kegembiraan Natal bersama anak-anak Sarang Tupai, Ciawi. Acara dimulai pada pagi hari di teras belajar dan halaman rumah Kak Ivon. Banyak anak berkumpul, ada sekitar 130 anak dari tiga desa terdekat.





Acara berlangsung seru, anak-anak bermain games, menari bersama, menonton film  dan diskusi. Siang harinya, anak-anak dibagikan makanan. Anak-anak pemenang games dan kuis dibagikan hadiah. Saat pulang, semuanya mendapatkan bingkisan.

Kami turut bergembira melihat keceriaan anak-anak.

Terimakasih pada kakak-kakak panitia acara dari gereja Abbalove, Fatmawati, Jakarta Selatan. Semoga kerjasama yang baik ini dapat terus berlanjut. Kiranya Tuhan berkenan memberikan berkat limpah dan kesehatan prima pada kakak-kakak untuk menjadi saluran berkat bagi sesama.

Pada Selasa, 26 Desember 2017, Bu Tjandra menyelenggarakan makan siang Natal bersama anak-anak Sarang Tupai, Ciawi, terutama mereka yang aktif ikut belajar sepanjang tahun ini. 






Acara diselenggarakan di dalam rumah Holil dan berlangsung meriah, dihadiri oleh sekitar 30 orang yang terdiri dari anak-anak dan fasilitator.


Bu Tjandra menyiapkan aneka menu istimewa. Kami menyanyi bersama selesai makan dan membagikan buah jeruk secara estafet untuk mengingatkan kembali pada anak-anak makna berbagi dan kepedulian pada orang lain di atas kepentingannya sendiri.

Sebelum pulang, Bu Tjandra menyampaikan beberapa nasihat dan pesan berharga bagi anak-anak. Kami berharap agar anak-anak sungguh mendengarkan dan mau melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada Kamis, 28 Desember 2017, Kak Tina dan para Suster BKK (Biarawati Karya Kesehatan) mengadakan makan siang Natal bersama anak-anak Cakung. Acara ini juga dalam rangka memperingati hari Kanak-kanak suci setiap tanggal 28 Desember.




Acara berlangsung pada siang hari di rumah para Suster BKK. Persiapan yang direncanakan untuk 30 orang ternyata dihadiri oleh 53 orang. 

Kami bergembira bisa merayakan keceriaan Natal bersama. Anak-anak dan orang tua berfoto bersama para Suster, setelah itu kami makan siang bersama. 

Selesai makan siang, kami adakan kuis bagi seluruh yang hadir. Kuis terbuka bagi anak-anak dan orang tua. Pemenang kuis mendapatkan hadiah.

Sebelum pulang, Kak Tina dan para Suster membagikan bingkisan untuk anak-anak. 

Kami berfoto bersama.

Terimakasih banyak kami ucapkan pada Kak Tina dan para Suster BKK atas perhatian dan kebaikannya. Kiranya berkat Tuhan melimpah senantiasa. 

Selama bulan Desember ini, ada berbagai peristiwa yang terjadi dalam persahabatan bersama warga dan perjalanan kegiatan belajar kami. Kami hadir memberi dukungan dan kekuatan dalam doa dan pelayanan.

Rasanya baru kemarin, kami merasakan kehadiran Orang tua Kak Ivon, fasilitator Sarang Tupai, Ciawi, bergembira bersama anak-anak Sarang Tupai, Ciawi pada acara perayaan Natal tanggal 9 Desember 2017 lalu di rumahnya. 

Pada malam hari tanggal 14 Desember 2017, Orang tua Kak Ivon berpulang dalam damai di rumahnya. 

Kami turut berduka. Para fasilitator dan beberapa anak Sarang Tupai, Ciawi hadir menemani dan membantu mempersiapkan segala sesuatu hingga pemakaman. 

Pada Selasa malam hari, 26 Desember 2017, Orang tua Kak Budi berpulang dalam damai di rumahnya. Sakit yang diderita selama 4 tahun ini sudah berakhir. Bersama anak dan cucu, Beliau masih turut merayakan Natal terakhir di rumahnya.

Kami turut berdukacita. Kiranya Orang tua Kak Ivon dan Orang tua Kak Budi beristirahat dalam damai abadi di surga dan memperoleh pengampunan dosa dari Allah Bapa Sang Maha Pengasih.

Libur memperingati hari Natal sekaligus libur akhir semester ganjil dan penerimaan raport oleh sebagian besar murid-murid berlangsung pada Sabtu, 15 Desember 2017.

Beberapa anak Ciawi yang bersekolah di Bogor baru menerima raport pada awal Januari 2018. 

Pada bulan ini, kami sudah melunasi pembayaran uang sekolah beberapa murid penerima beasiswa.

Kebutuhan sekolah berupa print dan pakaian sekolah kami siapkan, selain biaya kegiatan sekolah tiap bulan dan biaya rutin transport sekolah mereka. 

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada donatur yang dengan setia membantu dalam penyelenggaraan program beasiswa ini. Kiranya bantuan ini dapat sungguh menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Menu sehat yang kami siapkan hingga pertengahan bulan Desember 2017 baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi adalah mie telor goreng seafood, biskuit, mangga, serta cake yang disediakan Bu Danik, bubur Menado lengkap yang disediakan oleh Bu Vera dan cake tape keju yang disediakan oleh Bu Lanny. 

Kami mengucapkan banyak terimakasih pada para fasilitator dan warga Cakung dan Sarang Tupai yang telah membantu menyiapkan menu sehat sepanjang Desember 2017.

Sepanjang Desember 2017, kegiatan koperasi usaha sembako ‘Kartini’ berjalan, khususnya untuk pembelanjaan para warga Cakung, sedangkan persediaan bahan sembako kami cukupi pada bulan November 2017.

Pembelanjaan sembako terakhir kami lakukan pada akhir November 2017 sebelum harga-harga bahan pokok beranjak naik menjelang hari raya dan libur akhir tahun 2017.

Seperti biasa, masing-masing anggota melaksanakan tugasnya, seperti mengumpulkan uang pelunasan pembayaran sembako bulan November 2017 bagi para anggota yang masih menunggak, tugas keuangan dan pencatatan belanja warga serta pencatatan stok barang. 

Terimakasih kami ucapkan pada Bu Martini dan para Ibu PABT yang setia mendukung dan membantu berjalannya kegiatan ini.

Kami mohon doa restu teman-teman agar kegiatan ini dapat terus berlanjut dengan baik. 

Memasuki Tahun 2018 ini, kami lampirkan profil Komunitas Anak Belajar beserta kebutuhan kegiatan anak-anak dan warga.

Kiranya teman-teman berkenan mendukung kegiatan kami melalui bantuan dana dan material untuk operasional kegiatan sepanjang tahun 2018 ini.

Rencana kegiatan di bulan Januari 2018 ini adalah :

Dari hasil evaluasi bersama fasilitator,

1.                Kegiatan Belajar
a.   Kegiatan belajar di Sarang Tupai Ciawi yang tahun sebelumnya berlangsung pada hari Senin dipindah ke hari Rabu.
b.   Kegiatan ketrampilan bagi para remaja dan Ibu fokus pada kreasi daur ulang bungkus kopi, pembuatan sabun dan bedak.

2.                Beasiswa
a.   Pemenuhan kebutuhan belajar bagi anak-anak penerima beasiswa.

3.                Koperasi Sembako
a.   Pertemuan pembagian keuntungan bagi para anggota pada minggu II Januari 2018
b.   Pembelian bahan-bahan sembako yang sudah habis.

4.                Kegiatan live-in 5 hari di Cakung dari murid-murid SMA Kolese De Britto, Yogyakarta yang dimulai pada Senin, 16 Januari 2018.

Kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan  ini.

Kami berterimakasih pada para donator yang sungguh-sungguh mau peduli pada orang lain yang membutuhkan di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang telah kami lakukan.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar.

Terimakasih banyak atas bantuan material yang telah kami terima dengan baik. Terimakasih kami pada Kak Tina atas bantuan makanan sehat untuk anak-anak kurang gizi dan pakaian layak pakai, barang pecah belah. Terimakasih kami pada keluarga kak Sarah atas bantuan makan siang dan bingkisan mengenang ulang tahun Kak Sarah. Terimakasih kami pada Bu Danik, Bu Vera, dan Bu Lanny atas sumbangan cake untuk anak-anak Sarang Tupai dan para fasilitator. Terimakasih kami pada komunitas Ursulin Juanda atas bantuan rutin bungkus kopi untuk kegiatan ketrampilan. Terimakasih kami pada NN melalui PT Cahaya Permata Dunia yang telah membantu memberikan pensil warna untuk kegiatan belajar anak-anak, juga makan siang Natal dari Bu Tjandra dan komunitas BKK.

Terimakasih banyak atas kesetiaan, kepercayaan, dan semua kebaikan teman-teman.

Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik.

Kita diutus untuk membawa damai sejahtera di dunia ini.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.



Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby 


P.S.
To place your donation through the bank.
Account holder : Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
Bank                  : BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Account no.       : 342-2792161
Swift code         : cenaidja

Feel free also to contact me at +628129685594 or childrenlearningcommunity@gmail.com for any supporting documents and materials.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar