Cari Blog Ini

08 Februari, 2018

Laporan Kegiatan Komunitas Anak Belajar pada Juli 2017



Salam jumpa teman-teman,

Syukur dan terimakasih atas bantuan dan doa teman-teman sehingga kegiatan belajar anak-anak dalam Komunitas Anak Belajar baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi, dapat berjalan dengan baik sepanjang Juli 2017.
Kegiatan belajar anak-anak Sarang Tupai ditemani oleh Bu Tjandra, Bu Lanny, Bu Vera, Rachel, dan Novi, sedangkan kegiatan belajar anak-anak Cakung ditemani oleh Kak Ari, Kak Intan, Bu Mar’ah, Indri, Kak Diki, dan Kak Debby.

Kegiatan belajar dimulai kembali pada minggu I Juli 2017 baik di komunitas anak Cakung maupun di komunitas anak Sarang Tupai.

Jumlah anak pada awal Juli 2017 masih sedikit apalagi masih dalam liburan sekolah, anak-anak lebih memilih untuk menikmati masa liburnya di rumah.

Hal ini tidak hanya terjadi di Cakung tapi juga di Sarang Tupai, Ciawi.

Jumlah anak yang sedikit tidak mengurangi semangat kami dalam belajar. Para fasilitator remaja yang sedang libur sekolah, bisa membantu anak-anak belajar.

Terimakasih banyak kami ucapkan pada para fasilitator dan volunteer serta warga yang berkenan memberikan waktu, tenaga, material, dan tempat untuk mendukung terlaksananya kegiatan belajar Komunitas Anak Belajar.

Kegiatan perpustakaan tetap berjalan seperti biasa. Hanya minggu terakhir bulan Juni 2017 kami libur. Saat ini kami mengerjakan registrasi buku perpustakaan 2017. Registrasi ulang untuk buku-buku perpustakaan pada tahun sebelumnya sudah selesai kami kerjakan.

Kami sangat berterimakasih atas bantuan dan ketekunan petugas perpustakaan dalam mengurus buku-buku perpustakaan.

Pada pertengahan Juli 2017, siswa SD, SMP, SMA, dan SMK masuk sekolah, dimulainya tahun ajaran baru.

Semua anak peserta belajar di Cakung dan Sarang Tupai, Ciawi, demikian juga anak-anak penerima beasiswa, naik kelas. Ada beberapa anak yang lulus SD dan melanjutkan ke SMP, demikian juga bagi anak-anak yang lulus SMP dan melanjutkan ke SMA.

Kebutuhan sekolah selain buku-buku pelajaran dan buku serta alat tulis kami persiapkan bagi mereka sejak awal Juli 2017. Kebutuhan biaya sekolah, biaya seragam, dan uang kegiatan sekolah selama tahun ajaran ini juga kami siapkan, selain biaya rutin transport sekolah mereka. 

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada donatur yang dengan setia membantu dalam penyelenggaraan program beasiswa ini. Kiranya bantuan ini dapat sungguh menjadi bekal yang berguna bagi masa depan anak-anak.

Menu sehat yang kami siapkan sepanjang bulan Juli 2017 baik di Cakung maupun di Sarang Tupai, Ciawi adalah es kulkul (pisang berbalut coklat), ketupat sayur, pizza sosis mini, dadar gulung vla coklat,  salak, es buah, dan jasuke (jagung susu keju).








Kami mengucapkan terimakasih pada para fasilitator dan warga Cakung dan Sarang Tupai yang telah membantu menyiapkan menu sehat sepanjang Juni 2017. Terimakasih banyak pada Bu Tjandra yang telah menyiapkan menu sehat bagi anak-anak Sarang Tupai, Ciawi.

Pertemuan koperasi diadakan pada minggu II Juli 2017 selesai kegiatan belajar anak. Tidak semua peserta koperasi usaha sembako bisa hadir. Dalam pertemuan kami perhitungan harga yang akan ditetapkan sebagai harga resmi sembako yang dijual di koperasi. Karena cicilan modal awal koperasi belum terkumpul semua dan harga sembako masih terhitung tinggi setelah lebaran, maka diputuskan bersama, kegiatan koperasi akan dilaksanakan pada awal Agustus 2017.

Pada Sabtu, 30 Juli 2017, kami menyelenggarakan kegiatan pengembangan karakter anak di tempat belajar Sarang Tupai, Ciawi.

Kegiatan tahunan ini sudah kami adakan sejak tahun 2009.

Tahun ini, kegiatan yang dipandu oleh Kak Alvie bertema ‘Anti Bullying’. Kak Alvie dibantu Kak Tanaya menjelaskan pemahaman tentang bullying bagi seluruh anak kategori III dan IV Cakung dan Sarang Tupai, Ciawi. Jumlah peserta dari dua basis mencapai 45 anak.











Kegiatan dimulai sekitar pukul 10 pagi. Kegiatan didahului dengan perkenalan dalam kelompok, dimana masing-masing kelompok terdiri dari gabungan anak Cakung dan Ciawi.

Setiap kelompok membuat yel-yel untuk penyemangat kelompok. Anak-anak semakin akrab menyusun yel-yel bersama-sama.

Setelah itu, Kak Alvie mulai menjelaskan apa itu bullying, mengapa bisa terjadi bullying, dan apa dampaknya bagi anak dan masyarakat. Bila terjadi bullying, apa yang harus kita lakukan.

Bullying terbagi atas bullying verbal, dengan mengejek, memaki, atau mengancam, ada bullying fisik, berupa tekanan fisik, bisa mendorong, menjambak, mencubit atau apapun tindak kekerasan secara fisik, dan ada juga bullying emosi, yang biasanya dilakukan lewat media sosial.

Korban bullying bisa mengalami depresi, kehilangan nafsu makan, tidak bersemangat untuk sekolah, bahkan puncaknya ingin mengakhiri hidup.

Untuk itu, sebagai teman baik di sekolah atau di tempat kegiatan, wajib menghormati dan menghargai sesama teman, bersikap baik terhadap teman, menghargai perbedaan, dan hidup bersahabat.

Guru dan orang tua perlu diberitahu. Tindak lanjut kasus bullying bisa melaporkan pada kemendikbud, sedangkan tindakan pemulihan bagi korban bullying bisa dilakukan bekerjasama dengan psikolog atau menghubungi Yayasan Pulih untuk penanganan lebih lanjut.

Pada sesi pemahaman tentang bullying, masing-masing kelompok diberikan selembar karton, lembar-lembar kertas berbentuk orang, yang melambangkan para peserta dan selembar besar kertas berbentuk hati.

Di dalam hati itu, anak-anak dipersilakan menulis kata-kata yang biasa mereka gunakan untuk mengejek temannya. Setelah terisi semua dalam tiap kelompok, mereka diminta untuk merusak hati itu sebagai lambang hati korban bullying yang terluka.

Hati yang sudah koyak bahkan ada yang robek, diminta untuk dirapihkan kembali. Anak-anak cukup kesulitan untuk merapihkannya.

Kak Alvie menjelaskan makna hati dan betapa hancur dan terlukanya hati seorang korban bullying. Hati yang hancur dan terluka tidak bisa kembali menjadi hati seorang yang ceria seperti semula.

Anak-anak disadarkan untuk bersikap baik terhadap teman-temannya. Mereka menuliskan kata-kata apa dan bagaimana seharusnya sikap mereka terhadap teman-temannya. 

Masing-masing kelompok menulis dan menghias lembar karton kelompok dengan pensil warna dan spidol warna yang kami sediakan.

Sebelum makan siang bersama, para fasilitator dipersilakan untuk menilai kelompok terbaik dan paling aktif selama kegiatan berlangsung.
Dari enam kelompok, ada tiga kelompok terbaik. Mereka mendapatkan hadiah biskuit dan snack yang dibagi bersama dalam kelompok.

Anak-anak senang menikmati kebersamaan. Sebelum Kak Alvie dan Kak Tanaya pulang, kami berfoto bersama.

Terimakasih banyak pada Kak Alvie dan Kak Tanaya atas bantuannya sehingga kegiatan pengembangan karakter anak bisa diselenggarakan dengan baik.

Terimakasih kami pada Bu Herna Rusli atas bantuan pinjaman bis bagi anak-anak Cakung sehingga bisa bersama-sama anak-anak Sarang Tupai, Ciawi mengikuti kegiatan ini.

Terimakasih juga pada para Ibu dan fasilitator anak Sarang Tupai, Ciawi dan Cakung atas kerjasamanya dalam menyiapkan sarapan pagi, makan siang, dan snack sore.

Semoga kerjasama yang telah dibangun dengan baik selama ini dapat terus berlanjut. 

Rencana kegiatan di bulan Agustus 2017 ini adalah :

1.                Kegiatan Belajar
a.   Kegiatan belajar dimulai kembali pada minggu I Juli 2017.
b.   Kegiatan pelatihan membuat kue jajanan pasar bagi remaja dan warga Cakung akan diadakan pada Rabu, 2 Agustus 2017 dan Rabu, 26 Agustus 2017.

2.                Perpustakaan
a.   Registrasi buku-buku perpustakaan 2017 dan mempersiapkan buku perpustakaan untuk kegiatan wajib baca buku.

3.                Beasiswa
a.   Pemenuhan kebutuhan belajar bagi anak-anak penerima beasiswa.

4.                Koperasi Sembako
Kegiatan peningkatan ekonomi warga Cakung akan kami lakukan dengan mendirikan koperasi sembako. Penjadwalan kembali kegiatan ini pada Sabtu, 5 Agustus 2017.

Kami ucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang telah banyak mendukung dalam doa dan dana, tenaga, maupun material untuk terwujudnya program kegiatan Komunitas Anak Belajar sepanjang bulan  ini.

Kami berterimakasih pada para donator yang sungguh-sungguh mau peduli pada orang lain yang membutuhkan di atas kepentingan pribadi dan sungguh-sungguh menghormati dan menghargai kami dan apa yang telah kami lakukan.

Memasuki bulan ke delapan, pemenuhan anggaran kegiatan Komunitas Anak Belajar 2017 masih tercapai separuhnya. Untuk itu, kami masih membutuhkan  bantuan dan dukungan Bapak Ibu untuk operasional kegiatan ini.  
Beberapa program yang dibutuhkan anak-anak seperti program renovasi tempat belajar dan penyimpanan buku serta perlengkapan belajar di Sarang Tupai, Ciawi, memerlukan dukungan dan bantuan Bapak Ibu.
Kiranya Tuhan memberikan berkat limpah dan kesehatan prima pada Bapak Ibu untuk menjadi saluran berkat bagi sesama.

Terimakasih banyak atas makanan sehat yang disediakan Bu Tjandra bagi anak-anak Sarang Tupai, Ciawi, dan sumbangan kompor layak pakai serta buku pelajaran dari NN.

Terimakasih banyak atas bantuan dana yang amat sangat mendukung terselenggaranya operasional program Komunitas Anak Belajar. Terimakasih kami ucapkan pada para donatur atas kesetiaan, kepercayaan, dan semua kebaikannya.

Kiranya Tuhan berkenan memberi kesehatan prima dan berkat limpah, dan semoga kerjasama kita yang telah dijalin selama ini dapat terus berlanjut dengan baik. Kita diutus untuk membawa damai sejahtera di dunia ini.

Tuhan memberkati kita semua.

Laporan kegiatan bulanan dapat diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencommunity.blogspot.com.
Produksi ketrampilan remaja dan ibu Cakung dapat dipesan dan diakses dalam blog kami di : http://cakungchildrencreation.blogspot.com.



Salam hangat,
Atas nama anak-anak Komunitas Anak Belajar

Debby 


P.S.
To place your donation through the bank.
Account holder : Debby Maitimu or Dwi Resmi Sari
Bank                  : BCA Branch office Matraman, East Jakarta, Indonesia
Account no.       : 342-2792161
Swift code         : cenaidja

Feel free also to contact me at +628129685594 for any supporting documents and materials.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar